Keterangan /Jenis 1 Individual Expert

Definisi Pencicip perorangan juga disebut pencicip tradisional. Pencicip perorangan ini memiliki kepekaan yang sangat tinggi, jauh melebihi kepekaan rata-rata manusia. Tingkat kepekaan ini diperoleh selain dari pembawaan lahir, juga dari pengalaman dan latihan yang lama. Kemampuan pencicip perorangan, terbatas pada komoditi tertentu.

Jumlah orang

Sifat anggota terlatih/tidak terlatih

Jenis Uji + Dalam waktu singkat dapat menilai suatu hasil dengan tepat, bahkan mampu menilai pengaruh macam-macam perlakuan, misalnya bahkan baku dan cara pengolahan Kemampuan pencicip perseorangan hanya terbatas pada komoditas tertentu, sehingga masingmasing komoditas memerlukan panelis yang berbeda sesuai dengan keahlian masing-masing.

2 Small Expert Panel

Biasanya panel ini diambil dari personal laboratorium yang sudah mempunyai pengalaman luas akan komoditi tertentu.

3-5 orang

terlatih

Panel pencicip terbatas digunakan untuk menghindari ketergantungan pada pencicip perorangan. Kepekaan tinggi terhadap komoditi tertentu. Mengetahui cara pengolahan, peranan bahan dan teknik pengolahan, serta mengetahui pengetahui pengaruhnya terhadap sifat komoditas. Mempunyai pengetahuan dan pengalaman.

Anggota panel perlu diseleksi terlebih dahulu untuk kemudian dilatih. Bentuk pengujian yang dilakukan lebih sederhana. Agak tidak terlatih 5 Semitrained Panelis dalam kategori ini mengetahui sifat-sifat sensorik dari contoh yang dinilai karena mendapat penjelasan atau sekedar latihan. Pemilih anggotanya lebih mengutamakan segi sosial. sedang tugas penilaian dan tanggungjawabnya juga tidak sebesar panel pencicip terbatas. Anggota panel tak terlatih tidak tetap. 15-25 orang Terlatih 4 Untrained Panel Panel tak terlatih umumnya untuk menguji kesukaan (preference test). Panel ini tidak dipilih menurut prosedur pemilih panel terlatih. . Seperti sekelompok mahasiswa atau staf peneliti yang dijadikan panelis secara. misalnya latar Tidak diambil dari orang awam yang tidak mengenal sifat sensorikdan penilaian organoleptik. Anggota panel biasanya diambil dari sekelompok tamu yang sedang berkunjung. Panel terlatih ini juga berfungsi sebagai alat analisis dan pengujian yang dilakukan biasanya terbatas pada kemampuan membedakan. Termasuk dalam 15-25 orang Tak terlatih Tingkat kepekaan tidak perlu setinggi panel pencicip terbatas.3 Trained Panel Anggota panel terlatih lebih besar daripada panel tercicip terbatas. pengujian yang dilakukan berupa 2 pilihan dan menentukan mana yang paling disukai.

Dapat diketahui tingkat penerimaan konsumen. Panelis pada panel agak terlatih dipilih berdasarkan kepekaan dan keandalan penilaian. Digunakan untuk menguji kesukaan (preference test). Hasil uji kesukaan dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu jenis makanan dapat diterima oleh masyarakat. 30-1000 orang Tidak terlatih belakang pendidikan. dan kelas kelas ekonomi dalam masyarakat. asal daerah.Panel kategori panel agak terlatih adalah sekelompok mahasiswa atau staf peneliti yang dijadikan panelis secara musiman atau hanya kadangkadang. Pengujian mengenai uji kesukaan (preference test) dan dilakukan sebelum pengujian pasar. 6 Consumer Panel Panel ini memiliki jumlah anggota yang besar. 7 Children panel Umumnya menggunakan anak-anak berusia 3-10 tahun Tidak terlatih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful