UJIAN KOMPREHENSIF I 1. Sciences for all, Bab II? 2. Jelaskan pengertian: A.

Teaching for thinking, teaching of thinking, and teaching about thinking! Jawab: • Teaching of thinking (Pengajaran berpikir) adalah suatu pengajaran yang mengarah pada cara-cara berpikir yang sangat sesuai dengan keadaan siswanya (student centered). • Teaching for thinking (Pengajaran untuk berpikir) adalah pengajaran yang dilakukan untuk tujuan berpikir, yang lebih mengarah pada guru yang melakukan pengajaran (teacher centered). • Teaching about thinking (Pengajaran mengenai berpikir) adalah

pengajaran dimana tema atau bahan kajiannya mengenai berpikir, lebih kepada konten atau materinya. B. Bagaimana hubungannya? Jawab: Hubungan dari Teaching for thinking, teaching of thinking, and teaching about thinking yaitu pada keterkaitan antara subyek pelaku pembelajaran di kelas antara guru, siswa, dan materi subyek. Kecenderungan pada masing-masing istilah mengarah pada focus yang akan dihadapinya. Jika kita terapkan pada pembelajaran IPA, dirasakan teaching of thinking akan sangat sesuai karena lebih focus dan memperdayakan siswa berpikir, baik berpikir kritis, tingkat tinggi atupun yang lainnya. 3. A. Jelaskan perbedaan antara Standard Kompetensi, Kompetensi dasar, dan Kompetensi Lintas Kurikulum. Jawab: • Standard Kompetensi adalah kompetensi yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran; kompetensi dalam mata pelajaran

Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede

1

Memiliki keyakinan. 6. keterampilan. 5. budaya. 3. • Standar Kompetensi Lintas Kurikulum merupakan kecakapan hidup dan belajar sepanjang hayat yang dibakukan dan harus dicapai oleh peserta didik melalui pengalaman belajar. memadukan. 2. Memilih. Memilih. saling menghargai dan memberi rasa aman. • Kompetensi Dasar adalah kompetensi minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh lulusan. dan menerapkan teknologi dan informasi yang diperlukan dari berbagai sumber. 7. dan historis. dan menggunakan pengetahuan. serta untuk berinteraksi dengan orang lain. kompetensi minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa dari standard komptensi untuk suatu topik tertentu pada suatu mata pelajaran. dan mengkomunikasikan gagasan dan informasi. dan lateral dengan memperhitungkan potensi dan peluang untuk menghadapi berbagai kemungkinan. dan hubungan. menyadari serta menjalankan hak dan kewajiban.tertentu yang harus dimiliki oleh siswa. Standar Kompetensi Lintas Kurikulum adalah sebagai berikut: 1. Berpikir logis. dan menerapkan konsep-konsep. geografis. makhluk hidup. kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dalam suatu mata pelajaran. 4. kritis. berinteraksi. Memahami dan menghargai lingkungan fisik. 8. dan berkontribusi aktif dalam masyarakat dan budaya global berdasarkan pemahaman konteks budaya. Berkreasi dan menghargai karya artistik. mengembangkan. struktur. Menggunakan bahasa untuk memahami. dan nilai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat. sesuai dengan agama yang dianutnya. mencari. dan teknologi. Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 2 . Berpartisipasi. teknik-teknik. pola. dan intelektual serta menerapkan nilai-nilai luhur untuk meningkatkan kematangan pribadi menuju masyarakat beradab.

dan bekerja sama dengan orang lain. B. maupun sampai peningkatan sarana prasarana sekolaha yang dipandang perlu dan yang sesuai dengan potensi daerahnya tinggal.9. Sekolah yang menerapkan MBS sebagai pondasinya. Sekolah yang mengacu pada MBS akan lebih bekerja mandiri dari segala unsur civitas akademika di sekolah itu untuk ke depan yang lebih maju. 4. Sedangkan kurikulum 2004 lebih condong pada pencapaian kompetensi atau kemampuankemampuan yang harus dimiliki setiap lulusan atau siswanya. Mengapa perlu managemen berbasis sekolah (MBS) ? Jawab: Managemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu jenis managemen yang mengandalkan pada segala potensi yang dimiliki oleh suatu sekolah untuk menuju suatu tata pengaturan sekolah yang mandiri dan lebih maju. alat evaluasinya. maka sekolah tersebut akan memanfaatkan segala potensi yang dimilikinya dan mengembangkan segala apa yang menjadi target sekolah tersebut. Menunjukkan motivasi dalarn belajar. percaya diri. Sehingga sekolah tidak banyak mengacu pada pusat (nasional) saja. Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 3 . MBS membawa sekolah tersebut pada perubahan segala lini. kurikulumnya. Apa perbedaan antara Kurikulum 1994 dengan Kurikulum 2004? hlm 166167? Jawab: Perbedaan yang mencolok antara Kurikulum 1994 dengan Kurikulum 2004 yaitu pada persoalan pokok tentang materi. bekerja mandiri. MBS sangat cocok sekali dengan segala potensi yang dimiliki oleh setiap sekolah untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. baik jam pelajaran. tetapi lebih mandiri mengembangkan sekolahnya. Kurikulum 1994 lebih condong memperkuat konten materi dengan urutan dan perluasaan konsep yang cukup luas. Dengan adanya desentralisasi pendidikan sekarang ini. Perbedaan cakupan materi dan perbedaan tujuan mengarah pada perubahan yang sangat signifikan.

panjang. Kompetensi Dasar.1.Pada kurikulum 1994. sedangkan pada Kurikulum 2004 lebkih kepada Standard Kompetensi. dan Indikator pencapaiannya. serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi 3. Semester 2 1 2 x Pertemuan (2 x 45 menit) 3. Sehingga waktu yang diperlukan untuk pembelajaran pada Kurikulum 2004 cenderung lebih singkat dibandingkan dengan Kurikulum 1994 yang mencakup materi cukup luas. untuk Kurikulum 1994 dirasakan urutan materi konsep mapel tertentu sangat baik dan lebih terstruktur.3. Buat penggalan PBM nya dengan metode inkuiri! B. dan massa. Yang lebih dirasakan dari perbedaan antara kedua kurikulum ini. 5. Ambil Teori Relativitas Khusus A.3. Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu. sedangkan pada Kurikulum 2004 banyak urutan materi atau konsep yang dirubah sehingga banyak menimbulkan kerancuan. Menjelaskan teori relativitas khusus untuk waktu : Indikator : Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 4 . Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern 3. Bagaimana mengevaluasinya? Jawab: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Mata Pelajaran Kelas / Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : : : : : Fisika Kelas XII. untuk mencapai tujuan pembelajaran berpatok pada tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus.

V. VI. II. Post test ( tertulis) Latihan soal dan evaluasi yang berkaitan dengan teori relativitas khusus untuk waktu dengan metode pencil & paper.I. Sumber Belajar: Simulasi yang dikembangkan mengakses dari internet dan buku fisika kelas XII Erlangga. Langkah Pembelajaran: A. C. B. Kegiatan Awal (Apersepsi): Memotivasi siswa dan memberikan pertanyaan lisan mengenai teori relativitas khusus untuk waktu. Penilaian: Tugas (soal PG dengan Sellected Response) Contoh: Berapa cepatkah muon harus bergerak agar umur rata-ratanya 46 μdetik jika umur rata-rata pada keadaan diam 2 μdetik? [A] 4 m/s [B] 8 m/s [C] 9 m/s Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 5 . ∆ t = γ∆ tp  Siswa memperhatikan dan melakukan diskusi kelas mengenai teori relativitas khusus untuk waktu. Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat menjelaskan teori relativitas khusus untuk waktu Materi Ajar: Teori relativitas khusus untuk waktu Metode Pengajaran: Metode ceramah dan Pembelajaran berbasis Komputer simulasi IV.  Siswa dibantu guru menyimpulkan hasil pembelajaran. IIII . Kegiatan Inti  Guru menjelaskan mengenai teori relativitas khusus untuk waktu dengan menggunakan presentasi dan simulasi komputer.

dan 2004. Manakah yang tepat untuk mengajarkan IPA di SMA? 5. A. A. Teaching for thinking. apa maksudnya? B. NIM. Bagaimana seharusnya IPA diajarkan? 3. Pedagogy knowledge. Pendidikan IPA untuk warga negara. teaching of thinking. seperti halnya dalam hal tidak memperhatikan ramalan BMG? B. S. Apakah ada kekeliruan pengajaran pendidikan IPA? Melihat banyak orang melakukan pelanggaran. and teaching about thinking. Content or Subject Matter Knwledge. Penilaian yang paling tepat menurut anda yang mana? B. Kepala Sekolah SMA X Bandung. Filosofi pengembangan kurikulum 1975. 0604095 Ujian Komprehensif 2007 1. 1994. A. A.[D] 14 m/s Cara menilai dengan mencocokkan kunci jawaban yang telah disediakan dalam lembar jawaban.Pd. Buatlah rencana penilaian KTSP yang disusun di sekolah! B. NIP 130374683 Achmad Samsudin. Persiapan apa yang dibuat untuk melakukan penilaian? 6. Seberapa besar manfaatnya bagi siswa? Ujian Komprehensif II 1. kemudian dianalisis hasilnya. Perlukah dibedakan? Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 6 .Pd. Pendidikan IPA bagi penggemar IPA. Apakah calon guru agar dapat mengajar dengan baik cukup diberikan subject matter sebanyak-banyaknya? 4. M. A. and Curricular knowledge. Februari 2008 Guru IPA kelas XII Aan Darmawan. Buatlah lima indikator penilainnya! Mengapa indikator tersebut dipilih? 2.

A. Apa itu kemampuan mendasar? C. Kemampuan apa yang harus dimiliki seorang guru agar dapat menilai keberhasilan siswa dalam belajar? D. Jelaskan pendapat anda disertai contoh-contoh! Sekarang ini pembelajaran Sains tidak bisa lagi bebas nilai. Filsafat ilmu dan sejarah penilaian IPA. Kapan sebaiknya unsur afektif ditanamkan dalam pendidikan Sains? 2. sebagai wahana pendidikan? 2. Ujian Komprehensif III 1. Apakah pembelajaran IPA bebas nilai. belajar siswa menjadi lebih mengambang. Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 7 . kemampuan berpikir dan bernalar. atau bermuatan nilai? 4. A. Sebaiknya kalau siswa tidak tahu sistem evaluasi. Bagaimana cara menilai keberhasilan mengajar? C. Jelaskan pendapat saudara disertai contoh-contoh penelitian tentang hal ini! 3. sehingga belajarnya pun menjadi lebih terarah. karena dengan mengetahui sistem evaluasi. Kesiapan belajarnya menjadi lebih baik. pengembangan Sains bebas nilai. sehingga bisa diperoleh hasil belajar yang lebih maksimal. A. Kemampuan mendasar apa yang harus diberikan kepada guru IPA agar dapat mengajarkan IPA dengan baik? 3. sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal. Berikan contoh-contoh tahapan dalam pembelajaran Sains.B. Dewasa ini pendidikan diarahkan pada life skill. Filsafat (Biru hal 31-32). siswa lebih memiliki kejelasan mengenai apa yang akan dievaluasi. Bagaimana cara mengevaluasi kemampuan tersebut? B. Siapa yang berhak menilai? B. Apa sumbangan IPA bagi warga negar. Perlukah sistem evaluasi diketahui oleh siswa? Jawab: Perlu. Dalam kurun waktu tertentu. Bagaimana tahapan revolusionalisme menurut Kuhn? B.

3. Lawson mengatakan: “Hypothesis are neither proves nor disproves . It would be a mistake. Apa kebaikan dan kelemahan sistem pendidikan sentralisasi dan desentralisasi? B. the hypothesis has been supported. Bagaimana pendapat saudara tentang pernyataan di atas? 4. . Bagaimana caranya agar program pendidikan IPA bisa memperhatikan perbedaan individu? (KBK hal 186) C. to claim that consistency of predictions with experience proves the truth of falsity of a hypothesis. Apakah pendidikan IPA merupakan bagian dari ilmu pendidikan. Bagaimana ciri-ciri program pendidikan IPA yang menunjang pasal 3 dan pasal 4 UU No 20.4.” A. Apakah masih perlu ada standarisasi pendidikan dalam sistem desentralisasi? Bagaimana memonitornya? Prediksi Soal Kompre 2008 By Syam & Dede 8 . Buat contoh rencana pembelajaran (Ranpel) dengan pendekatan STM. A. . when experience is not consistent with predictions. Perlukah ada pendidikan Budi Pekerti? 6. A. Apa sumbangan pendidikan IPA dalam masyarakat? Proposal halaman 11. Disertasi Sadia. 2. Ujian Komprehensif IV 1. dan teori belajar apa yang melandasi? Filsafat (Biru) Anna hal 62-63). 5. Apa maksudnya? B. Apakah di Indonesia suadah ada pendidikan Sains? Jelaskan pendapat anda? 5. atau bagian dari IPA atau yang lainnya? Jelaskan! Dros hal 45-46. Apakah kurikulum 2004 sudah memperhatikan perbedaan individu (individual difference)? B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful