Disampaikan dalam Rapimnas Konsultan PNPM Mandiri Perdesaan T.A.

2010

6.200.000 BAGAIMANA KEMAJUANNYA? . 6.771.952.439.675.933.806 Kecamatan di 334 Kabupaten dengan total alokasi BLM APBN sebesar Rp. TAHUN 2009 3.000 dan terserap Rp.

.

di 18 kabupaten di 21 provinsi BLM TAHUN 2010 4.966..000 BAGAIMANA KEMAJUANNYA?  .905. LUNCURAN TAHUN 2010 Luncuran 2010 Rp.000.4896.432. 8.971 kecamatan di 394 kabupaten dengan nilai Rp.798. 342.

.

.

 Pengalokasian DDUB dan PAP tidak sesuai dengani Naskah Perjanjian Kerjasama  Pengelolaan dana Dekonsentrasi DDUB tidak sesuai peruntukannya dan .

 Menurunnya kinerja konsultan dan fasilitator terutama dalam melakukan pembinaan dan supervisi?  Posisi kosong fasilitator yang belum terpenuhi?  RKTL dan RPD para konsultan dan fasilitator yang belum disiplin sehingga waktu kerja tidak terpenuhi dan tidak ada sanksi  Implementasi SOP Pembinaan dan Pengendalian Fasilitator yang belum optimal .

dan hal ini tentu sangat riskan terjadi penyimpangan. . Waktu pelaksanaan kegiatan terutama untuk sarana dan prasaran yang terlambat sehingga terjadi penumpukan dana di UPK.

 Validitas laporan adminitrasi keuangan. yang tidak valid? Terutama menyangkut dengan laporan microfinance terutama menyangkut dana bergulir (peran MCFS)  Aset UPK yang belum jelas serta aset kegiatan masyarakat yang belum diserahterimakan (belum MDST)  Tingkat bunga pinjaman yang melebihi bunga bank pada umumnya .

Inpres Nomor 3 tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang Berkadilan terutama menyangkut integrasi PNPM Mandiri Perdesaan dengan Perencanaan Desa .2/3717/PMD tanggal 5 November Perihal PTO PNPM Mandiri Perdesaan .Surat Mendagri Nomor 414.Surat Dirjen PMD Kemendagri Nomor 414.2/4916/PMD perihal Petunjuk Teknis Optimalisasi Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan .Pemendagri Nomor 66 tahun 2007 tentang Perencanaan Pembangunan Desa .2/1408/PMD perihal Petunjuk Tekis Perencanaan Pembangunan Desa .Dasar legalitas .Surat Mendagri Nomor 414.

Yaitu ikatan sistemik antara PNPM Mandiri Perdesaan dengan Sistem Perencanaan Partisipatif dalam Musrenbang menjadi hubungan yang bersifat timbal balik berdasarkan otonomi dan ketergantungan relatif. Titik temu apa yang menjadi pengalaman baik di PNPM Mandiri Perdesaan dengan Musrenbang disebut dengan istilah “teknis integrasi”. .

     Menyusun mekanisme penyatuan perencanaan berbasis masyarakat ke dalam forum yang bersifat partisipatif di tingkat desa Menyusun mekanisme pendampingan agar masyarakat desa mampu menyiapkan program jangka menengah desa yang bersifat komprehensif Menyusun mekanisme agar program jangka menengah desa yang disusun melalui proses partisipatif dapat disatukan dengan program jangka menengah reguler sehingga menghasilkan program berbasis masyarakat Menyusun mekanisme agar aparat desa dapat mengakomodir dan memproses PJM desa sebagai bahan musrenbang di tingkat yang lebih tinggi Menyusun mekanisme pengendalian pelaksanaan program pembangunan berbasis masyarakat melalui instrumen PNPM Mandiri .

dan MAD  Pengalaman baik melalui MMDD yang dibawa ke dalam sistem perencaaan reguler untuk meningkatkan RPJMDes dan RKPDes . Musdes. Penyusunan RPJMDes dan RKPDes dengan pengalaman dalam PNPM Mandiri Perdesaan melalui MMDD yang dimulai dari Pegas.

15 15 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful