Pengertian dan Istilah Kurikulum Pendidikan Kategori Ensiklopedia, Pedagogis, Pendidikan Penulis Hendriono Terbit Sabtu, Juni 05, 2010

Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, dan sekaligus digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada berbagai jenis dan tingkat sekolah. Kurikulum menjadi dasar dan cermin falsafah pandangan hidup suatu bangsa, akan diarahkan kemana dan bagaimana bentuk kehidupan bangsa ini di masa depan, semua itu ditentukan dan digambarkan dalam suatu kurikulum pendidikan. Kurikulum haruslah dinamis dan terus berkembang untuk menyesuaikan berbagai perkembangan yang terjadi pada masyarakat dunia dan haruslah menetapkan hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Pengertian Secara etimologi, kurikulum (curriculum) berasal dari bahasa Yunani, yaitu curir yang artinya "pelari" dan curere yang berarti "tempat berpacu". Itu berarti istilah kurikulum berasal dari dunia olah raga pada zaman Yunani Kuno di Yunani, yang mengandung pengertian suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari dari garis start sampai finish, kemudian di gunakan oleh dunia pendidikan. Secara terminologi, istilah kurikulum digunakan dalam dunia pendidikan, yaitu sejumlah pengetahuan atau kemampuan yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa guna mencapai tingkatan tertentu secara formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Seiring perkembangan jaman pengertian kurikulum juga terus mengalami pergeseran makna, tugas mendidik yang harusnya diemban bersama-sama antara keluarga dan sekolah menjadi tidak berimbang, hal ini menjadikan masyarakat lebih mempercayakan masalah pendidikan anak kepada sekolah. Padahal waktu yang dimiliki anak lebih banyak dilingkungan keluarga daripada disekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat diikuti peledakan informasi dan peledakan penduduk membuat beban sekolah semakin berat dan kompleks akhir-akhir ini. Hal ini juga yang menyebabkan masyarakat lebih banyak menuntut ke sekolah berupa nilai-nilai dan kemampuan anak yang harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Pengertian kurikulum secara luas tidak hanya berupa mata pelajaran atau kegiatankegiatan belajar siswa saja tetapi segala hal yang berpengaruh terhadap pembentukan pribadi anak sesuai dengan tujuan pendidikan yang diharapkan.

Istilah-istilah dalam Kurikulum

Kurikulum dan Pengajaran Kurikulum dan pengajaran adalah dua istilah yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. sifatnya khusus dan tercapai pada saat itu juga. Kurikulum tersembunyi muncul ketika sedang berlangsungnya kurikulum ideal atau kurikulum aktual. Hidden Curriculum Hidden Curriculum atau kurikulum tersembunyi adalah kurikulum yang terjadi dari segala sesuatu yang mempengaruhi ketika sedang mempelajari sesuatu. ada beberapa istilah-istilah dalam kurikulum yang sering kita dengar (terutama guru) dalam lingkungan kita sehari-hari. Perbedaannya hanya terdapat pada tingkatannya. . atau hal-hal lain yang berada dilingkungan sekolah. 4. Selain pengertian kurikulum. Kurikulum lebih menunjukan pada suatu program yang bersifat umum. Ideal Curriculum Ideal Curriculum atau kurikulum ideal adalah kurikulum yang berisi sesuatu yang baik. Actual Curriculum atau kurikulum aktual adalah apa yang terlaksana dalam proses belajar mengajar atau yang menjadi kenyataan dalam kurikulum yang direncanakan atau terprogram dalam pendidikan. Kurikulum tersembunyi ini sangatlah kompleks. Pengaruh ini mungkin dari pribadi guru. sulit diketahui dan dinilai. untuk jangka lama. atau setidak-tidaknya mendekati kurikulum ideal walaupun tidak mungkin atau tidak pernah sama dalam kenyataannya. Real Curriculum Real Curriculum. dari anak didik itu sendiri. Atau secara sederhana dapat dikatakan bahwa pengajaran adalah pelaksanaan dari suatu kurikulum secara bertahap dalam proses belajar mengajar.Sebenarnya banyak pendapat dan pengertian kurikulum yang dikemukakan para ahli pendidikan pada berbagai literatur. 2. namun intinya sebagaimana diungkapkan diatas. 3. dan tak tercapai dalam waktu seketika. diantaranya: 1. dari karyawan sekolah. Sedangkan pengajaran bersifat realistis atau aktual. yang diharapkan atau dicita-citakan sebagaimana dimuat dalam buku kurikulum. Kurikulum Aktual sebaiknya sama dengan kurikulum ideal.

1992. CV. Drs. Tabrani Rusyan. Strategi Penerapan Kurikulum Di Sekolah. Bina Mulia : Jakarta .Daftar Pustaka A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful