You are on page 1of 19

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR

NAMA NPM

: IMAN ROSIMAN : 140310090083

DEFINISI PLTA Pembangkit Listrik Tenaga Air adalah suatu perangkat/instrumen yang mengubah energi air menjadi energi mekanik pada turbin kemudian menjadi energi listrik .

Skema Umum PLTA .

Komponen PLTA            Reservoir Dam Intake Control Gate Pen Stock Power House Turbine Generator Transformer Out Flow Power Lines .

RESERVOIR Reservoir/Penampun g / Waduk adalah tempat jutaan meter kubik air yang akan diubah energinya menjadi energi mekanik penggerak turbin .

DAM Dam / Bendungan adalah suatu bangunan menahan laju air sehingga mencapai ketinggian tertentu agar menghasilkan energi yang besar saat air dialirkan .

Intake terdiri dari : Pintu ( gate )  Saringan ( filter )  .INTAKE Intake atau pemasukan adalah fasilitas yang digunakan untuk mengambil air dari reservoir ke dalam saluran air.

CONTROL GATE Control Gate atau Gerbang Kontrol adalah pengatur masuknya air ke dalam penstock yang menuju turbin. . Control Gate dapat dibuka dan ditutup sesuai waktu operasi ataupun jika terjadi masalah pada turbin atau komponen lain.

Bentuk .Bentuk Penstock :   Bulat atau tapal kuda (horse shoe) Segi empat atau berkaki (pedestal) .PEN STOCK Penstock atau pipa pesat adalah saluran air masuk ke turbin dengan sudut kemiringan tertentu.

POWER HOUSE Power House terdiri dari :  Turbin  Generator  Transformator .

Turbine Propeller Turbine Francis Turbine Kaplan Turbine Pelton Turbine .

.Generator Generator adalah alat yang mengubah energi mekanik dari putaran turbin menjadi energi listrik.

.Transformator & Power Lines Transformator adalah alat untuk menaikkan tegangan sehingga mencapai nilai yang diinginkan untuk tegangan transmisi. Transformator terdiri dari sebuah inti dari susunan lapisan yang mempunyai dua isolasi yaitu dari sisi tegangan rendah dan dari sisi tegangan tinggi Power Lines atau jalur – jalur transmisi daya berfungsi untuk mendistribusikan listrik yang telah dibangkitkan.

Transformator & Power Lines .

Outflow .

.Control Room Control Room adalah ruangan yang menjadi pusat pengawasan keseluruhan komponen PLTA.

Cocok digunakan sebagai pembangkit listrik tipe peak untuk kondisi beban puncak maupun saat terjadi gangguan di jaringan. yaitu 50100 tahun. Bebas emisi karbon yang tentu saja merupakan kontribusi berharga bagi lingkungan. PLTA umumnya memiliki umur yang panjang. . Kapasitas daya keluaran PLTA relatif besar. seperti irigasi atau sebagai cadangan air dan pariwisata.KEUNGGULAN      Respon pembangkit listrik yang cepat dalam menyesuaikan kebutuhan beban. Bendungan yang digunakan biasanya dapat sekaligus digunakan untuk kegiatan lain.

Biaya investasi paling mahal. Pembangunan bendungan memerlukan waktu yang lama. Disamping itu terkadang. yaitu mengganggu keseimbangan ekosistem sungai/danau akibat dibangunnya bendungan. . kerusakan pada bendungan dapat menyebabkan resiko kecelakaan dan kerugian yang cukup besar. Membutuhkan lahan yang luas.KEKURANGAN      Pada lingkungan.

Terima Kasih .