You are on page 1of 12

VAGINITIS : penyakit khusus wanita

| by @meriihy Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ yang berfungsi menggerakkan metabolisme dalam tubuh. Organlah yang menentukan hidup dan mati seorang manusia. Jika organ dalam tubuh ‘pensiun’ dari pekerjaannya, maka ‘pensiun’ jugalah tubuh kita. Misalnya, organ –organ yang menyusun system pencernaan seperti mulut, kerongkongan dan lambung. Jika lambung manusia tidak bekerja dengan baik, maka makanan tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Dampak jangka panjang panjangnya juga dapat menyebabkan kematian. Selain sistem pencernaan, terdapat pula bermacam-macam system yang menunjang hidup manusia dalam menjalankan hidupnya. Seperti system pernafasan, ekskresi dan system reproduksi. Organ-organ yang mendukung system reproduksi ini salah satunya adalah organ kelamin. Pada laki-laki organ kelamin disebut penis sedangkan pada wanita, organ kelamin disebut vagina. Kedua organ kelamin ini sangat vital. Artinya, organ ini sangat sensitive sehingga kita diwajibkan untuk menjaganya dengan baik. Kebersihan tentu saja menjadi faktor utama penunjang terjaganya organ kelamin manusia.

Vagina pada wanita sangat rentan terhadap penyakit. Hal itu disebabkan karena vagina mudah terjangkit bakteri atau jamur. Salah satu penyakit yang rawan terjadi di vagina yaitu vaginitis. Vaginitis digambarkan medis seperti iritasi atau peradangan yang terjadi pada lapisan vagina. Selain vaginitis penyakit sejenis yaitu vulvitis yang merupakan peradangan atau iritasi pada vulva (organ kelamin luar vagina) atau gabungan dari kedua penyakit tersebut yaitu vulvovaginitis-peradangan pada lapisan dan vulva vagina. Vaginitis sangat umum terjadi dan mempengaruhi jutaan wanita setiap tahun. Secara umum, vaginitis dapat meyebabkan gatalgatal, iritasi, atau tidak normalnya kerja vagina. Menurut penyebab dan gejalanya, jenis-jenis vaginitis dibedakan sebagai berikut: 1. Bakteri Vaginosis Bakteri vaginosis aadalah inveksi yang paling umum pada wanita usia subur. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan yang berlebihan pada bakteri yang biasanya terdapat dalam vagina. Bakteri vaginosis akan sering menyebabkan keluarnya cairan dengan bau yang tidak enak. Banyak wanita yang terinfeksi bakteri vaginosis tidak memiliki gejala dan hanya diketahui jika melakukan pemeriksaan ginekologi secara rutin. Bakteri yang ada pada vagina dan dapat menyebabkan vaginitis terutama jenis bakteri vaginosis adalah Klamidia dan Gonokokus. 2. Vaginitis Candida Infeksi jamur Candida atau vaginitis candida adalah bentuk paling akrab vaginitis. Hal itu terjadi karena terlalu banyak jamur candida yang tumbuh di vagina. Vaginitis candida menghasilkan cairan menyerupai keju cair . Gejala yang terjadi tidak terlalu terlihat karena tidak berbau seperti bakteri vaginosis. Namun jamur candida juga menyebabkan infeksi pada vagina sehingga vulva menjadi gatal dan memerah. 3. Trichomonas Vaginitis

Misalnya tumbuh menjadi kanker atau sebagainya. Perubahan hormonal Vaginitis dapat diobati dengan beberapa cara sederhana dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Namun apabila penyebabnya bakteri gonokokus bisa disembuhkan dengan cara meyuntikkan cetriaxon dan doxicyclin.Trichomonas vaginitis sering dikenal sebagai PMS atau penyakit menular seksual yang disebabkan oleh sebuah sel tunggal yang parasit pada vagina. namun konsultasi ke penyedia layanan kesehatan tetap antisipasi terbaik karena dari situ kita akan dapat cara penanganan terbaik untuk mengobati vaginitis. Hal ini menyebabkan vagina gatal. Walaupun cara tersebut memang ampuh untuk mengobati infeksi jamur candida. atau softener (pelembut kain). Cara kerja antibiotik ini sendiri adalah dengan cara membunuh bakteri jahat sepert bakteri klamidia dan gonokokus pada vagina. semacam tablet untuk mengurangi rasa gatal dan panas seperti terbakar. clotrimazole. Tumor atau jaringan abnormal lainnya 6. Adapun cara mengobati vaginitis sesuai gejala dan penyebabnya sebagai berikut: 1. Selain itu. 5. Barulah kita dapat mengetahui cara mengobatinya. 3. Bakteri vaginosis dapat diobati dengan antibiotik yang biasa tersedia di apotek. Ini dapat menyebabkan gatal atau terbakar atau bahkan jika tanpa iritasi sama sekali. Krim dan tablet yang dianjurkan untuk bisa mengobati vaginitis adalah miconazole. antibiotic juga memelihara bakteri baik sehingga dapat melindungi vagina dari bakteri-bakteri lain yang dapat menyebabkan vaginitis. Terapi penyinaran 7. bakteri vaginosis juga bisa diobati dengan cara mengkonsumsi tablet vagina metronidazole dan climdaycin. 4. panas. Candida vaginitis atau infeksi jamur biasanya diobati dengan cara krim antijamur atau supositoria yang dioleskan pada vagina. Penyakit vaginitis jenis trichomonas vaginitis ini sangat berbahaya karena banyak wanita dengan trikomoniasis (sebutan bagi orang yang terjangkit Trichomonas vaginitis) tidak mengembangkan gejala apapun. Untuk jangka pendeknya anda dapat mengkonsumsi metronidazole. segeralah konsultasikan hal ini pada dokter. atau t yangerconazole. Bentuk trichomonas vaginitis atau penyakit menular seksual perlu diobati dengan mengunjungi unit layanan kesehatan secara langsung. . Namun jika hal ini tidak mengurangi rasa gatal yang terjadi. dan nyeri. produk-produk spermisida. Gatal dan panas juga sering terjadi pada vulva seperti ketika buang air kecil. Kunci untuk mengobati vaginitis adalah dengan cara mengetahui jenis vaginitis apa yang menjangkiti tubuh kita. sabun. 2. butoconazole. Jika penyebabnya bakteri klamidia. Seorang wanita mitra seksual memerlukan perawatan ini secara rutin agar tidak menyebar menjadi lebih parah dari sebelumnya. Vaginitis Non-infeksi Bentuk vaginitis non-infeksi biasanya disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi dari obat-obat luar yang digunakan pada vagina. Hal penting yang harus dilakukan adalah mengurangi hubungan seksual untuk mengurangi penyebaran infeksi. Seperti douche. detergen.

penderita juga sebaiknya memakai pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan mampu menyerap keringat sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. g) Hindari jeans yang ketat dan stoking tanpa bantalan pada selangkangan. Pencegahan yang baik dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar serta merubah pola hidup yang salah. Jika cairan yang keluar dari vagina normal. Jika akibat infeksi labia (lipatan kulit terluar disekitar vagina dan uretra) menenpel menjadi satu. Seperti: a) Menghindari bathtub dan pusaran air panas spa. Tetapi pembilasan ini tidak boleh dilakukan terlalu lama atau terlalu sering karena bisa meningkatkan resiko terjadinya peradangan panggul. dan keringkan area tersebut dengan kain yang lembut untuk mengurangi iritasi. Jangan . Untuk mengendalikan gejala tersebut dapat dilakukan pembilasan dengan campuran cuka dengan air. langsung kenakan pakaian tidur anda agar pada saat tidur vagina tetap dalam keaadaan kering. d) Jangan gunakan douche. Pakaian dalam yang baik digunakan misalnya terbuat dari bahan katun. Bilas sabun dari luar daerah genital anda setelah mandi. Atau. Biasanya jamur akan dapat tumbuh subur ditempat yang lembab. Hindari penyebaran bakteri dari tinja ke vagina. Vagina anda tidak membutuhkan semprotan apapun selain mandi biasa. f) Pakailah pakaian dalam dengan bahan katun atau pakaian dalam yang berisi bagian yang lembut diselangkangannya agar kondisi vagina selalu kering dan pH-nya tetap terjaga. h) Bila anda sudah terinfeksi vaginitis. c) Usap dari depan kebelakang setelah menggunakan toilet. penderita juga sebaiknya responsive terhadap apa yang terjadi pada tubuh kita sendiri. Untuk mengurangi gatal-gatal bisa dibantu dengan kompres air dingin pada vulva atau berendam di air dingin. bisa dioleskan krim estrogen selama 7-10 hari. tidurlah tanpa mengenakan pakaian dalam. bila anda nyaman tanpa menggunakan pakaian dalam. e) Gunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual untuk menghindari infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. kadang pembilasan dengan air bisa membantu mengurangi jumlah cairan yang keluar dari liang vagina. Pemakaian douche secara berlebihan akan membunuh bakteri baik yang ada pada vagina yang akan meningkatkan resiko infeksi pada vagina. Jangan gunakan sabun yang wangi dan kasar seperti sabun yang mengandung deodorant atau antibakteri b) Hindari iritasi dengan tidak menggunakan pakaian dalam atau pembalut yang berparfum. segeralah ke kantor pelayanan dan kesehatan. Selain itu.Selain obat-obatan yang dianjurkan diatas. Menjaga kebersihan vulva dengan sabun gliserin juga dapat mengurangi infeksi vaginitis.

Bahkan. jamur (biasanya candida albikan) dan virus (biasanya herpes atau HPV). yang bernama klamedia. Ini adalah bagian terluar dari kelamin perempuan. Salah satu mikroba yang senang . PERADANGAN DI VAGINA Peradangan bisa terjadi di lubang awal vagina.malu. Kuman yang berada di sana bisa “jalan-jalan” ke wilayah lebih dalam. cikal bakal kanker rahim. meski kini sudah ditemukan mikroba lain yang merupakan campuran bakteri dan jamur. yang tak lain adalah infeksi yang bercokol dan menimbulkan luka. Vaginitis diderita oleh jutaan wanita per tahun. lakukanlah yang terbaik bagi vagina dan tubuh anda. jika terus menjalar. sekelompok mikroba bisa meradang di sana dan menghancurkannya. Fungsinya sebagai pelumas saat melakukan hubungan seksual. Peradangan ditandai salah satunya dengan keputihan. yang perlu diwaspadai adalah keputihan abnormal. Pasalnya. Padahal. Virus inilah yang menyebabkan infeksi. Parahnya. yaitu vagina. Sebuah tempat yang nyaman untuk hidup si bakal bayi. biasanya diikuti rasa nyeri saat bersenggama. mulut rahim misalnya. “Keputihan normal terjadi pada wanita setelah berhubungan seksual dengan pasangannya. Jumlah kuman pun makin lama makin banyak. Peradangan. Halus dan lembut. Seperti sudah dijelaskan di atas dengan perumpamaan beludru. rontok. Tetapi. kebanyakan peradangan yang terjadi di dalam alat reproduksi juga ditandai oleh keluarnya cairan dari alat kelamin.” ujar Judi. Peradangan di vagina ini sering disebut vaginitis. Tetapi. ia juga bisa menimbulkan radang panggul. RADANG ALAT REPRODUKSI YANG PERLU DIWASPADAI Rahim perempuan bagaikan beludru. M. diikuti pendarahan pasca-senggama. kuman-kuman akan makin leluasa menjelajah bagian lain. “Bartholinitis diambil dari kata bartholini. yaitu kelenjar yang terdapat pada bagian mulut lubang vagina.. Demi kesembuhan dan kembali normalnya vagina anda. sehingga menimbulkan servisitis. Peradangan pada bagian ini disebut bartholinitis.” kata Judi Januadi Endjun. Jakarta. Yang paling membahayakan adalah jika kuman juga merasa nyaman tinggal di daerah rahim. Tentu tak seorang pun menginginkannya. Infeksi atau peradangan bisa disebabkan oleh mikroba. sehingga tak lagi nyaman untuk ditempati. Dan anda salah satunya. dan kasar. rahim pun akan terluka dan menjadi buruk rupa. sehingga beludru itu berubah buruk rupa. Keputihan sering dianggap sesuatu yang wajar terjadi pada perempuan. yang bisa muncul setiap saat. diantaranya bakteri (biasanya steptococcus). Peradangan di mulut rahim juga bisa ditandai oleh rasa nyeri saat bersenggama. Radang panggul terjadi jika mikroba sudah menembus rongga perut. bisa-bisa membahayakan hidup janin. dan pada masa sebelum dan sesudah menstruasi. Dan ketika daya tahan tubuh semakin menurun. ada dua jenis keputihan. bisa menjalar kemana-mana. Biasanya. obstetrician.D. virus yang sering tinggal di daerah mulut rahim adalah human papilloma virus (HPV). gynecologist dan senologist dari RSPAD Gatot Soebroto. Kelenjar ini biasanya terdapat pada posisi sekitar jam 5 dan 7. Kondisi di atas bisa diakibatkan oleh terjadinya peradangan di daerah reproduksi.

jika terjadi peradangan di mulut rahim. Akibatnya. kondisinya biasanya sudah parah. Yang sulit adalah peradangan karena virus. peradangan akan semakin kondusif. Misalnya. “Mikroba ini sangat berbahaya. SAAT HAID Peradangan alat reproduksi juga bisa mengenai organ lainnya melalui pembuluh darah. dianjurkan tidak melakukan hubungan seksual saat haid. Anda sebaiknya segera memeriksakan diri.” kata Judi. pengobatan lain bisa dilakukan ahli medis seperti dengan pembakaran. harus dilakukan pemeriksaan pap smear. paha dan panggul. “Jika ternyata penyebabnya bakteri. saat haid. sehingga menimbulkan kerusakan jaringan yang lebih luas. sperma pun bisa rusak karena kuman menyerangnya. nyeri saat berhubungan lantaran terjadi pergesekan yang mengakibatkan luka semakin hebat. Biasanya.” katanya.” Darah haid merupakan sumber makanan bagi kuman di vagina. jamur atau virus yang mengganggu Anda. “Pemotongan mulut rahim. serta selalu menimbulkan noda di celana dalam. Jamur ditindas dengan antijamur. daya tahan tubuh biasanya menurun. LAKUKAN PEMERIKSAAN Lantas.” Jika terjadi peradangan saat melakukan hubungan seksual. serta daya tahan penderita. sehingga kuman-kuman mati. Biasanya. Setelah dilakukan analisis terhadap cairan. tergantung penyebabnya. mereka sudah mengalami keputihan sejak sebelum menikah dan tidak diobati dengan baik. Namun. Misalnya. dokter akan melakukan prosedur mengambilan cairan vagina. Saluran yang tersumbat ini akan menyebabkan sel telur tak bisa keluar saat pembuahan. dalam jangka dua hari pun radang ringan bisa berubah menjadi berat. tentu saja dilakukan pada perempuan yang tak lagi ingin punya anak. jenis antibiotiknya pun akan segera diketahui. Radang berat ditandai rasa terbakar pada vagina. peradangan ditandai oleh timbulnya cairan encer dan gatal. Jika disebabkan jamur. Setelah diperiksa. rasa nyeri dan keputihan akan lebih hebat. Pembakaran dilakukan dengan listrik.bermain di sini biasanya adalah klamedia. untuk memastikan ada-tidaknya kanker rahim dan infeksi HPV. tetapi bisa berubah menjadi berat karena beberapa kondisi. misalnya selangkangan. Misalnya HPV yang suka bercokol di daerah mulut rahim. Jika dilakukan pemeriksaan fisik. Awalnya. Dengan begitu. Radang bermula ringan (hanya keputihan). . tetapi akibatnya lebih berbahaya. Sebab jika terdapat peradangan. terlihat vagina berwarna kemerahan. "Pada masa ini. Ditambah lagi. Jika kondisinya kurang baik. Penderita radang pada alat reproduksi juga akan merasa tidak nyaman. Itulah kenapa. Sementara peradangan karena bakteri bisa menimbulkan cairan kental. penderita yang mengalami penyumbatan di saluran ini sulit hamil. hubungan seksual akan mengakibatkan pergesekan dan membuat luka semakin luas. Untuk mengetahui penyebab keputihan dan pengobatan yang tepat. penderita akan diberi pengobatan dengan antibakteri. virus HPV biasanya tidak memberi gejala yang cukup jelas.” kata Judi. pegal-pegal dan nyeri di sekitar alat reproduksi. kuman semakin banyak karena mendapat banyak “makanan. lantaran bisa bersemayam di saluran telur dan menyumbat saluran ini. baru ketahuan terjadi peradangan di sana. Batang-batang jamur yang mati akan tampak seperti kotoran. keganasan kuman. Jamur juga merupakan mikroba yang ukurannya relatif lebih besar. pembekuan dan pemotongan. “Gejalanya lebih tak jelas. cairan berbau dan terkadang bercampur darah. Pada saat tertentu. yang bisa menimbulkan kanker mulut rahim. akan diketahui apakah bakteri. apa yang harus kita lakukan? Jika keputihan sudah berlangsung lama dan mengganggu. sehingga saat pasien mendapat keluhan dan diperiksa. Selain dengan antibiotik.” ujarnya. Virus ini bisa menginfeksi mulut rahim dan baru menimbulkan kanker setelah bercokol 10 tahun! Ciri lainnya. Ciri peradangan sendiri bisa berbeda-beda. jumlah kuman yang tinggal. dan mengakibatkan kemandulan.

bayi bisa lahir prematur. • Tuhan sudah membuat komposisi yang sempurna pada alat reproduksi kita. tak gampang mendeteksi siapa yang menulari Anda. BAHAYA PERADANGAN SAAT HAMIL Daya tahan tubuh pada wanita hamil biasanya akan menurun. Mikroba juga banyak terdapat di toilet umum. "Sangat jarang perempuan yang belum pernah melakukan kontak seksual mengalami peradangan seperti ini. karena menyerap keringat. Dan jika infeksi parah. Akibatnya. Jika ingin menggunakan pantyliner. bayi dalam . gantilah sesering mungkin. bahkan bisa menyerang si bayi. Peradangan sangat berhubungan dengan penyakit menular seksual dan tingkah laku seksual bebas.Namun. Misalnya. Kita hidup di daerah tropis yang relatif panas. setelah melakukan hubungan seksual. Siapa tahu. ada penderita radang yang sempat menggunakannya. pergesekan pun akan sering terjadi. sehingga keadaan di sekitar menjadi panas dan lembab. Bahkan. berhati-hatilah saat menggunakan toilet umum. Jika bayi lahir lewat vagina yang memiliki banyak kuman. maka kuman-kuman itu pun akan ikut dengan si bayi. mikroba yang mengakibatkan keputihan bisa terdapat di mana saja. Tak perlu malu datang ke dokter kandungan sekalipun belum menikah. sebelum Anda. sehingga bisa membersihkan diri dan melawan kuman-kuman abnormal. daerah vital selalu kering. Oleh karenanya. sehingga tubuh menjadi sering berkeringat dan keadaan di daerah vital pun otomatis menjadi lebih lembab. jangan salah kaprah. penggunaan yang sembrono bisa membahayakan kuman lactobasilus. Dalam keadaan asam. Kuman streptococcus bisa menyerang selaput ketuban dan mengakibatkan pecahnya ketuban. misalnya suka berganti pasangan. Karena itu. kuman juga bisa berasal dari pasangan Anda. • Jangan memakai celana yang terlalu ketat. Jagalah kuman “baik” ini. Dengan begitu." ujar Judi. terjadi penyebaran kuman pada tubuh bayi. vagina bisa membersihkan diri secara alami dan melawan kuman-kuman abnormal. cara ini tidak menjamin 100 persen penderita tak lagi mengalami peradangan. Ini akan menghindari masuknya kuman dari anus ke alat kelamin. Ia merasa nyaman jika pakaian dalamnya selalu bersih. Ini artinya ia lebih mementingkan kebersihan pakaian dalamnya daripada daerah vitalnya. • Biasakan membersihkan alat kelamin setelah melakukan hubungan seksual. jangan menggunakan pantyliner (pembalut tipis untuk seha ri-hari). Nah. kuman ini berfungsi menjaga keasaman vagina tetap pada PH 3. Jadi. sperma yang bersifat basa akan mengakibatkan keasaman berubah. karena peradangan akibat HPV berhubungan dengan tingkah laku seksual bebas. Pasalnya. • Jika tidak dibutuhkan. Jika Anda mengalami kegemukan yang menyebabkan paha Anda bertemu satu sama lain. Pengobatan harus dilakukan dengan sangat teliti karena berhubungan dengan kondisi janin. infeksi akan semakin berkembang lantaran vagina wanita hamil biasanya lebih lembab. • Biasakan membersihkan diri setelah buang air besar dengan membasuh dari depan ke belakang. lactobasilus akan segera menyeimbangkannya kembali. pengobatan pada orang hamil lebih sulit diberikan. • Periksakan diri sesegera mungkin jika mengalami keputihan cukup lama. Apalagi. karena bisa menimbulkan gesekan. Kuman dapat hidup subur di daerah tersebut. • Pilih pakaian dalam dari katun. Jika pasangann berganti-ganti. • Yang paling penting. Anda bisa memulai dengan disiplin menjalankan aturan di bawah ini: • Makanlah makanan sehat. bisa timbul luka. Ingat. hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan berganti ganti. berbagai cara bisa dilakukan. Salah satunya adalah gaya hidup bersih dan sehat. Akibat lain dari peradangan saat hamil. Para perempuan seringkali salah kaprah. BERGAYA HIDUP SEHAT Untuk menghadang radang. bergizi dan sesuai porsi Anda. Padahal. Misalnya jamur senang bermain di air. Produk kosmetik pembersih dan pengharum vagina yang banyak diperdagangkan sebetulnya tidak diperlukan.

PATOFISIOLOGI Umumnya vulvitis dapat dibagi dalam 3 golongan : 1. 3. ulkus molle. labia mayora.  Vulvitis pada diabetes mellitus. glandula sebasea. .  Infeksi pada kulit. Vulvitis pada  Penyakit kelamin klasik. glandula bartholini dan glandula para uretra ] B. klitoris. PENGERTIAN Vulvitis adalah peradangan pada vulva [ mons veneris. infeksi streptococcus.rahim bisa meninggal. Golongan yang timbul bersama-sama dengan vaginitis atau timbul akibat vaginitis. yaitu gonorea. 2. sifilis.bisa timbul karena trauma luka atau sebab lain. Yang bersifat local. glandula esokrin keringat. D. E. TANDA DAN GEJALA     Vulva membengkak dan merah Agak nyeri Gatal Gejala sesuai jenis infeksi C.  Infeksi pada glandula bartholini Sering timbul karena gonorea.  Infeksi pada orifisium uretra externa. orifisium uretra externa. Atasi penyebab utama Perawatan vulva hygiene yang baik. VULVITIS A.coli. Sering disebabkan karena gonorea. glandula para uretralis. Yang merupakan permulaan atau manifestasi penyakit umumnya. limfogranuloma venereum. labiya minora.  Vulvitis yang disebabkan oleh infeksi virus herpes genetalis. vestibulum. rambut. PENGOBATAN     simptomatik Antibiotik sesuai pengobatan.

1. bintik – bintik merah. Pada orang tua terjadi karena pertahanan terhadap infeksi pada vagina menurun sehubungan dengan ― aging process ―. TANDA DAN GEJALA  Leukorea. C. rangsangan termis. Tampon vagina : seperti pembalut yang steril. antara lain : Do derline. Coitus. 4. Hygiene yang kurang. DIAGNOSTIK Penyebab dapat ditemukan dengan pemeriksaan mikroskopik dari sel vagina. D. 2. corpus alenium. 5.  Flour yang keluar banyak mengandung leukosit.  Gatal  Panas dan pedih  Gejala vulvovaginitis : vagina dan vulva merah dan bengkak. Derivate imidazol [ infeksi trichomonal ] Selama pengobatan coitus dihentikan F. 3. difteroid. PENGERTIAN Vaginitis adalah peradangan pada vagina B. 4. . stafilococus. yang terdiri dari cairan yang kadang bercampur lendir dan dapat menjadi mukopurulen dan berbau anyir. Beberapa keadaan yang dapat mempermudah vaginitis. yang dalam keadaan normal hidup dalam simbiosisi antara mereka. 3. E. PENYEBAB Vaginitis pada anak disebabkan oleh trauma dan corpus alenium. Sedangkan pada masa reproduksi sering terjadi karena masturbasi. streptococcus. Atropi epitel vagina [aging process] 1.Vaginitis A. yang menjadikan PH vagina rendah. 2. 5. Corpus aleneum : pada anak-anak dan juga alat-alat perangsang sex pada orang dewasa. PATOFISIOLOGI Flora vagina terdiri atas banyak jenis kuman. Jika simbiosis ini terganggu dan kuman-kuman yang berkembang biak maka terjadilah vaginitis. TERAPI DAN PENATALAKSANAAN Antibiotik [ infeksi bakteri ] Obat jamur [ infeksi jamur ] Nistatin Untuk senilis : antibiotik + salep yang mengandung estrogen selama 20 hari. terutama kebersihan penis yang jelek dan sperma yang mengandung kuman .

Kolaborasi pemberian obat-obatan yang berfokus pada penyakit dan obat-obatan simptomatik. gatal.Gatal . pengobatan. 2. takut.Menyatakan kecemasan Data Obyektif : . murung. jaga kebersihan pakain dalam. gejala dan tanda. banyaknya cairan yang keluar dan berbau. bengkak bintik – bintik merah pada vagina dan vulva .Banyak keluar cairan pada vagina . ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU DENGAN VAGINITIS SECARA UMUM : 1. B. Penyuluhan tentang penyakitnya : penyebab.G.Pemeriksaan laboratorium ditemukan kuman penyebab. ¨ ¨ ¨ Cerviksitis A. kesembuhan. PENGERTIAN Cervicitis adalah radang dari selaput lendir canalis servikalis. Tujuan terapi Infeksi sekunder tidak terjadi Rasa nyaman terpenuhi Kecemasan hilang 3. Pengkajian Data Subyektif : . pedih.Merah . PENYEBAB  GO .    Penatalaksanaan Penyuluhan peningkatan kebesihan diri.keluar cairan yang banyak ] sehubungan dengan infeksi di tandai pasien mengeluh dan meringis. Diagnosa keperawatan  Potensial terjadinya infeksi sekunder pada daerah sekitar vagina sehubungan dengan telah adanya port d’ entri  Gangguan rasa nyaman [ panas.Panas dan pedih pada vagina .  Cemas sehubungan dengan kurang pengetahuan tentang penyakitnya di tandai pasien tampak bingung. vulva hygiene.

walaupun begitu canalis sevicalis terlindung dari infeksi oleh adanya lendir yang kental merupakan barrere terhadap kuman-kuman yang ada dalam vagina..  Pada cervicitis kronik. kadang dapat terlihat bintik putih dalam selaput lendir yang merah disebut Nabothii D. portio tampak merah dan menyala .  Sering menimbulkan erosio [ erythroplaxia] pada portio. ASUHANKEPERAWATAN PADA PASIEN SERVICITIS . GEJALA DAN TANDA  Flour hebat biasanya kental / purulent dan kadang-kadang berbau. PATOFISOLOGI Karena epitel selaput cervicitis hanya terdiri dari satu lapiasan sel silindir maka lebih mudah terkena infeksi dibanding dengan selaput vagina. F.    Penyebaran dari infeksi pada vagina Tindakan intra uterine : dilatasi Alat-alat / obat kontrasepsi Robekan pada cervik terutama yang menyebabkan ektropion C. TERAPI CERVICITIS     Antibiotik terutama yang disebabkan gonococcus Cervicitis yang tak mau sembuh : operasi Cervicitis yang tidak spesifek : rendam dalam AgNO 3 10 % dan irigasi Erosi : obat keras seperti Ag NO 3 10 % / albothyl yang menyebabkan nekrose epitel silindir dengan harapan bahwa kemudian diganti dengan epitel gepeng baru. Terjadinya cervicitis dipermudah oleh adanya robekan servik. E.

sehubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang kebersiahan genetalia. Perencanaan       A] Diagnosa keperawatan Gangguan psikologis berupa rasa malu sehubungan dengan penyakit nya berbau ditandai dengan pasien tidak mau berobat.  Kolaborasi pengobatan dengan dokter 4. Potensial terjadinya infeksi sekunder sehubungan dengan keluarnya cairan terus-menerus dari kemaluan. Pengkajian      Gejala Subyektif : Sakit pada daerah kemaluan Keluar cairan kental dari kemaluan dan berbau Gejala objektif : Kemaluan pasien bengkak Kemaluan pasien kotor banyak cairan yang kental dan berbau Pada pemeriksaan di portio berwarna merah. Pelaksanaan  Penyuluhan tentang sebab akiba dan jalannya penyakit.1. Peningkatan personal hyigene.  Penyuluhan tentang kebersihan dari : vulva hygiene. 2. Evaluasi  Tidak malu untuk berkonsultasi akan penyakitnya  Tidak adanya tanda-tanda infeksi sekunder  Personal hygiene yang adekuat . B] Tujuan Rasa malu terhadap penyakitnya hilang Tidak terjadi infeksi sekunder Personal hygeine yang adekuat 3.

-.1992.Depkes: Jakarta.—198 .-. Hanifa. Ilmu Kandungan.Kepustakaan Wiknjosastro.FK UNPAD : Bandung. Obstetri Dan Genikologi. Pusdiknakes. -.Asuhan Keperawatan dan Kebidanan Pada Gangguan Sistem Reproduksi.-.Gramedia : jakarta. Bag.—1994. Genikologi.