Nomor Lampiran Perihal

: 001/BYE.BALI/X/2013 :: Proposal Pengajuan Pembentukan Komunitas Wirausaha

Kepada Yth. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Di Denpasar Om Swastyastu Salam Sejahtera kami sampaikan semoga kita senantiasa dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Sehubungan dengan rencana pembentukan Komunitas Wirausaha Muda Bali yang diberi nama “Bali Youth Entrepreneur” sesuai kesepakatan dalam rapat terbuka, pada : Hari/Tanggal Tempat Waktu Peserta : Sabtu, 5 Oktober 2013 : Ballroom White Rose Hotel Legian, Kuta, Bali : 21.30 WITA : 31 orang (Peserta Penguatan Kelembagaan Kewirausahaan Pemuda 2013)

Untuk itu meminta kerjasamanya demi kelancaran kegiatan Komunitas kami berupa bantuan pembinaan agar Komunitas yang akan kami bangun dapat berjalan dengan baik dibawah bimbingan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Demikian surat permohonan ini, kami sangat mengharapkan apresiasi dan dukungan penuh dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Badung, 10 Oktober 2013

G.P. Wira Saputra Ketua

pasar dan SDM kreatif Indonesia mencapai 47% dari total penduduk. naik dari angka 5. industri kreatif Indonesia mampu membuka 5. Pengangguran terdidik meningkat menjadi 12 % Februari 2009. yang meningkat hampir dua kali angka 2004 atau 585 ribu orang. 9. aktivitas kewirausahaan di Indonesia relatif masih rendah memberi dampak peningkatan lapangan kerja. Hal ini seolah bertolak belakang dengan perkembangan industri kreatif. Kemampuan itulah yang membuat UMKM Indonesia bangkit dengan cepat saat krisis 1998. Data Depnakertrans (2009) menunjukan bahwa per 1 mei 2009 sebanyak 51.7% tahun 2004. Perkembangan industri kreatif. PENDAHULUAN Data jumlah penganggur kalangan terdidik sampai Februari 2009 mencapai 1.896 lulusan. Di samping itu. peningkatan penganggur terdidik justru bertolak belakang dengan tren menurun pengangguran secara keseluruhan.191 orang direncanakan akan dirumahkan. Ironisnya. 28.3% atas Pendapatan Domestik Bruto . Tiap tahun Indonesia memproduksi 300.1% (2009). Dengan SDM sebesar itu.25 juta orang pada 2004 menjadi 9. yang mampu menambah pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.5 juta orang jika pemerintah tidak berupaya antisipasi nyata dalam meredam dampak terburuk dari FTA. banyak dimotori kaum muda.440 dirumahkan.000 sarjana dari 2900 perguruan tinggi. BPS menunjukkan persentase pengangguran menurun dari 9. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) perkirakan mulai tahun 2010 imbas perdagangan bebas atau Free Trade Agreement (FTA) ASEAN China (AC-FTA) akan berimbas pada pemutusan hubungan kerja hingga 7.7% (2008) menjadi 8. Diperkirakan.355 pekerja terkena PHK.4 juta lapangan kerja dan berkontribusi 6. Indonesia memiliki sumber daya kreatif yang telah diakui oleh dunia.1. Hal ini mengisyaratkan betapa masalah pengangguran memang masalah sangat serius.9% (2004). Kondisi ini diperburuk dengan krisis dan resesi global. Jumlah penganggur turun dari 10. termasuk 607 orang yang diwisuda saat ini. dan 19. Kemampuan kreativitas itu harus dipupuk dan jangan sampai pudar karena kurangnya dukungan dari pemerintah dan kalangan swasta yang terkait.1 juta orang. 22. baik persentase dan absolut.017 orang direncanakan di PHK. Lulusan perguruan tinggi makin sulit mendapat pekerjaan karena ekspansi usaha yang terbatas. Sampai tahun 2009. Departemen Perindustrian menghasilkan 15.26 juta orang pada 2009.

tidak akan berjalan mulus.954 Trilyun. Untuk memenuhi ketercukupan proporsi tersebut. industri kreatif berkontribusi Rp 312 Trilyun. khususnya di Bali. dimana komunitas yang mengakomodir segala hal yang berkaitan dengan program kewirausahaan sangatlah minim. sehingga pembentukan Bali Youth Entrepreneur dapat berjalan dengan baik. 2. peran Komunitas Wirausaha Muda sangat diperlukan.(PDB). 3. minimal 2% dari jumlah penduduk Indonesia. dan mempunyai hubungan persahabatan yang kuat demi kemajuan bersama menumbuhkan perekonomian Bali. mampu membangun persaingan pasar yang sehat.  Sebagai wadah menjaring relasi antar wirausaha baik di Bali maupun luar Bali.  Sebagai wadah bertukar informasi dan pengalaman antar wirausaha muda Bali maupun luar Bali. jika tidak didukung dengan kecukupan proporsi jumlah enterprenuer. Aspek itulah yang mendorong kami untuk membangun Bali Youth Entrepreneur agar kreatifitas wirausaha muda Bali dapat lebih maju. Adapun tujuan organisasi ini antara lain adalah :  Sebagai wadah koordinasi antar wirausaha muda Bali. MAKSUD DAN TUJUAN Proposal ini dibuat untuk memberikan penjelasan secara terperinci tentang rencana kerja dan sasaran yang ingin dicapai. Namun untuk menjadi negara maju. Jika pada 2008 PDB mencapai Rp 4. LATAR BELAKANG Banyak pengamat memprediksi Indonesia akan menjadi salah satu negara maju dalam beberapa tahu mendatang. .

b. dan lain-lain . b. Rencana Jangka Pendek  Konsolidasi dan pendataan anggota.4. 2) market.  Menjadi lembaga yang aktif menyelenggarakan kegiatan pengembangan kewirausahaan pemuda. VISI DAN MISI a.  Penetapan komitmen bersama.  Menjadi jembatan penghubung antara wirausaha muda Bali dengan stakeholder terkait.  Penetapan jadwal pertemuan rutin.  Membuat sebuah produk dengan brand bersama. Visi Menjadikan Bali Youth Entrepreneur sebagai pusat pengembangan wirausaha muda di Bali. 5.  Membuat webpage produk anggota.  Memperluas potensi pasar dengan memperbanyak melakukan pameran.  Penetapan identitas lembaga. Misi  Menjadi pusat koordinasi wirausaha muda Bali. expo. Rencana Jangka Panjang Memperkuat komunitas wirausaha muda Bali di bidang : 1) product.  Menjadi pusat pembelajaran dan pendidikan bagi wirausaha muda Bali. RENCANA KERJA a.  Produk-produk unggulan masing-masing anggota.

dan lain-lain.  Melakukan kegiatan kemanusiaan. PESERTA Dalam kegiatan komunitas ini. Membuat koperasi bersama untuk memudahkan aliran dana anggota. dengan konsep database terintegrasi dengan sms. Melakukan verifikasi anggota sehingga komitmen komunitas ini tetap terjaga dengan baik. 5) Social  Mengirim anggota untuk melakukan pertemuan dengan organisasi sejenis di seluruh Indonesia.    Mencari bantuan dana dari pemerintah atau pihak swasta terkait. Melakukan iuran secara berkala. ke panti jompo.d 5 Oktober 2013 di Badung (daftar nama anggota terlampir) yang akan ditambah sebanyak-banyaknya dari seluruh Bali setelah organisasi ini dapat berjalan dengan baik. mail broadcast. dinas social. Para anggota merupakan peserta Pelatihan Kelembagaan Kewirausahaan pemuda Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda pada Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada tanggal 3 s. seperti kegiatan bersih lingkungan. 4) keuangan. 6. 3) system development  Menambah ilmu pemasaran dengan cara melakukan berbagai macam pelatihan  di bawah bimbingan praktisi dunia bisnis yang berpengalaman. anggota yang masuk dalam komunitas wirausaha muda Bali Youth Entrepreneur adalah 31 orang. di tahun pertama. Mendorong penggunaan teknologi untuk memperluas pasar. . ke panti asuhan. dan lain-lain.

J   BIDANG EKONOMI KREATIF RYAN FARIZAL DAN SAGUNG ISTRI INDRIANI SOSIAL. KESEHATAN.P Wira Saputra : Putu Iwan Wibawa : Ni Made Devi Jayanthi : A. PENUTUP Demikian Proposal Pengajuan Pembentukan Komunitas Wirausaha Muda “Bali Youth Entrepreneur” 2013 kami sampaikan. HUKUM. PUBLIKASI DAN HUBUNGAN 8. DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DHARMA LAKSANA DAN COKORDA GEDE RAMA P. semoga peran serta kita semua dapat . SUSUNAN ORGANISASI 1) Penanggug Jawab 2) Pembina 3) Ketua 4) Wakil ketua 5) Sekretaris 6) Bendahara : Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali : : G. PELATIHAN. PENELITIAN. SPIRITUAL. DAN PENGABDIAN MASYARAKAT I KADEK SAPUTRA DAN PUTU PANDE MULIANA  TEKNOLOGI MASYRAKAT ESTHER DAN RAKA TEJA     PENDANAAN PUTU MAHENDRA DAN TEGUH CIPTA KERJASAMA DALAM DAN LUAR NEGERI I KETUT ADHI KRISNAYANA DAN GOVINDA DASA PERMBERDAYAAN PEREMPUAN SINTIA BIDANG ORGANISASI. DAN HAM I MADE ARIANAN PUTRA ATMAJA INFORMASI.7.A Istri Mas Mangu Pradnya Dewi DIVISI  PENDIDIKAN.

10 Oktober 2013 ANGGOTA BALI YOUTH ENTREPRENEUR . Badung.membantu terwujudnya generasi harapan penerus estafet pembangunan ekonomi bangsa ini.

I Mahendrawati A.DAFTAR ANGGOTA No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama A.A.P.A. Adhi Krisnayana Agus Arimbawa Aryana Putra Atmaja Cok Gede Rama PJ Devi Jayanti Dhany Cipta Pratiwi Dharma Laksana Alamat Denpasar Denpasar Seririt Kerobokan Denpasar Gianyar Kedonganan Denpasar Denpasar Singraja Pemogan Bangli Denpasar Singaraja Tabanan Tabanan Jembrana Jembrana Bangli Pekutatan Denpasar Bangli Denpasar Gianyar Badung Jembrana Denpasar Abianbase Denpasar Penarukan Denpasar Usaha Dee-Sign Accessories Viel handicraft Defenous Savior Shilvester Avendor Bali Sea Café Moncong Kripik EBC Production dodol Coklat Honestly Ikan Air Tawar Internet Marketing Benefeeds Dewata Leather Aradhya Kripik Saskia Mapan Maju Creative Jamur Kita Bali Ombak Solusindo MCS Production Anyaman Bambu Boneka Antik Travel Biner Labs Kaos gagung Counter Handphone Arsa Pagung Fashion Agatha Computer Ganesh Warehouse 10 Dwi Kusumawati 11 Edy Weda Utama 12 Eka Putra Adnyana 13 Esther Ariesta 14 G. Mas Mangu P.I. Ryan Farizal 24 Pande Mulianta 25 Raka Teja 26 Rudy Hermawan 27 Ryan Saputra Saryadi 28 Sagung Istri Indriani 29 Sintia Febriani 30 Teguh Cipta M 31 Yudha Surya P .D. Wira Saputra 15 Gede Suartana 16 Govinda Dasa 17 Hasan Bisri 18 Iwan Wibawa 19 Kadek Saputra 20 Mahendra 21 Margaretha Christie 22 Megaria 23 Muh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful