PROPOSAL PROGRAM HIBAH KOMPETISI STAF KEPENDIDIKAN FEB UGM 2010

Judul : PENANGGULANGAN/PENANGANAN DARURAT TERHADAP KEBAKARAN DAN EMERGENCY LAINNYA DI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UGM

Pengusul : Teguh Sulistiyono, A.Md Satriya Nada Triyana Mujiyana Suratmin Sutrisno

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA 2010

1

LEMBAR USULAN PROGRAM HIBAH KOMPETISI STAF KEPENDIDIKAN FEB UGM 2010 1.Md 2 . JUDUL KEGIATAN PENANGGULANGAN/PENANGANAN DARURAT TERHADAP KEBAKARAN DAN EMERGENCY LAINNYA DI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UGM 2. JUMLAH ANGGOTA TIM : 4 orang o Satriya Nada Triyana. 13 Agustus 2010 Ketua Tim Teguh Sulistiyono. A. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN : 3 bulan 5. KETUA TIM Nama : Teguh Sulistiyono. BIAYA YANG DIAJUKAN : 17. o Mujiyana o Suratmin o Sutrisno 4.Md Bagian : Umum 3.000. A.00 Yogyakarta.475.

infrastruktur (hydrant) yang tidak berfungsi dan tanpa ada pengganti kerugian karena bangunan gedung tanpa diasuransikan. Latar Belakang Masalah Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM merupakan salah satu Fakultas Ekonomi terkemuka di Indonesia yang mempunyai mahasiswa tingkat sarjana tidak kurang dari 2000 mahasiswa dengan aktivitas perkuliahan lebih dari 250 kelas per minggu. Menurut data dari kantor Penanggulangan Kebakaran.1. sedangkan dukungan pemadam kebakaran yang bersifat mobile sudah tidak ada lagi karena mobil pemadam kebakaran sudah 3 . menghanguskan dokumen-dokumen penting dan mengakibatkan aktivitas perkuliahan 2. 15 miliar rupiah. namun nampaknya masih jauh dari cukup karena cakupan luasnya baru 60% di seluruh UGM. manajemen.500 mahasiswa Pasca Sarjana terganggu. Upaya perbaikan telah dilakukan oleh DPPA UGM untuk merevitalisasi hydrant pada tahun 2009. Bencana dan Perlindungan Masyarakat sampai dengan bulan Mei 2010 telah terjadi 17 kejadian kebakaran dengan kerugian mencapai 4. Dalam peristiwa itu kerugiaan mencapai ratusan juta rupiah. Visi FEB untuk menjadi menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2013 dalam pengkajian . dan akuntansi yang menjunjung tinggi etika. Gedung MIPA (1994) dan peristiwa kebakaran terbesar adalah kebakaran gedung pasca sarjana (1994) yang mengakibatkan semua gedung ludes terbakar. pengembangan. Pada saat ini fakultas sudah memiliki fasilitas-fasilitas yang cukup bagus dengan nilai asset yang cukup tinggi namun sejauh ini belum diproteksi secara maksimal untuk mengantisipasi adanya bencana termasuk kebakaran mengingat kebakaran bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Dalam sejarah di UGM pernah terjadi beberapa peristiwa kebakaran diantaranya Gedung Gama Press (1981). penerapan. pengamalan dan penyebarluasan ilmu ekonomi. kejujuran dan kebebasan akademik memerlukan kerja keras dan dukungan berbagai sumberdaya dengan standar kualitas dan kuantitas yang cukup memadai. Hal lain yang patut disayangkan adalah peristiwa itu terjadi karena kecerobohon manusia. sebagian besar terdapat di gedung-gedung baru yang dibangun dari dana bantuan JBIC (Japan Bank for International Corporation). Adapun penyebab kebakaran selama ini 40 % disebabkan oleh hubungan arus pendek dan sisanya disebabkan oleh human error dan faktor alam.

c. Tim akan melakukan identifikasi semua peralatan pemadam kebakaran dilingkungan FEB UGM. prosedur penyelamatan/evakuasi serta komunikasi darurat bagi semua personil yang ada dalam gedung dalam melaksanakan tindakan menghadapi keadaan darurat akibat kebakaran gedung. yang ada 4 . tindakan penanggulangan. Rincian Kegiatan a. b. Dengan kondisi Infrastruktur seperti itu dan damapak kerugian yang sangat besar jika peristiwa kebakaran terjadi maka tidak ada pilihan lain bagi Fakultas Ekonomika & Bisnis untuk mengoptimalkan sarana yang sudah ada seperti tabung apar. peringatan. Membuat SOP tentang tindak darurat kebakaran pada bangunan gedung FEB yang mencakup petunjuk dalam pembuatan rencana untuk memperkecil timbulnya kebakaran dan meminimalkan dampak keadaan darurat yang ditimbulkannya melalui deteksi dini.dialihfungsikan sebagai mobil penyiram tanaman. box hydrant yang diikuti penanaman kesadaran (awareness) civitas akademika untuk memahami pengetahuan dasar bagi pencegahan. b) Identifikasi dan perbaikan infrastrukur termasuk pembuatan tanda Jalur Evakuasi c) Meningkatkan kesadaran bagi seluruh civitas akademika tentang tindak darurat kebakaran pada bangunan gedung FEB UGM. Tujuan Maksud dari proposal ini adalah dengan program ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan softskill bagi civitas akademika sehingga mengerti dan menguasai cara-cara penanggulangan bahaya kebakaran. Tujuan dari proposal ini adalah : a) Menambah pengetahuan bagi civitas akademika sehingga di harapkan bisa meminimalisasi kejadian kebakaran atau musibah lain . Merevitalisasi alat termasuk pembuatan Sign/tanda jalur evakuasi. pemadaman dan evakuasi apabila bencana kebakaran tak terhindarkan. 3. 2.

7. Civitas akademika di lingkungan FEB UGM Bisa mengetahui jalur evakuasi saat keadaan darurat.000 50. Pebuatan tanda/sign emergency exit Pembuatan peta jalur evakuasi Membuat SOP pemakaian peralatan Hydrant (Buku saku) 4. Pelatihan dilakukan pada hari Sabtu dan di bagi 2 sesi dengan pembagian sebagai berikut : Sesi 1 (pagi) pembekalan peserta secara teori tentang cara-cara pemadaman kebakaran. Kegiatan Harga Satuan (Rp) 1.000 150.100.475.375. 9.000 1. 5.000 Jumlah Total (Rp) Catatan = Peserta pelatihan adalah semua staff kependidikan laki-laki dan SKKK di FEB UGM 5 .000 20.d. Target Kinerja a.000 3 55 55 5 55 55 1.500.000 25. Ada standar (SOP) dalam penanggulangan bencana kebakaran di lingkungan FEB UGM.750. Membangun kesadaran staff di lingkungan FEB UGM terhadap kebakaran dan emergency lainya dengan sosialisasi output (buku SOP) dan mengadakan pelatihan pengoperasian peralatan hydrant/ APAR dan melakukan simulasi pemadaman kebakaran.250.000 500. Anggaran No. 6. Honor pembicara Uang transport panitia dan peserta Makan dan snack Honorarium panitia Pembuatan topi peserta pelatihan Pembuatan modul pelatihan 500. 8.500. 4.000 2.000 4.000.000 20 30 1 2.000 500. Sesi 2 (siang) Praktek/Simulasi pemadam kebakaran.000 17. Tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM mengerti dan menguasai cara-cara penanggulangan bahaya kebakaran.000 500.000 1. 2.000 100.500. 5. 3.000 2. b.000 1.000 25. c.

6 . 5 Suratmin Selama kegiatan ini sebagai perlengkapan yang bertugas membantu semua kegiatan ini secara fisik . Pembuatan Proposal Pembuatan dan 2. 7. Satriya Nada Triyana Bertugas sebagai sekretaris untuk kegiatan ini bertugas menyusun proposal dan pembuatan laporan untuk kegiatan ini. dan simulasi kebakaran Pembuatan Laporan akhir kegiatan 5.6. 4 Sutrisno Selama kegiatan ini sebagai perlengkapan yang bertugas membantu semua kegiatan ini secara fisik . Susunan Personalia No 1 2 Nama Tugas Teguh Sulistyono. pemasangan sign emergency exit 3. Koordinator untuk kegiatan ini. Jadwal No Kegiatan Agustus September Oktober November Desember Keterangan 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 41 2 3 4 1. A. 3 Mujiyana Bertugas sebagai bendaraha yang mengatur keuangan dalam pengadaan perlengkapan yang diperlukan.Md. Pembuatan SOP Melakukan pelatihan 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful