Prosedur Perawatan Pulpotomi Prosedur pulpotomi meliputi pengambilan seluruh pulpa bagain korona gigi dengan pulpa terbuka

karena karies yang sebagaian meradang, diikuti dengan peletakkan obat-obatan tepat di atas pulpa yang terpotong. Setelah penempatan obat, selanjutnya dapat dilakukan penumpatan permanen. Pada gigi sulung, prosedur pulpotomi dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan. Pada gigi sulung, prosedur pulpotomi dapat dilakukan dalam satu kali kunjungan jika dibantu dengan penggunaan anastesi lokal. Dalam hal ini tekniknya merupakan amputasi pulpa vital. Prinsip dasar perawatan endodontik gigi sulung dengan pulpa non vital adalah untuk mencegah sepsis dengan cara membuang jaringan pulpa non vital, menghilangkan proses infeksi dari pulpa dan jaringan periapikal, memfiksasi bakteri yang tersisa di saluran akar (Mathewson & Primosch,1995). 1.1 Pulpotomi Vital Langkah-langkah perawatan pulpotomi vital formokresol satu kali kunjungan untuk gigi sulung : 1. Siapkan instrumen dan bahan. Pemberian anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit saat perawatan 2. Isolasi gigi. Pasang rubber dam, jika rubber dam tidak bisa digunakan isolasi dengan kapas dan saliva ejector dan jaga keberadaannya selama perawatan. 3. Preparasi kavitas. Perluas bagian oklusal dari kavitas sepanjang seluruh permukaan oklusal untuk memberikan jalan masuk yang mudah ke kamar pulpa. 4. Ekskavasi karies yang dalam. 5. Buang atap pulpa. Dengan menggunakan bor fisur steril dengan handpiece berkecepatan rendah. Masukkan ke dalam bagian yang terbuka dan gerakan ke mesial dan distal seperlunya untuk membuang atap kamar pulpa. 6. Buang pulpa bagian korona. Hilangkan pulpa bagian korona dengan ekskavator besar atau dengan bor bundar kecepatan rendah. 7. Cuci dan keringkan kamar pulpa. Semprot kamar pulpa dengan air atau saline steril, syringe disposible dan jarum steril. Penyemprotan akan mencuci debris dan sisa-sisa pulpa dari kamar pulpa. Keringkan dan kontrol perdarahan dengan kapas steril. 8. Aplikasikan formokresol. Celupkan kapas kecil dalam larutan formokresol, buang kelebihannya dengan

Gigi yang telah di restorasi(Curzon et al. 3.2 Pulpotomi Non Vital Prinsip dasar perawatan endodontik gigi sulung dengan pulpa non vital adalah untuk mencegah sepsis dengan cara membuang jaringan pulpa non vital. Gambar. . Siapkan pasta antiseptik dengan mencampur eugenol dan formokresol dalam bagian yang sama dengan zinc oxide. Buang pulpa di kamar pulpa dengan ekskavator. 10. 7. Pemberian formokresol selama 5 menit. 5. 6. Dressing antiseptik digunakan bila ada sisa-sisa infeksi. menutupi pulpa bagian akar selama 4 sampai dengan 5 menit. Berikan bahan antiseptik. 9. 4. Perawatan endodontik untuk gigi sulung dengan pulpa non vital yaitu perawatan pulpotomi mortal (pulpotomi devital). Keluarkan kapas yang mengandung formokresol dan berikan pasta secukupnya untuk menutupi pulpa di bagian akar. Pengisian kamar pulpa dengan campuran zinc oxide dengan formokresol dan eugenol. Buang atap kamar pulpa..1996) 1. memfiksasi bakteri yang tersisa di saluran akar.1.menyerapkan pada kapas dan tempatkan dalam kamar pulpa. Ekskavasi karies. Serap pasta dengan kapas basah secara perlahan dalam tempatnya. Pemotongan pulpa di orifis dengan bor bundar kecepatan rendah. Restorasi gigi. Langkah-langkah Perawatan Pulpotomi Vital Formokresol Satu Kali Kunjungan. menghilangkan proses infeksi dari pulpa dan jaringan periapikal. Tempatkan semen dasar yang cepat mengeras sebelum menambal dengan amalgam atau penuhi dengan semen sebelum preparasi gigi untuk mahkota stainless steel. 2.

Lihat apakah pulpa masih vital atau sudah non vital.. 2. Bila memakai arsen instruksikan pasien untuk kembali 1 sampai dengan 3 hari. Buang atap kamar pulpa dengan bor fisur steril dengan handpiece kecepatan rendah. 4th edition. bila pulpa sudah non vital lakukan perawatan selanjutnya. 7. Isolasi gigi dengan rubber dam. Berikan bahan antiseptik. 5. Letakkan arsen atau euparal pada bagian terdalam dari kavitas. Siapkan instrumen dan bahan. .. London : Wright. 9. Isolasi gigi dengan rubber dam. Buang tambalan sementara. syringe disposible dan jarum steril. B. 4. Buang pulpa di bagian korona dengan ekskavator besar atau dengan bor bundar. F. 5. E. Preparasi kavitas. 1996. 10. J. 8. Cuci dan keringkan pulpa dengan air atau saline steril. 4. J. M. Kennedy. Kennedy’s Paediatric Operative Dentistry. Sumber: Curzon. Langkah-langkah perawatan pulpotomi devital : Kunjungan pertama: 1. sedangkan jika memakai euparal instruksikan pasien untuk kembali setelah 1 minggu Kunjungan kedua : 1. Bila masih vital lakukan lagi perawatan seperti pada kunjungan pertama. Ekskavasi karies yang dalam. 3.Pulpotomi mortal adalah teknik perawatan endodontik dengan cara mengamputasi pulpa nekrotik di kamar pulpa kemudian dilakukan sterilisasi dan penutupan saluran akar. Aplikasi semen zinc oxide eugenol. Restorasi gigi dengan tambalan permanen. 2. 3. dan D. Tutup kavitas dengan tambalan sementara. 6. Tekan pasta antiseptik dengan kuat ke dalam saluran akar dengan cotton pellet. Roberts.

1995. dan R. . E..Mathewson. R. Primosch. Fundamentals of Pediatric Dentistry. J. 3rd edition. Chicago : Quintessence Publishing..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful