LAPORAN PENDAHULUAN PEMBUATAN DED IKK KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kebutuhan yang sangat esensial untuk kehidupan manusia di muka bumi ini adalah ketersediaan dan ketercukupan akan kebutuhan air bersih. Kebutuhan air bersih adalah indikator kualitas hidup manusia dari segi kesehatan dan kesejahteraan sosialnya. Kesejahteraan manusia dan kesehatan lingkungan akan berkurang bila kebutuhan air bersih tidak dapat dipenuhi secara merata oleh masyarakat. Hal tersebut berakibat menurunnya derajat kesehatan dan kualitas hidup masyarakat yang menyebabkan kemampuan manusia dan lingkungan tidak cukup untuk dapat mempertahankan hidupnya (degradasi sosial). Tingkat pembangunan bidang air bersih di Indonesia selama 30 tahun telah meningkat dari 9.000 liter/detik menjadi 30.000 liter/detik. Namun secara nasional, saat ini tingkat pelayanan air bersih untuk wilayah perkotaan baru mencapai 39% dan daerah pedesaan mencapai 8% dari jumlah penduduk yang dilayani dengan sistim perpipaan, baik dari PDAM maupun dari instansi lain. Sedangkan sisanya dilayani oleh sistim non-perpipaan yang meliputi sumur gali, sumur dangkal, SPT, PAH dan lain-lain. Sehingga pada saat musim kemarau terjadi krisis air terutama di

1-1

LAPORAN PENDAHULUAN PEMBUATAN DED IKK KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT

daerah yang tidak cukup potensi airnya, baik air tanah dalam maupun air permukaan. Untuk meningkatkan upaya pelayanan air bersih kepada

masyarakat, perlu adanya upaya-upaya untuk memberikan dan membuka kawasan-kawasan yang sampai saat ini belum dan kurang terjangkau ataupun tidak mencukupi oleh sistim pelayanan air bersih yang memenuhi standar kesehatan manusia. Oleh karena itu diperlukan upaya pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana air bersih bagi masyarakat yang belum terjangkau pelayanan air bersih. Dalam merencanakan sistim penyediaan air bersih diperlukan data-data penunjang yang tepat guna penentuan sistim penyediaan air bersih pada wilayah perencanaan, baik kebutuhan minum, cuci dan mandi serta harus memenuhi standar untuk kebutuhan air di daerah perkotaan dan pedesaan. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, alternatif

dibangunnya suatu sistem penyediaan air bersih merupakan jalan keluar yang tepat. Dalam hal ini pemerintah menunjuk CV Inditec Consultan untuk melakukan pekerjaan Pembuatan DED IKK Kintap Kabupaten Tanah Laut, di mana tujuan utamanya adalah untuk menambah pemenuhan kebutuhan air bersih di Ibukota Kecamatan Kintap.

1.2 Maksud dan Tujuan Maksud dari kegiatan adalah memberikan gambaran secara rinci tentang program penyediaan air bersih di wilayah perencanaan secara bertahap sesuai program perencanaan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah membuat rencana rinci (DED) sistim penyediaan air bersih daerah perencanaan untuk masa perencanaan 10 tahun dengan ketentuan sebagai berikut :
1-2

LAPORAN PENDAHULUAN PEMBUATAN DED IKK KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT

Menyusun garis besar (outline plan) penyediaan air bersih sampai tahun 2015

Menyusun program tahap I (pertama) sampai tahun 2010 dimana didalamnya termasuk program jangka pendek untuk rehabilitasi dan penambahan kapasitas serta rancangan rinci perkiraan biaya.

1.3 Lingkup Pekerjaan Secara garis besar lingkup pekerjaan yang harus dilakukan oleh pihak konsultan adalah sebagai berikut : 1. Pengumpulan data primer dan sekunder, yang meliputi :  Data Primer Kependudukan , sosial ekonomi. Data survei jumlah bangunan baik permanen/semi permanen wilayah perencanaan.  Data air baku. Jumlah saran dan prasarana yang ada.

Data Sekunder Data eksisting sistim penyediaan air bersih. Sistim manajemen penyediaan air bersih. Data-data lain yang ada kaitannya dengan peta land use, hidrologi, batas wilayah dan lain-lain.

2.

Pembuatan peta yang berhubungan dengan land use, batas administrasi, hidrologi sebagai dasar untuk analisa.

3.

Kajian terhadap sumber air baku, baik kuantitas dan kualitas sebagai dasar untuk pengolahan air bersih.

1-3

LAPORAN PENDAHULUAN PEMBUATAN DED IKK KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT

4.

Analisa dan evaluasi terhadap cakupan layanan sistim penyediaan air bersih.

5.

Kajian eksisting sistim penyediaan air bersih yang ada di daerah pelayanan.

6.

Melakukan analisa perkembangan jumlah penduduk dan sarana dan prasarana sebagai upaya untuk pembangunan dan pengembangan sistim penyediaan air bersih yang direncanakan.

7.

Menganalisa

kebutuhan

air

bersih

untuk

kawasan

perencanaan sesuai tahapan yang direncakanan. 8. Membuat rencana rinci sistim pelayanan air bersih dan membuat rencana anggaran biaya (RAB) sampai tahap I tahun 2010 (lima tahun mendatang) sesuai tahun perencanaan.

1.4 Lokasi Proyek Lokasi kegiatan studi Pembuatan DED IKK Kintap Kabupaten Tanah Laut terletak di : Desa : Desa Kintapura Kintap Tanah Laut Kalimantan Selatan

Kecamatan : Kabupaten : Propinsi :

Lokasi pekerjaan disajikan pada Gambar 1.1.

1-4

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful