You are on page 1of 44

TRIGONOMETRI

STANDAR KOMPETENSI: 2.Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya

KOMPETENSI DASAR : 2.1 Menggunakan rumus sinus dan cosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan cosinus sudut tertentu. 2.2 Menurunkan rumus jumlah selisih sinus dan cosinus. dan

2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

INDIKATOR  Menggunakn rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.  Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut.  Menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.  Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.  Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.  Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.  Merancang dan membuktikan identitas trigonometri.  Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut. Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

1

RUMUS JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT

STANDAR KOMPETENSI: 2.Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya

KOMPETENSI DASAR : 2.4 Menurunkan rumus jumlah selisih sinus dan cosinus. dan

INDIKATOR  Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.

2 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Memahami kembali perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa Rika mendapat tugas dari Pak Irman untuk menyelesaikan soal trigonometri tanpa menggunakan kalkulator. Akan tetapi Rika binggung bagaimana menyelesaikannya, diapun bertanya pada Siti teman sebangkunya.

Siti, Ika lagi bingung nih! Bagaimana cara menyelesaikan soal trigonometri tanpa menggunakan kalkulator. Kamu bisa bantu nggak? Oh, kalau soal itu aku bisa bantu. Begini ka, kamu bisa menggunakan perbandinggan trigonometri sudut-sudut istimewa. Nah! Untuk melatih kamu, coba isi kotak-kotak di bawah ini. Jangan lupa perhatikan letak kuadratnya.
0 30 45 60 90 120 135 150 180 210 225 240 270 300 315 330

sin x cos x  tg x 

Kita sudah mengetahui besar sudut-sudut istimewa dari isian kolom di atas. Dengan mengingat nilai sinus, cosinus dan tangen dari tiap sudut tersebut tentu akan sangat membantu kita dalam melakukan perhitungan.

Misalkan seorang tukang bangunan akan merenovasi bagian depan atap sebuah rumah yang berbentuk segitiga sama kaki. Pemilik rumah menginginkan bagian depan atap tersebut menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, pemilik rumah memutuskan agar besar sudut antara sisi miring atap dengan sisi alas sama dengan . Lalu, apakah tukang bangunan itu dapat memenuhi permintaan pemilik rumah, jika ia tidak menggunakan kalkulator atau sejenisnya untuk menghitung nilai dari sinus, cosinus, dan tangen. 3 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Ternyata, tukang bangunan menyanggupinya. Ia menggunakan salah satu aturan trigonometri yang dapat mempermudah dalam melakukan perhitungan. Jadi, sudut ia pecah menjadi penjumlahan dari dua sudut istimewa, yaitu ( ). Selanjutnya ia menghitung nilai cos menggunakan aturan trigonometri tersebut, yaitu: ) cos cos cos ( cos sin sin √ √ √ (√ √ )

Oleh karena tukang bangunan itu masih ingat nilai sinus dan cosinus dari sudut istimewa, maka hal ini menjadi tidak terlalu sulit baginya. Selanjutnya, untuk mengukur panjang sisi miring bagian depan atap, ia menggunakan formula setengah panjang sisi alas. Ada beberapa aturan trigonometri yang lebih menarik lagi. Untuk mengetahuinya, dapat kalian pelajari lebih mendalam pada materi ini. 1. RUMUS JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT 1.1 Rumus cos ( Y C ) Jika jari-jari lingkaran = 1, Koordinat A( ) Koordinat B( ) ( ) ( Koordinat C( Koordinat D( ) , dengan adalah panjang sisi miring dan adalah

))


O D

B A X

Pada segitiga ACO berlaku : Dengan menggunakan rumus jarak : ( ( ) ) ( ( ) ) ( )-..................+......+ ( *.............+...............++.....-...................... 2-............... Pada segitiga BDO berlaku : Dengan menggunakan rumus jarak : ( ) ( ) +........+ +.....................+ (.........+.........)+(........+........)-......................+................ 2-............... .........(2) Karena maka diperoleh hubungan

) .........(1)

4 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

( ) Jadi rumus ( Karena ( ) )

(

)adalah

............. dan (– ) , maka :

(– )

( )) ( .....................-................ ..................-.................. ..................+.................. ) .............

(

TUGAS SISWA I:
Ayo, kerjakan dulu tugasnya 

1. Tentukan nilai dari a) cos b) cos Jawab :

a) cos

( ) …………………+……………… ………………

b) cos 75

( ) …………………-……………… ………………

5 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

TUGAS SISWA II :

2. Dengan menggunakan segitiga siku-siku di bawah ini, tunjukkan Cos ( ) cos + sin , jika α = 900dan β = 300! Jawab : Ruas kiri : Cos ( ) cos( ... - ... ) ..... 2 1 Ruas kanan : Cos α cos β + sin α sin β = cos.... cos ....+ sin... sin... = ( .... x ..... .... ) + ( ) = .... = ruas kiri Jadi, berlaku bahwa cos (α – β ) = cos α cos β + sin α sin β untuk α = 300 dan β = 900

6 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

TUGAS SISWA III :

3. Tentukan nilai cos 150 tanpa menggunakan kalkulator atau tabel trigonometri ! Jawab : 15 = 45 – 30 Cos 15 = cos ( .... - ....) = cos ... cos.... + sin .... sin .... = ( .....)(......) + (.....)(...) = .... (√ ) 0 Jadi, nilai cos 15 ( √ √ ).

“ AWALI SUATU HAL ATAU PUN PEKERJAAN DENGAN SUATU KEJUJURAN,,,KARENA KEJUJURAN ADALAH AWAL DARI SUATU KEBERHASILAN”.

7 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

RUMUS JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT
STANDAR KOMPETENSI:
apa yang dipelajari sekarang

2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya

KOMPETENSI DASAR :

2.1 Menggunakan rumus sinus dan cosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan cosinus sudut tertentu.

INDIKATOR:

 Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.  Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.

Mengingat kembali materi tentang jumlah dan selisih cosinus. Siti mendapat tugas dari Pak Zam untuk mencari nilai dari ( ) karena belum begitu paham meteri jumlah dan selisih cosinus yang lalu. Sitipun bertanya pada temannya Nopi. Nopi, bagaimana cara untuk mencari nilai dari ( )?

Coba ingat kembali rumus pengurangan cosinus! ( ) Kan rumusnya: nah, tinggal diganti aja dan

Jadi,

(

)

8 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Kita telah menguasai materi jumlah dan selisih cosinus. Materi penjumlahan dan pengurangan trigonometri yang lainnya akan kita bahas pada bagian ini! Selamat belajar!

1. RUMUS JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT
1.2 Rumus Karena ( ( ( , maka : ) ) ) ( (( ( ) dan )) ) ( ) Sekarang mari kita belajar rumus jumlah dan selisih sinus

: ( ) (– ) ) ( ( (– )

Karena (

dan ))

, maka :

. : ( )

Tugas Siswa:
1) Tentukan nilai dari a) Sin b) Sin c) Sin d) Sin Jawab : a) Sin ( ) Bagaimana agar lebih memahami materi ini? Coba aja, pasti bisa dikerjain! Coba kamu kerjakan tugas siswa berikut ini

b) Sin

(

) 9

Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Tugasnya mudah ya

:)
c) Sin ( )

d) Sin

(

)

2)

( Jawab: (

)sama dengan nilai

)

1.3 Rumus Karena (

(

) , maka: Selanjutnya adalah rumus tan

)

( (

) )

Jika pembilang dan penyebut dibagi cos cos  , maka :

Jadi: ( )

Jika ( )

maka: ( ( )) 10

Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

( Karena Jadi: ( )

) ( ) , maka :

Tugas Siswa:
1) Tentukan nilai dari : a) Tan 10 b) Tan c) Tan Jawab: a) Tan ( )

Sebelum ke “Latihan Siswa” kerjakan dulu “tugas siswa” Don’t forget!

b) Tan

(

)

11 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

c) Tan

(

)

2) Diketahui Jawab: (

. Maka nilai dari )

adalah

3) Diketahui Jawab: (

. Maka nilai dari )

adalah

Great, you can do it yourself!

12 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Latihan Siswa
Kerjakan soal-soal dibawah ini! 1) Jika α dan β adalah sudut-sudut lancip, dengan dan a) b) Jawab: ( ( ) ) Hitunglah:

2) Jika α dan β adalah sudut-sudut lancip, dengan a) b) Jawab: ( ( ) )

dan

Hitunglah:

3)

( Jawab:

)

dan

nilai

adalah

13 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

4) Diberikan 2 buah sudut dengan nilai sinus masing-masing adalah sudut tumpul sedangkan sudut adalah sudut lancip. Tentukan: a) b) Jawab: ( ( ) )

, sudut

“Berusalah sendiri dalam mengerjakan sesuatu, karena itu akan kamu ingat selamanya” “Get it yourself in a work something, cause it will you remember forever”

14 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

SUDUT RANGKAP

STANDAR KOMPETENSI:
2. Menurunkan Rumus Trigonometri dan Penggunaannya

KOMPETENSI DASAR : 2.5Menggunakan rumus sinus dan cosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan cosinus sudut tertentu.

INDIKATOR

 Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.  Menggunakan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut.

15 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Memahami kembali rumus jumlah dan selisih dua sudut Kalian tentu sudah mempelajari rumus jumlah dan selisih dua sudut? Bagimana? Sangat mudah bukan mengerjakan soal trigonometri menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut. Untuk mengetahui apakah kalian sudah benar-benar memahami rumus dan dan jumlah selisih dua sudut. Coba kerja soal di bawah ini.

1. Jika a) b) ( (

dan ) )

dengan

dan

, tentukan nilai dari:

Jawab : Dik : , maka maka Dit : a) b) penyelesian : a) ( ) = ....................+.................... = ..............+............. = ....... b) ( ) = ....................+.................... = ..............+............. = ....... ( ( ) )

Ayo, ingat kembali rumus ( ) dan ( )

Mencoba, lalu gagal jauh lebih baik daripada tidak pernah mencoba sama sekali

16 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

RUMUS SUDUT RANGKAP

Misalkan

adalah sebuah sudut tunggal, maka dua sudut

( ditulis : dan

) disebut juga .

sebagai sudut rangkap. Trigonometri sudut rangkap yaitu:

2.1 Rumus Ingat kembali rumus ( ( ) ) = = ....................+.................... maka rumus diatas menjadi : ( )

Jika kita ambil

.....................+.................... ..................... jadi:

Tugas Siswa
1) Diketahui Jawab : Dik : , karena berada di kuadaran II maka , maka nilai Dit : ? = berada di kuadaran II. Tentukan nilai Gunakan dalil Phythagorass

Penyelesaian: = = ( ...... )( )

= .......

17 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

2) Perhatikan gambar segitiga dibawah ini

p q Tentukan nilai Jawab : Jika √( ) = = = = 2( = dan ( ) , maka nilai r = √( ) ( ) = √ !

)( )

2.2 Rumus Kita ingat kembali rumus ( ( ) ) = .................... .................... maka rumus diatas menjadi: ( )

Jika kita ambil

..................... .................... ............ ............  Karena cos2   1  sin2  maka persamaan (1) menjadi : ............ ............ ............ ............ ...............  Karena sin2   1  cos2  , maka persamaan (1) menjadi : ............ ............ ............-1-............ ............ .....(1)

18 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Jadi: ........................ ........................ ........................

Tugas Siswa
1) Jika Jawab : = ....... = , dimana . Hitunglah nilai dari !

(

)

= ........ 2) Diketahui Jawab : = = ( ) = . Tentukan nilai dari . Maka nilai !

( )
=

2.3 Rumus Perhatikan kembali rumus untuk jika maka rumusnya menjadi: ( ) ( )

Jadi: ........................

19 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Tugas Siswa

1) Jika jawab : =

dan

. Hitunglah nilai

dan

(

) )

=

(

=

2) Diketahui Jawab :

. Tentukan nilai dari = = ......

!

, maka

= = =

( ) ( )

Tugas Siswa
Diketahui a) b) c) Jawab: adalah sudut lancip dan sudut , maka adalah sudut lancip dan Hitunglah:

dapat di lukis dengan memakai segitiga seperti gambar di samping

siku-siku

Berdasarkan gambar tersebut diperoleh :

a) ( )( )

20 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

b) ( ) ( )

c) = =
( ( ) )

2.4 Rumus untuk Perhatikan kembali rumus ,

Sekarang mari kita bahas rumus sudut rangkap untuk sudut

√ Dengan mengganti √ ke persamaan diatas maka diperoleh:

Tugas Siswa
1) Dengan menggunakan rumus Jawab : √ 2) Jika Jawab : = . Maka nilai dari ( ) = √ ! √ √ √ √ . Hitunglah nilai eksak dari !

2.5 Rumus untuk

21 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Perhatikan kembali rumus maka rumus adalah:

, dengan cara yang sama untuk memperoleh rumus

,

Tugas Siswa
1) Tentukan nilai dari Jawab : = ( ) √ √ √ √

2) Diketahui nilai Jawab : = √

=

√ . Maka nilai

adalah......

= √

2.6 Rumus untuk Dengan mensubstitusi rumus , diperoleh rumus yaitu: dan yang diperoleh sebelumnya pada

Tugas Siswa
1) Dengan menggunakan rumus Jawab : 2) Diketahui = = . Tentukan nilai dari !


= (

=

=

√ . Hitunglah nilai dari )

Jawab :

22 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

=

=

=

Latihan Siswa

Kerjakan Soal-soal dibawah ini! 1) Jika a) b) Jawab: adalah sudut lancip dan hitunglah :

2) Diketahui a) b) Jawab: ( ( ) )

(

) hitunglah nilai dari :

3) Buktikan pernyataan di bawah ini a) b) Jawab:

23 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

4) Buktikan bahwa Jawab:

=

:

5) Jika Jawab :

=

. Tentukanlah nilai dari !

“semua impian kita bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mewujudkannya” (Walt Disney)

24 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

25 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Perhatikan gambar diatas!!! Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya konsep trigonometri tanpa kita sadari telah diterapkan dalam kehidupan kita sehari-sehari. Misalnya banyak hal-hal yang sederhana seperti memancing, penggunaan katrol saat mengambil air didalam sumur dan masih banyak lagi. Oleh karena itu jangan memandang sulit sesuatu sebelum Anda mengerjakannya.

Oh may good??? Aku takut banget sama materi perkalian sin dan cos. Kex mana ne sob?

Alahay… tenang-tenang kemarinkan sudah dijelasin trigonometrisudutganda. Jadi keduanya saling berhubungan.Oke! Mari kita perhatikan bersama.

26 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

3.1 Rumus untuk Perhatikan kembali rumus untuk ( ( ( ) ) + ( jadi: = ...................+................... ) ( ) .......................... ( ) Jika ( )

)dijumlahkan atau dikurangkan maka diperoleh:

Apa ya, yang dipelajari dalam rumus perkalian sinus dan cosinus

( (

) ) -

(

)

(

)

..........................

...................-...................

Nyatakan bentuk berikut sebagai jumlah atau selisih sinus a) b) Jawab: a) ( * ( ) ) ( )+

b)

(

)

(

)

3.2 Rumus untuk ( Perhatikan kembali rumus untuk )dijumlahkan atau dikurangkan maka diperoleh: ( ) 27 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA ) Jika ( ) (

(

) +

( jadi:

)

(

)

..........................

= ...................+................... ( ( ) ) ( jadi: = ...................-................... ) ( ) ..........................

Jadi: = ............................. = ............................. = ............................. = .............................

Tugas 2
Nyatakan bentuk berikut sebagai jumlah atau selisih cosinus a) b) Jawab: a) ( * ( ) ) ( )+

b)

( * (

) ) ( )+

28 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Latihan Siswa

Makin banyakilmumakinba nyak tau.yuk, kitacoba,,,

Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan tepat 1) Nyatakan tiap bentuk berikut ini sebagai jumlah atau selisih cosinus a) b) Jawab:

2) Hitunglah nilai eksak dari: a) b) Jawab:

3) Tunjukkan bahwa: a) b) Jawab: (√ (√ ) )

29 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

SemogaSukses “Manfaatkanlahwaktu,,,sebelumkamumenyesal !”

30 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

RUMUS JUMLAH DAN SELISIH SINUS DAN KOSINUS

STANDAR KOMPETENSI: 2.Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya

KOMPETENSI DASAR:

2.6 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

 Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.  Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.

Ok, sebelum kita lanjutkan materi tentang “RUMUS JUMLAH DAN SELISIH SINUS DAN KOSINUS” Kita ingat kembali rumus perkalian sinus dan cosinus :

Ayoo.. isi yuk.. :D

31 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Dengan kita mengingat kembali rumus-rumus dalam perkalian sinus dan cosinus, akan memudahkan kita dalam menurunkan dan melakukan perhitungan dengan rumusrumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus. Hore, waktunya belajar rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus

4. RUMUS JUMLAH DAN SELISIH SINUS DAN KOSINUS Jika a  b   dan a  b   , maka : Yuk kita proses.. . Maka persamaan menjadi : ( ( ( ( ) ( ) ) ) ) ( ( ( ) ) )

Tugas siswa:
1) Nyatakan bentuk-bentuk berikut dalam bentuk perkalian sinus dan kosinus a) b) jawab: a) b) ( ( ) ) ( ( ) )

2) Hitunglah nilai eksak dari : a) b)

32 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Jawab: a) ( ) ( )

b)

(

)

(

)

3) Buktikan bahwa Jawab: ( ) ( )

Latihan Siswa

Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan tepat 1) Nyatakan bentuk-bentuk berikut dalam bentuk perkalian sinus dan cosinus a) b) Jawab:

33 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

2) Tunjukkan bahwa: √

Jawab:

3) Jika Jawab:

maka

“Kesuksesan dimulai dari keberanian untuk bermimpi Be-brave to dream” (Tung Desem Waringin)

34 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

IDENTITAS TRIGONOMETRI

STANDAR KOMPETENSI: 2.Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya

KOMPETENSI DASAR : 2.3Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

INDIKATOR  Merancangdan membuktikan identitas trigonometri.

35 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Apa sich perbedaan antara persamaan trigonometri dan identitas trigonometri?

Investigasi

Eky,kamu tahu nggak sich bagaimana perbedaan antara persamaan trigonometri dan identitas trigonometri? Aku binggung banget ni ika karena kedua-duanya juga menggunakan tanda sama dengan (“=”)

Begini musa,misalnya aku punya dua buah persamaan yaitu : 1. 2. ( ) ( )

Nah,cara untuk mengetahui mana yang merupakan identitas.trigonometri dan persamaan trigonometrinya yaitu kamu cukup mengganti nilai x dengan besar sudut sembarang.apabila hasilnya tetap maka pernyataan tersebut benar berarti itulah yang dinamakan dengan identitas trigonometri . contohnya: misalnya kamu mengganti nilai x dengan .

36 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Oke,mari kita cek

subsitusikan ke (1) = 1= 1=( ) + 0 1 = 1 (benar) =1 1

subsitusikan ke (2)

Jadi

bukanlh identitas trigonometri karena tidak berlaku untuk

sembarang sudut. Sedangkan , berlaku untuk sembarang x maka persamaan tersebut adalah identitas trigonometri.

Note : dalam persamaan trigonometri hanya berlaku untuk satu atau beberapa sudut bagi x yang belum diketahui. Misalnya Untuk Untuk adalah sebuah persamaan trigonometri , sebab : , , dan

Jadi dalam persamaan trionometri persoalan yang sering timbul adalah mencari penyelesaian persamaan trigonometri itu. 37 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

IDENTITAS TRIGONOMETRI

Kamu tau gak apa itu identitas trigonometri?

Mmm,,,coba aja kamu baca materi disamping

Identitas trigonometri adalah suatu relasi atau kalimat terbuka yang memuat fungsifungsi trigonometri dan yang bernilai benar untuk setiap penggantian variabel dengan konstan anggota domain fungsinya
Membuktikan kebenaran suatu identitas trigonometri dengan menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut, rumus trigonometri untuk sudut

Perhatikan segitiga dibawah ini

Dari segitiga diatas diketahui

Jika kedua ruas di bagi dengan

maka

38 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Tugas I :  Untuk setiap sudut , bukatikan bahwa ( Jawab: Jabarkan ruas kiri ( ) ( ) )

Tugas II:  Jawab: Jabarkan ruas kiri Untuk setiap sudut , bukatikan bahwa

Tugas III :  Jawab: Jabarkan ruas kiri Buktikan bahwa

( (

)

( )

)

39 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

( ( )

)

Tugas IV :

Buktikan bahwa

Jawab : ( = = ) ( = = )

Tugas V :  Buktikan bahwa

Jawab :

“Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya,,,,,tapi kegagalan merupakan awal dari suatu kesuksesan yang tertunda”.
40 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

Latihan Siswa Kerjakan soal-soal dibawah ini! 1) Buktikan bahwa ( ) Jawab: )(

2) Buktikan bahwa ( Jawab:

)

3) Jika Jawab:

maka

4) Buktikanlah identitas berikut ini ! ( ) ( ) ( )

41 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

5) Buktikanlah identitas berikut ini !

“Hampir semua orang menginginkan hasil yang luar biasa, tetapi mereka tidak pernah bersedia melakukan hal yang luar biasa Jadi, kamu bisa kalau kamu berpikir bisa”

42 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

LATIHAN ULANGAN AKHIR

Kerjakanlah soal-sol dibawah ini dengan benar ! 1) Jika dan sudut lancip, maka Jawab:
( (

(
) )

)

√ dan

2) Diketahui Jawab:

√ √

Berapakah nilai dari

3) Jika
Jawab

dan √

, maka nilai

:

4) Jika Jawab:

untuk

dan

untuk

maka

(

)

43 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA

5) Diketahui Maka nilai Jawab: (

dan )

, jika

dan

6) Diketahui Jawab:

Tentukan nilai

7) Jika Jawab:

. tentukanlah nilai dari

8) Jika Jawab:

maka

“Kemenangan paling berharga dalam hidup bukanlah tidak pernah gagal, melainkan bagaimana kita bisa bangkit setiap kali menemui kegagalan”

44 Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas Xi SMA/MA