You are on page 1of 4

INTERPRETASI KASUS An.

Daffa (di UGD)

KU : Sesak nafas sejak sejam yang lalu KT : Mengi, batuk berdahak ( bening, lengket seperti lem), dada sesak RPS :     RPD:  Pernah mengalami keluhan yamg sama saat berusia 3 tahun. Rata-rata dalam setahun mengalami kekambuhan 7-8 kali. Pasien datang ke UGD dgn KU sesak nafas sejak sejam lalu seelah main bola Keluhan disertai adanya bunyi mengi, batuk berdahak 9bening, lengket seperti lem, dan sesak 2 hari sebelumnya pasien mengalami batuk berdahak dan pilek. Tidak ada demam, mual dan muntah.

RPO:    R. Sos:    Anak ke 2 dari 3 bersaudara Kakak dan adiknya tidak ada yang menderita asthma Ibu pasien menderita penyakit eksim ynag kambuh bila makan udang Bila sesak minum pbat dari dokter keluarga Belum minum obat karena habis, dan tidak menggunakan obat warung Belum pernah menggunakan inhaler

Hipothesis 1.Asthma 2. Bronkitis (akut-kronik) 3.PPOK 4. Gagal Jantung

eksim. Pada pasien asthma sering disertai batuk. dan batuk yang dahaknya bening seperti lem. . mengi (khas pada asthma dan bronkhitis). Fisik  Kesadaran : CM (Pasien tampak bersandar)  Vital signs o N : 115x/m o RR : 35x/m o S : 36. Sura pernafasan dasar vesikuler.80 C  Hidung : Pernafasan cuping hidung (+)  Thoraks: Retraksi supra sternal (+). Wheezing (+) Px. Selain itu dari RPD dinyatakan pasien sebelumnya pernash mengalami keluhan yang sama sejak berusia 3 tahun dena kekambuhan 7-8 kali/ tahun. Lab  Hb : 13 gr/dl  Diff count 1/10/5/55/23/6  PEF : 68% DIAGNOSIS ASTHMA PENJELASAN INTERPRETASI ANAMNESIS : Sesak nafas sejak sejam lalu dengan gejala penyerta berupa mengi dan batuk berdahak (dahaknya bening. Kemudian dari riwayat sosial nya adik da kakak pasien tidak ada yang menderita asthma (disini ditanyakan untuk melihat riwayat atopi. dah dahak yang bewarna bening dan lengket seperti lem menandakan adanya proses alergi (hipersensitivtias). Menandakan pasien sudah memiliki riwayat atopi . suara nafas tambahan ronkhi (+). Khususnya saat lelah atau batuk pilek (dinaggap sebagai faktor pencetusnya Asthma).lengket seperti lem) dapat diduga pasien mengalami Asthma dilihat dari sesak nafas. dengan melihat kakak dan adiknya). dan konjungtivitis alergika)]. Tapi Ibu pasien memilki penyakit eksim yang kambuh bila makan udang [eksim merupakan penyakit dari atopi (asthma. bunyi jantung murni reguler.Px. batas jantung N. Sehingga Asthma dapat dimasukan ke Hipothesis.

Hipothesis dapat ditambahkan menjadi PPOK dan Gagal Jantung.Selain asthma dari sesak nafas dan dari riwayat penyakit sekarang yang berupa batuk berdahak dan pilek. Suhu normal (afebris). dimana pada bronkitis sputumnya biasanya purulen. Wheezing. kita bisa menduga adanya Bronkitis Kronis. Sumbatan-sumbatan tersebut kemungkinan terjadi dari proses Inflamasi dan Hipersensitivitas dari Ashtma.  menguatkan asthma. Jantung dapat disingkirkan. Tapi pasien tampak bersandar. Batas jantung N. Rhonki. pasien adalah pasien dewasa. Menandakan berkurangnya kecepatan aliran ekspirasi. Dalam kasus ini adalah pasien anak. Dari vital signs didapatkan RR meningkat (menandakan pasien bernafas lebih cepat untuk mengatasi sesak nafasnya tersebut). Diagnosis : . Suara pernafasan dasar vesikuler. Lab Hb : normal Diff count. sesuai dengan anamnesis dimana pasien menyatakan tidak ada demam. Walaupun jarang terjadi pada anak-anak. bunyi jantung murni reguler (jantung Normal. terlihat meningkatnya Eosinofil secara signifikan yang menandakan adanya proses alergi  menguatkan hipothesis akan Asthma. Pernafasan cuping hidung yang positif menandakan sesak nafas yang cukup berat sampai cuping hidung bergerak. Bisa saja kita menduga adanya Bronkitis akut walaupun pasien mengatakan bahwa tidak ada demam. suara nafas tambahn rhonki (+). menandakan adanya sumbatan pada bronkiolus. menandakan adanya sumbatan biasanya cairan/sekret pada bronkus. Befitu juga pada retraksi supra sternal yang ditemukan pada pasien ini. dimana normalnya inspirasi tidak menimbulkan pergerakan cuping hidung. Sternocleidomastoideus). sesak nafas karena peny. PEF : 68 % (N >80%). wheezing (+). Scalenus dan m. Yang menandakan inspirasi aktif dimana digunakannya otot-otot inspirasi tambahan (m. Px. Bila dengan keluhan dan riwayat yang sama. kemungkinad dikarenakan menyempitnya saluran nafas dan penumpukan sekret sehingga meningkatkan resistensi. Tapi dilihat dari RPD yang dimana sesaknya sudah berlangsung sejak ia berusia 3 tahun (sudah 8 tahun) dan kambuh bila batuk/pilek. Nadi meningkat (sesak nafas juga membuat jantung memompa lebih cepat untuk mendistribusikan darah yang membawa oksigen). Sampai disini tidak ad pemeriksaan sputum. disini merupakan respon postural pasien untuk mengatasi sesak nafasnya tersebut. dan tanda-tanda lain bronkitis akut. Untuk membuktikan Hipothesis tersebut dilakukan beberapa pemeriksaan Px. Fisik Kesadaran Pasien CM. menandakan supali oksigen ke otak masih tercukupi ehingga tidak terjadi penurunan kesadaran. maupun kronik.

dilihat dari kekmbuhan/frekuensinya Intermiten. dilihat dari nilai PEF  persisten sedang .Asthma. .