You are on page 1of 2

Pertanyaan 1 Tabel 1.

Titik Didih Beberapa Isomer Alkana
Rumus Molekul C5H12 (pentana)
H 3C

Rumus bangun dengan namanya
H2 H2 H2 C C C CH 3 (n-pentana)

Titik didih 360C

H 3C

H C CH 3

H2 C CH 3

(2-metilbutana)

27,90C

CH 3 H 3C C CH 3 CH 3

(neopentana atau 2,2-dimetilpropana) 9,450C

Ketiga isomer di atas memiliki massa molekul relatif sama, namun memiliki titik didih yang berbeda. Jelaskan fenomena di atas dengan menggunakan konsep gaya intermolekul!

Jawab :: Jawab

Pertanyaan 5 Titik didih H2O (Mr = 18) lebih besar daripada O2 (Mr = 32) padahal Mr dari O2 lebih besar. Jelaskan mengapa hal ini bisa terjadi! Jawab :: Jawab

Key Answer: 1

maka akan terdapat tumpukan garis lurus yang rapi dari molekul n-heptana. semakin banyak ruang di antara molekuk-molekul. sehingga gaya antar molekulnya lemah. Apabila terdapat cabang. susunan molekul-molekul menjadi tidak rapi. 2 . dimana terdapat gaya-tarik-menarik aatar molekul n-heptana tersebut. Sehingga ikatan hidrogen sangat kuat.1. Struktur dari n-heptana dapat dianalogikan sebagai garis lurus. diikuti 2 metil butane kemudian neopentana. Hal tersebut bias terjadi karena keberadaan ikatan hidrogen pada molekul H 2O. Semakin banyak cabang. sehingga dibutuhkan energy yang kecil untuk memutus gaya antar molekulnya. Apabila terdapat segelas senyawa n-heptana. Oleh karena itu dibutuhkan energy yang tinggi untuk memutuskan energi tinggi untuk memutuskannya. oksigen (O). nheptana memiliki titik didih paking besar. sehingga dibutukan energy yang tinggi untuk memutuskan gaya antar molekul n-heptana. sehingga titik didih n-heptana tinggi. Energi yang tinggi yang dibutuhkan inilah direpresentasikan oleh tingginya titik didih H2O. dan nitrogen (N). Ikatan hidrogen adalah ikatan kimia yang terbentuk diantara molekul-molekul yang mengandung atom hidrogen yang terikat pada suatu molekul yang mengandung atom hidrogen yang terikat pada suatu atom dengan elektronegativitas yang kuat. 2. maka gaya tarik-menarik nheptana juga kuat. Semakin rapat jarak antar molekul n-heptana. susunan molekul-molekul semakin tidak rapi. seperti Flour (F). Dengan demikian.