PENGOLAHAN DATA GEOLISTRIK MENGGUNAKAN SOFTWARE RES2D DAN INTERPRETASI

TUGAS MATAKULIAH GEOFISIKA TERAPAN

NAMA NPM KELAS

: FERDINAND NAPITUPULU : 270110100142 :A

FAKULTAS TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN JATINANGOR 2013

Batulicin Penampang Pengukuran Resistivitas Data Lintasan 02. Batulicin . Eksplorasi Batubara. Batulicin Penampang Pengukuran Resistivitas dengan Koreksi Topografi Data Lintasan 02.HASIL PENGOLAHAN DATA DENGAN SOFTWARE RES2D DAN INTERPRETASI DARI DATA 02 1.

Sehingga. dari penampang dapat diketahui bahwa batubara mungkin ditunjukkan oleh warna merah sampai ungu. batubara tidak memiliki pori dan terbentuk atau tersusun dari material organic. didapat hasil RMS yang cukup kecil yakni 9. Atau memiliki resistivitas sekitar 25. dilakukan beberapa kali penghapusan datum yang dianggap kurang bagus dan mengganggu data yang bagus. Dalam eksplorasi batubara. Penyebaran barubara pada beberapa titik keterdapatan yakni 45-160 meter. Batulempung umumnya memiliki resistivitas yang rendah karena tersusun oleh berbagai mineral yang dapat menghantar arus listrik. sehingga batulempung diinterpretasi sebagar warna biru muda. Secara fisik.8%. . Dalam pembuatan penampang menggunakan software Res2D. Dari penampang dapat dilihat bahwa warna hijau sangat mendominasi seluruh penampang. dengan tebal setiap titik keterdapatan sekitar 10-20 meter. Sementara batupasir yang secara fisik memiliki pori dan dapat terisi oleh air yang menyebabkan batupasir dapat menghantarkan arus listrik diinterpretasikan sebagai warna hijau muda sampai kuning. sehingga tidak ada penyusun dari batubara yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik.Dari penampang diatas. Namun kehadiran batupasir dan batulempung juga penting untuk diketahui. dapat disimpulkan bahwa Resistivitas batuan akan semakin tinggi bila warna semakin kearah merah atau ungu atau dalam skala keterangan semakin ke kanan warnanya maka resistivitas semakin tinggi. Batubara dapat ditemukan pada elevasi 20-45 meter. yang harus dipetakan adalah penyebaran satuan batubara. Sehingga setelah penghapusan beberapa data. Atau memiliki resistivitas sekitar 543-1502 ohm meter.6-196 ohm meter. Sehingga pada lokasi 02 dapat diprediksi satuan penyusun utamanya adalah batupasir.

Eksplorasi Hidrogeologi. dilakukan beberapa kali penghapusan datum yang dianggap kurang bagus dan mengganggu data yang bagus. Sehingga setelah penghapusan beberapa data. . yang harus kita identifikasi adalah air bawah permukaan. Dalam pembuatan penampang menggunakan software Res2D. Air tanah tentunya memiliki resistivitas yang rendah karena sifat air yang dapat menghantarkan arus listrik. dan juga air yang terdapat dalam aquifer. Dalam eksplorasi air. Dalam kasus ini.4%. dapat disimpulkan bahwa Resistivitas batuan akan semakin tinggi bila warna semakin kearah merah atau ungu atau dalam skala keterangan semakin ke kanan warnanya maka resistivitas semakin tinggi. air mungkin dapat ditemukan pada kedalaman sekitar 30-50 meter. Biasanya aquifer air tanah adalah batupasir yang memiliki porositas cukup baik dan saling berhubungan. Dari penampang dapat diidentifikasi bahwa air tanah pada penampang berwarna biru muda sampai biru tua.2. Medan Dari penampang diatas. didapat hasil RMS yang cukup kecil yakni 12. Medan. Penampang Pengukuran Resistivitas Data Lintasan 02.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful