BENTUK-BENTUK BADAN USAHA Kata “bisnis” diambil dari Bahasa Inggris Business yang berarti kegiatan usaha

. Secara luas, kata bisnis sering diartikan sebagai keseluruhan kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang atau badan secara teratur dan terus-menerus, yaitu berupa kegiatan mengadakan barang-barang atau jasa-jasa maupun fasilitas-fasilitas untuk diperjualbelikan, dipertukarkan, atau dise agunakan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Secara garis besar, kegiatan bisnis dapat dikelompokkan atas ! bidang usaha, yaitu sebagai berikut" a. Bidang Industri b. Bidang #erdagangan c. Bidang $asa d. Bidang %graris e. Bidang &kstraktif 'alam kegiatan bisnis, ada pula yang membedakannya dalam ( bidang usaha, yaitu sebagai berikut" a. Bisnis dalam arti kegiatan perdagangan )Commerce*, yaitu keseluruhan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh orang-orang dan badan-badan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri ataupun antara negara untuk tujuan memperoleh keuntungan. b. c. Bisnis dalam arti kegiatan industri )Industry*, yaitu kegiatan memproduksi atau menghasilkan barang-barang yang nilainya lebih berguna dari asalnya. Bisnis dalam arti kegiatan jasa-jasa )Service*, yaitu kegiatan yang menyediakan jasa-jasa yang dilakukan baik oleh orang maupun badan. Badan Hukum +nsur perkumpulan, yaitu" adanya unsur kepentingan bersama, adanya unsur kehendak bersama, adanya unsur tujuan, dan adanya unsur kerjasama yang jelas.

,

Keempat unsur ini selalu ada pada tiap-tiap perkumpulan baik yang berbadan hukum maupun yang bukan badan hukum. #erkumpulan yang berbentuk badan hukum diantaranya #erseroan -erbatas )#-*, Koperasi dan .ayasan. 'efinisi dari #erseroan -erbatas )#-* berdasarkan +ndang-undang /omor , -ahun ,00! tentang #erseroan -erbatas yang mulai berlaku pada tanggal 1 2aret ,003" Perseroan Terbatas adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang serta peraturan pelaksanaannya. Sedangkan menurut #rof. Soekardono, #erseroan -erbatas adalah suatu perserikatan yang bercorak khusus untuk tujuan memperoleh keuntungan ekonomis. A. Pendirian PT 'alam +ndang-undang /omor , -ahun ,00! telah diatur dengan jelas bah a suatu perseroan didirikan oleh 4 orang atau lebih dengan suatu akta notaris yang dibuat dalam bahasa Indonesia. 5rang di sini dimaksudkan adalah orang perseorangan atau badan hukum. 'alam akta pendirian #- sekurang-kurangnya harus memuat antara lain" a. /ama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, dan ke arganegaraan pendiri6 b. Susunan, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, dan ke arganegaraan anggota direksi dan komisaris yang pertama kali diangkat6 dan c. /ama pemegang saham yang telah mengambil bagian saham, rincian jumlah saham, nilai nominal atau nilai yang diperjanjikan dari saham yang telah ditempatkan dan disetor pada saat pendirian. Selain itu, ada 4 hal yang tidak boleh dimuat dalam akta pendirian #-, yaitu" a. Ketentuan tentang penerimaan bunga tetap atas saham6 dan b. Ketentuan tentang pemberian keuntungan pribadi kepada pendiri atau pihak lain. B. Direksi dan Komisaris

4

Secara tegas. perusahaan firma )<a*. 4. 'ilihat dari hukumnya. yaitu persekutuan perdata. maka status hukumnya adalah buruh pemegang saham. :isalah :+#S. Komisaris yang diangkat dengan upah. dan persekutuan. #erbedaan yang sangat mencolok antara bentuk usaha yang berbentuk badan hukum dan yang bukan badan hukum. ada 4 hal di mana anggota direksi tidak ber enang me akili perseroan. -ahun . d. Bukan Badan Hukum 'alam literatur hukum. 9ajib meminta persetujuan :+#S untuk mengalihkan atau menjadikan jaminan utang seluruh atau sebagian besar kekayaan perseroan. persekutuan. #asal 01 +ndang-undang /o. yaitu" a. dan risalah rapat direksi. Komisaris yang diangkat tanpa upah dan bukan merupakan pemegang saham. Komisaris yang diangkat dengan diberi upah. perusahaan komanditer )=>*. b. yaitu" .. tampak sekali dari prosedur pendirian badan usaha ( .00! menyebutkan bah a komisaris bertugas menga asi kebijaksanaan direksi dalam menjalankan perseroan serta memberikan nasihat kepada direksi. c. kedudukan komisaris itu ada ( macam. dan bukan merupkan pemegang saham. Selain itu.2enurut #asal 78 ++ #erseroan -erbatas. yaitu dalam hal" a* terjadi perkara di depan pengadilan antara perseroan dengan anggota direksi yang bersangkutan6 dan b* anggota direksi yang bersangkutan mempunyai kepentingan yang bertentangan dengan kepentingan perseroan. 9ajib membuat dan memelihara daftar pemegang saham. 9ajib menyelenggarakan pembukuan perseroan. status. ada ( macam perkumpulan yang tidak termasuk kategori sebagai badan hukum. (. 9ajib melaporkan kepada perseroan mengenai kepemilikan sahamnya dan atau keluarganya. )bukan badan hukum*. maka status hukumnya adalah buruh pemegang kuasa dan anggota :+#S. ada 8 ke ajiban direksi yang telah ditentukan undang-undang. . maka status hukumnya adalah sebagai pemegang kuasa perusahaan atau :+#S.

=> dengan saham-saham. Firma dan CV 'alam #asal . 2enurut #asal . Bila => bertindak keluar. yaitu" . Bila seseorang akan mendirikan perkumpulan. => dengan terang-terangan6 dan (.macam CV 'alam kepustakaan. 4. perusahaan yang bukan badan hukum.tersebut.. misalnya ada salah seorang peserta keluar atau meninggal. Macam. sebenarnya merupakan => terang-terangan yang modalnya terdiri dari saham- 8 . => dengan diam-diam adalah => yang belum menyatakan dirinya dengan terang-terangan kepada pihak ketiga sebagai =>. +ntuk => dengan saham. Sesuai bentuk usahanya. masih menyatakan diri sebagai firma. Sedangkan => dengan terang-terangan yaitu => yang dengan terang-terangan menyatakan dirinya sebagai => kepada pihak ketiga. dikenal ada ( macam =>. tetapi ke dalam sudah menjadi =>. dan satu orang atau lebih sebagai pelepas uang pada pihak yang lain. yaitu" .3 K+?' disebutkan bah a yang dinamakan persekutuan firma ialah tiap-tiap persekutuan perdata yang didirikan untuk menjalankan perusahaan dengan nama bersama. Kelangsungan hidup firma tidak terjamin.0 K+?' disebutkan bah a perusahaan komanditer )=>* adalah suatu perseroan untuk menjalankan suatu perusahaan yang dibentuk antara satu orang atau beberapa orang persero yang secara tanggung menanggung bertanggung ja ab untuk seluruhnya )tanggung ja ab soliter* pada satu pihak. Setiap anggota firma selalu mempertaruhkan seluruh kekayaan pribadinya. maka syarat adanya pengesahan akta pendirian oleh pemerintah tidak diperlukan.. => dengan diam-diam6 4. ada 4 kesulitan peran dan tanggung ja ab anggota firma.

#ada #. #ersamaan => dan #-" . 2odalnya sama-sama terdiri dari saham-saham.saham. #ertanggungja aban semacam itu dalam #. aktu selama-lamanya. #enga asan.. #erbedaan => dan #-" .yang bersangkutan seperti dimaksud dalam #asal (0 K+?'6 4. bukan untuk mencari keuntungan.ang dimaksud dengan koperasi adalah suatu kerja sama antara orang-orang yang tidak bermodal untuk mencapai suatu tujuan kemakmuran bersama. tetapi sebagai sekutu komanditer tetap tidak diperbolehkan mencampuri urusan pengurusan.tidak ada sekutu kerja. dan tidak diatur dalam K+?'. yang bertanggung ja ab penuh secara pribadi untuk keseluruhan.ada pada direksi )pengurus* yang telah melakukan perbuatan hukum sebelum pendaftaran dan pengumuman #. 'ireksi pada #.. meskipun bagi persekutuan komanditer dengan saham berbentuk saham atas nama6 sedangkan pada perseroan terbatas dapat berbentuk atas nama atau atas pemba a6 4. sekutu kerja harus minta persetujuan lebih dahulu kepada sekutu komanditer. => dengan saham ini sebenarnya hampir sama dengan perseroan terbatas. Ko erasi .tidak boleh diangkat untuk selamanya. 2eskipun sebagai penga as )komisaris*. sedangkan sekutu kerja pada => dengan saham dapat diangkat untuk ! . 2. penga as tersebut. di mana pada => dengan saham dapat ditetapkan salah seorang dari sekutu komanditer sebagai komisaris. meskipun dalam perjanjian pendirian persekutuan ditetapkan bah a mengenai perbuatan-perbuatan tertentu. yang bertugas untuk menga asi pekerjaan sekutu kerja atau sekutu komplementer.

yaitu badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi. Kemandirian 3. b. 2emperoleh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai gurunya.. d. c. 2embangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. yaitu" +nsur para pihak +nsur tujuan +nsur modal #embagian sisa hasil usaha Fun!si" Prinsi dan Ben#uk Ko erasi 2enurut ++ Koperasi. dapat dilihat dari unsur-unsur yang ada pada koperasi dan bentuk usaha lainnya )<irma.#engertian di atas sesuai dengan yang dijelaskan dalam +ndang-undang #erkoperasian. =>. #embagian Sisa ?asil +saha )S?+* dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota. #endidikan perkoperasian dan kerja sama antarkoperasi. Keanggotaan bersifat sukarela 4. Berusaha untuk me ujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. dan #-*. 8. fungsi dan peran koperasi adalah" a. 3 . #rinsip koperasi berdasarkan #asal ! ++ #erkoperasian adalah" . #erbedaan koperasi dan bentuk usaha lainnya. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. #emberian balas jasa yang terbatas terhadap modal !. #engelolaannya dilakukan secara demokratis (.

maka koperasi akan memperoleh status sebagai badan hukum. yaitu sebagai berikut" Hak-hak anggota koperasi. 2enurut #asal 4. setelah akta pendirian koperasi disahkan oleh pemerintah. atau dipilih menjadi anggota pengurus dan penga as6 c* meminta diadakan rapat anggota menurut ketentuan dalam anggaran dasar6 d* mengemukakan pendapat atau saran kepada pengurus di luar rapat anggota baik diminta maupun tidak diminta6 e* memanfaatkan koperasi dan mendapatkan pelayanan yang sama antara sesama anggota6 dan f* mendapatkan keterangan mengenai perkembangan koperasi menurut ketentuan dalam anggaran dasar.* :apat %nggota 4* #engurus (* #enga as ?al-hal yang biasanya ditetapkan dalam rapat anggota adalah" 1 .. menyatakan pendapat. ada ( perangkat koperasi.8. Kean!!o#aan dan Peran!ka# $r!anisasi -iap anggota dalam koperasi mempunyai hak dan ke ajiban yang disebutkan dalam #asal 4@. yaitu a* menghadiri. yang terdiri dari" . #asal .Sesuai dengan ketentuan #asal 0 s. d. dan memberikan suara dalam rapat anggota6 b* memilih dan. !e"ajiban anggota koperasi adalah a* mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta keputusan yang telah disepakati dalam rapat anggota6 b* berpartisipasi dalam kegiatan usaha yang diselenggarakan oleh koperasi6 dan c* mengembangkan dan memelihara kebersamaan berdasar atas asas kekeluargaan.

• • • • • • • %nggota dasar. #engesahan pertanggungja aban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya. dan f. 9e enang pengurus" a. e enang pengurus koperasi. dan #enggabungan. c. manajemen. 2engajukan laporan keuangan dan pertanggungja aban pelaksanaan tugas. pemberhentian pengurus dan penga as. dan d. #embagian sisa hasil usaha. 2engangkat pengelola koperasi yang diberi mengelola usaha koperasi. 2emelihara daftar buku anggota dan pengurus. pengangkatan. 2enyelenggarakan rapat anggota. :encana kerja. 2enyelenggarakan pembukuan keuangan dan inAentaris secara tertib. b. 2engajukan rancangan rencana kerja serta rancangan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. d. b. c. 2e akili koperasi di dalam dan di luar pengadilan. rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi. e. dan pembubaran koperasi. yang berbunyi sebagai berikut" a. peleburan. #emilihan. e enang dan kuasa untuk 7 . pembagian. -ugas penga as" a. dan usaha koperasi. Kebijaksanaan umum di bidang organisasi. serta pengesahan laporan keuangan. b. 2emutuskan penerimaan dan penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuai dengan ketentuan dalam anggaraan dasar. 2engelola koperasi dan usahanya. 2elakukan tindakan dan upaya bagi kepentingan dan kemanfaatan koperasi sesuai dengan tanggung ja abnya dan keputusan rapat anggota. 2embuat laporan tertulis tentang hasil penga asannya. 2elakukan penga asan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi. telah dijelaskan dalam #asal 2engenai tugas dan -ugas pengurus" (@.

. #enga as tersebut adalah perseorangan sebagai pendiri yayasan atau mereka yang berdasarkan keputusan rapat 0 . 2erahasiakan hasil penga asannya kepada pihak ketiga. 'imana isi #asal . b. simpanan ajib. Koperasi dapat dibubarkan berdasarkan keputusan rapat anggota atau berdasarkan keputusan pemerintah. serta sumber lain yang sah. menjelaskan bah a yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan diperuntukkan untuk mencapai tujuan tertentu di bidang sosial.ang dimaksud dengan modal sendiri adalah modal yang menanggung resiko atau disebut modal ekuiti. atau kesusilaan6 dan c* kelangsungan hidup koperasi tidak dapat lagi diharapkan. dan hibah. 2eneliti catatan yang ada pada koperasi.9e enang penga as" a. dan kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota. yaitu" a* terdapat bukti bah a koperasi yang bersangkutan tidak memenuhi ketentuan undang-undang6 b* kegiatan koperasi bertentangan dengan ketertiban umum dan. berarti landasan hukum pembentukan suatu yayasan telah jelas. c. bank dan lembaga keuangan lainnya.* menegaskan bah a #embina adalah organ yayasan yang mempunyai ke enangan yang tidak diserahkan kepada pengurus atau penga as oleh undang-undang tentang yayasan atau anggaran dasar yayasan. .ayasan. dana cadangan. Moda%" SHU dan Pem&u&aran Ko erasi 2enurut #asal 8. #asal 47 %yat ). koperasi lainnya dan. penerbitan obligasi dan surat utang lainnya. #embubaran koperasi berdasarkan keputusan pemerintah akan dapat dilakukan bila terdapat ( alasan. atau anggota. keagamaan. Sedangkan modal pinjaman dapat berasal dari" %nggota. modal koperasi terdiri atas 4 macam. yaitu modal sendiri dan modal pinjaman. 2odal sendiri berasal dari" Simpanan pokok. 2endapatkan segala keterangan yang diperlukan. 'a(asan 'engan disahkannya +ndang-undang /omor 47 -ahun 4@@8 tentang .

#enetapan keputusan mengenai penggabungan atau pembubaran yayasan. h* akaf6 i* hibah6 j* hibah asiat6 dan k* perolehan lain yang tidak bertentangan dengan anggaran dasar yayasan dan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. masyarakat maupun dari pihak lain yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. d. #engesahan program kerja dan rancangan anggaran tahunan yayasan. kekayaan yayasan dapat juga diperoleh dari" g* sumbangan atau bantuan yang tidak mengikat6 sumbangan atau bantuan yang tidak mengikat adalah sumbangan atau bantuan sukarela yang diterima yayasan baik dari negara.@ . #engangkatan dan pemberhentian anggota pengurus dan anggota penga as. yaitu karena" a* jangka aktu yang ditetapkan dalam anggaran dasar berakhir6 b* tujuan yayasan yang ditetapkan dalam anggaran dasar tercapai atau tidak tercapai6 c* putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap berdasarkan alasan" . #embina mempunyai ke enangan meliputi" a. #enetapan kebijakan umum yayasan berdasarkan anggaran dasar yayasan. Selanjutnya suatu yayasan dapat bubar dengan beberapa alasan seperti diatur dalam #asal 34.* yayasan melanggar ketertiban umum dan kesusilaan6 4* tidak mampu membayar utangnya setelah dinyatakan pailit6 atau (* harta kekayaan yayasan tidak cukup untuk melunasi utangnya setelah pernyataan pailit tersebut. ?al kekayaan yayasan berasal dari sejumlah kekayaan yang dipisahkan dalam bentuk uang atau barang. Keputusan mengenai perubahan anggaran dasar. b. Selain itu. dan e. c. .anggota pembina dinilai mempunyai dedikasi yang tinggi untuk mencapai maksud dan tujuan yayasan.

K$NT)AK DAN PEN'E*ESA+ANN'A !ontrak sangatlah penting de"asa ini terutama dalam dunia usaha. dan asas bah a perjanjian hanya melahirkan ikatan antara pihak yang membuatnya. %danya hal tertentu 8. %sas kebebasan berkontrak bisa dalam hal bentuk dan isinya. kontrak. yaitu dalam bentuk konsensus atau persetujuan dan pembuatan suatu akta khusus yang merupakan suatu bukti.. %danya kata sepakat di antara para pihak 4. asas kekuatan mengikat. yaitu" .((@ K+? #erdata disebutkan orang-orang yang tidak cakap untuk membuat suatu kontrak. %danya kecakapan tertentu (. 5rang-orang yang belum de asa 4. Ketiga asas perjanjian tersebut adalah asas kebebasan berkontrak. baik yang dibuat di ba ah tangan maupun akta otentik biasanya akan terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut" . dan semua orang kepada siapa ++ telah melarang membuat perjanjian-perjanjian tertentu.. %danya suatu sebab yang halal /amun dalam pasal . . Ana#omi sua#u kon#rak Setiap akta.. dalam isi disini berarti bah a isi kontrak sesuai dengan keinginan si pembuat kontrak. 5rang-orang perempuan dalam hal-hal yang ditetapkan dengan undangundang. #erlu diketahui adanya ()tiga* asas perjanjian dan kekecualiannya. 5rang-orang yang ditaruh di ba ah pengampunan (. maka daripada itu pengetahuan akan kontrak yang benar dan penyelesaiannya jika muncul masalah haruslah dikuasai oleh para pelaku usaha# %dapun syarat sahnya suatu kontrak adalah" .

Sebab. $udul 4. Syarat naturalia mengenai suatu perjanjian terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan kebiasaan.. perjanjian tidak akan cacat tapi tetap sah. 4. maka perjanjian tersebut cacat)tidak sempurna*. #enutup 1. Syarat aksidentalia ini biasanya tidak mutlak dan tidak biasa. $ika syarat ini tidak ada.. Komparisi 8. 2isalnya dalam perjanjian se a-menye a. dasar !. -anda tangan 2engenai syarat-syarat dalam suatu akta perjanjian dapat dibagi atas ()tiga* syarat. 2isalnya dalam perjanjian se a menye a tidak ada syarat tentang barang dan harga se a. bila tidak diatur syarat bah a kalau menye a memasang pompa listrik ia boleh mengambil pompa air jika ia meninggalkan rumah setelah masa se a berakhir. dan seterusnya.. 5leh sebab itu jika para pihak tidak mengatur syarat naturalia dalam perjanjian. %rtinya tidak mengikat para pihak.4 . Syarat-syarat 3. %pabila syarat ini tidak ada. (. Syarat /aturalia Syarat naturalia adalah syarat yang biasa dicantumkan dalam perjanjian. Syarat %ksidentalia Syarat aksidentalia adalah merupakan syarat-syarat yang bersifat khusus. Kepala (. tetapi apabila para pihak menganggap bagian tersebut perlu dimuat dalam akta bisa dicantumkan dalam akta. Syarat &sensialia %dalah syarat yang harus ada dalam perjanjian. 'engan tanda . maka yang berlaku adalah yang diatur dalam perundang-undangan atau kebiasaan. yaitu" . Kata-kata penutup yang berisi pernyataan bah a merekalah yang membuat pernyataan dalam akta tersebut beserta tanda tangannya.

Pen(e%esaian sen!ke#a kon#rak Keadaan yang tercantum dalam kontrak tidak selamanya selaras dengan kenyataan dilapangan. maka jalur peradilan akan dilalui. hubungan yang terjadi diantara para pihak termasuk dalam ikatan perdata. diselesaikan secara perdata pula. $alur %rbitrase $alur arbitrase merupakan jalur alternatif lain melalui suatu lembaga yang dinamakan arbitrase )per asitan*. Karena dalam prosesnya sampai ke akhir. %rbitrase berarti kekuasaan untuk menyelesaikan sesuatu menurut kebijaksanaan. yaitu" . $alur arbitrase merupakan suatu jalur . . 'alam hal ini ada dua cara dalam menanggapi persengketaan kontrak. 4.( . #roses peradilan ini pada umumnya akan diselesaikan melalui usaha perdamaian oleh hakim pengadilan perdata. akan berakibat pada dicabutnya gugatan oleh penggugat dengan atau tanpa persetujuan tergugat. $ika jalur perdamaian mengalami jalan buntu.aitu kebijaksanaan yang berdasarkan norma-norma hukum. dimulai dari surat gugatan ke #engadilan /egeri.tangan berarti para pihak telah menyetujui atau mengikatkan dirinya dalam kontrak dan akan melaksanakan kontrak yang telah dibuat. $alur pengadilan 'alam hubungan bisnis. 5leh karena itu apabila terjadi sengketa kontrak. /amun dalam jalur peradilan ini akan memakan aktu yang lama. dan seringkali terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan kontrak yang telah disepakati bersama.ang dimulai dengan pelayangan surat gugatan ke pengadilan di ilayah hukum tergugat berada.. . proses banding ke #engadilan -inggi dan terakhir proses kasasi ke 2ahkamah %gung. #erdamaian bisa dilakukan juga diluar pengadilan. 2aka jika hal ini sudah tercapai.

industri dan keuangan. baik yang bersifat nasional maupun internasional.. 2engenai hal klausula arbitrase.. :ahasia para pihak yang bersengketa terjaga BAN+ dan Kon.ensi +n#ernasiona% B%/I didirikan atas prakarsa dari para pengusaha )K%'I/*. setidaknya ada ()tiga* keuntungan yang dapat diperoleh. B%/I juga ber enang untuk memberikan suatu pendapat yang mengikat )binding opinion* tanpa adanya suatu sengketa. #endaftaran ke B%/I . 'engan kata lain arbitrase adalah proses penyelesaian atau pemutusan sengketa oleh seorang hakim atau para hakim yang berdasarkan persetujuan bah a mereka akan tunduk kepada atau mentaati keputusan yang diberikan oleh para hakim yang mereka pilih atau tunjuk.musya arah yang melibatkan pihak ketiga sebagai asit. $ika dalam klausa perjanjian yang telah dibuat ditentukan oleh atau diselesaikan oleh arbitrase menurut peraturan B%/I. yaitu" . 'engan menggunakan lembaga arbitrase dalam penyelesaian suatu sengketa. kalau diminta oleh para pihak dalam perjanjian.8 . #utusan B%/I merupakan suatu keputusan yang mengikat yang ajib ditaati oleh para pihak. yang bertujuan untuk memberikan penyelesaian yang adil dan cepat dalam sengketa perdata mengenai soal perdagangan. maka aturannya adalah sebagai berikut" . yang bukan hakim namun dalam pelaksanaan keputusannya harus dengan bantuan hakim. %danya orang-orang yang ahli sebagai asit. umumnya B%/I menyarankan kepada para pihak yang ingin menggunakan arbitrase B%/I agar mencantumkan dalam perjanjian mereka klausula standar sebagai berikut" semua sengketa yang timbul dari perjanjian ini akan diselesaikan dalam tingkat pertama dan terakhir menurut peraturan prosedur B$%I oleh arbiter yang ditunjuk menurut peraturan tersebut. hakim (. 9aktu yang cepat dalam penyelesaian sengketa 4. Selain ber enang untuk menyelesaikan sengketasengketa perdata.

00@*.ang dimaksud dengan putusan arbitrase adalah putusan yang dijatuhkan oleh suatu badan arbitrase ataupun arbiter perorangan di luar ilayah :epublik hukum Indonesia. 4. ataupun arbiter perorangan yang menurut ketentuan hukum :epublik Indonesia dianggap sebagai suatu putusan arbitrase asing.07. #emeriksaan sengketa menurut ketentuan B%/I Ketua B%/I menyampaikan salinan surat permohonan kepada si termohon. Bebih ditegaskan lagi bah a putusan arbitrase asing dapat dilaksanakan di Indonesia. )pasal 4 #erma . lembaran /egara -ahun . yaitu sebagai berikut " . 4. #utusan dijatuhkan oleh suatu badan arbitrase ataupun arbiter perorangan di suatu negara yang dengan negara Indonesia ataupun bersama-sama dengan negara Indonesia terikat dalam suatu konAensi internasional perihal pengakuan serta pelaksanaan putusan arbitrase asing. Pu#usan ar&i#rase asin! . (. 8.! . tahun . tahun .07. bila memenuhi syarat seperti disebutkan dalam pasal ( #erma . apa yang dituntut. uraian singkat tentang duduknya perkara. . (8 thn . #enyerahan ja aban termohon kepada pemohon dan memerintahkan kedua belah pihak menghadap di sidang arbitrase. majelis mengusahakan perdamaian.00@. yang berkekuatan hukum tetap sesuai dengan Keppres /o..07. 8@ tanggal ! %gustus . #utusan tersebut tidak bertentangan dengan ketertiban umum 8. tempat tinggal kedua pihak. Bila kedua belah pihak datang. #utusan tersebut dapat dilaksanakan setelah memperoleh e&e'uatur dari 2ahkamah %gung. disertai perintah untuk menanggapi permohonan tersebut dan memberikan ja aban secara tertulis dalam aktu (@ hari. (.'engan membuat surat permohonan yang berisi nama lengkap. /o. #utusan tersebut terbatas pada ketentuan hukum Indonesia yang termasuk dalam ruang lingkup hukum dagang.

keagenan* distributor. impor ke Indonesia. Sedangkan . tujuan mereka melakukan hubungan bisnis tidak lain dimaksudkan untuk saling mencari keuntungan satu sama lain# . Kea!enan/ Dis#ri&u#or 2uncul karena adanya pihak luar negeri yang tidak diperbolehkan untuk menjual barangnya secara langsung.HUBUN-AN-HUBUN-AN B+SN+S (alam melaksanakan kegiatan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara# !eragaman cara tersebut melahirkan hubungan-hubungan dalam kegiatan bisnis. misalnya )ranchise. meskipun kadang orang a am mengidentikkan bah a agen dan distributor adalah sama. sedangkan distributor bertindak untuk dan atas nama dirinya sendiri. #adahal agen bertindak untuk prinsipal.pihak agen diberi kuasa bertindak untuk dan atas nama orang. baik ekspor. dll# Hubungan bisnis demikian tentunya dilakukan karena mempunyai kepentingan dan tujuan sendiri-sendiri# Secara pasti. Keagenan bisa diartikan sebagai suatu hubungan hukum dimana seseorang. #ihak asing yang disebut dengan prinsipal harus menunjukkan agen-agennya atau per akilannya di Indonesia untuk memasarkan produknya.3 . agen bisa berbentuk badan atau perorangan. 'alam kegiatan usahanya sebenarnya keagenan dan distributor sangatlah berbeda.. pihak prinsipal untuk melaksanakan transaksi bisnis dengan pihak lain.

Franc0isin! 1Hak Mono o%i2 Kata +ranchise sebenarnya berasal dari bahasa #erancis yang berarti bebas.distributor tidak bertindak dan atas nama pihak yang menunjuknya sebagai distributor )biasanya disebut supplier. distributor dapat menemui suatu jalan sengketa. sebagai imbalan bagi yang diperoleh oleh pihak yang mendapat hak )franchisee* untuk menggunakan merek dan nama franchisor. distributor lalai melaksanakan ke ajibannya. (. Biasanya yang dikategorikan sebagai events o) de)aults antara lain adalah " . distributor dengan prinsipalnya. Konsep 8# merupakan 8 hal yang menonjol dalam hal . #asal . Secara spesifik franchising adalah konsep pemasaran. yaitu suatu metode untuk memasarkan produk atau jasa ke masyarakat. distributor melaksanakan apa yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. 2.. 4. yang dimuat dalam suatu kontrak yang isinya sesuai dengan kehendak para pembuat kontrak tersebut. atau lebih Bengkapnya lagi bebas dari perhambaan ) )ree )rom servitude*. yang kemudian menjadi dasar bagi masing-masing pihak untuk memutus perjanjian keagenan. 8.1 .. Sengketa atau perselisihan ini biasa disebut events o) de)aults. +ranchise ini merupakan sebuah metode untuk melakukan bisnis.((7 K+?#erdata mengatur tentang perjanjian bisnis antara agen. 'alam perjalanannya. Keadaan-keadaan lain yang menyebabkan para pihak tidak dapat melaksanakan apa yang menjadi ke ajiban-ke ajibannya. atau manufacture*. Seorang distributor bertindak untuk dan atas nama sendiri. %pabila agen. %pabila agen. karena hal itu sangatlah laCim sekali apalagi menyangkut masalah bisnis. keagenan. distributor diantara mereka. %pabila para pihak jatuh pailit. Secara lebih lengkap franchise adalah hubungan berdasarkan kontrak lisensi yang menimbulkan cara memasarkan barang atau jasa dengan memberi unsur kontrol tertentu kepada pemasok )franchisor*. dan franchise diartikan sebagai suatu sistem pemasaran atau sistem usaha untuk memasarkan produk atau jasa tertentu.

<ranchisee berhak secara penuh mengelola bisnisnya sendiri.. 4. place. <ranchisee harus mengadakan inAestasi yang berasal dari sumber dananya sendiri atau dengan dukungan sumber dana lain. %danya program latihan yang dijanjikan oleh franchisor kadangkala jauh dari apa yang diinginkan oleh franchisee. #erincian setiap hari tentang penyelenggaraan perusahaan sering diabaikan. 4. Keuntungan franchise .. . 1. <ranchisee diperbolehkan )dalam kendali franchisor* beroperasi dengan menggunakan nama. <ranchisee berhak memperoleh daerah pemasaran tertentu dimana ia adalah satu-satunya pihak yang berhak memasarkan barang atau jasa yang dihasilkannya. 'iberikannya penggunaan nama perdagangan. Karakteristik dasar <ranchise" . 4. atau antara indiAidu dengan perusahaan yang dikontrolnya. -ransaksi yang terjadi antara franchisor dengan franchisee bukan merupakan transaksi yang terjadi antara cabang dari perusahaan induk yang sama. (. ?anya sedikit sekali kebebasan yang diberikan kepada franchisee untuk menjalankan akal budi mereka sendiri. 'iberikannya bantuan finansial dari franchisor (. merek dagang. (. 8. price. ?arus ada suatu perjanjian )kontrak* tertulis. <ranchisee membayar fee dan atau royalti kepada franchisor atas pendapatannya. 7.pemasaran konsep franchise yaitu product. produk atau merek yang telah dikenal. distribution dan promotion. !.. Kerugian franchise" . format dan atau prosedur yang dimiliki franchisor.7 . 'iberikannya latihan dan pengarahan yang diberikan oleh franchisor. <ranchisor harus memberikan pelatihan dalam segala aspek bisnis yang akan dimasukinya. 3.

(. $oint Aenture yang tidak melaksanakan penggabungan modal. %lasan-alasan mengapa diperlukan penggabungan suatu perseroan" . Bah a perusahaan-perusahaan pendiri joint Aenture tetap memiliki eksistensi dan kemerdekaan masing-masing. 4. 3. dimana sampai saat ini peraturan mengenai merger hanya ada untuk usaha dan yang diba a kedalam joint . +ntuk memperoleh cadangan uang tunai. Khusus untuk Indonesia seperti kita kenal sampai sekarang joint Aenture merupakan kerja sama antara perusahaan domestik dan perusahaan asing. International &nterprise. #ada bisnis franchisee jarang mempunyai hak untuk menjual perusahaan kepada pihak ketiga tanpa terlebih dahulu mena arkan kepada franchisor dengan harga yang sama. (. +ntuk mengambil alih suatu perusahaan yang sedang berjalan untuk memperluas suatu pasaran. Konsolidasi adalah bergabungnya dua atau lebih suatu badan usaha menjadi suatu badan usaha baru. sehingga kerja sama tersebut hanya terbatas pada kno -ho Aenture. 8. 4. 4. dsb. 'an ada dua jenis $oint >enture yaitu" . %danya modal perusahaan joint Aenture yang terdiri dari kno -ho modal saham yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan pendiri. Pen!!a&un!an Perseroan Ter&a#as 14oin# Ven#ure2 2erupakan usaha bersama yang mencakup semua jenis kerja sama. Secara teoretis joint Aenture terbagi menjadi konsolidasi..8. Karakteristik joint Aenture" . 2erger berarti penggabungan beberapa badan usaha. $enis kedua adalah joint Aenture yang ditandai oleh partisipasi modal.0 . %danya perusahaan baru yang didirikan bersama-sama oleh beberapa perusahaan lain... merger dan akuisisi. +ntuk memperoleh keuntungan-keuntungan pajak. Istilah joint Aenture juga sering dinyatakan dengan istilah lain seperti foreign collaboration. +ntuk mendapatkan sumber-sumber baru bagi barang-barang. 8. tidak menjadi soal apakah modal pemerintah maupun modal s asta.

00!. ?ubungan bangun guna serah ini akan memberikan keuntungan pada kedua belah pihak. 'ari keempat model penggabungan usaha tersebut tentu saja akan mempunyai akibat aspek hukum yang berbeda yang dapat dilihat dalam pasal . 5. 4@ . tahun . dan mengalihkan kepemilikan bangunan tersebut kepada pemegang hak atas tanah setelah masa bangun guna serah berakhir. yang menyatakan bah a pemegang hak atas tanah memberikan hak kepada inAestor untuk mendirikan bangunan selama masa perjanjian bangun guna serah )B5-*.00! tentang perseroan terbatas. 'i satu pihak si pemilik tanah tidak mempunyai modal untuk membangun di atas tanah tersebut. yang tentu saja harus jelas tercantum dalam klausula-klausula perjanjian bangun guna serah yang mereka buat.00! tanggal 4 juni .@0 ++ /o.K2K. 'an akuisisi adalah pengambilalihan suatu badan usaha oleh badan usaha lain dengan tetap menggunakan nama badan usaha lama.@8.. namun tidak memiliki tanah untuk membangun. . 'engan demikian lembaga ini memba a kepentingan yang sama-sama baik bagi kedua belah pihak. Ban!un -una Sera0 1 Bui%d" o era#e and #rans6er2/ B$T 2enurut Keputusan 2enteri keuangan /omor " 487. Sedangkan si pemilik modal mempunyai dana.di bidang perbankan saja.@4-. disebutkan bah a yang dimaksud dengan bangun guna serah adalah suatu bentuk perjanjian kerja sama yang dilakukan antara pemegang hak atas tanah dengan inAestor.

HAK M+*+K +NTE*EKTUA* Salah satu aspek hukum bisnis yang perlu mendapat perhatian adalah apa yang dinamakan dengan hak milik intelektual .I lahir karena adanya intelektualitas seseorang sebagai inti atau objek pengaturannya# . .ini berkaitan dengan aspek hukum lainnya seperti aspek teknologi atau aspek ekonomi.intellectual property right-# !arena hak milik intelektual . yaitu" .aka timbul kepentingan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sistem perlindungan hukum atas kekayaan ..I hanya dapat diberikan kepada penciptanya atau penemuannya untuk menikmati atau memetik man)aat sendiri selam jangka "aktu tertentu. maupun seni# H.I.erk* 'esain produk Industri )industrial design* 4. ?ak cipta )copyrights* 4.H. ?ak milik Industri )Industrial Property* • • • #aten )patent* 2erek ). atau memberi i/in kepada orang lain guna melakukannya# Secara umum ?2I dapat dikelompokkan atas 4)dua* jenis. H.hak intelektualitas-# Sebagai karya yang dihasilkan dari intelektualitas manusia.

dan penyusunan bunga rampai. 3* Seni batik. dan karya rekaman suara atau bunyi. dan film. keputusan mahkamah pelayaran. pamflet.0 tahun 4@@4. disebutkan bah a yang menjadi objek hak cipta adalah karya-karya cipta dibidang ilmu pengetahuan. 1* %rsitektur 7* #eta. pe ayangan. dan sebagainya6 (* #ertunjukan seperti musik. seni dan sastra. dan semua hasil karya tulis lainnya6 4* =eramah. teleAisi.. keputusan panitia penyelesaiannya perburuhan.. seni pahat. keputusan badan urusan piutang negara. 'engan pedoman pada ++ no . Hak Ci #a ?ak cipta adalah hak khusus yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang yang telah menciptakan sesuatu berdasarkan pemikiran. literary and artistic orks*. seperti seni lukis. seni patung dan seni kaligrafi.* ?asil rapat terbuka Bembaga -ertinggi /egara dan Bembaga -inggi /egara serta Bembaga Konstitusional lainnya 4* #eraturan perundang-undangan (* #utusan pengadilan dan penetapan hakim 8* #idato kenegaraan and pidato pejabat pemerintah !* Keputusan badan arbitrase. dan lain-lain. 8* =iptaan tari )koreografi*. ciptaan lagu atau musik dengan atau tanpa teks. kuliah. kara itan. Bebih jelasnya disebutkan bah a yang termasuk sebagai karya cipta seseorang adalah" . serta karya rekaman Aideo. drama. dan karya siaran antara lain untuk radio.* Buku. pidato. sinematografi6 fotografi6 program komputer6 terjemahan. seni dan sastra )scientific. keahliannya dalam bidang ilmu pengetahuan. tari. saduran. 44 . tafsiran. !* Segala bentuk seni rupa. /amun ada pula ciptaan-ciptaan yang tidak dilindungi. yaitu" .

dsb*. menjual. yaitu hak dari seorang pencipta yang tidak dapat diambil sedemikian rupa tanpa iCin dari pemegang hak cipta..judul dan ciptaannya. untuk mengumumkan ciptaannya. melekat pada ciptaannya. (* ?ak cipta tidak dapat disita Penda6#aran Ci #aan dan sanksi 0ukum +ntuk memudahkan pembuktian dalam suatu sengketa mengenai hak cipta. #endaftaran ciptaan ini tidaklah mutlak namun penciptanya tetap dilindungi undang-undang. yaitu" . 2enurut +ndang-undang. 2enurut -eorinya. agar orang tersebut mempunyai hak eksklusif dan dilindungi oleh hukum.* ?ak cipta dianggap sebagai benda yang bergerak dan immaterial yang dapat dialihkan kepada pihak lain 4* ?ak cipta harus dialihkan dengan suatu akta tertulis. ada ( )tiga* sifat hukum hak cipta. Hak moral (moral right). khusus bagi si pencipta. 4. baik akta notaris maupun akta di ba ah tangan.?ak cipta ini adalah suatu hak eksklusif. %rtinya hak untuk pemakaian. yaitu hak yang berkaitan dengan masalah yang bersangkut-paut dengan keuangan dan penjualan hasil ciptaannya. untuk mengubah isi. 'an suatu ciptaan itu bisa didaftarkan atau tidak. penciptanya. 2oral right ini tidak dapat dilepas atau dirampas dari 4( . hak cipta dibagi atas" . ?ak ini tidak dimintakan kepada pemerintah. Bisensi adalah suatu pemberian hak kepada orang lain oleh si pemegang hak untuk melaksanakan haknya tadi. 'isini pencipta dapat melisensikan kepada pihak lain dengan menerima royalti. Sedangkan assignment adalah penyerahan untuk keseluruhannya )mencetak. undang-undang telah mengatur mengenai pendaftarannya. Hak Ekonomi 1economic ri!0#2.nama. tergantung si pencipta. tetapi begitu seseorang mencipta harus diumumkan dan namanya dicantumkan pada ciptaan itu )tidak atas permintaan tetapi dengan sendirinya*.

. Hak paten adalah hak khusus )eksklusif*.)lima puluh juta rupiah*. dan diumumkan dalam suatu daftar umum ciptaan yang dapat dilihat oleh setiap orang tanpa dipungut biaya.)seratus juta rupiah*.@@@. Kesusilaan.@@@. #erlu diperhatikan bah a pemberian paten sejak semula memang dimaksudkan sebagai sarana bagi pengalihan teknologi dan pendirian industri baru.@@@.@@@. melanggar kebijaksanaan pemerintah di bidang pertahanan dan keamanan negara. %ncaman hukuman secara pidana menurut undang-undang dapat dikelompokkan atas 8)empat* kelompok. ancamannya pidana penjara paling lam ( )tiga* tahun dan.* -erhadap mereka yang melakukan perbuatan mengumumkan atau memperbanyak suatu ciptaan atau memberi iCin untuk itu. yaitu" . Karena itulah hak paten disebut hak eksklusif..atau denda paling banyak :p 4!. memamerkan. serta ketertiban umum. ancamannya pidana penjara ! )lima* tahun dan.#endaftaran suatu ciptaan diselenggarakan oleh 'epartemen Kehakiman cD. 'i Indonesia ++ no 3 tahun .070 menjadi pokok aturan hukum mengenai hak paten.@@@. atau denda paling banyak :p !@. ?ak paten yang khusus tersebut terletak pada sifatnya yang mengecualikan orang lain selain penemu selaku pemilik hak dari kemungkinan untuk menggunakan atau melaksanakan penemu tersebut. 'irektorat $enderal ?ak =ipta #aten dan 2erek.@@@. Hak Pa#en %dalah hak khusus yang diberikan negara pada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi untuk selama aktu tertentu melaksanakan sendiri penemuannya tersebut atau memberikan persetujuan kepada orang lain untuk melaksanakannya.@@. (* Setelah mendengar pertimbangan 'e an ?ak =ipta.. 5bjeknya adalah penemuan di bidang teknologi.)dua puluh lima juta rupiah* 2. mengedarkan atau menjual kepada umum. 48 . 4* %pabila dengan sengaja melakukan tindakan berupa menyiarkan. atau denda paling banyak :p . akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 )tujuh* tahun dan.

dan bidang-bidang yang tidak dapat diberi paten sedikit. klaim ataupun gambar.. atau diagram yang menjelaskan bagian-bagian dari penemuan. #enemuan atas suatu paten dapat dibagi atas 4 )dua* lingkup pengaturan. ada 8 )empat* pengertian yang perlu diketahui.00. 4.. 8. yaitu" . kecuali terbukti sebaliknya. bagan.00. Abstraksi. (. $ika penemuan dalam lingkup perjanjian kerja. adalah uraian singkat mengenai suatu penemuan yang merupakan ringkasan dari pokok-pokok penjelasan deskripsi. sebagai penjabaran undang-undang paten. Su&7ek dan *in!ku Pa#en .. #asal 1 menerangkan tentang paten tidak diberikan untuk penemuan tentang" 4! . atau uraian penemuan adalah penjelasan tertulis mengenai cara melaksanakan suatu penemuan sehingga dapat dimengerti oleh seseorang yang ahli di bidang penemuan tersebut.Berdasarkan ## /o (8 tahun . $uni . #enemuan yang dapat diberikan paten menurut undang-undang paten menganut prinsip bah a semua penemuan di bidang teknologi dapat diberi paten apabila memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Gambar. adalah uraian tertulis mengenai inti penemuan atau bagian-bagian tertentu dari suatu penemuan yang dimintakan perlindungan hukum dalam bentuk paten. simbol-simbol. angka. tanggal . Klaim.ang berhak menerima paten adalah inAentor atau yang menerima lebih lanjut hak inAentor tersebut. kecuali bila diperjanjian lain. . Deskripsi.ang dianggap penemu adalah orang yang pertama mendaftarkan paten. maka yang berhak memperoleh paten atas suatu penemuan yang dihasilkan adalah orang yang memberi pekerjaan itu. adalah gambar teknik suatu penemuan yang memuat tanda-tanda.

tentang 2erek.* 4* Semua mahluk hidup.. b. -eori dan metode di bidang ilmu pengetahuan dan matematik6 atau d. moralitas. kecuali jasad renik #roses biologis yang esensial untuk memproduksi tanaman atau he an. yaitu" .. #e arisan 4. 3. atau ketertiban umum. 4@@. pengobatan dan atau pembedahan yang diterapkan pada manusia dan atau he an. moralitas agama.a.! -hn. -idak memiliki daya pembeda (. pera atan. Selain itu terdapat juga beberapa hal yang menyebabkan suatu permohonan merek akan ditolak. #roses atau produk yang pengumuman dan penggunaan atau pelaksanaannya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. #erjanjian -ertulis !. . 9asiat 8. Sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan. kesusilaan. atau kesusilaan. ketertiban umum. Bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku. c. ?ibah (. -elah menjadi milik umum 8. yaitu" 43 . agama. Hak Merek 2erek sebagai salah satu bagian dari hak atas kekayaan intelektual manusia yang sangat penting terutama dalam menjaga persaingan usaha yang sehat diatur dengan ++ /o . 4. kecuali proses non-biologis atau proses mikrobiologi Pen!a%i0an dan %isensi Pa#en Seperti dijelaskan dalam #asal 33 bah a pengalihan paten dapat terjadi karena" . %da beberapa hal yang membuat merek tidak dapat didaftarkan. 2erupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya. 2etode pemeriksaan.

2erupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama. 4.. #erjanjian. Sebab-sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan. bendera.. kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang ber enang. 2empunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan indikasigeografis yang sudah dikenal6 8. Pen!a%i0an Hak a#as Merek ?ak atas merek dapat beralih atau dialihkan karena beberapa hal yaitu" . atau !. 2erupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan oleh negara atau lembaga pemerintah. 3. !. 2empunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek milik pihak lain yang sudah terdaftar lebih dahulu untuk barang dan atau jasa yang sejenis. ?ibah 8.. 2erupakan atau menyerupai nama orang terkenal. lambang atau simbol atau emblem negara atau lembaga nasional maupun internasional. foto atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain. 9asiat (. 2empunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan jasa sejenis (. kecuali atas persetujuan tertulis dari yang berhak. kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang ber enang. 41 . #e arisan 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful