You are on page 1of 9

i

Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar Dosen : Muhammad Burhan Amin


Topik Makalah/Tulisan NORMA DAN ADAT ISTIADAT KELUARGA MEMBENTUK PRIBADI MAHASISWA BERBUDAYA Kelas : 1-EA22

Tanggal Penyerahan Makalah : 29 Tanggal $%load Makalah : #"

kto!er 2"1# kto!er 2"1#

PE&'(ATAA' Dengan ini saya menyatakan !ah)a seluruh %eker*aan dalam %enyusunan makalah ini saya !uat sendiri tan%a meniru atau menguti% dari tim + %ihak lain,
A%a!ila ter!ukti tidak !enar- saya sia% menerima konsekuensi untuk menda%at nilai 1+1"" untuk mata kuliah ini,

Penyusun
'PM 1/21#101 'ama .engka% M$1AMMAD 2A31ID A4$'4 .AK5 ' Tanda Tangan

Program 5ar*ana Ekonomi $'I6E&5ITA5 4$'ADA&MA

ii

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum )r,)!

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkatdan rahmat-Nya makalah yang berjudul Norma Dan Adat Istiadat Keluarga Membentuk Pribadi Mahasiswa Berbudaya dapat saya selesaikan. Terima kasih kepada dosen mata kuliah softskill saya dapat mengerjakan makalah ini lmu!udaya "asar yaitu B k! Burhan baik. Namun saya juga menyadari

Amin yang telah mengarahkan dan membimbing dalam penyusunan makalah ini sehingga dengan bah#a tentunya masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Maka dari itu saya berharap kritik dan saran yang membangun agar kedepannya dalam pembuatan makalah ini saya dapat membuatnya dengan lebih baik baik. "enganmakalah ini diharapkan pemba$a dapat mengerti dan memahami tentang pentingnya perankeluarga terutama orangtua dalam membentuk kepribadian seorang anak.

!E%&' ( )* +ktober ),-.

M"#AMMAD $A%#ID AG"NG &AK'(N(

iii

DA)TAR I'I
Pernyataan....................................................................................................ii %ata Pengantar.............................................................................................iii "aftar si......................................................................................................i/ !&! - PEN"&0121&N..........................................................................-.- 2atar !elakang......................................................................................-.) Tujuan...................................................................................................-.. 'asaran..................................................................................................!&! ) PE3M&'&2&0&N.......................................................................) ).- %ekuatan 4'trength5..............................................................................) ).) %elemahan 46eakness5........................................................................) ).. Peluang 4+pportunity5..........................................................................) ).7 Tantangan80ambatan 4Threats5............................................................) !&! . %E' MP12&N9 3E%+MEN"&' .............................................. ..- %esimpulan............................................................................................ ..) 3ekomendasi.......................................................................................... Matriks '#ot...............................................................................................7 3eferensi.....................................................................................................:

i*

BAB + PENDA#"&"AN +!+ &atar Belakang


Norma adalah seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya. 'anksi yang diterapkan oleh norma ini membedakan norma dengan produk sosial lainnya seperti budaya dan adat. &da8 tidaknya norma diperkirakan mempunyai dampak dan pengaruh atas bagaimana seseorang berperilaku. Norma terdiridari beberapa ma$am8jenis( antara lain yaitu ; Norma &gama( Norma %esusilaan( Norma%esopanan( Norma %ebiasaan 40abit5( Norma 0ukum. Adat istiadat adalah tata kelakuan ygkekal dan turun-temurun darir generasi satu ke generasi lain sebagai #arisan sehingga kuatintegrasinya dng pola perilaku masyarakat.

+!, Tu-uan
Tujuan utama penulisan makalah ini disamping untuk memenuhi tugas mata kuliah lmu!udaya "asar( ialah menjelaskan pada para pemba$a bah#a pentingnya peran keluarga terutama orang tua dalam membentuk pribadi seorang anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya. 'eperti kata pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya &gar kelak nanti anak-anak kita dapat menjadi generasi penerus yang berbobotdalam memajukan negara ini.

+!. 'asaran
Makalah ini ditujukan kepada seluruh bangsa indonesia( khususnya para mahasis#a yang masih berperilaku tidak sesuai dengan norma-norma atau adat istiadat yang berlaku di dalam keluarganya atau lingkungannya agar menjadi manusia yang berperilaku bermoral dan berbudaya.

BAB II PERMA'A&A#AN
&nalisis permasalahan Norma dan &dat stiadat %eluarga Membentuk Pribadi Mahasis#a !erbudaya dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek ;

,!+ Kekuatan /'trength0


a. "iri kita sendiri untuk menyesuaikan dengan norma yang ada. b.&gama yang kuat karna agama selalu mengajarkan perilaku yang baik. $.%eluarga yang harmonis. d.2ingkungan yang baik dengan norma-norma yang ada.

,!, Kelemahan /$eakness0


a.Tutur kata yang kasar kadang kerap kali teru$ap dari mulut orangtua atau keluarga. b.'ifat orang tua yang terlalu memanjakan anak dengan berlebihan . $.%urangnya perhatian dan penga#asan keluarga terhadap si anak. d.<aktor ekonomi keluarga.

,!. Peluang /(

ortunity0

a.'ebagai mahasi#a dapat beradaptasi ddengan mudah di lingkunggan kampusnya. b.Menjadi mahasis#a yang aktif dalam berbagai kegiatan perkuliahan. $Menjadi penerus bangsa yang bisa mengharumkan bangsa indonesia. d.Menjadi generasi muda yang mengembangkan budaya indonesia

,!1 Tantangan2#ambatan /Threats0


a."armpak negatif media elektronik atau dunia maya yang kurang mendidik. b.'emakin bebasnya pergaulan. $.Mun$ulnya budaya asing. d.<aktor ekonomi keluarga.

BAB III KE'IMP"&AN DAN REK(MENDA'I .!+ Kesim ulan


Dalam membentuk suatu pribadi seorang anak diperlukan peran dari orang-orang sekitar terutama orangtua sebagai pengamat dan pengarah. Tidak hanya itu, lingkungan dan media elektronik pada masa kini jugamempunyai pengaruh yang cukup besar dalam pembentukan pribadi seorang anak. Maka dari itu orang tua haruslah sigap dalam memfilter apa saja kegiatan yang diserap oleh sang anak. Berikan juga suasana yang harmonis dan kondusif di dirumah agar anak tidak membawa beban pikiran dari keluarga kedalam kegiatan perkuliiahan.

.!, Rekomendasi
a! Keluarga yang harmonis! .%eluarga yang harmonis amat sangat penting dalam membentuk karakter yang baik dalam diri seseorang karena yang pertama kali mengajarkan sesuatu itu pastilah keluarga kita terutama orang tua. 'ebuah pepatah mengatakan buah itu tidak jauh jatuh dari pohonya. b! Tutur kata yang kasar kadang kera kali teru3a dari mulut orangtua atau keluarga. tutur kata yang kasar kadang kerap kali terucap dari mulut orangtua sehingga mempengaruhi si anak untuk berkata kasar juga. bertutur kata yang baik pada anak agar tidak memberikan kesan negatif pada pikirannya.
Jika norma dan adat di keluarga bisa di cerna dengan baik maka mahasiswa akan dengan mudah menerapkan perilaku yg baik di kampusnya dan akan mendorongnya Menjadi mahasis#a yang aktif dalam berbagai kegiatan perkuliahan.

3! Men-adi mahasiswa yang akti4 dalam berbagai kegiatan erkuliahan.

erap kali faktor ekonomi menjadi ancaman hilangnya keharmonisan keluarga yang berdampak pada periilaku sang anak.

d! )aktor ekonomi keluarga!

MATRIK' '$(T
KEKUATAN (STRENGTHS- S) +."iri kita sendiri untuk menyesuaikan dengan norma yang ada. ,.&gama yang kuat karna agama selalu mengajarkan perilaku yang baik. ..%eluarga yang harmonis. 1.2ingkungan yang baik dengan norma-norma yang ada. PELUANG (OPPORTUNITIES O) +.'ebagai mahasi#a dapat beradaptasi dengan mudah di lingkunggan kampusnya. ,. mahasis#a yang aktif dalam berbagai kegiatan perkuliahan. .. Penerus bangsa yang bisa mengharumkan bangsa indonesia. 1.Menjadi generasi muda yang mengembangkan budaya indonesia STRATEGI SO KELEMAHAN (WEAKNESSES W) 1.Tutur kata yang kasar kadang kerap kali teru$ap dari mulut orangtua atau keluarga. ,.'ifat orang tua yang terlalu memanjakan anak dengan berlebihan . ..%urangnya perhatian dan penga#asan keluarga terhadap si anak. 1.<aktor ekonomi keluarga. 'TRATEGI $( +.!iasakan bertutur kata yg baik di dalam keluarga agar tutur kata kita bisa diterima juga di lingkungan luar. ,!&jarkan kemandirian pada anak dan jangan terlalu dimanjakan agar anak bisa lebih aktif di luar lingkungan keluarga. .. &#asi selalu perkembangan sang anak di luar lingkungan. 1.jangan jadikan faktor ekonomi alasan untuk tidak mengenal norma dan adat budaya di tanah air. STRATEGI WT 1. !iasakan bertutur kata yg baik di dalam keluarga agar tidak berujung pada pergaulan bebas 2.Jangan berlebihan memanjakan anak dengan kemajuan jaman. 3.!wasi perkembangan anak di dunia maya. 4.Biasakan hidup sederhana agak tidak memaksakan keadaan ekoomi.

1.'esuaikan diri dengan norma


yang ada agar mudahberadaptasi di lingkungan ,.keluarga yang harmonis menjadi stimulus untuk mudah aktif dalam kegiatan kuliah .. man yang kuat melekat dalam diri kita akan menjadikan kita penerus bangsa yang maju dengan kejujuran dan bermoral 1.Norma yang ada pada lingkungan menjaga kita ga mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan orang indonesia yang bermoral. STRATEGI ST +.%ontrol diri sendiri dari darmpak negatif media elektronik atau dunia maya. ,."ekatkan diri dengan &gama agar terjaga dari pergaulan bebas. ..%enalkan terlebih dahulu norma budaya indonesia di daalam keluarga harmonis sebelum anak mengenal budaya asing. 1.!ersosialisasi dengan berbagai kalangan atas( ba#ah( atau menengah agar tidak sho$k jika terjadi pasang surut faktor ekonomi dalam keluarga

ANCAMAN (THREATS T) +."armpak negatif media elektronik atau dunia maya yang kurang mendidik. ,.'emakin bebasnya pergaulan. ..Mun$ulnya budaya asing. 1.<aktor ekonomi keluarga.

Re4erensi

http"##id.wikipedia.org#wiki#$orma%&sosiologi'()eaction*edit http"##dindingbelakang.blogspot.com#+,-.#,/#makalah-norma-dan-adatistiadat.html http"##kamusbahasaindonesia.org#adat0+,istiadat#mirip1i233+4D56kT J http"##kesehatan.kompasiana.com#kejiwaan#+,--#,7#+-#memanjakan-kesalahanfatal-dalam-membentuk-kepribadian-.887-9.html