Oleh: Amna

Pembimbing: Dr.

TATALAKSANA GANGGUAN ADAPTASI

.PENDAHULUAN  Reaksi maladaptif jangka pendek terhadap stressor psikososial  Keadaan-keadaan stress yang subjektif dan gangguan emosional yang mengganggu kinerja dan fungsi sosial  Timbul pada periode adaptasi terhadap suatu perubahan dalam hidup yang bermakna atau terhadap akibat dari peristiwa kehidupan yang penuh stress (termasuk penyakit fisik berat).

DEFINISI  Gangguan adaptasi atau gangguan penyesuaian (adjustment disorder) reaksi maladaptif terhadap suatu stresor yang dikenali dan berkembang beberapa bulan sejak munculnya stresor  Ditandai dengan adanya hendaya fungsi atau tandatanda distres emosional yang lebih dari biasa  Termasuk kelompok gangguan yang paling ringan yang dapat terjadi pada semua usia .

ETIOLOGI konflik tekanan krisis Stressor yang membuat frustasi .

gangguan tingkah laku. situasi yang stresfull/krisis kehidupan Bukti bahwa gangguan tersebut tidak akan terjadi jika pasien tidak mengalami hal tersebut . anxietas.Gangguan Adaptasi  Onset 1 bulan setelah kejadian stressfull  Manifestasi tidak khas  afek depresif.isi.beratnya gejala  Riwayat sebelumnya dan corak kepribadian  Kejadian. disabilitas  Diagnosis tergantung dari evaluasi:  Bentuk.

Tipe Kepribadian Yang Rawan Stres sangat hati-hati temperamental pencemas kurang percaya diri .

TATALAKSANA Psikoterapi • Terapi kelompok • antianxietas Medikamentosa • antidepresan .

sugesti. intervensi krisis ditujukan untuk membantu orang dengan gangguan adaptasi/penyesuaian untuk memecahkan situasi dengan cepat dengan teknik suportif. penentraman. modifikasi lingkungan. dan bahkan perawatan di rumah sakit  Jumlah anggota kelompok 5 atau 6-10 orang  Waktu (min 1 atau 2x seminggu.Terapi Kelompok  Sangat berguna  Tipe terapinya singkat. 90-120 menit) .

Terapi Kelompok  Format: duduk melingkar/mengelilingi meja. personality. problem (untuk masalah tertentu sulit dilakukan terapi kelompok) Terapis: sendiri atau dengan ko-terapis. background. pria atau wanita (terutama untuk familiy terapi/marital terapi) Bentuk kelompok: terbuka/tertutup Aturan: kerahasiaan .     anggota bisa berhadapan dan saling melihat Komposisi partisipan: homongen atau heterogen – sex. usia.

Corrective recapitulation of the primary family . Instilling hope (membangkitkan harapan) 2. Imparting information (memberi informasi) 4.Keuntungan Terapi Kelompok  Faktor atau aspek yang berpengaruh atau berperan terhadap proses perubahan yg di alami individu: 1. Universality 3. Altruisme 5.

Keuntungan Terapi Kelompok Interpersonal learning (kecakapan sosial) Group cohesiveness (merasa diterima) Yang dipelajari pasien dalam kelompok terapinya Imitative Behavior (meniru) Catharsis (mengekspresik an perasaan) .

Antidepresan MAO . Antidepresan Generasi ke-2 .Terapi Medika Mentosa • digunakan untuk waktu yang singkat karena ditakutkan akan terjadi ketergantungan • Ada dua golongan: Benzodiazepin dan Non Benzodiazepin • Golongan Benzodiazepin merupakan drug of choice dari semua obat yang mempunyai efek anti-anxietas Antianxietas Antidepresan • Ada 3 golongan: Antidepresan Klasik (Trisiklik dan Tetrasiklik).

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful