UNIVERSITAS INDONESIA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM SARJANA REGULER/PARALEL

PENGANTAR STATISTIK SOSIAL

SOAL LATIHAN
TOPIK REFERENSI

KULIAH KE TANGGAL

7 16 Oktober 2013

Probabilitas David M. Leine& David F. Stephan

1. Sebuah studi tentang sumber berita pada berbagai kelompok umur. Studi dilakukan pada 200 responden dengan umur antara 36 sampai 50 dan 200 responden berumur diatas 50 tahun. Diantara responden dengan umur 3650, 82 diantaranya menjadikan surat kabar sebagai sumber berita. Diantara responden berumur diatas 50 tahun, 104 orang menjadikan surat kabar sebagai sumber berita. Jika responden dipilih secara random, berapa kemungkinan seseorang: a. Mendapatkan berita dari surat kabar? b. Mendapatkan berita dari surat kabar DAN berumur diatas 50 tahun? c. Mendapatkan berita dari surat kabar ATAU berumur diatas 50 tahun? d. Jika dua responden dipilih. Berapa nilai kemungkinan keduanya mendapatkan berita dari surat kabar?

2. Sebuah survey tentang bagaimana kemungkinan seseorang merahasiakan pembeliannya dari pasangannya dilakukan terhadap terhadap 500 laki-laki dan 500 perempuan. Hasilnya adalah:

Jika responden dipilih secara random, berapa kemungkinan bahwa: a. Seorang laki-laki atau seorang perempuan akan merahasiakan pembeliannya? b. Responden adalah perempuan DAN akan merahasiakan pembeliannya? c. Responden adalah perempuan ATAU akan merahasiakan pembeliannya?

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful