Pengantar Ilmu Akidah

Oleh Prof. Dr. H.M Ridwan Lubis Bahan Kuliah PSPD FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Selasa, 8 November 2011

4 November 2013

1

sifat dan af’al  Pengesaan Allah itu terletak pada tauhid uluhiyah. tdk ada sekutunya bagiNya oleh karena itu Allah memiliki sifat kesempurnaan (kamalat) 4 November 2013 2 . sedang memutuskan. sifatiyah dan ‘ubudiyah  Allah Esa tidak berbilang. sangat putus  Aqidah adalah keputusan utk mengimani Allah SWT dengan esa pada zat. rububiyah.Pengertian Aqidah  Berasal dari kata ‘aqada. ‘aqdan. aqidatan artinya telah memutuskan. keputusan. ya’qidu.

sifat dan af’al  Ilmu ‘Aqaid: Keputusan diri ttg Allah yaitu suatu keputusan yg menjadi tekad tanpa ada keraguan sedikitpun  Ilmu Kalam: keputusan ttg pembicaraan yaitu apakah kalam Allah itu qadim atau baharu  Ilmu Ushuluddin: Dasar-Dasar Agama yaitu penegasan bahwa dasar agama adalah pengenalan thd Allah 4 November 2013 3 .Berbagai Peristilahan  Ilmu Tauhid: Pengesaan Allah baik zat.

 Oleh karena itu Allah disebut dgn wujud yg pasti (wajib al wujud) dan makhluk adalah wujud yang mumkin (mumkin al wujud) 4 November 2013 4 .Kata Kunci Ajaran Islam  Kata kunci ajaran Islam adalah tauhid yaitu pengesaan kpd Allah secara sempurna sehingga hanya Allah yg secara abolut yg menentukan segala sesuatu.

Tema Ilmu Aqidah  Pada mulanya tema pembahasan adalah ttg keesaan Allah yaitu apa yang wajib. mustahil dan jaiz bagi Allah  Tema pembicaraan berkembang kpd persepsi hubungan manusia dgn Allah dan seluruh alam semesta  Tema berikutnya adalah fokus kpd kedudukan perbuatan hamba (af’al al ‘ibad) dlm pandangan Islam 4 November 2013 5 .

berpandangan bhw manusia adalah laksana wayang yg hanya bisa bergerak karena digerakkan oleh dalang. berpandangan bhw kedudukan perbuatan manusia adalah hakiki akibat dari adanya pertanggungjawaban thd perbuatan manusia 4 November 2013 6 .Aliran Utama Teologi Islam  Jabariyah: latar belakang badawi. nasib manusia tlh ditentukan sejak azali  Qadariyah: latar belakang rasional.

kitab dan rasul  Ma’rifat al ma’ad/al sam’iyat: beriman kpd hari kemudian. sifat dan af’al  Ma’rifat Al Wasitoh/al nubuwwat: beriman kpd perantara yaitu malaikat. Qadla dan Qadar 4 November 2013 7 .Rukun Iman  Ma’rifat Al Mabda’: beriman kpd Allah yg esa pada zat.

obat menyembuhkan  Hukum Akal: keputusan yg didasarkan kpd hsl penalaran. dipadu dgn empiris maka lahir teori  Hukum Syara’: keputusan yg sumbernya bukan hasil penalaran tetapi hukum yg turun dari Allah dibawa oleh NabiNya utk disampaikan kpd semua umat manusia 4 November 2013 8 .Pembagian Hukum Tiga hukum terhadap setiap kejadian:  Hukum Adat: dilihat dari kebiasaan yg kemudian ditarik prinsip umum seperti api membakar. eksperimen berulang.

Potensi Diri Manusia  Masyi-ah: keinginan. kemauan yg ada dlm diri manusia sebelum dilakukan sebuah pekerjaan yg kemudian melahirkan etos kerja dan keinginan itu sendiri terkadang baik atau buruk  Istita’ah: potensi utk melakukan sebuah keputusan dlm bentuk tindakan yg menghasilkan sebuah kenyataan  Ahli imu kalam berbeda pendapat ttg keberadaan masyi-ah dan istita’ah sebagian berpandangan haqiqi dan yg lain berpendapat majazi 4 November 2013 9 .

‘Allaf mengatakan Allah mengetahui dgn ilmuNya dan ilmuNya adalah ZatNya dan menyebut dirinya Ahl Al ‘Adl wa Al Tauhid 4 November 2013 10 .Perbandingan Zat Dan Sifat  Ahlu Sunnah: zat dan sifat adalah dua hal yg berbeda namun tdk dpt dipisahkan dan dgn adanya sifat Allah maka Ia selalu aktif mengawasi perbuatan semua makhluk  Mu’tazilah: zat dan sifat Allah adalah satu dan tdk boleh dipisahkan karena akan bertentangan dgn prinsip tauhid.

Sifat Kamalat  Sifat Nafsiyah: yaitu penegasan wujud Allah adalah kenyataan dgn alasan: ontologis. qiyamuhu binafsih dsb  Sifat Ma’ani: sifat yg melekat dlm Zat  Sifat Ma’nawiyah: keadaan aktif dari Sifat Allah  Selain dari 20 ini Allah memiliki sifat yg tdk terkira disebut dengan Sifat Kamalat 4 November 2013 11 . kosmologis. teleologis dan moral  Sifat Salbiyah: negasi thd tuduhan org kafir: qidam. baqa.

Proses Setiap Perbuatan Manusia  Pandangan yg menyatakan bhw nasib manusia sdh ditentukan (determinisme) sepenuhnya tdk benar krn manusia disuruh utk beramal  Pandangan yg menyatakan bhw Allah tdk mampu metentukan sama sekali juga tdk benar krn manusia tdk mengetahui wujud keadilan Allah  Mekanismenya: dimulai kasb/ikhtiyar. menyusul tawakkal dan manusia menunggu takdir krn takdir rahasia Allah yg tdk diketahui manusia 4 November 2013 12 .

Qadla dan Qadar  Berbeda pendapat ulama kalam thd pengertian Qadla dan Qadar  Qadla: ketentuan Allah yg akan diterima manusia di akhirat  Qadar: ketentuan llah yg diterima manusia selama di dunia  Taqdir mubram: ketentuan Allah yg tdk bisa direvisi krn sdh berlalu  Taqdir mu’allaq: ketentuan Allah yg msh bisa diusahakan krn msh menunggu hukum Allah 4 November 2013 13 .

Implementasi Akidah Dalam Kedokteran  Allah Maha Bijaksana menganugerahkan potensi masyi-ah dan istita’ah guna menusia melakukan usaha optimal  Maha Dokter Penyembuh adalah Allah karena itu letak usaha manusia tdk lebih dari sekedar sebab yg mengantarkan kepada musabbab  Tetapi seorg dokter tdk boleh berputus asa karena itu harus memperbanyak tawakkal dan berdoa kpd Allah semoga diberikan yg terbaik  Semua hukum Allah adalah yg terbaik bagi manusia 4 November 2013 14 .

diagnosa dan terafi yang dilakukan disebut dengan sebab dan realitas setelah tindakan seperti sehat.Hubungan Sebab Dan Musabbab  Peran dokter. tetapi sakit. tambah sakit atau sampai kepada ketentuan ajal disebut musabbab  Ketentuan akhir semua adalah pada Allah namun hal itu tdk boleh mengurangi motivasi utk berusaha dan kemudian mengakhirinya dengan doa kpd Allah utk menganugerahkan yg terbaik 4 November 2013 15 .

syariah dan akhlak 4 November 2013 16 .Ilmu Manusia Dan Takdir Allah  Manusia harus mengembangkan ilmunya dgn melalui berbagai penelitian deduktif dan induktif dan tdk boleh mengurangi kemampuannya krn tindakan itu disebut taqshir  Akan ttp ilmu manusia msh sangat sedikit krn itu mustahil menangkap seluruh permasalahan sekalipun komprehensif  Disinilah bertemunya profesi kedokteran dgn nilai keislaman yg disebut dokter muslim  Dokter muslim: integrasi akidah.

Perbandingan iman dengan kufur  Percaya Allah Maha Pencipta dan ngesakan zat. af’al  Mengimani seluruh nabi-nabi dan melaksanakan syariat Nabi Muhammad  Tawadu’ kpd semua manusia 4 November 2013  Percaya Allah sebagai Pencipta ttp tdk mengesakan  Mengimani nabi-nabi kecuali Muhammad SAW  Takabur kpd semua manusia krn merasa bhw mrk manusia pilihan 17 . sifat.

Terima Kasih 4 November 2013 18 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful