BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Penyakit jantung merupakan sosok penyakit yang sangat menakutkan.

Bahkan sekarang ini di Indonesia penyakit jantung menempati urutan pertamasebagai penyebab kematian.Penyakit jantung sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua.Dulu memang penyakit penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutamayang berusia !" tahun ke atas# karena usia juga merupakan salah satu $aktor risiko terkena penyakit jantung. Namun sekarang ini ada ke%enderungan jugadiderita oleh pasien di ba&ah usia '" tahun. Hal ini bisa terjadi karena adanyaperubahan gaya hidup# terutama pada orang muda perkotaan modern.

PENDAHULUAN Penyakit maju. sedapat mengenal pen%egahan mereka sekunder jantung koroner Banyak mungkin hal $aktor harus (P)*+ yang %ara merupakan problem juga. kesehatan P)*. Pen%egahan $aktor $aktor P)*. lebih usaha primer tinggi# utama harus risiko ,leh di negara upaya den itu baik pada yang

mempengaruhi multi$aktorial penting sangat sekunder. pada mengendalikan penting

terjadinya

sehingga P)*

pen%egahan merupakan

bersi$at dengan %ukup risiko tetapi suatu

diusahakan sebab P)*#

yang

penanganan dalam

$aktor $aktor primer merupakan yang sehat

pen%egahan sedangkan

maupun

Pen%egahan risiko men%egah

ditujukan penyakit

mempunyai upaya untuk

pen%egahan

memburuknya

se%ara klinis telah diderita. Penyakit )antung koroner sendiri adalah penyakit dari $aktor jantung resiko terhadap yang yang yang dapat menyangkut ada pada tersebut memba&a yang

gangguan dari pembuluh darah koroner yang dalam mengenal dan menanganinya membutuhkan penderita dalam akibatyang serta tidak &aktu perhatian tindakan yang di serta yang inginkan. pengenalan segera tidak Dengan agar dapat terjadi diambil penderita aspek

singkat

komplikasi

memperhatikan

berbagai

.aktor resiko lainnya adalah / umur# ras# jenis kelamin# (bersi$atIrr dan ersi ersibel+# hidup bel+. B. -engenal untuk .aktor resiko resiko resiko dan P)* dan P)*.berkaitan in$ark miokard dapat ditanggulangi sehingga terhindar dari komplikasi yang lebih buruk. sangat penting dalan usaha pen%egahan dengan / dapat P)* %ara merupakan salah satu usaha yang %ukup besar peranannya dalam penanganan P)* menurunkan $aktor kematian . . 2ujuan 2ujuan dari pembuatan makalah ini adalah membahas mengenaipenyakit jantung koroner dan sebab sebabnya serta pen%egahannya. Dengan geogra$is# stress# mengatur# obesitag# diabetes# dan dan kebiasaan lainnya# perubahan berhenti sosial merokok (bersi$atre0 hipertensi yang e$ekti$# dapat menurunkan resiko dan kematian akibat P)*.aktor dimana akibat utama P)* P)* $aktor yaitu adalah yang mengendalikan resiko hipertensi# dikontrol e1er%ise# perubahan perubahan hiperkolesterolemi# keturunan perilaku masa merokok e0 merupakan diet# dan bersi$at re0ersibel.

Di Amerik a# dua belas juta orang did iagnosis P)*. Penyakit )antung *oroner Nyeri dada akibat &alaupun penyakit belum ada jantung data koroner (P)*+ P)*# dialami dampak jutaanpenduduk dunia. polos. Hingga kini para ahli belum menemukan %ara terbaik dalam mendetek si plak yang rapuh. 4667 Hasil .Namun pada sebagian penderita terutama yang berisiko tinggi# obat obatan kerap kurang ideal. Para ahli kini lebih %enderung .3ebagian besar P)* terjadi akibat penurunan suplai oksigen (iskemia+pada otot jantung lantaran penyempitan pembuluh koroner oleh pengerasan did i n d i n g plak dalam pembuluh kor oner terlindungi yang oleh disebut kuat plak otot aterosklerosis. Diduga kuat $aktor in$lamasi berperan dalam proses perapuhan plak. Bila lapisan pelindung itu rapuh# maka plak itu mud ah pe%ahmanakala ada pemi%u seperti latihan $isik yang berat# marah# stress a t a u bahkan hubungan intim. Pada 3*52 7""4 4 6 6 8 meningkat menjadi 3uskernas malahanmemperlihatkan angka 7!#' persen. D i Indonesia# nasional pre0alens i seriuspenyakit ini telah terlihat.BAB II PE-BAHA3AN A. Paradigmabaru dalam terapi obat obatan penderita P)* adalah upaya stabilisasi plak dengan dosis tinggi H-: %o A redu%tase inhibitors atau yang lebih dikenaldengan nama statin. 3umbatan di liang pembuluh koroner bilab e r l a n g s u n g l e b i h d a r i 7 " m e n i t dapat mematikan otot otot jantung yang berujung pada dis$ungsi pompa jantung atau hilangnya nya&a p e n d e r i t a . Plak yang pe%ah akan menstimulasi proses penggumpalan darah yang dapat lebih mempersempit liang pembuluh ataubahka n menyumbatnya.Pilihan terapi lebih didasarkan pada pertimbangan pen%egahan risiko$atal P)* ketimbang sekedar menghilangkan keluhan nyeri dada. Penyakit kardio0askular yang di dalamnya termasuk P)* menempati urutan pertama penyebab selurah kematian yaitu 4! persen p a d a sur0ei kesehatan rumah tangga 49#6 (3*52+ persen. E$ek antiperadangan obat penurun kolesterol ini diyakinimemiliki kemampuan memperkuat lapisan pelindung plak dan bahkan dapatmereduksi penyempitan.3 t a b i l i t a s P l a k berintikan lemak ini aterosklerosis oleh lapisan sel sel ditentukan tidaknya lapisanpelindung.

3elain itu dikenal pula teknik pengerokan danpenge boran sumbatan koroner yang mengeras termasuk penggunaan laser. . 3tent yang b e r b e n t u k l a k s a n a %in%in atau gorong gorong ini dapat m e m p e r t a h a n k a n pelebaran yang dilakukan balon. Berbagai studiyang membandingkan se%ara langsung antara inter0ensi bedah dan nonbedahpada penderita P)* memperlihatkan hasil yang tidak berbeda bahkan padakasus kasus yang sulit sekalipun.ang masih menjadi ganjalan inter0ensi nonbedah adalah mahalnyabiaya yang harus dikeluarkan oleh penderita. 3ejak kalikeberhasilan melakukan pelebaran pembuluh koroner tanpa bedah yangd i s e b u t P 2 > A ( P e r % u t a n e o u s > o r o n a r y A n g i o p l a s t y + a t a u d i k e n a l d e n g a n istilah balonisasi tindakan ini semakin kerap dilakukan. 2ahun tahun terakhir ini dikenal jenis stent berlapis berbagai jenis obat yang mampu mereduksi angka penyempitan ulanghingga di ba&ah lima persen.-elalui kateter itu dimasukkan kateter lain yang mempunyai balon di ujungnya. Andreas dan :ruent<ig dengan pada 46== out%ome mengumumkan yang pertama m e m u a s k a n .Namun saat itu hingga dekade berikutnya hanya segelintir penderitayang memenuhi syarat untuk dilakukan tindakan balonisasi. *enyataan tersebut meyakinkan kita bah&a pen%egahan memang jauh .Namun ulang (restenosis+ pas%ab alonisasi bahan bahan dapat men%apai '" persen. Pada lokasi penyempitan# balon itu dikembangkan. Balon yangt e l a h m e l e b a r k a n k o r o n e r i t u k e m u d i a n d i k e m p i s k a n k e m b a l i d a n d i t a r i k keluar. H a l i n i dimungkinkan karena inter0ensi nonbedah pada pembuluh koroner semakina m a n dilakukan Dr.*arena itu para ahli masih memprioritaskan bedah sebagai alternati$ seiring dengan perbaikan kateterisasi# struktur balonserta temuan obat obat antipenggumpalan darah baru# maka kini tindakan inimenjadi jauh lebih aman. Angka penyempitan ulang menjadi menurun drastissetelah para ahli menyertakan pemasangan stent setelah dibalon. Hal ini lantaranteknologi yang masih sederhana sehingga kurang begitu aman# juga angkapenyempitan terbaik.?alhasil# kini inter0ensi nonbedah dapat dilakukan pada berbagai kondisi P)* yang sebelumnya hanya mampu dikerjakan di meja operasi.melakukani n t e r 0 e n s i l e b i h d i n i .P2>A hanya memerlukan sayatan kulit ke%il di lengan atau pangkalpaha untuk menyelipkan kateter pada arteri yang menuju ke muara koroner. a # m i r i p s i k a p p r e e m p t i 0 e & a r a l a Bush. Harga sebuah stent berlapis obatd e n g a n u k u r a n b e b e r a p a m i l i m e t e r i t u a d a y a n g d i a t a s @ " j u t a r u p i a h .

aktor ..lebihmurah ketimbangan pengobatan. .Penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner diseb abkanoleh penumpukan dari <at <at lemak (kolesterol# trigliserida+ yang makin lamamakin banyak dan menumpuk di ba&ah lapisan terdalam (endotelium+ daridinding pembuluh nadi. 3e%ara umum dikenal berbagai $aktor yang berperan penting terhadap timbulnya P)* yang disebut sebagai $aktor P)*. B. Pembentukan plak lemak d a l a m a r t e r i a k a n m e m p e n g a r u h i p e m b e n t u k a n b e k u a n d a r a h y a n g a k a n mendorong terjadinya serangan jantung. Penyebab penyakit jantung koroner adalah adanya penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner. . Hal ini mengurangi atau menghentikan aliran darah ke otot jantung sehingga mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah.aktor A $aktor 5esiko Penyakit )antung *oroner.aktor A $aktor timbulnya P)* ada yang tidak dapat dimodi$ikasi dan dapat dimodi$ikasi. .aktor 5isiko Penyakit )antung *oroner Ada berbagai ma%am penyakit jantung# namun penyakit jantung yang umumnya ditakuti adalah jantung koroner karena menyerang pada usia produkti$ dan dapat menyebabkan serangan jantung hingga kematianmendadak. 3ayangnya perubahan ke arah perilaku sehatseringkali baru mulai disadari saat penderita terbaring tak berdaya.E$ek dominan dari jantung koroner adalah kehilangan oksigen dan nutrient kejantung karena aliran darah ke jantung berkurang.

lebih 5ata rata lama kematian dari jantung pria. 7. 7. )uga diadapatkan hubungan antara mur dan kadar kolesterol yaitu kadar kolesterol total akan meningkat dengan bertambahnya umur. Arteri yang berubah paling pembuluh%oroner. 2iap arteri menghambat bentuk ketuanya sendiri.. 4. Hipertensi Peningkatan tekanan darah merupakan beban yang berat untuk jantung# sehingga menyebabkan hipertropi 0entrikel kiri atau pembesaran 0entrikel kiri ($aktor miokard+.Usia A $aktor usia akan yang tidak dapat meningkat dan adalah dimodi$ikasi pula antara P)* lain / -eningkatnya darah dini menyebabkan progresi$ tahun penderita lama dari pembuluh sampai mulai mengalami mulai pada perubahan usia 7" berlangsung lahir lain mati. 5i&ayat *eluarga dengan penyakit arterosklerosis.namun serangan umum jantung $aktor pada resiko &anita lebih berubah terjadi sedikit setelah kelainan ketahanan &anita menopause. -erupakan kenyataan bah&a &anita lebih sedikit mengalami serangan jantung di bandingkan 4" tahun menyebabkan pria. Arteri bermodi$ikasi hanya setelah usia '" tahun. Hal ini diduga $aktor hormonal seperti estrigen melindungi &anita. '.aktor A $aktor yang dapat dimodi$ikasi. P)* akibat 3e%ara . *eadaan ini tergantung dari berat dan lamanya hipertensi.aktor 4. Hiperkolesterolmia . 3erta tekanan darah yang tinggi dan menetap akan menimbulkan trauma langsung terhadap dinding pembuluh darah arteri koronaria# sehingga memudahkan terjadinya aterosklerosis koroner ($aktor koroner+. 5as . @.)enis*elamin. terjadi pada laki laki umur @8 '' tahun dan meningkat dengan bertambahnya umur. Hal ini menyebabkan angina pektoris# insu$isiensi koroner dan miokard in$ark lebih sering didapatkan pada penderita hipertensi dibandingkan orang normal.

Diabetes -elitus Intoleransi terhadap glukosa sejak dulu telah diketahui sebagai predisposisi penyakit pembuluh darah. '.yang disertai obesitas dan hipertensi >. @. -erokok E$ek rokok adalah menyebabkan beban miokard bertambah karena rangsangan oleh katekolamin dan menurunnya konsumsi "7 akibat inhalasi >. *urangnya "7 akan menyebabkan otot jantung menjadi lemah# sakit dada# serangan jantung bahkan kematian. Penyempitan pembuluh darah ini akan menyebabkan aliran darah menjadi lambat bahkan dapat tersumbat sehingga aliran derah pada pembuluh derah koroner yang $ungsinya memberi "7 ke jantung menjadi berkurang..-en%egah Penyakit )antung *oroner dengan Pola Hidup 3ehat Upaya pen%egahan untuk menghindari penyakit jantung dimulai denganmemperbaiki gaya hidup dan mengendalikan $aktor risiko sehinggamengurangi peluang terkena penyakit tersebut.besitas juga dapat meningkatkan kadar kolesterol total dan LDL kolesterol. 8. -akin banyak jumlah rokok yang diisap# kadar HDL kolesterol makin menurun. *egemukan . -ekanismenya belum jelas# akan tetapi terjadi peningkatan tipe IB hiperlipidemi dan hipertrigliserid# pembentukan platelet yang abnormal dan D. Di samping itu rokok dapat menurunkan kadar HDL kolesterol tetapi mekanismenya belum jelas. *atekolamin juga dapat menambah reaksi trombosis dan juga menyebabkan kerusakan dinding arteri# sedangkan glikoprotein tembakau dapat menimbulkan reaksi hipersensiti$ dinding arteri.Untuk pen%egahan penyakit jantung hindari obesitasCkegemukan .*olesterol# lemak dan substansi lainnya dapat menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah arteri# sehingga lumen dari pembuluh derah tersebut menyempit dan proses ini disebut aterosklerosis.

Lakukan membantumengurangi bobot badan# . -akin banyak konsumsi alkohol makakemungkinan stroke terutama jenis hemoragik makin $isik. D i a b e t e s j u g a meningkatkan risiko 4#8 ' kali lipat# terutama apabila gula darahnya tidak terkendali.lahragaCakti0itas mengendalikan .* e n d a l i k a n tekanan darah tinggi dan kadar gula darah.*urangi minum alkohol. D.bat dan bahan alami yang dapat digunakanuntuk men%egah dan mengatasi Penyakit )antung antara lain / . Alkohol dapat dan dapatm e n a i k a n t e k a n a n d a r a h # m e m p e r l e m a h j a n t u n g # m e n g e n t a l k a n d a r a h d a n menyebabkan kejang arteri. -akanan yang banyak mengandung kolesterol tertimbun dalam dinding pembuluh darah danmenyebabkan aterosklerosis yang menjadi pemi%u penyakit jantung.lahraga kolesterol# menurunkantekanan darah yang merupakan $aktor risiko lain terkena jantung. *urangid a g i n g # m a k a n a n k e % i l ( % e m i l a n + # d a n m a k a n a n y a n g b e r k a l o r i t i n g g i d a n banyak mengandung lemak jenuh lainnya.-en%egah Penyakit )antung *oroner dengan 2umbuhan .bat Beberapa jenis yaitu tumbuhan men%egah obat yang dapat darah# digunak an karena untuk penyakit men%egahpenyakit jantung mempunyai e$ek melan%arkan sirkulasi darah dan sebagaiantikoagulan penggumpalan jantungdan stroke penyebab utamanya adalah gangguan pada pembuluh darah.Beberapa jenis tumbuhan .Hindari penggunaan obat obat terlarang seperti heroin# kokain#am$etamin# karena obat obatan narkoba tersebut dapat meningkatkan risiko stroke = kali lipat dibanding dengan yang bukan pengguna narkoba. Hipertensimerupakan $aktor u t a m a t e r k e n a p e n y a k i t j a n t u n g k o r o n e r .Perokok mempunyai peluang terkena jantung koroner sekitar dua kali lipat lebih tinggi dibanding dengan bukan perokok.dank o l e s t e r o l tinggi. kadar tinggi. -ulailah dengan mengkonsumsi lebih banyak s a y u r a n # buah buahan# padi padian# makanan berserat lainnya dan ikan. sehingga -erokok menyebabkan pengerasan elastisitas pembuluh p e m b u l u h darah darah arteri#dan berkurang# meningkatkan meningkatkan $aktor pembekuan darah yang memi%u penyakit jantung. Berhenti merokok merupakan target yang harus di%apai# juga hindari a s a p r o k o k dari lingkungan.

D o s i s y a n g d i a n j u r k a n y a i t u 4 8 @ " gram daun segar dan ! 4" gram umbinya. 8. @.4. 7. Bagian yangd i p a k a i a d a l a h d a u n d a n u m b i n y a . )amur *uping hitam (Auri%ularia auri%ula+*hasiatCe$ek / -en%egah stroke dan pendarahan otak# baik untuk jantung dan pembuluh darah. *hasiat tersebut dapat men%egah risiko terkenapenyakit jantung dan stroke. =. 2erung Ungu (3olanum melongena L. Dosis / 7 @ buah yang matang. 5umput laut (Laminaria japoni%a+*hasiat / men%egah penyempitan pembuluh darah# menurunkan kolesteroldan tekanan darah tinggi. -engkudu (-orinda %itri$olia+*hasiat D menurunkan tekanan darah tinggi# menurunkan kolesterol dankadar gula darah tinggi. '. !.Daun De&a (:ynura segetum+E $ e k $armakologis / sebagai anti%oagulant# m e n % a i r k a n b e k u a n d a r a h # melan%arkan sirkulasi darah dan membersihkan ra%un.+*hasiat / men%egah aterosklerosis (penyempitan dan penyumbatanpembuluh darah+# men%egah meningkatnya kolesterol darah# menurunkanketegangan sara$. .Ba&ang Bombay (Allium %epa+Berkhasiat men%egah pengumpalan darah# menurunkan kadar lemak darah# menurunkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah.Ba&ang Putih (Allium sati0um+E$ek / melan%arkan sirkulasi darah# antikoagulan (men%egah pembekuand a r a h + # m e n u r u n k a n k o l e s t e r o l d a r a h # m e n u r u n k a n k a d a r g u l a d a r a h # menurunkan tekanan darah tinggi dan menambah sistem kekebalan.

3 e b a g i a n b e s a r p e n y a k i t j a n t u n g k o r o n e r terjadi akibat penurunan suplai oksigen (iskemia+ pada otot jantung lantaran penyempitan pembuluh koroner oleh pengerasan di dinding dalam pembuluhkoroner yang disebut plak aterosklerosis.Dulu memang penyakit penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutamayang berusia !" tahun ke atas# karena usia juga merupakan salah satu $aktor r i s i k o t e r k e n a p e n y a k i t j a n t u n g .BAB III PENU2UPAN A. B. 3aran 3etelah terpaparnya makalah ini diharapkan kepada pemba%a semuasupaya lebih sadar lagi akan pentingnya menjaga kesehatan jantung# karena jantung adalah organ yang sangat penting bagi kehidupan kita .*esimpulan Penyakit jantung sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Plak berintikan lemak ini terlindungioleh lapisan sel sel otot polos.Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk men%egahpenyakit jantung mempunyai e$ek melan%arkan sirkulasi darah dan sebagaiantikoagulan yaitu men%egah penggumpalan darah# karena penyakit jantungdan stroke penyebab utamanya adalah gangguan pada pembuluh darah.

8 b $a%tor $aktor resiko penyakit jantungEEEEEEEEEEEEEEEEEE.4 a..batEEEEEEEE9 BABIIIEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE.@ .kesimpulan EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE..-en%egah Penyakit )antung *oroner dengan 2umbuhan .= d.penyakit jantung koronerEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE.4" PenutupEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE4" a..4" b.@ a.3aranEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE4" .PembahasanEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE.2ujuanEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE7 BAB II EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE.latar BelakangEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE4 b.8 %.DA.-en%egah Penyakit )antung *oroner dengan Pola Hidup 3ehatEEEEEEE.2A5 I3I BAB I PendahuluanEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE..

NE5 Pembimbing / Dr.5E.Praharmanniati Disusun oleh / 2iur lasma "8 4"' .5.A*A*I2 )AN2UN: *.A*I2 DALAPEN.A5A2 IL-U PEN.

.NE3IA )A*A52A 7"44 .A*UL2A3 *ED.*2E5AN UNIBE53I2A3 *5I32EN IND.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful