TIFUS Demam Tifoid http://nusaindah.tripod.com/kesdemamtifoid.

htm Dikalangan masyarakat penyakit ini dikenal dengan nama TIPES atau Tifosa atau Tifus, atau Tifoid. Penyakit ini sangat sering kita dengar dan tifus ini cukup berbahaya , bahkan seringkali menjadi sangat berbahaya sampai memakan korban Tapi sebenarnya nama yang benar dan digunakan dikalangan medis adalah DEMAM TIFOID. sedangkan TIFUS lebih tepat untuk istilah penyakit Ricketsia, tapi karena masya rakat Indonesia lebih gampangnya memakai nama/istilah Tifus. DEMAM TIFOID jadi gejala utamanya adalah Demam ! yang mempunyai ciri khas yaitu timbulnya sering pada SORE hari. dan pada siang hari penderita tidak terlalu merasa panas bahkan mera sa lebih sehat. Sehingga SERING menyebabkan penderita atau ORANG TUA penderi ta MENGURUNGKAN NIAT KE DOKTER ,dan ini tentu sangat berbaha ya nantinya. Panas yang seperti ini biasanya terjadi pada minggu pertama ,sedang kan pada Minggu ke II Panas akan berlangsung dari pagi sampai malam hari. Pada Minggu ke III dapat terjadi penyembuhan dan panas akan segera turun atau dapat terjadi KOMPLIKASI yang dapat berakibat fatal !! GEJALA LAINNYA : - Nyeri Ulu hati ,nyeri lambung - Nyeri Otot , Diare atau bahkan Konstipasi. - Sakit kepala ,mual bahkan sampai muntah-muntah. Penyebabnya ? Penyebabnya adalah kuman yang namanya : Salmonella typhi dan ada lagi satu saudaranya yaitu Salmonella Paratyphi. Kedua kuman ini masuk kebadan kita dengan cara melalui makanan atau minuman yang tercemar dan tertelan masuk kedalam lambung dan seterusnya kuman masuk kedalam usus dan berkembang biak di sana dan mulailah ia akan menimbulkan gejalanya. Sebenarnya kuman ini dapat menyebar ke hati ,paru-paru bahkan dapat sampai ke Otak dan ini akan berakibat FATAL

DIET lunak untuk meringankan USUS.Pengobatannya Sampai saat ini DEMAM TIFOID masih dianggap berbahaya . Biasanya Dokter akan memberikan ANTIBIOTIKA yang POTEN.sehingga dalam pengobatannya Dokter tidak akan sembarangan. Ciprofloksasin dll tentunya ini HARUS DENGAN RESEP DOKTER ! ISTIRAHAT yang sukup bahkan bila perlu TIRAH BARING. untuk Demam Tifoid yaitu al Klorampenikol . Pencegahannya Tentu saja jangan makan ditempat yang kurang terjamin kebersihannya Belilah makanan yang masih panas sehingga menjamin kebersihannya Nah bisa ngga kamu untuk tidak jajan disekolah ? .

diperkirakan antara 800 . Arlin Algerina. Di Indonesia. SpA. peningkatan kasus saat ini terjadi pada usia dibawah 5 tahun. merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica. khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi terutama menyerang bagian saluran pencernaan. Dan melalui peredaran darah. Ia kemudian berkembang biak dalam hati dan limpa yang menyebabkan rasa nyeri saat diraba .mulai dari usia balita.com/2008/08/penyakit-demam-tifoid.Penyakit Demam Tifoid http://www. Menurut keterangan dr. Demam tifoid adalah penyakit infeksi akut yang selalu ada di masyarakat (endemik) di Indonesia.html Penyakit Demam Tifoid (bahasa Inggris: Typhoid fever) yang biasa juga disebut typhus atau types dalam bahasa Indonesianya. kuman sampai di organ tubuh terutama hati dan limpa.infopenyakit. sehingga terjadi infeksi saluran pencernaan yaitu usus halus.100. Cara Penularan Penyakit Demam Tifoid Penyakit demam Tifoid ini bisa menyerang saat kuman tersebut masuk melalui makanan atau minuman. anak-anak dan dewasa. dari RS Internasional Bintaro. Demam ini terutama muncul di musim kemarau dan konon anak perempuan lebih sering terserang.000 orang terkena penyakit tifus atau demam tifoid sepanjang tahun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful