SIDANG KASUS SUAP KUOTA IMPOR DAGING SAPI

Oleh : Rudang Cecilia Pinem X – 1 /20 Cornelia Dyana Rastiti X - 1 / 4

Ahmad Fathanah

Seorang pengusaha. Lahir 15 Januari 1966 (47). Berstatus sebagai tersangka dalam kasus suap kuota impor daging sapi.

Yudi Setiawan

Spesialis pembobol kredit. Merupakan saksi dalam sidang lanjutan kasus suap kuota impor daging sapi. Berstatus tersangka dalam tiga kasus lainnya. Merupakan Direktur PT Cipta Inti

Kronologi Penangkapan Ahmad Fathanah

Ditangkap oleh KPK di Hotel Le Meridien pada tanggal 29 Januari 2013. 12.30 : Bertemu dengan Luthfi Hasan di Gedung Nusantara 3, Komplek gedung DPR. 15.00 : Menuju kantor PT Indoguna dan menerima uang Rp1 Miliar dari Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. Ia membawa uang itu ke Le Meridien dan berkencan dengan seorang mahasiswi. Ia kemudian tertangkap dan

Sidang 30 September 2013
• Ahmad Fathanah pernah mentransfer uang Rp 50 juta Rama Pratama (dinyatakan oleh Rama sendiri). • Ahmad Fathanah pernah meminta dihubungkan dengan jajaran Direksi PT Jasa Marga (dinyatakan oleh Rama). • Sefti Sanustika tidak hadir dalam sidang ini (menggunakan haknya).

Sidang Lanjutan – 1 September 2013

Yudi Setiawan menyerahkan uang kepada mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) sebesar Rp 450 juta (untuk Hidayat Nur Wahid). Pernyataan Yudi tersebut dibantah oleh Hidayat Nur Wahid. Yudi mengaku pernah memberikan Rp 1 miliar untuk Partai Keadilan Sejahtera.

Dakwaan terhadap Ahmad Fathanah

"Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 20011 tentang perubahan Atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.”

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful