You are on page 1of 14

M.

Ferry Angriawan A21108913 Mendefinisikan Pemasaran untuk Abad 21
A. Pentingnya Pemasaran Keberhasilan keuangan sering tergantung pada kemampuan pemasaran. Operasi keuangan, akunting, dan fungsi bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba. Banyak perusahaan sekarang menciptakan posisi Kepala Pemasaran (Chief Marketing Officer atau CMO) untuk mendapatkan posisi pemasaran setara dengan level kepala (chief) lainnya, seperti Eksekutif Kepala (Chief Executive Officer-CEO), Kepala Keuangan (Chief Financial Officer-CFO). Pengambilan keputusan yang tepat tidaklah mudah. Dalam mengambil keputusan, manajer perlu mempertimbangkan hal-hal penting seperti fitur apa yang akan dirancang untuk produk baru, harga yang harus ditawarkan kepada pelanggan, di mana produk itu akan dijual, dan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan. B. Ruang Lingkup Pemasaran 1. Apa itu Pemasaran? Pemasaran berhubungan dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan masyarakat. Definisi pemasaran terpendek adalah” memenuhi kebutuhan secara menguntungkan”. Asosiasi Pemasaran Amerika menawarkan definisi sebagai berikut : “Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya.” Manajemen pemasaran terjadi bila sekurang-kurangnya satu pihak pada pertukaran potensial berpikir tentang makna dari mencapai tanggapan yang diinginkan dari pihak

Pertukaran dan Transaksi Pertukaran merupakan konsep inti dari pemasaran. Para pencari dana profesional memberikan manfaat bagi para donor. menawarkan. subsidi. Hadiah. semuanya adalah transfer. dan kontribusi amal. waktu kesepakatan. Bila suatu kesepakatan dicapai. mencakup perolehan produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. para pemasar menganalisis apa yang diharapkan masing-masing pihak dari sebuah transaksi. dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Pertukaran adalah proses penciptaan nilai karena pada dasarnya memungkinkan keadaan kedua pihak menjadi lebih baik. dan menumbuhkan nilai pelanggan yang unggul.Umumnya orang yang melakukan transfer berharap untuk menerima sesuatu sebagai ganti dari pemberiannya. Transaksi berbeda dengan transfer. seperti nota terima kasih. Situasi pertukaran yang sederhana dapat dipetakan dengan menunjukkan dua aktor dan keinginan serta penawaran yang berlangsung diantara mereka. Sekurang-kurangnya ada 2 pihak b. sekurang-kurangnya dua hal menyangkut kondisi bernilai yang disepakati. yaitu : a. Pemasar memperluas konsep pemasaran dengan memasukkan pula studi tentang perilaku transfer sebagai tambahan atas perilaku transaksi. maka suatu transaksi sudah berlangsung. Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan menyerahkan sesuatu d. dan tempat kesepakatan. majalah donor. 2. Kedua pihak terlibat dalam pertukaran jika mereka berunding berusaha untuk mencapai syarat-syarat yang disepakati kedua belah pihak.lain. Ada lima syarat terjadinya pertukaran. dan undangan ke perlombaan-perlombaan. Masing-masing pihak yakin bahwa bertransaksi dengan pihak lain merupakan hal yang tepat dan diinginkan. Supaya berhasil melakukan pertukaran. Transaksi adalah perdagangan nilai antara dua atau lebih pihak. . menjaga. Sebuah transaksi mencakup beberapa dimensi. Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin bernilai bagi pihak lain c. Manajemen pemasaran sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan mendapatkan. Masing-masing pihak berhak untuk menerima atau menolak tawaran pertukaran e. Definisi sosial manajemen pemasaran yaitu pemasaran merupakan suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan.

Pelanggan mangunjungi negeri dongeng. Begitu juga Hard Rock Cafe di mana pelanggan dapat menikmati jamuan atau melihat pertunjukkan musik dalam konser langsung. Walt Disney World’s Magic Kingdom adalah suatu pengalaman. Properti Merupakan hak kepemilikan tak berwujud. pabrik. juga para profesional yang bekerja dalam atau untuk perusahaan. insinyur. negara bagian. g. wilayah. seperti pameran dagang yang besar. seseorang dapat menciptakan dan memasarkan pengalaman. pementasan seni. f. orang-orang yang melakukan pemeliharaan dan perbaikan. pengambangan ekonomi. kantor pusat pemerintahan. seorang manajer pribadi dan menjalin hubungan dengan agen-agen kehumasan. baik itu berupa benda nyata (real estate) atau finansial (saham dan obligasi). Acara khusus (event) Pemasar mempromosikan acara-acara khusus yang terkait dengan waktu bersejarah. hotel. c. Tempat Kota. Orang Pemasaran selebriti telah menjadi bisnis penting.baik kepada perusahaan maupun penggemar. e. progammer. seperti akuntan. tukang cukur. dan tempat tinggal baru. dan ahli kecantikan. Para pemasar tempat mencakup para spesialis. dokter. atau rumah hantu. sewa mobil. b. agen real estate. Apa yang Dipasarkan? a. dan bangsa-bangsa bersaing aktif untuk menarik para turis. dan ulang tahun perusahaan.3. setiap bintang film besar memiliki seorang agen. dan agen-agen kehumasan serta periklanan. pengacara. Dewasa ini. Acara-acara khusus olahraga global seperti Olimpiade atau Piala Dunia dipromosikan secara agresif. bank-bank komersial asosiasi bisnis setempat. Bukan hanya perusahaan yang memasarkan barang-barang mereka. Jasa Jasa mencakup hasil kerja perusahaan-perusahaan penerbagnan. Pengalaman Dengan merangkai beberapa perusahaan jasa dan barang. dan konsultan manajemen. Barang Barang-barang fisik merupakan bagian terbesar dari produksi dan usaha pemasaran kebanyakan negara. d. Agar real estate bekerja atas nama pemilik atau melainkan juga internet. bahkan individu dapat secara efektif memasarkannya. kapal bajak laut. .

pengemasan.pencari properti guna menjual atau membeli real estate untuk keperluan komersial atau tempat tinggal. Produk dan jasa adalah platform untuk menyerahkan beberapa gagasan atau manfaat. organisasi pementasan seni dan semua organisasi nirlaba menggunakan pemasaran untuk mendorong citra publik mereka dan bersaing untuk mendapatkan khalayak dan dana. Sebagai contoh. · · Permintaan noneksisten Permintaan laten Konsumen mungkin tidaksadar atau tidak tertarik pada produk. Majalah Road and Track dan Byte memasok informasi penting. Produksi. waktu. museum. Siapa yang Memasarkan ? Pemasar adalah seseorang yang mencari tanggapan dari pihak lain. j. 4. dan komposisi permintaan untuk memenuhi tujuan organisasi. Para manajer pemasaran berupaya untuk memengaruhi level. Pada hakikatnya. Informasi Informasi dapat diproduksi dan dipasarkan sebagai sebuah produk. Perusahaan menghabiskan banyak uang untuk iklan identitas korporat.”selamatkan hutan tropis”. dan distribusi informasi merupakan salah satu dari industri utama masyarakat. Ensiklopedia dan buku nonfiksi memasarkan informasi. Ada delapan kemungkinan status permintaan : · Permintaan negatif Konsumen tidak menyukai produk dan bahkan mungkin membayar satu harga untuk menghindarinya. Universitas. h. Organisasi Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat dan menyenangkan dalam pikiran masyarakat publik mereka. a. i. informasi merupakan sesuatu yang diproduksi dan didistribusikan kepada masyarakat. masingmasing tentang dunia mobil dan komputer. yang disebut prospek. “olahraga setiap hari”. Gagasan Setiap penawaran pasar mencakup suatu gagasan dasar. Pemasar dan Prospek . Pemasar sosial sibuk mempromosikan gagasan-gagasan seperti “katakan tidak pada narkoba”.

Setiap ekonomi negara dan ekonomi global terdiri dari perangkat interaksi yang rumit dari pasar-pasar yang dihubungkan melalui proses pertukaran. atau bahkan jam. Konsumen yang ingin membeli produk lebih banyak daripada yang dapat dipuaskan. pasar donor. pasar produk (pasar sepatu). b. pasar pertumbuhan atau bahan makanan). · · · Permintaan penuh Permintaan berlebih Permintaan tidak menyeluruh Konsumen secara memadai membeli semua produk yang ditempatkan di pasar.minggu. pasar demografik (pasar remaja). atau mereka memperluas konsep untuk meliputi pasar lain. pasar global dan pasar nirlaba. para pemasar menggunakan istilah pasar untuk meliput berbagai pengelompokkan pelanggan. Pasar Pelanggan Utama Perhatikan pasar pelanggan utama berikut : pasar konsumen. · Pasar Konsumen . dan pasar geografis (pasar Prancis). seperti pasar pemilih. Mereka memandang para penjual sebagai membentuk industri dan pembeli sebagai yang membentuk pasar. bulan. · · Menurunkan permintaan Permintaan tidak teratur Konsumen mulai tidak terlalu sering atau sama sekali tidak membeli produk. Pembelian konsumen bervariasi berdasarkan musim. hari. pasar bisnis. Konsumen mungkin tertarik pada produk yang memiliki konsekuensi sosial yang tidak diinginkan. c.Konsumen bisa berbagi kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh sebuah produk yang ada. pasar adalah tempat fisik di mana para pembeli dan penjual berkumpul untuk membeli dan menjual barang. Para ahli ekonomi menggambarkan pasar sebagai kumpulan pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas sebuah produk atau kelompok produk tertentu (misal. Mereka membicarakan tentang pasar kebutuhan (pasar yang mengupayakan diet). Pasar Secara tradisional. Di pihak lain. pasar tenaga kerja.

atau pengusaha pabrik tunggal ). harga. dan reputasi perusahaan dalam hal keandalan dan mutu. mengadaptasi komunikasi mereka agar sesuai dengan budaya. mitra usaha. kosmetik. Para pemasar bisnis harus menunjukkanbagaimana produk mereka akan membantu para pembeli ini mencapai pendapatan lebih tinggi atau biaya lebih rendah. Bagaimana bisnis dan pemasaran berubah . · Pasar bisnis Perusahaan yang menjual barang dan jasa bisnis sering menghadapi pembeli profesional yang terlatih dan banyak tahu. organisasi amal. Banyak kekuatan merek tergantung pada pengembangan satu kemasan dan produk superior. pemberi lisensi.Perusahaan yang menjual barang dan jasa konsumen secara massal seperti minuman ringan. misalnya toko.seperti gereja. perjalanan udara. Pemasar bisnis membeli barang dengan maksud membuat atau menjual ulang sebuah produk kepada yang lain untuk mendapatkan laba. pengusaha pabrik kontrak. namun peran lebih kuat bisa dilakukan oleh tenaga penjual. bagaimana memasuki setiap negara (sebagai eksportir. · Pasar nirlaba dan pasar pemerintah Perusahaan-perusahaan yang menjual barang mereka kepada organisasi nirlaba. yang terampil dalam menilai tawaran yang bersaing. ruang pasar dan metamarket Perbedaan dari tempat pasar dan ruang pasar yaitu tempat pasar bersifat fisik. · Pasar Global Perusahaan yang menjual barang dan jasa dipasar global menghadapi keputusan dan tantangan tambahan misalnya mereka harus memutuskan negara mana yanng akan dimasuki. memastikan ketersediaannya. dan sepatu atletik dan peralatan menghabiskan banyak waktu dengan membangun satu citra merek unggul. bagaimana menetapkan produk. 5. Tempat pasar. Iklan dapat memainkan peran. dan mendukungnya dengan menggunakan komunikasi dan layanan yang handal.pembelian pemerintah membutuhkan pelelangan dan tawaran yang paling rendahlah yang paling disukai jika tidak ada faktor-faktor yang menghendaki lain. bagaimana mengadaptasi fitur produk dan jasa mereka pada masing-masing negara. d. sedangkan ruang pasar misalnya seperti seseorang yang berbelanja lewat internet. atau organisasi pemerintah perlu menetapkan harga secara hati-hati karena kekuatan membeli yang terbatas. universitas.

komunikasi yang ditargetkan.Kita dapat mengatakan bahwa “tempat pasar bukanlah seperti yang seharusnya”. Zaman informasi berjanji untuk menghasilkan level produksi yang lebih akurat. dan hubungan. · Globalisasi Kemajuan tekhnologi dalam transportasi pengiriman dan komunikasi yang lebih memudahkan perusahsaan untuk melakukan kegiatan pemasaran dinegara lain dan lebih mudah bagi konsumen untuk membeli produk dan jasa dari pemasar dinegara lain . Ia sangat berbeda akibat kekuatan masyarakat besar yang kadang-kadang saling berkaitan yang telah menciptakan perilaku baru. Dengan cara online pada hakikatnya telah memampukan konsumen untuk merancang barang mereka sendiri. · Pemberdayaan pelanggan Pelanggan semakin mengharapkan layanan mutu lebih tinggi dan adanya penyesuaian pesanan (customization) · Kustomasi Perusahaan mampu memproduksi barang-barang yang terdeferensiasi secara individu baik dipesan secara pribadi melalui telephone maupun secara online. layanan. peluang baru dan tantangan baru: · Tekhnologi yang berubah Revolusi digital telah menciptakan satu jaman informasi. · Deregulasi Banyak negara telah menderegulasi industri untuk menciptakan persaingan dan peluang pertumbuhan yang lebih besar. dan penetapan harga yang relevan. · Privatisasi Banyak negara telah mengalihkan perusahaan publik mereka ke manajemen dan kepemilikan swasta guna meningkatkan efisiensi. . Perusahaan juga mampu untuk berinteraksi dengan setiap pelanggan untuk mempersonalisasikan pesan.

· Persaingan semakin tajam Pengusaha pabrik bermerek menghadapi persaingan yang intens dari merek-merek domestik dan asing yang mengakibatkan meninakatnya biaya promosi dan menyusutnya biaya margin laba. majalah. Hollenson. Konsep Inti Pemasaran Pada dasarnya pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan yang lain (Kotler dan Armstrong. · Transformasi eceran Para pengecer kecil takluk pada kekuatan yang sedang bertumbuh dari pengecer raksasa. 2003:9. 2001:6). penetapan harga. surat kabar. banyak perusahaan tradisional terlibat dalam reintermediasi dan menjadi “brick-and-click” (perusahaan dengan bangunan dan perusahaan yang beroperasi melalui internet). The American Marketing Association (Kotler. . barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. menambah layanan on-line pada tawaran yang sudah ada. dan iklan tv langsung kepada pelanggan. promosi dan distribusi gagasan. perusahaan surat langsung. 2001:3) merumuskan definisi pemasaran yang lebih menekankan pada proses manajerial yaitu proses perencanaan dan penetapan konsepsi. C. Para pengecer berbasis toko menghadapi persaingan yang tumbuh dari pusat-pusat katalog. · Konvergensi industri Perbatasan industri semakin kabur pada satu tingkat yang tidak dapat dipercaya ketika perusahaan mengakui bahwa peluang-peluang baru terletak pada dari persilangan dua atau lebih industri. · Disentermediasi Sebagai tanggapan terhadap disentermediasi. Czinkota dan Kotabe. 2003:6. Selain itu pengecer yang kuat juga menguasai ruang rak yang terbatas dengan menempatkan merek-merek mereka sendiri dalam bersaing dengan merek-merek nasional.

Perusahaan kemudian memilih dan menetapkan segmen pasar yang akan dilayani sebagai pasar sasaran. 4) sasaran yang ingin dicapai adalah kepuasan pihak-pihak yang terlibat dalam pertukaran. produk yang dipasarkan merupakan produk industri dan pasarnya disebut pasar industri atau pasar bisnis. implementation dan control (Kotler dan Armstrong. Mempelajari konsep inti pemasaran akan sangat membantu dalam memahami hakekat pemasaran. 1996:27). Sedangkan perusahaan yang mengarahkan kegiatan pemasarannya ke indusri termasuk dalam kegiatan pemasaran produk industri. meliputi: 1) Target markets and segmentation. Hollenson. 2003:6-7). Pemasaran produk konsumsi umumnya dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di sektor hilir. Segmentasi berkaitan dengan pengelompokan pasar yang menuntut bauran pemasaran yang berbeda. sebagai berikut: 1) melibatkan berbagai pihak. produk yang dipasarkan merupakan produk konsumsi dan pasarnya disebut pasar konsumen. informasi dan pengalaman. Sedangkan pemasaran produk industri umumnya dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di sektor hulu.Dalam hal ini pemasaran melibatkan sejumlah fungsi manajerial yang saling berhubungan dalam suatu proses manajemen. Pemasaran produk konsumsi dan pemasaran produk industri memiliki karakteristik yang berbeda. jasa. Kotler (2003:8) dan Sucherly (1996:27) mengemukakan sejumlah faktor yang menunjukkan luasnya cakupan kegiatan pemasaran. Terdapat sejumlah konsep inti yang terkandung dalam pemasaran. Kotler (2003:6-12) mengidentifikasi konsep inti pemasaran itu. . psychographic dan perilaku konsumen. 2) melibatkan fungsi manajerial. planning. Sucherly. Segmen pasar ini dapat diidentifikasi berdasarkan aspek demographic. baik dilihat dari sifat produk maupun perilaku pembelinya. 2001:8-9. yaitu analysis. Kegiatan pemasaran dapat diarahkan kepada konsumen akhir dan juga kepada industri (Czinkota dan Kotabe. Dengan demikian kegiatan pemasaran memiliki cakupan luas. 3) yang dipasarkan tidak hanya barang tetapi produk dalam arti luas termasuk gagasan. 2001:69. Perusahaan yang mengarahkan kegiatan pemasarannya ke konsumen akhir termasuk dalam kegiatan pemasaran produk konsumsi.

Kesesuaian antara kinerja produk dengan tuntutan konsumen akan membentuk kepuasan bagi konsumen yang bersangkutan. offering and brand. Dalam hal ini. Adapun metamarket bersifat komplementer dari barang dan jasa berbagai industri yang relevan seperti automobile metamarkets. marketspace and metamarket. kebudayaan. Marketer harus berusaha memahami kebutuhan. 6) Value and satisfaction. Kebutuhan berbeda dengan keinginan walaupun setiap keinginan manusia senantiasa didasarkan atau diturunkan dari kebutuhannya. keinginan dan permintaan pasar sasaran. Produk berkaitan dengan nilai yaitu seperangkat manfaat yang ditawarkan kepada konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.2) Marketplace. Seseorang yang menginginkan roti dan memiliki daya beli atau kemampuan untuk mendapatkannya maka orang itu akan membeli roti. Beberda dengan marketplace. Marketer adalah seseorang atau organisasi yang berusaha mendapatkan suatu respons (perhatian. dealer mobil. wants and demand. 5) Product. pakaian. pilihan dan pembelian) dari pihak lain atau prospect. Keinginan seseorang lebih banyak dipengaruhi oleh latar belakang pengalaman. marketspace bersifat digital seperti seseorang berbelanja melalui internet. berinteraksi dan berkembang. Jadi permintaan seseorang atas suatu produk tekait dengan kebutuhan dan keinginan tentang produk itu yang didukung oleh kemampuan untuk mendapatkannya atau daya belinya. Untuk kelangsungan hidupnya. Manusia senantiasa dihadapkan pada masalah kebutuhan ini. rumah dan lainnya. seperti dalam hal makanan seseorang menginginkan roti dan yang lain menginginkan nasi. geografis. perusahaan asuransi dan lainnya. kepuasan konsumen melibatkan komponen kinerja produk yang dibelinya dan tuntutannya atau harapannya atas produk itu. Suatu keinginan yang didukung oleh daya beli akan melahirkan permintaan. 3) Marketers and prospects. 4) Need. manusia membutuhkan makanan. Kebutuhan berkaitan dengan sesuatu yang harus atau menuntut pemenuhan. demografis dan lainnya. Keinginan ditunjukkan oleh pilihan. setidak-tidaknya untuk kelangsungan hidupnya. lembaga keuangan. Marketplace bersifat fisik seperti seseorang berbelanja di suatu toko. terdiri dari: pabrik mobil. pendidikan. Tingkat kepuasan konsumen tergantung .

Terdapat lima kondisi atau syarat terjadinya pertukaran. distributor dan lainnya). Menggambarkan rentang saluran yang lebih panjang mulai dari . masing-masing pihak bebas menerima atau menolak penawaran pertukaran dan masing-masing pihak saling mempercayai. Relationship marketing bertujuan untuk membangun hubungan yang saling memuaskan dalam jangka panjang dengan konsumen. Outcome dari relationship marketing berupa suatu jaringan pemasaran antara perusahaan dengan stakeholder-nya (konsumen. masing-masing pihak kapabel dalam berkomunikasi. Ini penting untuk meningkatkan dan memelihara bisnisnya dalam jangka panjang. Pertukaran merupakan proses mendapatkan suatu produk dari pihak tertentu melalui penawaran. marketer menggunakan tiga jenis saluran pemasaran. Untuk mencapai pasar sasaran. 7) Exchange and transactions. 10) Supply chain. masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lain. Agar dapat menciptakan nilai konsumen yang tinggi maka perusahaan atau produsen harus mampu memberikan manfaat yang lebih besar dari suatu produk yang ditawarkannya dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan konsumen untuk memperoleh produk itu. Manfaat yang dirasakan konsumen berupa manfaat fungsional dan manfaat emosional. Kepuasan dapat juga dikaji dari nilai konsumen berupa kesesuaian manfaat yang diperoleh konsumen dari suatu produk yang dibelinya dengan biaya atau pengorbanan yang dikeluarkan untuk memperoleh produk itu. distribution channels yaitu menyampaikan produk atau jasa kepada pembeli. pemasok. perusahaan transportasi.pada kesesuaian antara kedua komponen itu. energy. cummunication channels yaitu menyampaikan dan menerima pesan kepada dan dari pasar sasaran. 9) Marketing channels. Dalam hal ini transaksi merupakan suatu pertukaran nilai antara dua pihak atau lebih. 8) Relationships and networks. Dalam pertukaran kedua pihak bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan. bank dan perusahaan asuransi untuk memfasilitasi transaksi. melibatkan waktu dan tempat. Ke dua. pemasok. karyawan. waktu dan mental. service channels yaitu menyelenggarakan transaksi dengan pembeli potensial yang melibatkan warehouse. yaitu: pertama. distributor dan lainnya. Jika terjadi kesepakatan berarti terjadi transaksi. Sedangkan biaya yang dikeluarkan berupa uang. yaitu: sekurang-kurangnya terdapat dua pihak. Ke tiga.

D. limgkungan politik-legal dan lingkungan sosial-budaya. Pada dasarnya alat-alat dalam bauran pemasaran itu terdiri dari produk. lingkungan alam. Supply chain ini menggambarkan suatu sistem penyampaian nilai. Mencakup seluruh pesaing aktual dan potensial. pemasok. 11) Competition. 13) Marketing program. lingkungan ekonomi. 12) Marketing environment. Terdiri dari lingkungan tugas mencakup perusahaan. Terdapat empat level persaingan yaitu brand competition. industry competition. harga. konsumen dan lingkungan yang lebih luas mencakup lingkungan demograpi. peluang dan tantangan baru karena pasar telah berbeda secara radikal Kemampuan Baru Konsumen Perubahan loyalitas serta kepekaan konsumen karena memiliki kemampuan baru Kemampuan Baru Perusahaan Perpaduan kekuatan baru yang menghasilkan serangkaian kemampuan baru perusahaan E. lingkungan teknologi. distribusi dan promosi. Lingkungan yang lebih luas terdiri dari kekuatan yang memiliki pengaruh pada pelaku dalam lingkungan tugas.bahan baku. bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam suatu pasar sasaran. Realitas Pemasaran Baru “Pasar sudah tidak seperti dulu lagi” Kekuatan Masyarakat Utama Lahirnya perilaku. produk akhir sampai ke pembeli akhir. Orientasi Perusahaan terhadap Pasar Enam konsep yang bersaing yang dijadikan sebagai pedoman oleh organisasi untuk melakukan kegiatan pemasaran: • Konsep produksi . distributor. Dalam hal ini. form competition dan generic competition. Tugas marketer adalah mengembangkan suatu program pemasaran atau rencana untuk mencapai tujuan perusahaan.

konsep itu juga mengasumsikan bahwa perusahaan memiliki banyak sekali alat penjualan dan promosi yg efektif yg dapat merangsang lebih banyak pembelian KONSEP PEMASARAN Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai sasaran organisasi adalah perusahaan harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan.konsep itu mengasumsikan bahwa para konsumen umumnya menunjukkan keengganan atau penolakan untuk membeli sehingga harus dibujuk supaya membeli.kebutuhan pelanggan.Mereka mengasumsikan bahwa para pembeli mengagumi produk yg dibuat dengan baik serta dapat menilai mutu dan kinerja. Konsep pemasaran berdiri diatas empat pilar: pasar sasaran.atau inovatif.• Konsep produk • Konsep penjualan • Konsep pemasaran • Konsep pelanggan • Konsep pemasaran masyarakat KONSEP PRODUKSI Konsep produksi adalah salah satu konsep bisnis tertua. KONSEP PENJUALAN Konsep penjualan berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan bisnis.pemasaran terpadu atau terintegrasi dan kemampuan menghasilkan laba Theodore levitt dari harvard menggambarkan perbedaan pemikiran yg kontras antara konsep penjualan dan pemasaran: • Penjualan berfokus pd kebutuhan penjual • Penjualan memberi perhatian pd kebutuhan penjual utk mengubah produknya menjadi uang tunai • Pemasaran berfokus pd kebutuhan pembeli • Pemasaran memikirkan cara memuaskan kebutuhan pelanggan melalui saranasarana produk dan segala sesuatu yg berkaitan dgn permasalahan menciptakan.biaya yg rendah dan distribusi secara masal KONSEP PRODUK Konsep produk berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yg menawarkan fitur yg paling bermutu.menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yg terpilih.menyerahkan.jika dibiarkan tidak akan secara teratur membeli cukup banyak produk yg ditawarkan oleh organisasi tertentu.Para manajer organisasi itu memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yg unggul dan memperbaiki mutunya dari waktu ke waktu.oleh karena itu organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yg agresif.konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yg tersedia secara luas dan murah.para manajer perusahaan yg berorientasi produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yg tinggi.dan akhirnya mengkonsumsinya .berkinerja.

keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yg diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing dengan cara yg tetap mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen.psikografik masing-masing pelanggan.dan media serta distribusi yg lebih disuka. Konsep pemasaran masyarakat menuntut para pemasar utk memasukkan pertimbangan sosial dan etis ke praktik pemasaran mereka - .perusahaan itu berharap mampu mencapai pertumbuhan yg menghasilkan bagian laba yg lebih besar atas pengeluaran masing-masing pelanggan dengan membangun kesetiaan pelanggan yg tinggi dan berfokus pada nilai masa hidup pelanggan KONSEP PEMASARAN MASYARAKAT Konsep pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan.demografik.KONSEP PELANGGAN Perusahaan itu mengumpulkan informasi tentang transaksi yg telah lalu.