REFERAT FORENSIK CIDERA LISTRIK

Dosen Penguji : Dr. Arista Hardinisa Sp. F Residen Pe !i !ing : Dr T"e#a Pe$$ondo%u

Pen&usun : 'e$("isede) Sartian *attung E$ea#er C"ristop"er Rut" Hutaga$ung Coriant& De+i 'oni(a Renate Par$ene Nao i Sinaga

KEPANITERAAN KLINIK *A,IAN IL'- KEDOKTERAN FORENSIK DAN 'EDIKOLE,AL FAK-LTAS KEDOKTERAN -NI.ERSITAS DIPONE,ORO RS-P DR. KARIADI SE'ARAN, PERIODE / 0-LI 123145 A,-ST-S 1231

Kerusakan yang diakibatkan oleh trauma listrik disebabkan oleh dua mekanisme yaitu terjadinya pemanasan dan aliran listrik itu sendiri yang melewati jaringan. dermis. !rus listrik yang mengalir ke dalam tubuh manusia akan menghasilkan panas yang dapat membakar dan menghancurkan jaringan tubuh. dari trauma minimal sampai melibatkan kerusakan multiorgan sampai dapat menyebabkan kematian.3 Latar *e$a)ang 'asa$a" Trauma akibat sengatan listrik adalah kerusakan yang disebabkan oleh adanya aliran arus listrik yang melewati tubuh manusia dan membakar jaringan ataupun menyebabkan terganggunya fungsi organ dalam.1%edera akibat listrik merupakan kerusakan yang terjadi jika arus listrik mengalir ke dalam tubuh manusia dan membakar jaringan ataupun menyebabkan terganggunya fungsi suatu organ dalam. tetapi mungkin saja telah terjadi kerusakan organ dalam yang serius.1-+ . dan lebih sering pada arus bolak-balik '!%( daripada searah ')%(. Kasus trauma listrik menyebabkan seribu kematian tiap tahunnya di !merika "erikat. terutama pada jantung. Trauma listrik terjadi saat seseorang menjadi bagian dari sebuah perputaran aliran listrik atau disebabkan oleh terkenanya pada saat berada dekat dengan sumber listrik. otot atau otak. &eskipun luka bakar listrik tampak ringan. Kontak langsung dengan arus listrik bisa berakibat fatal. *emanasan akan menyebabkan nekrosis koagulatif dan aliran listrik pada jaringan akan menyebabkan kerusakan membran sel. Luka listrik adalah salah satu jenis luka karena peristiwa fisika. maupun jaringan subkutan.1Kematian akibat trauma listrik dari tahun ke tahun semakin meningkat baik karena kontak langsung maupun kontak melalui media lain dimana tanda utama trauma listrik adalah luka bakar pada kulit. Tubuh manusia adalah penghantar listrik yang baik. Tingkatan trauma listrik sangat luas. Luka yang diakibatkan oleh arus listrik yang fatal umumnya disebabkan oleh kecelakaan. Kulit dengan luka bakar akan mengalami kerusakan pada epidermis.*A* I PENDAH-L-AN 3. dengan mortality rate -#$. Kerusakan tersebar biasanya pada sel-sel saraf pembuluh darah dan otot. Rangkaian listrik dalam hal ini adalah suatu kumpulan elemen atau komponen listrik yang saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu.

kami akan mencoba untuk membahas tentang trauma listrik dan bagaimana hasil pemeriksaan yang dapat ditemukan pada pemeriksaan forensik terhadap pasien ataupun jena. 3. &engenal pasti pola luka yang bias di sebabkan oleh tenaga listrik.ah yang mengalami trauma listrik. &engetahui sebab kematian oleh tenaga listrik.6 Tujuan Penu$isan Lapsus -erdasarkan temuan ataupun fakta-fakta di atas..ah dan juga sebab utama punca kematian yang disebabkan trauma listrik. .1 Ru usan 'asa$a" &engenal pasti pola trauma yang dapat di timbulkan oleh tenaga listrik terhadap tubuh pasien ataupun jena. .3. 3.5 O!je)ti7 1.

-unuh diri jarang terjadi. )alam industri. sehingga dapat menimbulkan luka bakar sebagai akibat berubahnya energi listrik menjadi energi panas. bukti adanya efek dari sambaran petir. )alam studi kasus kematian. *ada umumnya tanda utama trauma listrik adalah luka bakar pada kulit.. dimana saklar terlihat dalam posisi on. yang kemudian dihubungkan ke arus listrik.. Kematian dapat terjadi selama terapi kejang untuk pasien dengan gangguan jiwa namun kasus tersebut jarang. . yang merupakan jenis trauma yang disebabkan oleh adanya persentuhan dengan benda yang memiliki arus listrik. 0ambaran makroskopis kerusakan kulit yang kontak langsung dengan sumber listrik bertegangan rendah disebut electrical mark. dan fraktur. Korban tersebut dapat ditemukan di lapangan terbuka dengan gambaran memar. + . diagnosis harus ditegakkan berdasarkan riwayat badai petir di wilayah lokal tersebut. *ada kasus ini.3 'edi)o$ega$ Kematian oleh arus listrik biasanya tidak disengaja dari peralatan listrik rusak atau kelalaian dalam penggunaan peralatan. &ati akibat petir adalah selalu akibat dari kecelakaan. dan bahkan pembunuhan telah terjadi. /rang biasanya menggulung kawat ke pergelangan tangan atau jari-jarinya. luka robek. Kurang dari setengah korban sambaran petir meninggal.1. atau dari alat-alat penerangan. kematian dapat dihasilkan dari kontak dengan kabel yang berarus..1 /rgan dalam harus dianalisis untuk mengetahui apakah korban telah rusak pada saat kecelakaan. mayat korban luka petir terlihat sebagai korban kekerasan. ataupun saklar-saklar.# 1. alatalat elektronik.1. hanya sekitar ##$ yang menunjukan electrical mark.1 De7inisi Luka listrik adalah luka yang disebabkan oleh trauma listrik.*A* II TIN0A-AN P-STAKA 1. kecuali sebagai kasus bunuh diri. Luka listrik biasanya dapat diamati di titik masuk 'entry point( maupun titik keluar 'exit point(. Kadang-kadang. dan magnetisasi terhadab bahan logam.

7enis dan tegangan aliran listrik "ecara umum. -iasanya semakin tinggi tegangan dan kekuatannya.+ !rus yang melalui otak. inisiasi abnormal irama elektrik pada jantung dan otak atau menghasilkan luka bakar elektrik internal maupun eksternal melalui panas dan pembentukan pori di membran sel.. . yaitu 1. baik 4oltase rendah maupun tinggi mengakibatkan penurunan kesadaran segera karena depolarisasi saraf otak. "ecara umum ada . !rus bolak balik '!%( dapat menyebabkan fibrilasi 4entrikel jika jalurnya melalui dada.. yang diukur dalam satuan siklus8detik 'hertz(.# !liran listrik yang lama mengakibatkan kerusakan iskemik otak yang diikuti dengan gangguan nafas.5 Pato7isio$ogi 3lektron mengalir dalam tubuh secara abnormal sehingga menghasilkan cedera atau kematian melalui depolarisasi otot dan saraf.# 1.faktor yang mempengaruhi efek listrik terhadap tubuh.. 1 . yaitu 1+ 1.5 6aktor . yang seringkali mendorong jauh8melempar korbannya dari sumber arus. )% cenderung menyebabkan kontraksi otot yang kuat. Kekuatan arus listrik diukur dalam ampere. . sehingga korban tidak dapat melepaskan genggamannya pada sumber listrik.1. maka semakin besar kerusakan yang ditimbulkan oleh kedua jenis arus listrik tersebut. 3fek !% pada tubuh manusia sangat tergantung kepada kecepatan berubahnya arus 'frekuensi(. menyebabkan otot terpaku pada posisinya.# !kibatnya korban terkena sengatan listrik lebih lama sehingga terjadi luka bakar yang berat. Tenaga listrik buatan.( lebih berbahaya dari arus frekuensi tinggi dan -# kali lebih berbahaya dari )% pada tegangan 'voltase( dan kekuatan 'ampere( yang sama. arus searah 'DC( tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan arus bolakbalik 'AC(. seperti petir . !% sebesar 59 hert. jenis tenaga listrik.6 Etio$ogi Trauma listrik terjadi saat seseorang menjadi bagian dari sebuah perputaran aliran listrik atau bisa disebabkan pada saat berada dekat dengan sumber listrik. Tenaga listrik alam.. seperti arus listrik searah ')%( contohnya baterai dan arus listrik bolak balik '!%( contonya listrik *L2 di rumah atau pabrik 1. !rus frekuensi rendah '#9-59 hert.

7ika resistensi kulit tinggi. akan menurun besarnya pada tulang. otot. maka bisa terjadi gangguan irama jantung meskipun arus listriknya jauh lebih rendah 'kurang dari 1 m!(. Tergantung kepada resistensinya.999 ohm.rata #99 .1. dan lain-lain. 3fek yang sama ditimbulkan oleh )% sebesar 99-#99 m!. yang ditentukan oleh perbedaan kandungan air di masing . karena itu energinya banyak yang dilepaskan di spermukaan.masing jaringan. maka permukaan luka bakar yang luas dapat terjadi pada titik masuk dan keluarnya arus. 7ika arus langsung mengalir ke jantung. misalnya baju. *ada arus serendah 59-199 m! dengan tegangan rendah '119-. Kulit yang berkeringat lebih jelek daripada kulit yang kering. misalnya melalui sebuah pacemaker.masing jaringan. )i dalam lapisan kulit itu sendiri ber4ariasi derajat resistensinya.# !rus listrik banyak yang melewati kulit. disertai dengan hangusnya jaringan diantara titik masuk dan titik keluarnya arus listrik.miliampere 'mA( sama dengan 181. kelenjar keringat dan lemak. Tahanan tubuh terhadap aliran listrik juga akan menurun pada keadaan demam atau adanya pengaruh obat-obatan yang mengakibatkan produksi keringat meningkat. sarung. .9 4olt(. !% 59 hert. jaringan dalam juga bisa mengalami luka bakar. hal ini bergantung pada ketebalan kulit dan jumlah relatif dari folikel rambut. *ertimbangkan tentang .transitional resistance<.. Tahanan tubuh ber4ariasi di masing . sepatu karet. !rus bolakbalik lebih dapat menyebabkan aritmia jantung dibanding arus searah... yaitu suatu tahanan yang menyertai akibat adanya bahan-bahan yang berada diantara konduktor dengan tubuh atau antara tubuh dengan bumi. Tahanan yang terbesar terdapat pada kulit tubuh. lemak. urat saraf... &enurut hitungan %ardieu. bahwa berkeringat dapat menurunkan tahanan sebesar : 1.19. !rus dari !% pada 199 m! dalam seperlima detik dapat menyebabkan fibrilasi 4entrikel dan henti jantung. darah dan cairan tubuh. Tahanan kulit rata .# .. yang mengalir melalui dada dalam waktu sepersekian detik bisa menyebabkan irama jantung yang tidak beraturan.999 ohm. yang bisa berakibat fatal. tangan karet. Tahanan8Resistensi Resistensi adalah kemampuan tubuh untuk menghentikan atau memperlambat aliran listrik.999 ampere.

bahan kimia. kemudian kepala= dan paling sering keluar dari kaki. akan lebih berbahaya daripada orang yang berdiri dengan mengggunakan alas sepatu yang kering.1.. 1. termasuk otot yang tersentuh aliran listrik tersebut. +. !kibatnya arus listrik akan mengalir lebih lama sehingga korban jatuh dalam keadaan syok yang mematikan "edangkan pada tegangan tinggi. petir yang mengenai kulit. korban segera terlempar atau melepaskan konduktor atau sumberlistrik yang tersentuh.8 K$asi7i)asi Lu)a *a)ar .1 )erajat Luka -akar Luka bakar adalah suatu trauma yang disebabkan oleh panas.jaringan yang lebih dalam.. -ahaya terbesar bisa timbul jika janung atau otak berada dalam posisi aliran listrik tersebut. Letak titik masuk arus listrik ' point of entry( dan letak titik keluar ber4ariasi sehingga efek dari arus listrik tersebut ber4ariasi dari ringan sampai berat. /rang yang tanpa alas kaki lebih berbahaya kalau terkena alran listrik. karena pada keadaan pertama tahanannya rendah. -umi dianggap sebagai kutub negatif. 1 &embedakan luka bakar . !rus listrik paling sering masuk melalui tangan. mukosa dan jaringan .1. )engan tegangan yang rendah akan terjadi spasme otot-otot sehingga korban malah menggenggam konduktor. !rus listrik yang mengalir dari lengan ke lengan atau dari lengan ke tungkai bisa melewati jantung... maka orang yang berdiri pada tanah yang basah tanpa alas kaki. !danya hubungan dengan bumi "ehubungan dengan faktor tahanan. arus listrik.#. karena itu lebih berbahaya daripada arus listrik yang mengalir dari tungkai ke tanah.. !rus listrik masuk dari sebelah kiri bagian tubuh lebih berbahaya daripada jika masuk dari sebelah kanan. Lamanya waktu kontak dengan konduktor &akin lama korban kontak dengan konduktor maka makin banyak jumlah harus yang melalui tubuh sehingga kerusakan tubuh akan bertambah besar dan luas.# #. alas kaki dapat berfungsi sebagai isolator. karena akibat arus listrik dengan tegangan tinggi tersebut dapat menyebabkan timbulnya kontraksi otot. !liran arus listrik !dalah tempat-tempat pada tubuh yang dilalui oleh arus listrik sejak masuk sampai meninggalkan tubuh. terutama yang terbuat dari karet.

Rasa nyeri hebat dan terjadi pembengkakan merupakan tanda dan gejala lainnya. a.ringan dengan luka bakar yang lebih serius tergantung dari tingkat kerusakan jaringan tubuh. Kulit biasanya memerah. bengkak dan mungkin terasa sakit. .bercak. )erajat 1 Luka bakar tingkat satu adalah luka bakar paling ringan. )erajat . 0ambar 1 Luka bakar derajat 1 b. !dapun derajat luka bakar meliputi1. artinya luka bakar mengenai sebagian dari ketebalan kulit 'epidermis dan sebagian dermis(. hanya mengenai lapisan kulit yang paling luar 'epidermis(. 0ambar . Lapisan luar kulit tidak terbakar semua. Luka bakar ini disebut juga partial thickness burn 'luka bakar parsial(. Luka bakar derajat . )itandai dengan munculnya lepuhan dan kulit langsung menjadi merah dan muncul bercak .

.#. Kesadaran bisa menurun.9 . Luas !rea >allace membagi tubuh atas bagian ?$ atau kelipatan ? yang terkenal dengan nama rule of nine atua rule of wallace yaitu1.c. ia cuma merasa sedikit sakit atau tidak sakit sama sekali. . "uatu kejutan dari sebuah arus listrik bisa mengejutkan korbannya sehingga dia terjatuh atau menyebabkan terjadinya kontraksi otot yang kuat. patah tulang dan cedera tumpul. )erajat Luka bakar ini disebut juga full thickness burn. Luka bakar listrik bisa terlihat dengan jelas di kulit dan bisa meluas ke jaringan yang lebih dalam. Kedua hal tersebut bisa mengakibatkan dislokasi. Luka bakar ini yang paling serius. 0ambar Luka bakar derajat .( Lengan masing-masing ?$ 1 1@$ ( -adan depan 1@$.. pernafasan dan denyut jantung bisa lumpuh. *ada luka bakar tingkat tiga biasanya terdapat bagian yang hitam seperti arang. yang mengenai seluruh ketebalan kulit 'epidermis dan dermis. badan belakang 1@$ 1 5$ ?$ +( Tungkai masing-masing 1@$ 1 5$ #( 0enitalia8perineum 1 1$ 1. lebih dalam hingga mencapai subkutan(. /rang tersebut akan mengalami rasa sakit yang hebat atau apabila terjadi kerusakan saraf yang luas. 1( Kepala dan leher 1 ?$ .eja$a 0ejalanya tergantung kepada interaksi yang rumit dari semua sifat arus listrik.

# 1. *enyebab utama dari kematian akibat petir adalah kelumpuhan jantung dan paru-paru 'henti jantung dan paru-paru(. sejumlah besar cairan dan garam 'elektrolit( akan hilang dan kadang menyebabkan tekanan darah yang sangat rendah. 6ibrilasi 4entrikel -ergantung pada ukuran badan dan jantung. Luka tidak langsung cenderung hasil dari kontraksi otot yang parah disebabkan oleh trauma listrik.iel '1?51( memperkirakan pada manusia arus yang mengalir sedikitnya A9 m! dalam waktu # detik dari lengan ke tungkai akan menyebabkan fibrilasi. Trauma listrik melibatkan trauma langsung dan tidak langsung. kita dapat mengalami kontak dengan arus listrik. !kibatnya. korban akan meninggal. Bang paling berbahaya adalah jika arus listrik masuk ke tubuh melalui tangan kiri dan keluar melalui kaki yang berlawanan8kanan. *etir jarang menyebabkan luka bakar di titik masuk dan titik keluarnya. dalam hal ini sukar untuk mencari sebab kematian yang segera.+ Terdapat kasus karena listrik yang menyebabkan korban jatuh dari ketinggian. "ebab kematian karena arus listrik yaitu 11. *ada awalnya bisa terjadi penurunan kesadaran yang kadang diikuti dengan koma atau kebingungan yang sifatnya sementara. sehingga terjadi luka bakar pada daerah otot yang luas. serta jarang menyebabkan kerusakan otot ataupun pelepasan mioglobin ke dalam air kemih. yangi biasanya akan menghilang dalam beberapa jam atau beberapa hari. "erat-serat otot yang rusak akan melepaskan mioglobin. sehubungan dengan spasme otot-otot karena jantung masih tetap berdenyut sampai timbul .!rus listrik bertegangan tinggi bisa membunuh jaringan diantara titik masuk dan titik keluarnya. )al. )alam keadaan basah. *ada keadaan tersebut.. . Kalau arus listrik masuk ke tubuh melalui tangan yang satu dan keluar melalui tangan yang lain maka 59$ yang meninggal dunia. sehingga korban meninggal karena asfiksia.. . *aralisis respiratorik !kibat spasme dari otot-otot pernafasan.. yang bisa melukai ginjal dan menyebabkan terjadinya gagal ginjal. resistensi kulit mungkin sedemikian rendah sehingga tidak terjadi luka bakar tetapi terjadi henti jantung 'cardiac arrest( dan jika tidak segera mendapatkan pertolongan. Trauma listrik langsung diebabkan oleh efek arus listrik pada tubuh dan trauma listrik tidak langsung oleh kon4ersi listrik menjadi enegi termal yang bertanggung jawab untuk berbagai jenis luka bakar.

Luka bakar *aparan arus yang dihasilkan oleh sumber tegangan rendah 'termasuk sumber listrik rumah tangga( dapat menyebabkan luka bakardi tisu cutaneus disebabkan transformasi energi listrik kepada energi termal.1. *aralisis pusat nafas 7ika arus listrik masuk melalui pusat di batang otak.kematian. oleh karena itu dengan bantuan pernafasan buatan korban masih dapat ditolong. Terjadi bila arus listrik yang memasuki tubuh korban di atas nilai ambang yang membahayakan.A.1 Lalu kemudian korban diperiksa apakah hidup atau sudah meninggal dunia. Cal tersebut bisa terjadi jika kepala merupakan jalur arus listrik. sedangkan 4entrikel fibrilasi terjadi pada arus A#-199 m!. paralisis pusat pernafasan tetap ada. Tingkat keparahan luka bakar tergantung pada intensitas arus. . permukaan daerah. . 1. kadangkadang ada busa pada mulut.: Pe eri)saan Kor!an .#-@9 m!.1 *emeriksaan korban di Tempat Kejadian *erkara Korban mungkin ditemukan sedang memegang benda yang membuatnya kena listrik.. disebabkan juga oleh trauma pada pusatpusat 4ital di otak yang terjadi koagulasi dan akibat efek hipertermias. -ila aliran listrik diputus. dan durasi paparan. Dsaha pertolongan ini dilakukan sampai korban menunjukkan tanda . *ernafasan buatan ini jika dilakukan dengan baik dan benar masih merupakan pengobatan utama untuk korban akibat listrik. jantung pun masih berdenyut. maka mungkin korban dalam keadaan mati suri dan perlu diberi pertolongan segera yaitu pernafasan buatan dan pijat jantung dan kalau perlu segera dibawa ke Rumah sakit. -ilamana belum ada lebam mayat.tanda hidup atau tanda-tanda kematian pasti. Bang perlu dilakukan pertama kali adalah mematikan arus listrik atau menjauhkan kawat listrik dengan kayu kering. tetapi masih di batas bawah yang dapat menimbulkan fibrilasi 4entrikel. spasme otot-otot pernafasan terjadi pada arus . &enurut Koeppen. +. Luka bakar dapat berupa eritema lokal sehingga luka bakar derajat berat.

-agian tersebut biasanya pucat dan kulit diluar elektrik mark akan menunjukkan hiperemis. dengan demikian bagian tengah yang dangkal dan pucat pada electric mark dapat menjadi hitam hangus terbakar. -entuk dan ukurannya tergantung dari benda yang berarus lisrtrik yang mengenai tubuh. 0ambar + electric mark b( 7oule burn 'endogenous burn( dapat terjadi bilamana kontak antara tubuh dengan benda yang mengandung arus listrik cukup lama. Electric mark berbentuk bundar atau o4al dengan bagian yang datar dan rendah di tengah. Tanda-tanda listrik tersebut antara lain 11.. dikeliilingi oleh kulit yang menimbul... )alam pemeriksaan luar yang harus dicari adalah tanda-tanda listrik atau current mark8electric mark8stroomerk 4an jellinek8joule burn.A...ah !. *emeriksaan 7ena. *emeriksaan Luar *emeriksaan luar sangat penting karena justru kelainan yang menyolok adalah kelainan pada kulit. 0ambar # oule burn .# a( Electric mark adalah kelainan yang dapat dijumpai pada tempat dimana listrik masuk ke dalam tubuh.

. .+ %. Casil pemeriksaan akan terlihat adanya bagian sel yang memipih. 0ambar 5 exogenous burn -. *emeriksaan Tambahan Bang dilakukan adalah pemeriksaan patologi anatomi pada electricmark. *ada otak didapatkan perdarahan kecil-kecil dan terutama paling banyak adalah pada daerah 4entrikel EEE dan EF. yang memang sudah mengandung panas= misalnya pada tegangan di atas 9 4olt. pada pengecatan dengan metoGyl lineosin akan bewarna lebih gelap dari normal. dan konjungti4a korban terdapat bintik-bintik pendarahan.c( Exogenous burn. %uster menemukan pada puncak lobus salah satu paru terbakar. pleura. /rgan 4iscera menunjukkan kongesti yang merata. *ada korban yang terkena listrik tegangan tinggi. *ada hati ditemukan lesi yang tidak khas. *ada ekstremitas. /rgan jantung akan terjadi fibrilasi bila dilalui aliran listrik . Tubuh korban hangus terbakar dengan kerusakan yang sangat berat. juga ditemukan pneumothorak. >alaupun pemeriksaan itu tidak spesifik untuk tanda kekerasan oleh listrik tetapi sangat menolong untuk menegakkan bahwa korban telah mengalami trauma listrik. *ada paru didapatkan edema dan kongesti. karena tulang mempunyai tahanan listrik yang besar. yang tidak jarang disertai patahnya tulang-tulang.1. pembuluh darah korban mengalami nekrosis dan ruptur lalu terjadi pendarahan kemudian terbentuklah gangren. *erikard. *emeriksaan )alam *ada autopsi biasanya tidak ditemukan kelainan yang khas. dapat terjadi bila tubuh manusia terkena benda yang berarus listrik dengan tegangan tinggi. maka jika ada aliran listrik akan terjadi panas sehingga tulang meleleh dan terbentuklah butiran-butiran kalsium fosfat yang menyerupai mutiara atau pearl like bodies. .1.+ /tot korban putus akibat perubahan hialin. *etekie atau perdarahan mukosa gastro intestinal ditemukan pada 1 dari 199 kasus fatal akibat listrik. sedangkan pada tulang. hal ini mungkin sekali disebabkan oleh aliran listrik yang melalui paru kanan.

faktor panas dan faktor ledakan1 a. 3fek ini termasuk salah satu tanda utama luka listrik 'electrical burn( . Luka !kibat *etir *etir8lightning! adalah muatan listrik statis dalam awan dengan 4oltase sampai 19 mega 4olt dan kekuatan arus listrik sampai seratus ribu ampere yang dalam waktu 181999-1 detik dilepaskan ke bumi. !da sel yang mengalami karbonisasi dan ada pula bagian sel-sel yang rusak dari stratum korneum. "eseorang yang disambar petir pada tubuhnya terdapat kelainan yang disebabkan oleh faktor arus listrik. . !da efek listrik akibat sambaran petir 1 . "el dan intinya dari stratum basalis menjadi lonjong dan tersusun secara palisade. Tanda ini berupa gambaran seperti pohon gundul tanpa daun akibat terjadinya 4asodilatasi 4ena pada kulit korban sebagai reaksi dari persentuhan antara kulit dengan petir. Tanda ini akan hilang sendiri setelah beberapa jam."el-sel pada stratum korneum menggelembung dan 4akum. .A. 6olikel rambut dan kelenjar keringat memanjang dan memutar ke arah bagian yang terkena listrik..%urrent mark 8 electric mark 8 electric burn.!borescent markings.

&etalisasi. sepatu bahkan seluruh tubuh korban dapat terbakar atau hangus. misalnya abrasi. Logam yang terkena sambaran petir akan berubah menjadi magnet. pakaian. kontusi. patah tulang tengkorak. 3fek ini juga termasuk salah satu tanda luka listrik 'electrical burn(. !da . 3fek ledakan1 .3fek ledakan akibat sambaran petir 'lightning 8 eliksem( terjadi akibat perpindahan 4olume udara yang cepat H ekstrim. pakaian korban koyak. !rloji korban akan berhenti dimana tanda ini dapat kita gunakan untuk menentukan saat kematian korban. epidural8subdural bleeding. Logam yang dikenakan korban akan meleleh seperti perhiasan dan komponen arloji.Luka bakar sampai hangus. korban terlontar sehingga terdapat luka akibat persentuhan dengan benda tumpul. efek panas akibat sambaran petir 1 .&agnetisasi. 3fek ini juga termasuk salah satu tanda luka listrik 'electrical burn(.!kibat pemindahan udara ini. "etelah kilat menyambar. Rambut. udara setempat menjadi 4akum lalu terisi oleh udara kembali sehingga menimbulkan suara menggelegar8ledakan.. b. . . . "ambar metalisasi c.

Korban tersebut dapat ditemukan di lapangan terbuka dengan gambaran memar.Aspe) 'edi)o$ega$ Kematian oleh arus listrik biasanya tidak disengaja dari peralatan listrik rusak atau kelalaian dalam penggunaan peralatan. Kematian dapat terjadi selama terapi kejang untuk pasien dengan gangguan jiwa namun kasus tersebut jarang. Kurang dari setengah korban sambaran petir meninggal. luka robek. /rgan dalam harus dianalisis untuk mengetahui apakah korban telah rusak pada saat kecelakaan. dan bahkan pembunuhan telah terjadi. *ada kasus ini. kecuali sebagai kasus bunuh diri. yang kemudian dihubungkan ke arus listrik. )alam industri. dan magnetisasi terhadab bahan logam. alatalat elektronik. Kadang-kadang. -unuh diri jarang terjadi. dan fraktur. &ati akibat petir adalah selalu akibat dari kecelakaan. . mayat korban luka petir terlihat sebagai korban kekerasan. kematian dapat dihasilkan dari kontak dengan kabel yang berarus. atau dari alat-alat penerangan. ataupun saklar-saklar. dimana saklar terlihat dalam posisi on. diagnosis harus ditegakkan berdasarkan riwayat badai petir di wilayah lokal tersebut. /rang biasanya menggulung kawat ke pergelangan tangan atau jari-jarinya. bukti adanya efek dari sambaran petir.

911M . +. Electrical $njury. $lmu %edokteran &orensik. &orensic #athology 'evie(s.. 1??A . Edries.php8 optionJcomKcontentH4iewJarticleHidJ51HEtemidJ@A Ldiakses tanggal + 6ebruari . !.DAFTAR P-STAKA 1. Rao.com8indeG. 1??A .. &ichael. )ikutip dari1 http188forensicpathologyonline. >. #edoman $lmu %edokteran &orensik. Cumana *ress. )inesh. ". Folume #. !bdul &unIim. "udiono.. Tsokos. 7akarta1 -agian Elmu Kedokteran 6orensik 6akultas Kedokteran Dni4ersitas Endonesia. -udiyanto. >idiatamaka. 7akarta1 -ina Rupa !ksara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful