You are on page 1of 9

KELOMPOK 6 M.

RIFQI YENI ASTUTI NOVI TRIANA DEWI DITTA ANINDA H NARITA WIDIASTUTI LIES PURWATRI DEWI HASAN ALI TAUFIK EKO ADIGUNA (B1J012188) (B1J012190) (B1J012192) (B1J012196) (B1J012198) (B1J012200) (B1J012204) (B1J012206) (B1J012208)

Di sini asam laktat diubah menjadi glukosa kembali melalui serangkaian reaksi dalam suatu proses yaitu glukoneogenesis (pembentukan gula baru).Pada dasarnya glukoneogenesis adalah sintesis glukosa dari senyawa bukan karbohidrat. GLIKONEOGENESIS . Asam laktat yang terjadi pada proses glikolisis dapat dibawa oleh darah ke hati. misalnya asam laktat dan beberapa asam amino. Proses glukoneogenesis berlangsung terutama dalam hati.

.

Glukosa + ATP Glukosa-6-fosfat + ADP piruvatkinase 3. 3 tahap itu yaitu: glukokinase 1.Walaupun glukoneogenesis adalah sintesis glokosa. Fosfenol piruvat + ADP asam piruvat + ATP fosfofruktokinase 2. artinya diperlukan enzim lain untuk reaksi kebalikanya. karena ada 3 tahap reaksi yang tidak reversibel. Fruktosa-6-fosfat + ATP fruktosa-1. namun bukan kebalikan dari proses glikolisis.6-difosfat + ADP .

Pembentukan Glukosa dangn cara hidrolisis glukosa-6-fosfat dengan katalis glukosa-6fosfatase glukosa-6-fosfat + H2O glukosa + fosfat .6-difosfat + H2O fruktosa-6-fosfat + fosfat 3. Pembentukan Fosfoenolpirufat melalui pembentukan asam akseloasetat 2. yaitu: 1.6-difosfatase fruktosa-1. maka glukoneogenesis berlangsung melalui reaksi lain. Pembentukan Fruktosa-6-fosfat dngan cara hidrolisis oleh enzim fruktosa-1.Dengan adanya tiga tahap reaksi yang reversibel tersebut.

Proses glukoneogenesis .

Dari skeme tersebut tampak adanya hubungan antara glukonegenesis dengan siklus asam sitrat . yaitu suatu siklus reaaksi kimia yang merubah asam piruvat menjadi CO2 + H2O dan mengahsilkan sejumlah energi dalam bentuk ATP dengan proses Oksidasi Aerob. Asam piruvat digunakan dalam siklus asam sitrat. . apabila Otot bekerja maka asam piruvat dan asam laktat dihasilkan oleh proses glikolisis.

.

. Karena kedua organ tersebut mengandung komplemen enzim-enzim yang diperlukan. laktat.KESIMPULAN Glukoneogenesis merupakan istilah yang digunakan untuk mencakup semua mekanisme dan lintasan yang bertanggung jawab untuk mengubah senyawa nonkarbohidrat menjadi glukosa atau glikogen. Subtrat utama bagi glukoneogenesis adalah asam amino glukogenik. gliserol dan propionat. Hati dan ginjal merupakan jaringan utama yang terlibat.