Tugas 1 Waduk dan Tenaga Air Perbedaan Bendungan, Bendung Dan Waduk Beserta Macam Macam Bendungan Berdasarkan

Ukurannya
Ditulis Untuk Memenuhi Persyaratan Mata Kuliah Waduk dan Tenaga Air

Disusun Oleh:

RIZKI ICHWAN
3336090905

JURUSAN TEKNIK SIPIL - FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SULTAAN AGENG TIRTAYASA CILEGON – BANTEN 2013

Pada umumnya masyarakat berpikir bahwa bendungan. akan tetapi bendungan (dam). Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. 2. 6. Badan bendungan yang berfungsi sebagai penghalang/penahan air. Gambar 1. Bendungan itu bukan hanya sekedar sebuah tembok besar saja. Dan masih banyak bagian-bagian lainnya yang mempunyai peranan dan fungsi yang berbeda-beda. Reservoir yang berfungsi untuk menampung/menerima limpahan air dari bendungan. atau tempat rekreasi. Pondasi yang berfungsi untuk menjaga kokohnya bendungan. Bendungan Hover.Bendungan atau biasa disebut juga sebagai DAM adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk. yaitu : 1. Bangunan pelimpah yang berfungsi untuk mengalirkan air banjir yang masuk ke dalam waduk agar tidak membahayakan keamanan bendungan. Amerika. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan. bendung dan waduk merupakan suatu konstruksi yang sama. 5. Kanal yang berfungsi menampung limpahan air ketika curah hujan tinggi. 3. membuka dan menutup aliran air di saluran baik yang terbuka maupun tertutup. tetepi juga terdiri dari beberapa bagian. . danau. Pintu air yang berfungsi untuk mengatur. 4.

Di Indonesia. Gambar 3.bendung(weir) dan waduk sebenarnya merupakan struktur yang berbeda. Gambar 2a. Waduk juga merupakan tempat pada permukaan tanah yang digunakan untuk menampung air saat terjadi kelebihan air / musim penghujan sehingga air dapat dimanfaatka pada musim kemarau. Air sungai yang permukaannya dinaikkan akan melimpas melalui puncak / mercu bendung (overflow). Bendung (weir) adalah struktur bendungan berkepala rendah (lowhead dam). Dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan aliran air di saluran / sungai dan bisa juga sebagai penggerak pengilingan tradisional di negara-negara Eropa. Amerika (b). Waduk Jatiluhur . Sedangkan waduk adalah kolam besar tempat menyimpan air sediaan untuk berbagai kebutuhan. bendung dapat digunakan untuk irigasi bila misalnya muka air sungai lebih rendah dari muka tanah yang akan diairi. Di negara dengan sungai yang cukup besar dan deras alirannya. yang berfungsi untuk menaikkan muka air. Bendungan Hover. serangkaian bendung dapat dioperasikan membentuk suatu sistem transportasi air. Bendung gerak gampengrejo 2b. (a).

Amerika. Bendungan Hoover adalah bendungan di Black Canyon Sungai Colorado. amerika. bendungan dapat dibedakan menjadi dua macam bendungan. di perbatasan antara negara bagian Arizona dan Nevada.  Debit banjir maksimal yang di perhitungkan tidak kurang dari 2. Yang termasuk kedalam bendungan besar di antaranya : 1.  kapasitas waduk yang terbentuk tidak kurang dari 1 juta m3. diantaranya adalah : A. bendungan ini merupakan fasilitas produsen listrik terbesar di dunia dan struktur terbesar di dunia. Ketika konstruksinya selesai pada 1935. Bendungan Besar Menurut ICOLD definisi bendungan besar adalah bendungan yang tingginya lebih dari 15m. Berdasarkan ukurannya. Bendungan Hover. diukur dari bagian terbawah pondasi sampai ke puncak bendungan. . Waduk buatan dibangun dengan cara membuat bendungan yang lalu dialiri air sampai waduk tersebut penuh.Waduk dapat terjadi secara alami maupun dibuat manusia. Bendungan yang tingginya antara 10m dan 15 m dapat pula disebut bendungan besar asal memenuhi salah satu atau lebih kriteria sebagai berikut :  Panjang puncak bendungan tidak lebih dari 500 m.  Bendungan menghadapi kesulitan-kesulitan khusus pada pondaisnya (had specially difficult foundation problems)  Bendungan tidak di desain seperti biasanya (unusual desing). Sedangkan bendungan berfungsi menampung aliran air dan sebagai pembangkit tenaga air.000 m3 /dt.

Kariba. Zimbabwe dan Zambia Danau buatan manusia / reservoir terletak antara Zambia dan Zimbabwe. Hingga kini. Arti penting dari waduk ini adalah bahwa hal itu tidak hanya memiliki 1 bendungan. 2. Kariba. Selain menjadi bendungan. Bendungan Hoover masih menjadi yang terbesar di dunia. tempat ini juga dibuka untuk wisata sejak selesai pembangunannya dan sempat tertutup untuk umum ketika Perang Dunia II.Waduk Ini mempunyai 88 tanggul yang lebih kecil dengan panjang 64 km. Bendungan Hover. Amerika. tepat di perbatasan.Gambar 4. Gambar 5. Zimbabwe dan Zambia .

turkey. Bendungan Ngebel. maka menurut ICOLD tidak termasuk bendungan besar. Manfaat PLTA ngebel untuk PLTA dengan daya terpasang 2. adalah bendungan batu yang ditemukan di Sungai Efrat. Turkey Selesai dibangun pada 1990. . Bendungan Kecil Dalam buku teknik bendungan pengarang Ir. Awalnya bemama Bendungan Karababa. Tipe dari bendungan ini adalah beton berbentuk lebih dari lengkung.3.25MW. Jawa timur Bendungan ngebel dikatakan sebagai bendungan kecil karena bendungan ini hanya mempunyai tinggi 8m. Gambar 6. bendungan ngebel pulalah yang merupakan tipe beton berbentuk lebih dari satu lengkung yang pertama dibangun di negara kita. Soedibyo . B. situs itu kemudian berganti nama dalam rangka menghormati pendiri Republik Turki. Bendungan ini berfungsi untuk mengairi daerah dataran serta sebagai pembangkit listrik. Mustafa Kemal Ataturk. Bendungan kecil merupakan semua bendungan yang tidak memenuhi syarat sebagai bendungan besar. Yang termasuk ke dalam bendungan kecil diantaranya : 1. Bendungan Ataturk Dam. Ataturk Dam. Jadi bendungan kecil mempunyai tinggi dibawah 10m.

Bendungan yang tidak kurang dari 50 meter panjangnya ini dibangun pada tahun 1936-1939.5 meter dari tiap pintunya.Gambar 7. . Bendungan pice Dulu pada masa penambangan timah masih diusahakan oleh perusahaan milik Belanda (GMB). Dari sinilah air terjun dengan ketinggian 10 meter. Bendungan Ngebel 2. bendungan tersebut berfungsi sebagai alat pengatur tinggi rendahnya permukaan air guna mempermudah sistem kerja kapal keruk melakukan eksplorasi timah. Gambar 8. Bendungan Pice Bendungan yang lazim disebut "PICE" oleh masyarakat setempat diambil dari nama "Sir vance". merupakan sebuah bangunan peninggalan sejarah yang terletak dibagian hulu sungai Lenggang Kota Gantung. yaitu seorang Insinyur Arsitek Belanda yang membangunnya. Mempunyai 16 pintu dengan ukuran 2.

html http://www.org/wiki/Bendungan http://id.php/bangunan/146-bendungan .com/2013/01/bendungan-besar-kuburanpuluhan. Ir.com/kids/index.files.engineeringtown.jpg?w=450 http://masukajabro.blogspot.blogspot.wikipedia. jakarta http://id. Teknik bendungn.html http://rahadiona. 2003.com/2011/08/bendungan-air-telaga-ngebelponorogo1.com/2012/06/bendungan-bendungan-terbesar-didunia.wikipedia.org/wiki/Waduk http://khabarjoss.wordpress.Referensi : Soedibyo. Pradnya paramita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful