Kultura Volume: 12 No.

1 Juni 2011

PENERAPAN METODE SPEKTROFOTOMETRI ULTRAVIOLET PADA PENETAPAN KADAR BEBERAPA OBAT YANG MENGANDUNG NATRIUM DIKLOFENAK DALAM SEDIAAN TABLET Gabena Indrayani Dalimun !e" Ab# ra$ Dalam perdagangan sediaan tablet yang mengandung Natrium Diklofenak terdapat dalam sediaan obat generik dan nama dagang. Obat dengan nama generik harganya lebih murah dari nama dagang, sedangkan masyarakat menilai obat yang harganya murah tidak berkualitas. Salah satu parameter sidiaan obat tersebut dinyatakan berkualitas bila kadar zat aktifnya sesuai dengan persyaratan kadar menurut Farmakope Indonesia dan/atau buku standart lain. Tu uan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet generik dan nama dagang dengan persyaratan kadar menurut !S" #$,%$$&,menggunakan metode spektrofotometri ultra'iolet. (euntungan metode ini yaitu biayanya relatif lebih murah dan mudah dalam pelaksanaannya. Dari hasil penelitian menun ukkan metode spektrofotometri ultra'iolet dapat diterapkan pada penetapan kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet dengan perolehan kadar dari masing)masing tablet yaitu untuk tablet dengan nama dagang *oltaren %+ mg adalah ,+,-& . %,/#0 1"T. No'artis2, Fenaren +$ mg adalah 3$#,+4 . 4,-40 1"T.5ernofarm2,(lotaren +$ mg adalah 3$%,#, . -,%+0 1"T.(imia Farma2 dan tablet generik, Natrium Diklofenak %+ mg adalah 3$&,// . /,#-0 1"T. (imia Farma2 dan Natrium Diklofenak +$ mg adalah ,3,%, . #,--0 1"T. First 6edifarma2 "%" La ar Bela$an& Natrium Diklofenak merupakan turunan asam fenil asetat yang mempunyai aktifitas antirematik, antiradang dan analgesik-antipiretik, terutama digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada berbagai keadaan rematik dan arthritis. Dalam perdagangan sedian tablet yang mengandung Natrium Diklofenak terdapat dalam sediaan obat generik dan nama dagang. Obat dengan nama generik harganya jauh lebih murah dari pada nama dagang, sementara sampai saat ini masih ada saja sebagian masyarakat yang meragukan kualitas dari obat generik karena harganya jauh lebih murah dari pada obat nama dagang. Masyarakat beranggapan obat dengan harga murah khasiatnya tidak sebaik obat dengan harga mahal. Departemen Kesehatan telah menetapkan penggunaan obat generik yaitu dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan N0.0 !"Menkes"Per"#$ $, tentang ke%ajiban menuliskan resep dan menggunakan obat generik di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah. Menurut &ndang-undang Kesehatan No.'( tahun )00$, menetapkan bah%a obat-obat dan bahan obat harus memenuhi standar *armakope atau buku standar lain. +alah satu parameter
#

Dosen Yayasan UMN Al Washliyah

#

iolet dapat diterapkan pada penetapan kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet 9 ).oltaren / Nama dagang 0 dimana dari segi harganya lebih mahal dari pada obat generik. dan terbukti bah%a obat generik juga sama dengan . Metode spektrofotometri dapat diterapkan pada penetapan kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet. "%' Perumu#an Ma#ala! #.at berkhasiat setara &+P. Menurut Moffat /)00!0. monografinya hanya terdapat dalam sediaan tablet dengan penentuan kadarnya se5ara Kromatografi 6air Kinerja 7inggi /K6K70.iolet. Metode ini memerlukan alat dan biaya operasional yang mahal serta %aktu analisis yang relatif lama. "%* +i.Kultura Volume: 12 No.iolet.at aktifnya sesuai dengan persyaratan *armakope -ndonesia atau buku standar lain. Natrium Diklofenak memiliki serapan maksimum dalam larutan asam pada panjang gelombang )1' nm /2##3'0$ b0 dan dalam larutan basa pada panjang gelombang )1! nm /2##3'!#b0. 2pakah metode spektrofotometri ultra. &ntuk mengetahui kadar Natrium Diklofenak dalam tablet generik dan nama dagang yang beredar di pasaran memenuhi persyaratan kadar yang ditentukan dalam &+P '0 /)0010. Dalam !nited Stated "harma7opoeia /&+P0 '0 tahun )001. Ditinjau dari struktur Natrium Diklofenak yang mempunyai gugus kromofor dan auksokrom senya%a ini dapat menyerap radiasi pada daerah ultra. 2pakah kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet yang beredar dipasaran dengan nama generik dan dagang telah memenuhi persyaratan kadar menurut &+P '0 /)0010 9 "%( Tu)uan Peneli ian #. Menerapkan metode spektrofotometri pada penetapan kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet. Mengingat hal tersebut diatas maka perlu di5ari suatu metode analisis yang memerlukan alat dan biaya operasional yang relatif murah serta lebih mudah dalam pelaksanaannya dan metode tersebut salah satunya adalah spektrofotometri ultra.e#a #. ). 8ang menduga bah%a generik tidak memberikan penyembuhan yang 5epat.. ) .1 Juni 2011 sediaan obat tersebut memenuhi standar apabila kadar . oleh karena itu masyarakat ragu membeli obat generik. Penelitian ini juga dilatarbelakangi dengan melihat banyaknya resep diapotik yang dituliskan oleh Dokter gigi yaitu . Monografi Natrium Diklofenak baik sebagai bahan baku maupun sediaan tablet tidak terdapat dalam *armakope -ndonesia edisi -4 tahun #$$!.

Potensinya lebih besar atau dari indometasin atau dari naproksen.1 Juni 2011 ).$imia Na rium Di$l-. larut ber%arna dalam larut Praktis putih air. pKa 7itik lebur 7est Barna +pektrum &ltra. dalam tidak kekuningan mudah sedikit dalam dan larut larut eter.)0010 '%"%' Farma$-l-&i Na rium Di$l-.Kultura Volume: 12 No.# : +erbuk : 2gak dalam dalam kristalin.)-/). kloroform dan asetat en5er. sukar aseton. Kadar Natrium Diklofenak dalam sediaan tablet generik dan nama dagang yang beredar dipasaran memenuhi persyaratan kadar menurut &+P '0 /)0010 Tin)auan Pu# a$a '%" Uraian Na rium Di$l-. analgesik dan antipiretik. dan panjang )1! nm gelombang dalam )1' nm basa pelarut /2## '!# b0 : Mengandung tidak kurang dari $0 E dan tidak lebih dari ##0E 6#>?#06l)NNaO) /&+P '0.) : ) ' A ) !0 6 : Cieberman test /merah-5oklat0 Mandelin test /merah 5oklat0. MarDuis /5oklat lemah0 : Dalam /2## Persyaratan Kadar pelarut '0$ b0 asam.iolet : >. Natrium Diklofenak ' . larut metanol.a .ena$ Natrium Diklofenak adalah deri. tidak berbau sangat etanol.i#i$.ena$ Nama kimia =umus Molekul @erat Molekul Pemerian Kelarutan : +odium .at sederhana dari asam fenil asetat yang menyerupai flurbiprofen dan me5lofenamat. Obat ini digunakan untuk efekefek analgetik dan antipiretik pada symptom artritis reumatoid.(-di5hloroanilino0phenyl< asetat : 6#>?#06l)NO)Na : '# . Obat ini memiliki sifat-sifat antiinflamasi. Natrium Diklofenak 5epat diabsorpsi melalui saluran 5erna setelah pemberian oral.ena$ '%"%" Si. efek analgetik dimulai setelah # jam dan mempunyai %aktu paruh #-) jam.

biasanya dinyatakan dalam sentimeter.m. -stilah log /Po"P0 disebut absorban dan diberi lambang 2. )00)0. #$$!0. i. @eberapa studi klinis Natrium Diklofenak yang diberikan sebagai monoterapi atau kombinasi.im ialah mual.ial setelah pemberian oral yang menjelaskan efek terapi di sendi jauh lebih panjang dari %aktu paruh obat tersebut /kat. @erkurangnya energi 5ahaya /P0 tersebut berbanding lurus dengan ketebalan medium. @ila 5 dalam gram > . Nilai tetapan a atau 5 dalam hukum Cambert-@eer tergantung pada konsentrasi mana yang digunakan. pendarahan saluran 5erna dan timbulnya tukak lambung /7jay. rektal # kali sehari !0 mg sampai #00 mg. menunjukkan obat ini efektif meredakan gejala osteoarthritis maupun rheumatoid arthritis /2nonim a . '%"%( D-#i# Pema$aian Dosis oral ' kali sehari )!-!0 mg setelah makan. 7. Ffek samping yang la.e$ r-. gastritis. Pada nyeri kolik atau serangan en5ok: #-) kali sehari 1! mg selama #-' hari /7jay. Ffek samping yang terjadi pada kira-kira )0E penderita meliputi distres saluran 5erna.1 Juni 2011 terakumulasi dalam 5airan syno. '%' S. maka sebagian energi akan terabsorpsi oleh molekul dalam larutan. 2bsorpsi obat ini melalui saluran 5erna berlangsung 5epat dan lengkap..?.ung. Natrium Diklofenak diakumulasi di5airan sino. )0000. '%'%" +u$um Lamber /Beer Menurut Cambert bila suatu 5ahaya monokromatis melalui suatu larutan senya%a dengan ketebalan b.at kimia. eritema kulit dan sakit kepala. Natrium Diklofenak merupakan salah satu golongan obat antiinflamasi non steroid /O2-N+0 yang banyak digunakan untuk nyeri dan inflamasi. Natrium Diklofenak dalam bentuk lepas lambat terkendali adalah salah satu teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki toleransi Natrium Diklofenak.Kultura Volume: 12 No. Pemakaian obat ini harus berhati A hati pada penderita tukak lambung.ial yang menjelaskan efek terapi disendi jauh lebih panjang dari %aktu paruh obat tersebut. +pektrofotometer terdiri dari suatu sistem optik dengan kemampuan menghasilkan 5ahaya monokromatik dalam jangkauan )00 nm hingga 00 nm dan suatu alat yang sesuai untuk menetapkan serapan /Depkes =-. #$$10.-me ri +pektrofotometri merupakan pengukuran suatu interaksi antara radiasi elektromagnetik dan molekul atau atom dari suatu . Obat ini terikat $$ E pada protein plasma. )00(0. #$$!0. Cambang b menyatakan panjang jalan menembus medium penyerap. Pemakaian selama kehamilan tidak dianjurkan /Ganis%arna.

pelarut. +ebagai 5ontoh jika ada dua senya%a 2 dengan nilai /2#E#5m $000 dan senya%a @ /2#E#5m >0 yang keduanya akan ditetapkan kadarnya dengan spektrofotometer &4.Kultura Volume: 12 No. Dalam *armakope. Hika 5 /konsentrasi0 dinyatakan dengan persen berat".itas senya%a tersebut sangat rendah jika dianalisis dengan spektrofotometer. 7ahapan-tahapan penentuan kadar bahan baku dan sediaan obat se5ara spektrofotometri yaitu : #.# N: asam klorida 0. maka dapat dikatakan bah%a senya%a 2 5ukup sensitif dan layak untuk dianalisis dengan spektrofotometer &4. Men5ari panjang gelombang maksimum dari .itas /a0 dan bila dalam mol per liter disebut absorbti.iolet banyak digunakan untuk menetapkan kadar senya%a obat. &ntuk memilih panjang gelombang maksimal. dan panjang gelombang radiasi.# NI asetonI kloroform. Metode ini biasanya mendasarkan pada penggunaan nilai 2#E#5m suatu senya%a obat.at penyerap berbanding lurus dengan tebal dan konsentrasi larutan. +pektrofotometer yang digunakan harus telah dikalibrasi dengan benar jika menggunakan nilai 2#E#5m. 2bsorbti. sementara senya%a @ tidak layak karena sensiti.iolet.itas dapat ditulis dengan 2#E#5m dan bila konsentrasi dinyatakan dengan satuan molar maka absorbti. Men5ari pelarut yang sesuai"tepat untuk melarutkan .itasnya ditulis dengan F#E#5m.# NI natrium hidroksida 0. ). tebal ku. Manfaat lain dari informasi 2#E#5m adalah terkait dengan apakah senya%a tersebut 5ukup sensitif diukur dengan spektrofotometer &ltra .olume /g"#00 ml0 maka absorbti. dan literatur lain.# NI kalium hidroksida 0. 6larkeJs atau literatur lain. Panjang gelombang yang digunakan untuk analisis kuantitatif adalah panjang gelombang yang mempunyai absorbansi maksimal. #$$$0. dan intensitas yang mengenai larutan sampel.et. *armakope negara lain.at aktif yang terdapat dalam sediaan obat.at yang akan ditetapkan dilihat dari *armakope -ndonesia.itas /a0 merupakan suatu konstanta yang tidak tergantung pada konsentrasi. ini dapat dilihat pada *armakope -ndonesia. dilakukan dengan membuat kur. ini dapat . metode spektrofotometri &ltra .itas tergantung pada suhu.et yang mempunyai ketebalan # 5m pada panjang gelombang dan pelarut tertentu. struktur molekul. Pelarut yang umum digunakan antara lain aDuadesI etanol: metanolI asam sulfat 0. Nilai 2#E#5m merupakan absorbansi suatu senya%a yang diukur pada konsentrasi #E b".itas molar / 0 /Day and &nder%ood.1 Juni 2011 per liter tetapan itu disebut absorbti. /# g"#00 ml0 dengan ku. 2bsorbti. ! kadarnya. ?ukum Cambert-@eer menyatakan bah%a intensitas yang diteruskan oleh larutan .a hubungan antara absorbansi dengan panjang gelombang dari suatu larutan baku pada konsentrasi tertentu.

sehingga diperoleh kesimpulan bah%a serapan berbanding lurus dengan konsentrasi dan ketebalan sel yang dapat ditulis dengan persamaan. Membuat larutan induk baku dari baku pembanding *armakope -ndonesia /@P*-0. ∑ 89 − ( ∑ 8 ) " N ∑ 8 − (∑ 8 ) " N ) ) {∑ 8 ) ∑ 89 − ( ∑ 8 )( ∑ 9 ) " N − ( ∑ 8 ) " N }{∑ 9 − ( ∑ 9 ) ) ) ) "N } Kadar . !. Dari data-data yang diperoleh dibuat kur.a kalibrasi dan dihitung persamaan regresi menggunakan rumus persamaan berikut: 8 3 aK L b dimana a 3 K 3 konsentrasi /m5g"ml0 8 3 serapan N 3 banyak pengukuran serapan yang dilakukan Dari persamaan diatas dapat dihitung harga a dan b dan dilanjutkan penentuan koefisien korelasi /r0. serapan berbanding lurus dengan ketebalan lapisan yang disinari. dan sebelumnya ditentukan terlebih dahulu konsentrasi dari pengukuran dengan menggunakan nilai 2## dari .at yang akan ditentukan kadarnya. >.1 Juni 2011 '.6 Dimana : 2 3 serapan. Kedua pernyataan ini dapat dijadikan satu dalam ?ukum Cambert @eer.at yang akan ditentukan dapat diperoieh dengan mengukur serapan . +edangkan menurut ?ukum @eer serapan berbanding lurus dengan konsentrasi.itas molar.Kultura Volume: 12 No.b. b 3 ketebalan sel dan ( .at tersebut pada panjang gelombang maksimumnya dan memasukan harga serapan yang diperoleh pada persamaan garis regresi atau meialui persamaan: 6sampel 3 6 pembanding × 2 sampel 2 pembanding Menurut ?ukum Cambert @eer.a kalibrasi dari larutan baku pembanding dengan konsentasi yang meningkat dan paling sedikit dengan ! konsentrasi yang memberikan serapan pada batas-batas serapan menurut hukum Camber @eer. Menentukan panjang gelombang maksimum dan . 2 3 M. Carutan induk biasanya dengan konsentrasi #00 m5g"ml atau )00 m5g"ml. M 3 absorpti.at yang akan ditetapkan kadarnya dengan spektrofotometer yang digunakan. r3 (. Membuat kur.

(%'% Ba!an/ba!an @ahan-bahan yang digunakan antara lain.u0.e$ r-.iolet /&4 mini #)>0 shimad.el 8ang menjadi populasi sampel dalam penelitian ini adalah dua tablet generik dengan komposisi Natrium Diklofenak )! mg dan !0 mg dan tiga tablet dengan nama dagang yang terdapat di pasaran Kota Medan. nera5a listrik /+artorius0. (%3% Pene a. tablet klotaren !0 mg /P7.Mer5k0. Kimia *arma0. aDuades /Cab kimia *armasi &+&0. (%"% Ala /ala 2lat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat-alat gelas. Penelitian ini dilaksanakan di Caboratorium Kimia *armasi Kuantitatif *akultas *armasi &ni.an Ul ra5i-le $adar able Na rium Di$l-. buret. Me -d-l-&i Peneli ian Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimental. Natrium ?idroksida /F. tutup dan diamkan ! menit.embandin& 1 . No. spektrofotometer ultra. @ernofarm0 dan tablet 4oltaren )! mg /P7.ena$ #e4ara S. 7ablet Natrium Diklofenak generik !0 mg /P7.1 Juni 2011 6 3 konsentrasi / *essenden. (%*%' Pembua an Laru an NaO+ 12" N Ditimbang > gram natrium hidroksida dilarutkan dalam akuades bebas 6O) hingga #000 ml /Ditjen POM #$1$0. #$$> 0. (%*% Pembua an Perea$#i (%*%"% Pembua an air beba# 0O' Didihkan akuades selama ! menit atau lebih. Natrium Diklofenak !0 mg /@P*-0.-me ri (%3%" Pembua an laru an indu$ ba$u .ersitas +umatera &tara. tablet *enaren !0 mg /P7.artis0. (%(% Pen&ambilan Sam. Kimia *arma0.Kultura Volume: 12 No. *irst Medifarma0.. bola hisap dan alat-alat gelas yang umum digunakan dalam laboratorium kimia.7ablet Natrium Diklofenak generik )! mg /P7.

( ml. Dipipet #0 ml larutan induk baku -. Dipipet #0 ml filtrat dimasukkan ke dalam labu tentukur #00 ml. 1 ml. )00>0. serbuk ditimbang seksama setara (0 mg Natrium Diklofenak..! nm. #) m5g"ml. dien5erkan dengan NaO? sampai garis tanda. disaring.dimasukkan ke dalam labu tentukur !0 ml. dan $ ml. ml.berturut-turut ! ml. berarti panjang gelombang .an ma$#imum% Pipet ( ml larutan induk baku -. kemudian dimasukkan ke dalam labu tentukur !0 ml. digerus homogen. Kemudian diukur serapannya pada rentang panjang gelombang )00 nm->00 nm .ena$ Na +ebelum dilakukan penentuan panjang gelombang maksimum terlebih dahulu ditentukan konsentrasi pengukuran yang memberikan kesalahan fotometri terke5il dengan menggunakan nilai 2## dari Natrium Diklofenak dalam pelarut Natrium ?idroksida 0. di ko5ok homogen.1 Juni 2011 Ditimbang seksama !0 mg Natrium Diklofenak @P*-.e$ r-. konsentrasi larutan #00 m5g"ml. Dari perhitungan diperoleh konsentasi #) m5g"ml dan dari pengukuran diperoleh panjang gelombang maksimum pada )1>.an $adar able Na rium Di$l-. ditambah NaO? 0.an)an& &el-mban& #era.ena$ #e4ara S. kemudian larutan ini diukur pada panjang gelombang maksimum yang diperoleh% (%3%* Pene a. #> m5g"ml. ditambah NaO? 0. (%3%' Penen uan . dimasukkan ke dalam labu tentukur !0 ml ditambah NaO? 0. konsentrasi larutan masing-masing #0 m5g"ml. dilarutkan dengan NaO? 0. Carutan ini disebut larutan induk baku -. sehingga diperoleh larutan dengan konsentrasi #000 m5g"ml. dien5erkan dengan NaO? 0. di5ukupkan dengan NaO? 0. dimasukkan ke dalam labu tentukur #00 ml dan di5ukupkan dengan NaO? 0.! nm dari panjang gelombang yang terdapat dalam literatur yaitu )1! nm /Moffat. Carutan ini disebut larutan induk baku --.# N sampai garis tanda. (%3%( Penen uan linieri a# $ur5a $alibra#i% Dipipet larutan induk baku pembanding -. dimasukkan ke dalam labu tentukur !0 ml.# N sampai garis tanda.#N. +a#il Dan Pemba!a#an *%" Penen uan Sera. Kemudian dipipet ( ml dimasukkan ke dalam labu tentukur !0 ml.Kultura Volume: 12 No.#N sampai garis tanda. konsentrasi larutan /#) m5g"ml0.# N /2# 3 '!#b0.#N diko5ok. +erapan yang diperoleh disubstitusikan pada persamaan regresi.#N sampai garis tanda. Panjang gelombang ini masih dalam batas yang diperkenankan dalam *armakope -ndonesia.an Ma$#imum Di$l-. Panjang gelombang yang diperoleh ini berbeda 0. #( m5g"ml dan # m5g"ml. Kemudian diukur serapannya pada panjang gelombang maksimum.#N sampai garis tanda.-me ri +ejumlah )0 tablet ditimbang.

a kalibrasi Natrium Diklofenak @P*. Bera N1 Sam.0)(! /K0 L 0. Data hasil penentuan kadar rata-rata tablet Natrium Diklofenak generik dan nama dagang dapat dilihat pada tabel #.>0# #>.! nm. Data kur.er-le!an 6m4&8ml7 #'. Kur.$ ( (0. No.001 Sera. Dari perhitungan didapatkan persamaan regresi 8 3 0.a +erapan Natrium Diklofenak @P*. Gambar '.(#E $!.a kalibrasi pada lampiran #.'.el 6m&7 )$).001 !$.an 6A7 K-n#en ra#i e-ri i# 6m4&8ml7 #>. r 3 0.>0# K-n#en ra#i . 1 l 697 Kadar ra a/ ra a 697 $(.).1#'' #'.Kultura Volume: 12 No.00 rn5g"ml . #> #'.a serapan dapat dilihat pada gambar #.'#E # ) ' 0.dalam larutan NaO? 0.a kalibrasi pada gambar ).# N Pada panjang gelombang )1>. *%(% Penen uan Kadar Na rium Di$l-. diperoleh hubungan yang linier antara serapan dengan konsentrasi dengan koefisien korelasi /r0 3 0.# N pada rentang konsentrasi 0.a Kalibrasi Natrium Diklofenak @P*.'('! 0. Gambar ". Koefisien korelasi ini dapat diterima karena masih dalam batas penerimaan menurut @adan POM )00'. Tabel "% Data ?asil Perhitungan Kadar 7ablet 4oltaren )! mg /P7. maka sebelum dilakukan penetapan kadarnya terlebih dahulu dihilangkan salutnya dengan 5ara mengupas karena adanya salut ini dapat mengganggu dalam pengukuran serapan dimana larutannya ber%arna kuning meskipun telah di saring.'$( #>.ena$ Dalam Sediaan Table 7ablet Natrium Diklofenak merupakan sediaan tablet bersalut.'(!) $>./Konsentrasi #) m5g" ml0 *%'% Penen uan Linieri a# Kur5a Kalibra#i Dan hasil penentuan linieritas kur. tabel 1 dan kur.00'!.dalam NaO? 0.$$$!.'(0 0.! Se ara 6m&7 (0.> )$).1>E $ .'>E $!.> dan !.$$$(.# m5g"ml.! )$).1 Juni 2011 maksimum ini dapat digunakan untuk pada penentuan kadar tablet Natrium Diklofenak Kur. Kur.artis0.

#(E ##).an 6A7 0.'>0 Sera. #''.$ Se ara 6m&7 !$.(()# #!.#!E #01.'1#1 #>.'1>0 0.> # #>. $ ! #!. ($ #(.'$ 1 0.#1# 0. #0'.el 6m&7 >0!.!0E $1.>'#0 0.'1'> 0.'0E $ .el 6m&7 #''.( )$'.#>E $$. '. (.$ #''.' $ #>.'0E #0>.an 6A7 0. Tabel (% Data ?asil Perhitungan Kadar 7ablet Klotaren !0 mg /P7 Kimia *arma0 Bera N1 # ) ' > ! ( Sam.# > (0.'1 ' 0.)1E $1.'1#1 #!.>0!! #!.'#' (0.#1( #(. ).'1$) 0.>0(! 0.>># #>.'1 #>.(()# #>.>1! #>.)!$ (0.>#'' #>.'1 ' 0. !.#'$) #!.Kultura Volume: 12 No.> >0!.$#) (0.>'' K-n#en ra#i .'1)> Kadar 697 $ .'('! #>.' ))'.>!! #>. E #0 .>00 K-n#en ra#i .>)>) 0.'$$1 0.#>0 (0.#)E ##0.>>>1 0.$(E #0>.)0$$ #'.'#' (0.0(E Kadar ra a/ ra a 697 #0 .$#) (0.' !$.> ))'.er-le!an 6m4&8ml7 #(.$)E Kadar ra a/ ra a 697 Tabel *% Data ?asil Perhitungan Kadar 7ablet Natrium Diklofenak )! mg /P7.'$E #0 .) >0!.1>E #0!.>1! #>.)'' (0.>() #>.1 #''.00# Sera.'1 #>.'1 #>.'$# #>.>>0 #>.>#)( 0.' Se ara 6m&7 (0.>')( #!.)$E #0).#($ (0.1 #''.an 6A7 0.! E >.el 6m&7 ))'. #> $$.er-le!an 6m4&8ml7 #>.''1 Kadar 697 $$.0>E Tabel '% Data ?asil Perhitungan Kadar 7ablet *enaren !0 mg /P7.>0)0 K-n#en ra#i e-ri i# 6m4&8ml7 #>.'!>> #!. Bera N1 Sam.! >0!.> >0!.# 1' #!.0!)( #>.>'' #>.((E $!.$!($ !$.>( #>.> # K-n#en ra#i .0$>0 #!.)>E #0'.'$(> 0.' )$'.' ))'.) ))'.>!E Kadar ra a/ ra a 697 #.>00 #>.>>0 #>.>0>$ K-n#en ra#i e-ri i# 6m4&8ml7 #>.(1E #0(.>#)( 0.) ( (0.'>0 (0.#($ (0.$(0 (0.00# !$.>>E #0>.>>> #>.1 Juni 2011 > ! ( )$). @ernofarm0.er-le!an 6m4&8ml7 #>.$#) !$.'$1! 0. Kimia *arma0 Bera N1 # ) ' > ! Sam.# ))'.> Se ara 6m&7 (0.#>0 Sera.>)E #0!.)('' Kadar 697 ##(.'11> K-n#en ra#i e-ri i# 6m4&8ml7 #>.1 #''.'1$> 0.

'$ N (.)$E $0.'>!' 0.>0' #>.((E $0.0#( (0.'! ' 0.0!( Sera. Tabel :% Data hasil uji statistik rentang Kadar Natrium Diklofenak dalam sedian tablet generik dan nama dagang N#.'( $#.01E $'.) A 0.>' #0'.11) (0.# #>1.'! ' K-n#en ra#i e-ri i# 6m4&8ml7 #>.!$E Tabel 3% Data ?asil Perhitungan Kadar 7ablet Natrium Diklofenak !0 mg /P7. #>1.#$$ 0.! N .$1! (0.ulan Dan Saran 3%"% Ke#im.'>)0 0.>)' #>.>#' K-n#en ra#i .(>'' #01.$(E $'.>>1 #!. !.#!)1 #'. ).00(0 #'. >.'>(( 0.0!( !$.>> N >.er-le!an 6m4&8ml7 #'. Ke#im. No.)$ N '.)! #01.a kalibrasi baku pembanding atau dengan kata lain dalam batas-batas ketentuan dari hukum Cambert @eer /0.(#$) #). +etelah diperoleh kadar dari masing-masing sampel.(#$) Kadar 697 $0. '. Se ara 6m&7 !$.'$> #>. Kimia *arma0 Diklofenak Na generik /P7.>#' #>.'>! #>.$>E . Kimia farma0 Diklofernak Na /P7. =entang kadar masing-masing sampel dapat dilihat pada tabel ( /+udjana. #1$ #'.(1 N ).( #>1.0$1 (0. dilanjutkan perhitungan uji statistik untuk menerima atau ditolaknya data yang diperoleh dengan taraf keper5ayaan $$E. 4oltaren /P7. *irst Medifarma0 Bera N1 # ) ' > ! ( Sam.ulan ## .(0.(( Dari tabel diatas menunjukan data hasil uji statistik rentang kadar natrium diklofenak dalam sediaan tablet generik dan nama dagang yang beredar di pasaran.''10 0.el 6m&7 #>1.)$E $#.( #0). 1E Kadar ra a/ ra a Dari tabel diatas terlihat pengukuran masing-masing sampel dengan ( kali perlakuan memberikan serapan dalam rentang serapan kur.1 #>1. @ernofarm0 Klotaren /P7.#1$0 #'.( (0.Kultura Volume: 12 No.1 Juni 2011 ( >0!. $ #>1.>#)# #>.artis0 *enaren /P7. *irst medifarma0 Nama Table Ren an& Kadar 697 $!. #$$)0.an 6A7 0.

Hakarta. Fle5troni5 . ?al ))0. Page !#)-!#>. =uantitati'e >hemi7al . ?al '->. ?al #( . Fdisi keenam Penerjemah : +oendoro.#.. Padang. Fle5troni5 . dkk.ention.ersity Press. #(>. 2pt. 2. -n5. )').6.nalisis.asp9-DNe%s. ?al !$0-!$). Ne% 8ork: B. >#)->#>. 7hirth edition Condon: Pharma5euti5al Press. !. Penerbit Frlangga.# N pada panjang gelombang maksimum )1>.+i. +alemba Medika ?al: >() Moffat.#)0. (imia Farmasi . -ndonesia. /#$ $0. Farmakologi dan Terapi. )'#. +e5ond Fdition. Fdisi Keempat. ?al $!-$(. &nited +tates Pharma5opoeial 6on. /)00)0. Ditjen POM. Penerbit 7arsito. >larke?S . G. @andung. M.Kultura Volume: 12 No.ersion. *armakologi Dasar dan Klinik. Fdisi -. Kimia Organik. Hakarta: Departemen *essenden / #$ $ 0.nalysis. 2ndalas &ni. @ .) +emua sampel yaitu tiga tablet dengan nama generik dan dua tablet dengan nama dagang memenuhi persyaratan kadar menurut &+P '0 /)0010 3%'% Saran Disarankan kepada industri farmasi untuk menggunakan metode spektrofotometri sebagai metode alternatif pada penetapan kadar Natrium Diklofenak tablet.! nm. Hakarta. D. ar Pu# a$a 2nonima. Hakarta. ?arris. hal.+. /)0010. Hakarta. /#$$)0. /#$$!0. Depkes =-.1 Juni 2011 !.6. Fdisi Kelima.#)((. ?al # Day. Pustaka Pelajar. >($. #) . /)0010. /#$ )0.ung. Fdisi PPP.G /)00)0. /#$$!0.ersitas -ndonesia.. 6etode Statistika. Hakarta. #((. Frlangga. 2nonimb. Ganis%ara. )!!. *armakope Kesehatan =-. yogyakarta.ersion . Informasi Tentang Obat <enerik. Hilid ).nalysis Of Drug . Pusat Penyuluhan Kesehatan Masyarakat. +udjana. )')1. =. Fdisi keempat. G. )) .C. (imia Farmasi .# Metode spektrofotometri dapat diterapkan pada penetapan kadar Natrium diklofenak dalam sediaan tablet menggunakan pelarut Natrium ?idroksida 0. *reeman and 5ompany. . )'0. bagian *armakologi *akultas Kedokteran &ni. dan =ohman. )00(. ?al: '> -'>$ =ohman. /)0010. )'(. Kat. 2. ?al '$#-'$>. Gandjar. Majalah A farma5ia. Pustaka Pelajar: 8ogyakarta: hal. The !nited States "harma7opoeia #$ : The National Formulary %+ .?.nd "oisons . 2bdul.#. Da5hryanus /)00>0 2nalisis struktur senya%a Organik +e5ara spektrofotometri. Da.?. .nalisis.nalisa (imia (uantitatif.2 dan &nder%ood. ?al >'! ->>0. =. /)00!0. 2.5om"rubri5"oneOne%s.

Hakarta.. P7 FleQ Media Komputindo. Fdisi Kelima. Obat)obat "enting (hasiat. ?al #'>-#'!. dan =ahardja. K.1 Juni 2011 7jay. "enggunaan dan @fek)efek Sampingnya. /)0000. 7. #' .?.Kultura Volume: 12 No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful