MUTU PELAYANAN KEBIDANAN

OLEH : NUR HASANAH 250011177

dan mutu pelayanan kebidanan (quality). kewajaran pelayanan kebidanan (appropriate). keterjangkauan pelayanan kebidanan (affordable).MUTU PELAYANAN KEBIDANAN adalah pelayanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk dan diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan profesi yang telah ditetapkan Ukuran pelayanan kebidanan yang bermutu adalah ketersediaan pelayanan kebidanan (acailable). penerimaan jasa pelayanan kebidanan (acceptable). efisiensi pelayanan kebidanan (efficient). . kesinambungan pelayanan kebidanan (continue).

program menjaga mutu dapat dibedakan atas 5 macam.Bentuk program menjaga mutu pelayanan kebidanan tergantung dari unsur pelayanan kesehatan yang lebih diprioritaskan sebagai sasaran. PROGRAM MENJAGA MUTU PERSPEKTIF adalah program menjaga mutu yang dilaksanakan sebelum pelayanan kesehatan diselenggarakan Beberapa diantaranya yang terpenting adalah : Standarisasi (standardization) adalah suatu pernyataan tentang mutu yang diharapkan yaitu yang menyangkut masukan proses dari system pelayanan kesehatan Dengan demikian ruang lingkup standar pelayanan kebidanan meliputi 24 standar yang dikelompokkan sebagai berikut: Standar pelayanan umum (2 standar) Standar pelayanan antenatal (6 standar) Standar pertolongan persalinan (4 standar) Standar pelayanan nifas (3 standar) Standar pelayanan kegawatdaruratan obstetric-neonatal (9 standar) . yaitu : 1.

Akreditasi (accreditation) adalah bentuk lain dari sertifikasi yang nilainya dipandang lebih tinggi.yakni memberikan sertifikat (pengakuan) kepada institusi kesehatan dan atau tenaga pelaksanan yang benar-benar memenuhi persyaratan. .Perizinan (licensure) adalah proses administasi yang dilakukan oleh pemerintah atau yang berwewenang berupa surat izin praktik yang diberikan kepada tenaga profesi yang telah teregistrasi untuk pelayanan mandiri Sertifikasi (certification) adalah tindak lanjut dari perizinan.

PROGRAM MENJAGA MUTU KONKUREN Yang dimaksud dengan Program menjaga mutu konkuren adalah yang diselenggarakan bersamaan dengan pelayanan kesehatan Tujuan Tujuan program menjaga mutu mencakup dua hal yang bersifat pokok.2. • Dapat lebih meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. • Dapat lebih meningkatkan efesiensi pelayanan kesehatan. banyak manfaat yang akan diperoleh. yang jika disederhanakan dapat diuraikan sebagai berikut: Tujuan antara. Tujuan antara yang ingin dicapai oleh program menjaga mutu ialah diketahuinya mutu pelayanan. Tujuan akhir yang ingin dicapai oleh program menjaga mutu ialah makin meningkatnya mutu pelayanan. Manfaat Apabila program menjaga mutu dapat dilaksanakan. Secara umum beberapa manfaat yang dimaksudkan adalah: • Dapat lebih meningkatkan efektifitas pelayanan kesehatan. Tujuan akhir. • Dapat melindungi pelaksana pelayanan kesehatan dari kemungkinan munculnya gugatan hukum. .

3. PROGRAM MENJAGA MUTU RETROSPEKTIF adalah program menjaga mutu yang dilaksanakan setelah pelayanan kesehatan diselenggarakan Beberapa contoh program menjaga mutu retrospektif adalah: Reviw rekam medis (record review) Disini penampilan pelayanan kesehatan Misalnya drug usage review Review jaringan (tissue review) Disini penampilan pelayanan kesehatan (khusus untuk bedah) dinilai dari jaringan pembedahan yang dilakukan Survei klien (client survey) Disini penampilan pelayanan kesehatan dinilai dari pandangan pemakai jasa pelayanan kesehatan Misalnya : survei kepuasan pasien. .

Masalah mutu layanan kesehatan yang mempunyai hubungan emosional dengan petugas layanan. PROGRAM MENJAGA EKSTERNAL Pada bentuk ini kedudukan organisasi yang bertanggung j awab menyelenggarakan program menjaga mutu berada diluar institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan Karakteristik masalah mutu semacam ini antara lain: a. yang menurut petugas l layanan penting c. 5. karena biasanya dapat dipecahkan dengan mudah dan cepat. Masalah mutu layanan kesehatan. PROGRAM MENJAGA MUTU INTERNAL adalah bentuk kedudukan organisasi yang bertanggung jawab menyelenggarakan Program Menjaga Mutu berada di dalam institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan. b. Mudah dikenali. .4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful