You are on page 1of 6

1: 129

Penulis : Rasul Paulus dan Timotius (Kolose 1: 1). Namun penulis sah dari surat ini adalah rasul Paulus sendiri, beberapa kali dia menggunakan kata ganti aku. da beberapa pertentangan mengenai keaslian bah!a Paulus"lah #ang menulis surat ini, hal ini dikarenakan adan#a kebingungan tentang a$aran gnosti% #ang di$elaskan rasul Paulus pada surat ini, adalah gnosti% abad ke & sehingga sangat tidak mungkin penulisn#a adalah rasul Paulus (rasul Paulus meninggal abad pertama masehi) Tempat : Paulus kemungkinan besar menulis surat ini di pen$ara Roma (Kolose ':() seperti beberapa surat lainn#a ()*esus, +ilipi, & Timoteus dan +ilemon) Tanggal Penerima : ,- sesudah .asehi : /emaat di Kolose ( Kolose 1:&)

0atar 1elakang : Kolose adalah salah satu daerah #ang termasuk dalam !ila#ah +rigia, pro2insi Roma!i di sia Ke%il, sekarang masuk ke daerah Turki. 1eratus tahun sebelum 3aman rasul Paulus, Kolose adalah sebuah kota utama di sia Ke%il #ang terletak di sungai 0#%us dan berada dalam rute perdagangan besar timur"barat dari e*esus di laut egean dan sungai )*rat. Pada abad pertama, Kolose mengalami penurunan men$adi kota pemasaran tingkat dua, #ang $auh melebihi kota"kota tetanggan#a #aitu 0aokidia dan 4ierapolis (Kolose ':(). Paulus sebenarn#a tidak mengin$ili atau menga$ar se%ara langsung $emaat di Kolose karena dalam surat ini rasul Paulus mengatakan bah!a $emaat Kolose tidak mengenal dia se%ara pribadi (Kolose &:1), $emaat Kolose diin$ili dan dia$ar oleh )pa*ras (Kolose 1:5), #ang kemungkinan besar adalah hasil didikan Paulus selama pela#anann#a di )*esus (Kisah Para Rasul 16:1-), kemungkinan $uga sebagian $emaat di Kolose adalah $emaat #ang bertobat pada hari Pentakosta ketika Petrus berkhotbah karena pada saat itu ban#ak orang #ang datang dari berbagai daerah termasuk +rigia (Kisah Para Rasul &:1-). )pa*raslah #ang kemudian mengun$ungi Paulus di dalam pen$ara Roma serta men%eritakan tentang keadaan $emaat di Kolose, saat menulis surat ini )pa*ras masih bersama rasul Paulus karena rasul men#ampaikan salam dari )pa*ras kepada $emaat. 7urat ini sendiri diba!a oleh Tikhikus seperti beberapa surat Paulus lainn#a ()*esus, Titus) serta 8nesimus, budak +ilemon #ang kabur namun kemudian bertobat diba!ah bimbingan rasul Paulus (+ilemon 1:1-). Kedua orang inilah #ang dikirimkan rasul Paulus untuk mengun$ungi $emaat di Kolose sambil memba!a surat itu (Kolose ': 1"6).

Pada masa ini ada a$aran"a$aran sesat #ang sedang berkembang di $emaat Kolose, itulah mungkin sebabn#a mengapa )pa*ras mengun$ungi rasul Paulus dan meminta rasul Paulus menulis surat kepada $emaat. 7e%ara e9plisit Paulus tidak men$elaskan apa a$aran sesat #ang dimaksudn#a dalam surat ini, tapi dalam surat ini Paulus meminta $emaat Kolose agar berhati"hati terhadap: $aran #ang menekankan seremoni"seremoni #ang dengan keras mengatur tentang makanan dan minuman #ang dii$inkan, *esti2al keagamaan (Kolose &: 1,"15) dan tentang sunat (Kolose &: 11: (:11). ;ni kemungkinan besar kebuda#aan #ang diba!a oleh orang <ahudi. Peraturan"peraturan #ang kelihatan penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, dengan berbagai larangann#a (Kolose &:&1, &() Pen#embahan terhadap malaikat (Kolose &:1=) Penurunan terhadap keutamaan Kristus, #ang mengakibatkan menekankan terhadap keutamaan Kristus ( Kolose 1:1>"&-: &:&"(:6) Pengetahuan mengenai hal"hal rahasia (Kolose &:1=) Keper%a#aan terhadap hikmat dan tradisi manusia (Kolose &:', =) Pemuasan na*su dunia!i (Kolose &:&(: (:>) Paulus

7emua a$aran ini berkaitan dengan kebuda#aan <ahudi pada satu sisi, keper%a#aan a!al mereka dan takha#ul pada sisi #ang lain. Tu$uan Penulisan: dapun tu$uan penulisan surat ini oleh rasul Paulus adalah: Paulus ingin membuktikan bah!a a$aran"a$aran sesat tersebut salah. ?ntuk men%apai tu$uan ini, Paulus mengagungkan Kristus sebagai gambar llah #ang sulung dan paling utama (Kolose 1:1>), pen%ipta (Kolose 1:1,), pen#okong segala sesuatu se$ak permulaan (Kolose 1:15), kepala gere$a@$emaat (Kolose 1:1=), #ang pertama dibangkitkan dari orang mati (Kolose 1:1=), Kepenuhan llah (Kolose 1:16: &:6) dan #ang memperdamaikan kita dengan llah (Kolose 1:&-"&1). 7ehingga Kristus sendiri sudah %ukup karena dalam Aia kita dipenuhkan. 7edangkan a$aran" a$aran sesat tersebut tidak %ukup, karena itu adalah hal itu adalah *ilsa*at #ang kosong dan palsu (Kolose &:=), serta tidak dapat memperbaiki si*at manusia berdosa (Kolose &:&(). .eminta $emaat meninggalkan segala keinginan dunia!i #ang merusak (Kolose &:&(: (:>)

.eminta $emaat untuk saling menghormati sebagai sesama orang per%a#a ( Kolose (:1="':1)

8utline 7urat: ?raian dari surat ini, #aitu: 1. Perkenalan (Kolose 1:1"1') o 7alam (1:1"&) o ?%apan 7#ukur (1:("=) o Aoa (1:6"1') &. Keutamaan Kristus (Kolose 1:1>"&() (. Pela#anan Paulus kepada $emaat (Kolose 1:&'"&:5) o o Pela#anan untuk kepentingan gere$a (1:&'"&6) Perhatian terhadap kese$ahteraan spiritualitas para pemba%an#a (&: 1" 5)

'. Kebebasan dari peraturan manusia melalui hidup dengan Kristus (Kolose &:=" &() o o o Peringatan untuk !aspada terhadap guru"guru palsu (&:="1>) Permintaan untuk menolak guru palsu (&:1,"16) nalisis terhadap a$aran"a$aran sesat (&:&-"&()

>. Peraturan"peraturan hidup kudus (Kolose (:1"':,) o o o 4idup lama dan hidup baru ((:1"15) Peraturan dalam kehidupan keluarga@rumah tangga ((:1="':1) ;nstruksi lan$utan

,. 7alam penutup (Kolose ':5"1=) P Per #at

Ayat 1 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus, oleh kehendak Allah, dan Timotius saudara kita, Ai a#at ini Paulus memperkenalkan dirin#a seperti pada surat"suratn#a #ang lain, ia men#ebutkan $uga Timoteus #aitu anak binaan rohanin#a sebagai penulis

surat ini. Paulus sangat men#adari bah!aia dipanggil men$adi rasul han#a karena kemurahan llah (& Korintus ':1) #ang memper%a#akan pela#anan ini kepada dia (; Timotius 1:1&), !alaupun dia tidak la#ak (; Korintus 1>:6) Ayat 2 kepada saudara-saudara yang kudus dan yang percaya dalam Kristus di Kolose. Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, menyertai kamu. Kudus dan percaya, semua orang #ang per%a#a dan telah menerima serta per%a#a kepada <esus Kristus mendapat pengampunan dan dikuduskan dalam darah"N#a. Pada saat orang per%a#a, llah memberikan Roh Kudus (;; Korintus 11:&&: e*esus 1:1': ':(-) ke dalam hati orang tersebut, #ang akan menga$ar dan memampukan kita untuk tetap hidup kudus sesuai dengan kehendak llah (<ohanes 1>:&,). Bapa kita, setiap orang per%a#a $uga diberi kuasa men$adi anak" anak llah (<ohanes 1:1&). ;ni merupakan salam pembuka surat kolose. Ayat 3 Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu, Paulus dan Timotius mengucap syukur kepada llah dan Tuhan <esus Kristus, ketika mereka berdoa buat $emaat Kolose. .engu%ap s#ukur adalah hal #ang harus selalu dilakukan bahkan dalam segala hal, baik atau buruk (1 Tesalonika >:1=), dan u%apan s#ukur itu haruslah pada llah karena Aialah sumber segala sesuatu, pen%ipta segala sesuatu. Setiap kali kami berdoa, menggambarkan kehidupan doa #ang dekat dengan llah, terus"menerus. Paulus mungkin ingin agar $emaat mengetahui bah!a !alaupun ia tidak se%ara langsung menga$ar di Kolose (Kolose &:1), ia tetap memiliki hubungan #ang dekat dengan $emaat Kolose dalam doa. Ayat 4 karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, disini diberitahu alasan rasul Paulus mengu%ap s#ukur (a#at () #aitu karena pertumbuhan iman $emaat dan kasih mereka terhadap sesama orang per%a#a@ kudus (ini merupakan sebagian besar alasan Paulus untuk mengu%ap s#ukur kepada llah). 1agi rasul Paulus dan para rasul hal itu merupakan hal #ang !a$ib dilakukan (& Tesalonika 1:(), $emaat pada akhirn#a mau per%a#a dan dikuduskan itu semua karena kar#a llah sendiri #ang memberi pertumbuhan iman tersebut, !alaupun itu ter$adi melalui peker$aan para rasul (1 Korintus (:,"5). Ayat 5 oleh karena pengharapan, yang disediakan bagi kamu di sorga. Tentang pengharapan itu telah lebih dahulu kamu dengar dalam irman kebenaran, yaitu !njil, Col 1:6 yang sudah sampai kepada kamu. Injil itu berbuah dan berkembang di seluruh dunia demikian juga di antara kamu sejak !aktu kamu mendengarnya dan mengenal kasih karunia Allah dengan sebenarnya.

Col 1:" #emuanya itu telah kamu ketahui dari $pa%ras ka!an pelayan yang kami kasihi yang bagi kamu adalah pelayan &ristus yang setia. Col 1:' (ialah juga yang telah menyatakan kepada kami kasihmu dalam )oh. Col 1:* #ebab itu sejak !aktu kami mendengarnya kami tiada berhenti+henti berdoa untuk kamu. &ami meminta supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahui kehendak ,uhan dengan sempurna Col 1:1- sehingga hidupmu layak di hadapan+.ya serta berkenan kepada+.ya dalam segala hal dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah Col 1:11 dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan+.ya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar Col 1:12 dan mengu/ap syukur dengan suka/ita kepada 0apa yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang+orang kudus di dalam kerajaan terang. Col 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam &erajaan Anak+.ya yang kekasih1 Col 1:14 di dalam (ia kita memiliki penebusan kita yaitu pengampunan dosa. Col 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan yang sulung lebih utama dari segala yang di/iptakan Col 1:16 karena di dalam (ialah telah di/iptakan segala sesuatu yang ada di sorga dan yang ada di bumi yang kelihatan dan yang tidak kelihatan baik singgasana maupun kerajaan baik pemerintah maupun penguasa1 segala sesuatu di/iptakan oleh (ia dan untuk (ia. Col 1:1" Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam (ia. Col 1:1' Ialah kepala tubuh yaitu jemaat. Ialah yang sulung yang pertama bangkit dari antara orang mati sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Col 1:1* &arena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam (ia Col 1:2- dan oleh (ialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri+.ya baik yang ada di bumi maupun yang ada di sorga sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib &ristus. Col 1:21 2uga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi+.ya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat Col 1:22 sekarang diperdamaikan+.ya di dalam tubuh jasmani &ristus oleh kematian+.ya untuk menempatkan kamu kudus dan tak ber/ela dan tak ber/a/at di hadapan+.ya. Col 1:23 #ebab itu kamu harus bertekun dalam iman tetap teguh dan tidak bergon/ang dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di ba!ah langit dan yang aku ini 3aulus telah menjadi pelayannya. Col 1:24 #ekarang aku bersuka/ita bah!a aku boleh menderita karena kamu dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan &ristus untuk tubuh+ .ya yaitu jemaat. Col 1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang diper/ayakan Allah kepadaku untuk meneruskan %irman+.ya dengan sepenuhnya kepada kamu Col 1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang+orang kudus+.ya. Col 1:2" &epada mereka Allah mau memberitahukan betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa+bangsa lain yaitu: &ristus ada di tengah+tengah kamu &ristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan4 Col 1:2' (ialah yang kami beritakan apabila tiap+tiap orang kami nasihati dan tiap+tiap orang kami ajari dalam segala hikmat untuk memimpin tiap+tiap orang kepada kesempurnaan dalam &ristus.

Col 1:2* Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa+.ya yang bekerja dengan kuat di dalam aku.