WRAP UP SKENARIO 2 BLOK MUSKULOSKELETAL NYERI DIATAS TUMIT SEWAKTU OLAHRAGA

Kelompok: A-14 Ketua Sekretaris : M. Faza Akroma : Debby Elvira (1102012149) (1102012051)

Anggota : Adek Prima R P Affy Syafirani Ahmad Naji Elva Oktiana R Halimatusakdiah Ibramu Al Furqan Intan Kumala S Iwa Fathi Syahdia (1102012004) (1102012008) (1102012011) (1102012075) (1102012104) (1102012115) (1102012130) (1102012133)

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI 2012/2013

NYERI DI ATAS TUMIT SEWAKTU OLAHRAGA Seorang laki-laki berusia 50tahun dating ke UGD Rumah Sakit dengan keluhan nyeri sekali di pergelangan kaki kanannya sejak 1 jam yang lalu. Pergelangan kaki kanan bagian belakang udem. Keluhan ini dirasakan pada saat bermain tenis lapangan. tanda vital baik. Pada pemeriksaan radiologi didapatkan rupture total tendo Achilles kanan. ketika berlari tiba-tiba kaki kanannya berbunyi krek dan langsung terjatuh disertai rasa nyeri sekali. Pasien disarankan menjalani operasi penyambungan kembali tendo yang terputus. nyeri bila ditekan dan test Simmonds tidak didapatkan plantar fleksi kaki. 1 . Pada pemeriksaan fisik didapatkan keadaan umum baik.

kemudian penatalaksaannya untuk ruptur tendo Achilles yaitu dilakukan tindakan operasi penyambungan tendo Achilles kembali. Pada pemeriksaan fisik dilakukan test Simmonds dan hasilnya (+) karena tidak didapatkan plantar fleksi dan pada pemeriksaan penunjang dilakukan pemeriksaan radiologi dan terlihat rupture tendo Achilles bagian kanan.HIPOTESIS Ruptur Tendo Achilles disebabkan oleh kontraksi maksimal dari otot gastrocnemius yang dapat menimbulkan rasa nyeri disertai udem. Setelah diagnosis ditegakkan. Untuk menetapkan diagnosis dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. 2 .

4 Memahami dan menjelaskan manifestasi klinis RTA LO. Memahami dan menjelaskan kinesiologi Tendo Achilles LI.2.SASARAN BELAJAR LI. Mempelajari dan memahami mengenai Ruptur tendo Achilles (RTA) LO.3.9 Memahami dan menjelaskan prognosis RTA 3 .2.6 Memahami dan menjelaskan diagnosis & diagnosis banding RTA LO. Mempelajari dan memahami mengenai tendo achilles LO 1.2.2.2 Memahami dan menjelaskan anatomi mikroskopis Tendo Achilles LO 1.2 Memahami dan menjelaskan etiologi RTA LO.2.2.3 Memahami dan menjelaskan patofisiologi RTA LO.8 Memahami dan menjelaskan komplikasi RTA LO.2.1.2.5 Memahami dan menjelaskan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang RTA LO.1 Memahami dan menjelaskan mengenai definisi RTA LO.2.2. Memahami dan menjelaskan anatomi makroskopis Tendo Achilles LO 1.1.7 Memahami dan menjelaskan penatalaksanaan RTA LO.

4 .

Pasokan darah untuk tendon Achilles berasal dari arteri tibialis posterior.2 Memahami dan menjelaskan anatomi mikroskopis Tendo Achilles Tendon adalah tali atau urat daging yang kuat yang bersifat fleksibel. Karena itu dapat mempengaruhi putusnya tendon secara spontan.LI.   Kolagen tipe 1: sering ditemukan pada jaringan ikat dewasa. soleus. dan otot plantaris kaki. Kolagen 3 kurang tahan terhadap kekuatan tarikan. Memahami dan menjelaskan anatomi makroskopis Tendo Achilles Tendo Achilles terdiri dari dua buah tendo yaitu tendo otot soleus dan otot gastrocnemius. tendo Achilles juga diperkuat oleh otot plantaris.1. Gastrocnemius dan Os. otot-otot ini berada pada bagian belakang tulang tumit (calcaneus). tulang.1. Panjangnya 15cm di sepanjang proximal sampai ke insersi calcaneus posterior. Tendo Achilles adalah pita jaringan fibrosa yang fleksibel terletak di bagian belakang pergelangan kaki yang menghubungkan M. Tendon Achilles adalah tendon tertebal dan terkuat pada tubuh manusia. Tendon Achilles (disebut juga tendo calcaneus) adalah serabut otot betis (calf) yang melekat pada tulang tumit (calcaneus) yang berfungsi sebagai penggerak sendi pergelangan kaki. LO 1. Tendon Achilles berasal gabungan dari tiga otot yaitu gastrocnemius. Fibroblast menghasilkan kolagen. Tendo ini memiliki kekuatan tarik yang tinggi. saat dewasa terdapat pada jaringan retikuler. Mempelajari dan memahami mengenai tendo achilles LO 1. Tendo Achilles hampir seluruhnya terdiri dari kolagen tipe 1 . yang terbuat dari fibrosa protein (kolagen). Tendon berfungsi meletakkan tulang dengan otot tau otot dengan otot. gigi. 5 . tendo Achilles yang putus juga berisi proporsi besar dari kolagen tipe 3. Kumpulan jaringan otot soleus terselip ke dalam bagian dalam tulang tumit. Calcaneus. dan sementum Kolagen tipe 3: di temukan pada awal perkembangan beberapa jenis jaringan ikat.

Saat memendek. mengikat kuat tulang-tulang tungkai ke kaki. deltoideus memiliki kekuatan sangat besar. Malleoli erat merangkul talus di semua posisi sendi. Pergerakan Ketika tubuh berada dalam posisi tegak. Ini adalah tindakan yang memungkinkan seseorang berdiri di atas jari kakinya sendiri. Gerakan sendi berasal dari Dorsofleksi dan ekstensi. Dalam dorsofleksi. Memahami dan menjelaskan kinesiologi Tendo Achilles Normal: Ketika otot gastrocnemius (di betis) berkontraksi (memendek). tendon bergerak ke bawah kaki. kaki di sudut yang tepat ke arah tungkai. Gerakan inversi dan eversi kaki. dan memperdalam rongga untuk penerimaan talus. bersamasama dengan ligamen calcaneofibular. melompat. tendon yang melekat dari otot ke tulang tumit (kalkaneus) bergerak. gerakan lateral ini dimudahkan dengan sedikit meluncur di tibiofibular artikulasi. terjadi hanya karena peregangan ligamen dari syndesmosis talofibular. dan mungkin juga oleh fibula yang menekuk. Bagian tengah. ruang yang lebih besar dibutuhkan antara dua malleoli. sehingga setiap sedikit pergerakan derajat dari sisi-ke-sisi yang mungkin ada. Talofibular anterior adalah pelindung terhadap perpindahan kaki ke depan. dan menolak pemindahan di segala arah.3. berjalan normal. dan batas perpanjangan sendi. Hal tsb didapat dengan gerakan berputar sedikit keluar dari ujung bawah fibula dan peregangan ligamen syndesmosis. Kisaran gerakan bervariasi pada individu yang berbeda. dorsofleksi meliputi aproksimasi dorsum kaki ke tungkai depan. Serabut anterior dan posterior membatasi ekstensi dan fleksi kaki masing-masing.LO 1. dan fibula yang sedikit bengkok. sementara ekstensi tumit ditarik ke atas dan jari-jari kaki menunjuk ke bawah. Posterior ligamentum talofibular membantu dalam melawan perpindahan calcaneofibular dari kaki belakang. berlari. terutama berpengaruh pada sendi tarsal. Pergerakan Sumbu transversal terjadi sedikit miring. dan serat anterior juga membatasi abduksi. terbiasa tahan tekanan seperti proses fraktur. 6 . Permukaan artikular superior talus lebih luas di depan daripada di belakang. dan untuk naik turun tangga (tindakan jinjit). sekitar 50°-90°. Dari ligamen.

M.flexor hallucis longus.1 Memahami dan menjelaskan mengenai definisi RTA Ruptur adalah putusnya suatu organ atau jaringan. 7 . Memiliki sumbu gerak frontal yang berjalan dari craniomedialis ujung bawah Maleolus medialis sampai caudolarteralis ujung bawah Maleolus lateralis.2 Memahami dan menjelaskan etiologi RTA Ruptur Tendo Achilles dapat terjadi saat dorsofleksi pasif secara tiba tiba saat kontraksi maksimal pada otot betis.extensor hallucis longus b) Plantarflexi: M. oleh M.tibialis anterior. basket. M. Perpanjangan (ekstensi) kaki pada tibia dan fibula dihasilkan oleh Gastrocnemius.soleus. melompat. Fleksor halusis longus.soleus. dan ekstensor halusis proprius.gastrocnemius. Dalam beberapa kasus putusnya tendo Achilles terjadi pada tendo yang kurang menerima aliran darah.extensordigitorum longus. M.sendi yang memiliki jumlah gerak terbesar antara talus dan kalkaneus belakang dan navicular dan berbentuk kubus di depan. M. Tibialis posterior. Tendo juga dapat melemah bergantung pada bertambahnya usia. Ruptur tendo dapat terjadi saat berlari.2. membentuk sumbu transversal 7˚ dan sumbu frontal 13˚ Memungkinkan gerakan: a) Dorsoflexi : M. M. Mempelajari dan memahami mengenai Ruptur tendo Achilles (RTA) LO. dan M. ekstensor digitorum longus. tersandung dan jatuh dari ketinggian.2. M.calcaneus sehingga memiliki sumbu pergerakan pada Articulatio talocrularis. M.peroneus longus & brevis.plantaris. Tibialis anterior. Putusnya tendo Achilles juga bisa disebabkan oleh peningkatan mendadak jumlah tekanan pada tendo Achilles. LO. dan dapat mengganti sendi pergelangan kaki dalam ukuran besar ketika akhirnya menjadi ankylosed. M. M. Tendo Achilles memiliki origo pada M. Plantaris. M.2. soleus.plantaris dan berinsersio pada Os. M.gastrocnemius. Hal ini sering disebut sendi transversal tarsal. Ruptur tendo Achilles adalah putusnya tendo Achilles atau cedera yang mempengaruhi bagian bawah belakang kaki. bermain bulu tangkis. Fleksor digitorum longus. M. longus Peronæi dan brevis. dengan tarsus sendi subordinat. Tertius Peronæus. dorsofleksi.tibialis posterior LI.peroneus tertius.

Penyebab lainnya juga bisa karena: 1. seperti melompat dan berputar pada olah raga badminton. Tendon Achilles juga dapat rusak oleh cedera seperti jatuh. yang mungkin masuk ke tendon.Nyeri di daerah pergelangan kaki. Trauma benda tajam atau tumpul pada bawah betis. dan kekakuan mungkin akan diikuti oleh memar dan kelemahan. tendon Achilles dapat robek jika ada kekuatan tinggi atau stres di atasnya.2.Biasanya ruptur tendo Achilles lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan pada wanita.3 Memahami dan menjelaskan patofisiologi RTA Seperti halnya otot atau tendon dalam tubuh.2. basket. seperti arthritis dan diabetes. menyelam. basket dan sepak bola ataupun olahraga berat lainnya. Hal ini dapat terjadi dengan kegiatan yang melibatkan dorongan kuat dengan kaki . LO. jika kaki tiba-tiba dipaksa ke posisi atas-menunjuk . 4.5 Memahami dan menjelaskan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang RTA Pemeriksaan Fisik:  Anamnesis Keluhan .Kaku di pagi hari 8 . dan tenis. Cedera dalam olah raga. seperti kortikosteroid dan beberapa antibiotik yang dapat meningkatkan risiko pecah. 5. Penyakit tertentu. Perbedaan atau depresi dapat dirasakan dan dilihat pada tendo sekitar 2 inci di atas tulang tumit LO. Cedera lain yang mungkin adalah luka dalam di bagian belakang pergelangan kaki.2. Obat-obatan. LO.gerakan ini membentang tendon. 3. pembengkakan.misalnya. Dorongan dari gerakan menggunakan kontraksi kuat dari otot betis yang bisa membuat stress terlalu banyak pada tendon Achilles.4 Memahami dan menjelaskan manifestasi klinis RTA         Rasa sakit tiba-tiba pada daerah tendo Achilles Terdengar adanya suara robekan Tidak dapat berjalan Nyeri tekan dan bengkak pada daerah Achilles Tumit tidak dapat digerakkan Mungkin teraba adanya ruang antara kedua tendon Rasa sakit awal. kadang hingga ke betis dan kaki . dalam sepak bola. Obesitas. tenis. berlari. 2.Tidak dapat atau kurang mampu menggerakan kaki (terutama gerakan plantar fleksi) .

9 .  Copeland Test o Posisi pasien tengkurap. o Lakukan gerak dorso fleksi secara pasif.  Obrien’s Test o Posisi pasien tengkurap. maka tekanan akan naik sekitar 35-60 mmHg. kemudian pada betis dipasang torniket. menandakan tendo achilles yang mangalamiruptur. Inspeksi Pembengkakan di daerah pergelangan kaki Deformitas / perubahan bentuk Palpasi Terasa nyeri bila menekan tendo Achilles Temperatur local   Thompson test (simmonds) o Pasien berbaring diatas kasur dengan posisi kaki menghadap kebawah . tekanan hanya naik sedikit atautidak bergerak sama sekali Pemeriksaan Penunjang :  Foto Rountgen Untuk mengevaluasi struktur tulang jika terdapat bukti patah tuberositas calcaneal dan avulsion Achilles tendon. Dilihat ada tidaknya gerakan plantar fleksi pada tendo achiles. kemudian pada daerah midline 10 cm proksimal dari calcaneus masukkan jarum berukuran 25. apabila gerak jarum seperti plantar fleksi pertanda bahwa tendo achilles tidak mengalami cedera. o Tungkai bawah agak menggantung dipinggir kasur. o Pergelangan kaki dilakukan dorsofleksi secara pasif. o Kemudian otot gastrocnemius pasien diremas.tendinosis. o Uji Thompson (+) bila tak ada gerakan plantar fleksi kaki. o Tidak disarankan untuk dilakukan pada pasien dalam keadaan sadar C. o Apabila tendo utuh. radiologi biasanya menggunakan sinar-X untuk menganalisis titik cedera.Bila jarum tidak bergerak.  MRI ( Magnetic Resonance Imaging ) Dapat digunakan untuk membedakan ruptur tidak lengkap dari degenerasi tendon Achilles dan MRI juga dapat membedakan antara paratenonitis. Namun bila tendo mengalami ruptur. dan bursitis.

sering menunjukkan pemisahan ujung robekan dengan perubahan kontur tendon. ahli bedah kaki dan pergelangan kaki akan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana dan kapan cedera terjadi dan apakah pasien tsb sebelumnya cedera tendo atau gejala serupa juga dialami. karakter.  Achilles tendoncitis Cedera ini biasanya terjadi saat kontraksi kuat dari otot seperti ketika berjalan. Ketika bursa ini meradang disebut bursitis.6 Memahami dan menjelaskan diagnosis & diagnosis banding RTA Dalam mendiagnosis ruptur tendo achilles. Achilles tendoncitis adalah sebuah peregangank keras yang dapat membuat trauma tendon achilles dan betis.2. Ultrasonografi Dapat digunakan untuk menentukan ketebalan tendon. berlari. Dimana achilles tendon fibrosa tebal dibelakang tumit meluncur turun naik. 10 . Pada robekan seluruhnya. Tendo calcaneal busitis adalah peradangan bursa tendinitis calcanei yang terletak di Antara tendo calcanei dan bagian superior permukaan posterior calcaneus. dan adanya robekan. Rentang gerak dan kekuatan otot akan dievaluasi dan dibandingkan dengan kaki terluka dengan pergelangan kaki Diagnosis banding  Calcaneal Bursitis Bursa adalah kantung berisi cairan yang dirancang utk membatasi gesekan. Pada robekan parsial terlihat pembesaran tendo >1cm LO.  Achilles tendinopathy atau tondonosis Kronis yang berlebihan bisa berpengaruh pada peubahan tendon achilles yg juga menyebabkan degenerasi dan penebalan tendon.

 Operasi Perkutan Pada operasi perkutan.7 Memahami dan menjelaskan penatalaksanaan RTA Non Farmako : 1. Efek samping : dapat terjadi kerusakan syaraf.2. artelon. kemungkinan akan mengenakan gips. Jika kualitas jaringan buruk. Tapi kerusakan saraf lebih mungkin dapat terjadi pada operasi perkutan. misalnya cedera yang diabaikan. boot berjalan. ahli bedah membuat beberapa sayatan kecil dibanding satu sayatan besar. Untuk pasien yang menetap dan yang mengalami vasculopati atau risiko penyembuhanburuk. • Meskipun operasi perkutan secara tradisional dipandang memiliki tingkat rerupture tinggi dibandingkan operasi terbuka. atau material terdegradasi lainnya). untuk meningkatkan kekuatan perbaikan tendon. Teknik-teknik baru untuk operasi perkutan dapat membuat kemungkinan kerusakan saraf kurang lebih sedikit dibandingkan ketika teknik yang lebih tua digunakan. karena usia dan aktivitas mereka yang berbeda. Setelah kedua jenis operasi. Sekitar 5 dari 100 orang yang melakukan operasi untuk ruptur tendon achilles akan rerupture setelah operasi • Operasi Terbuka lebih besar kemungkinannya daripada operasi perkutan untuk menghasilkan komplikasi masalah penyembuhan luka. Keberhasilan operasi bergantung pada pengalaman dokter bedah. Pada awalnya. tingkat kerusakan tendon.LO. operasi perkutan bisa menjadi pengobatan yang lebih baik dibandingkan operasi terbuka. Waktu pemulihan total Anda mungkin akan selama 6 bulan. dan seberapa cepat program rehabilitasi dimulai setelah operasi dan seberapa baik pasien mengikutinya. Operasi bisa di tunda sekitar satu minggu setelah terjadi ruptur untuk mendinginkan atau menurunkan pembengkakan. studi menunjukkan bahwa tingkat rerupture keduanya sebenarnya sama besar. atau perangkat serupa untuk 6-12 minggu. jenis prosedur bedah yang digunakan. termasuk kembali berolahraga. Pada ruptur lengkap atau serius tendon plantaris atau sisa otot yang lain ditanam dan dibungkus di sekitar tendon achilles. Lebih dari 80 dari100 orang yang menjalani operasi untuk ruptur tendon Achilles dapat kembali ke semua aktivitas yang mereka lakukan sebelum cedera. Operasi Ada 2 macam operasi untuk penyembuhan Ruptur Tendo Achilles:  Operasi Terbuka Selama operasi terbuka sebuah sayatan dibuat di bagian belakang kaki dan tendo achilles di jahit bersama-sama. Boot kemudian disesuaikan secara bertahap untuk meletakkan kaki dalam posisi netral (tidak mengarah ke atas atau bawah). dan menjahit kembali tendon bersama melalui sayatan. ahli bedah mungkin menggunakan jaring penguat (kolagen. seberapa cepat setelah pecahoperasi dilakukan. Risiko operasi tendon Achilles:  Infeksi kulit di tempat sayatan 11 . sulit untuk membandingkan hasil operasi. boot diposisikan untuk menjaga kaki menunjuk ke bawah untuk menyembuhkan tendon.

dan perawatan lebih lanjut.memiliki efek sedatif LO. LO. menghambatt reaksi inflamasi dan menurunkan nyeri dengan menghambat sintesis prostaglandin Analgesik Asetaminofen DOC pada pasien HPS terhadap aspirin atau NSAIDs. Farmako : NSAIDs Ibuprofen DOC bagi pasien menghilangkan nyeri ringan sampai sedang. beberapa orang perlu beberapa minggu cuti setelah achilles tendon putus. risiko re-ruptured adalah sekitar 4 banding 100 pengobatan dengan bedah dan sekitar 12 banding 100 dengan pengobatan konservatif. Ada juga kemungkinan bahwa tendon bisa robek kembali (re-ruptured). seperti pembedahan mungkin diperlukan. Lebih banyak lagi waktu akan diperlukan setelahnya untuk memungkinkan kekuatan otot mampu kembali normal setelah di plester atau brace (orthosis). penyembuhan tendon membutuhkan banyak waktu. biasanya sekitar enam sampai delapan minggu.2. Kontrol nyeri.2. Namun.9 Memahami dan menjelaskan prognosis RTA Umumnya. Sekitar 4 dari 100 orang mendapatkan infeksi luka setelah operasi untuk memperbaiki rupture tendon Achilles. seperti pendarahan dan efek samping obat-obatan  Kerusakan saraf 2. org dengan gangguan GI tract bagian atas dan bagi pengkonsumsi antikoagulan. Bergantung pada tipe pekerjaan. prospek baik.8 Memahami dan menjelaskan komplikasi RTA Komplikasi yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut: Apapun pilihan pengobatan yang digunakan. Menurut beberapa penelitian. Terapi Konservatif Fiksasi dengan bidai fleksi pergelangan kaki selama 3 minggu. serta waktu yang dibutuhkan untuk kembali ke olahraga adalah antara 4 dan 12 bulan. lalu latihan untuk mengadakan fleksi dorsal secara berangsur-angsur. 12 . Komplikasi normal pembedahan atau anestesi. Tendon mungkin mendapatkan bekas luka atau dapat menjadi lebih pendek selama proses penyembuhan. Komplikasi operasi: ini biasanya komplikasi kecil seperti infeksi luka atau mengurangi rasa dekat lokasi operasi. ada kemungkinan bahwa tendon Achilles tidak akan sembuh sepenuhnya.

IV jilid III.patient. http://www.28. 2006. http://www. 2008. FKUI. Jakarta : EGC Moore KL.dkk. Jakarta : Erlangga Sudoyo AW.org/articles/achilles_tendon_tear 20 September 2013 20:25 13 . Kamus Saku Kedokteran Ed.wheelessonline. 2013. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Ed.com/ortho/achilles_tendon_rupture_exam_findings 20 September 2013 20:00 Pemeriksaan Penunjang Ruptur tendo Achilles http://radiopaedia. dkk.5 jilid 2.DAFTAR PUSTAKA Dorland.uk/health/achilles-tendon-rupture 19 September 2013 18:25 Achilles Tendon Rupture.co. Anatomi Berorientasi Klinis Ed. Jakarta Achilles Tendon Rupture.co.patient.uk/health/achilles-tendon-rupture 18 September 2013 21:06 Pemeriksaan fisik Ruptur Tendo Achilles http://www.