ARTIKEL SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Nama Dosen Pembimbing : Umar Saifullah, S.T.P

DISUSUN OLEH MARHAMAH 11.71.13085

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI D-III FARMASI 2013

mengurangi dan memadamkan kebakaran Mencegah dan mengurangi peledakan Member pertolongan pada kecelakaan Member alat-alat perlindungan diri pada pekerja Memperoleh penerapan yang cukup dan sesuai Memelihara kesehatan dan ketertiban Keselamatn dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengungkapkan sebab-akibat kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak Tujuan dari K3 : 1. 3.perusahaan . Setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produksitivitas nasional 2. Untuk mengurangi biaya perusahan jika terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja . 6. 2.mental maupun emosional terhadap pekerja.karena sebelumnya sudah ada tindakan antisipatif dari perusahaan.keamanan dan keselamatan dari tenaga kerja Meningkatkan efisiensi kerja Mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja Peran K3 antara lain : 1. 7. Setiap sumber produksi perlu dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien 4.Kesehatan dan keselamatan kerja adalah sesuatu usaha dan upaya untuk menciptakan perlindungan dan keamanan dan resiko kecelakaan dan bahaya baik fisik . Syarat-syarat keselamatan kerja adalah untuk: 1. Melindungi kesehatan . . 4. Setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keselamatannya 3.Jadi kesehatan dan keselamatan kerja tidak melulu berkaitan dengan masalah fisik pekerja tetapi juga mental psikologis dan emosional.masyarakat dan lingkungan. Mencegah dan mengurangi kecelakaan Mencegah. 2. 3. 5.

P DISUSUN OLEH ILUNA ANALISA VUSPA 11.71.T. S.13086 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI D-III FARMASI 2013 .ARTIKEL SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Nama Dosen Pembimbing : Umar Saifullah.

Setiap sumber produksi perlu dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien 8. Untuk mengurangi biaya perusahan jika terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja . Setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produksitivitas nasional 6. Memperoleh penerapan yang cukup dan sesuai 14.karena sebelumnya sudah ada tindakan antisipatif dari perusahaan.perusahaan .keamanan dan keselamatan dari tenaga kerja Meningkatkan efisiensi kerja Mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja Peran K3 antara lain : 5. 6.Kesehatan dan keselamatan kerja adalah sesuatu usaha dan upaya untuk menciptakan perlindungan dan keamanan dan resiko kecelakaan dan bahaya baik fisik . Setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keselamatannya 7. Syarat-syarat keselamatan kerja adalah untuk: 8. Mencegah dan mengurangi kecelakaan 9. Mencegah. Mencegah dan mengurangi peledakan 11.masyarakat dan lingkungan. . mengurangi dan memadamkan kebakaran 10.mental maupun emosional terhadap pekerja. Member alat-alat perlindungan diri pada pekerja 13. Melindungi kesehatan . Memelihara kesehatan dan ketertiban Keselamatn dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengungkapkan sebab-akibat kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak Tujuan dari K3 : 4. 5. Member pertolongan pada kecelakaan 12.Jadi kesehatan dan keselamatan kerja tidak melulu berkaitan dengan masalah fisik pekerja tetapi juga mental psikologis dan emosional.

P DISUSUN OLEH HIDAYAH 11.ARTIKEL SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Nama Dosen Pembimbing : Umar Saifullah.T.13097 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI D-III FARMASI 2013 .71. S.

Mencegah dan mengurangi peledakan 18. Setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keselamatannya 11. Setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produksitivitas nasional 10. Setiap sumber produksi perlu dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien 12. 9.mental maupun emosional terhadap pekerja. Memelihara kesehatan dan ketertiban Keselamatn dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengungkapkan sebab-akibat kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak Tujuan dari K3 : 7. Member alat-alat perlindungan diri pada pekerja 20. 8. . Memperoleh penerapan yang cukup dan sesuai 21. Member pertolongan pada kecelakaan 19.keamanan dan keselamatan dari tenaga kerja Meningkatkan efisiensi kerja Mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja Peran K3 antara lain : 9. Syarat-syarat keselamatan kerja adalah untuk: 15. Melindungi kesehatan .perusahaan . Mencegah. Mencegah dan mengurangi kecelakaan 16. mengurangi dan memadamkan kebakaran 17.Kesehatan dan keselamatan kerja adalah sesuatu usaha dan upaya untuk menciptakan perlindungan dan keamanan dan resiko kecelakaan dan bahaya baik fisik .masyarakat dan lingkungan.Jadi kesehatan dan keselamatan kerja tidak melulu berkaitan dengan masalah fisik pekerja tetapi juga mental psikologis dan emosional. Untuk mengurangi biaya perusahan jika terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja .karena sebelumnya sudah ada tindakan antisipatif dari perusahaan.

13095 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALANGKARAYA FAKULTAS ILMU KESEHATAN PROGRAM STUDI D-III FARMASI 2013 .T.71.ARTIKEL SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA Nama Dosen Pembimbing : Umar Saifullah.P DISUSUN OLEH DWI KUSUMAWATY 11. S.

Member alat-alat perlindungan diri pada pekerja 27. Memelihara kesehatan dan ketertiban Keselamatn dan kesehatan kerja pada dasarnya mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu mengungkapkan sebab-akibat kecelakaan dan meneliti apakah pengendalian secara cermat dilakukan atau tidak Tujuan dari K3 : 10.perusahaan . Mencegah dan mengurangi kecelakaan 23. Meningkatkan efisiensi kerja 12. Member pertolongan pada kecelakaan 26. .masyarakat dan lingkungan. Untuk mengurangi biaya perusahan jika terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat hubungan kerja .mental maupun emosional terhadap pekerja. Syarat-syarat keselamatan kerja adalah untuk: 22. mengurangi dan memadamkan kebakaran 24. Memperoleh penerapan yang cukup dan sesuai 28. Mencegah. Mencegah dan mengurangi peledakan 25.karena sebelumnya sudah ada tindakan antisipatif dari perusahaan.keamanan dan keselamatan dari tenaga kerja 11. Setiap sumber produksi perlu dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien 16. Mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja Peran K3 antara lain : 13.Kesehatan dan keselamatan kerja adalah sesuatu usaha dan upaya untuk menciptakan perlindungan dan keamanan dan resiko kecelakaan dan bahaya baik fisik . Melindungi kesehatan .Jadi kesehatan dan keselamatan kerja tidak melulu berkaitan dengan masalah fisik pekerja tetapi juga mental psikologis dan emosional. Setiap orang yang berada di tempat kerja perlu terjamin keselamatannya 15. Setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produksitivitas nasional 14.