Jenis dan Fungsi alat-alat kedokteran

Jenis dan Fungsi alat-alat kedokteran - Beberapa hal yang sering kita temua saat berada di sebuah klinik kesehatan (Rumah Sakit) kita sering menemukan atau melihat beberapa alat kedokteran baik yang di bawa dokter, suster atau yang berada diruangan tertentu. Berbagai macam alat kedokteran tersebut tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda pula. Kali ini saya mau memberikan informasi tentang Jenis dan Fungsi alat-alat kedokteran, tentu tidak ada salahnya kita mengetahui fungsi dan kegunaan alat kedokteran yang sering dipakai atau sering kita jumpai hanya untuk untuk menambah wawasan kita saja, sebelumnya saya sudah posting mengenai Mikroskop dan Fungsinya. Jenis dan Fungsi alat-alat kedokteran - Begitu beragamnya alat kesehatan yang sering kita jumpai mungkin salah satunya adalah stetoskop, biasanya seorang dokter selalu membawa alat yang satu ini untuk memeriksa pasien yang sedang ia tangani, baiklah saya akan jelaskan beberapa Jenis dan Fungsi Alat-alat Kedokteran. Berikut ini adalah Jenis 1. Stetoskop (stethoscope) dan Fungsi Alat-alat Kedokteran :

Stetoskop adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Fungsi stetoskop adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, pernapasan dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, Stetoskopdapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi. Ada dua Jenis Stetoskop yaitu

lebih nyaman. Colonoscopy Kolonoskopi (colonoscopy) adalah suatu prosedur yang memungkinkan seorang pemeriksa (biasanya seorang gastroenterolog) untuk mengevaluasi bagian dalam kolon (usus besar). 3. 2. melalui tabung kosong berisi-udara. Hasil pemeriksaan dapat langsung dicetak. Kolonoskop adalah tabung panjang yang fleksibel setebal jari yang memiliki kamera dan sumber cahaya di ujungnya. Tensimeter .1. yang merupakan bagian pertama dari usus besar. Stetoskop akustik yang paling umum digunakan. ke telinga pendengar. ke dalam rektum dan melalui usus biasanya sejauh sekum. di bawah kontrol visual. Dapat menggantikan fungsi tindakan operasi. biaya lebih murah dan efisien. 4. dan beroperasi dengan menyalurkan suara dari bagian dada. Stetoskop elektronik mengatasi tingkatan suara yang rendah dengan cara memperkuat suara tubuh. Ujung kolonoskop dimasukkan ke anus dan kemudian dimajukan perlahan. Endoscopy Endoscopy adalah sebuah alat kedokteran yang berfungsi untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada alat-alat pencernaan bagian atas dan juga tenggorokan Pemeriksaan / tindakan pengobatan didalam saluran pencernaan yang menggunakan peralatan berupa teropong (Endoscop) memiliki beberapa keunggulannya seperti :     Dapat melihat dengan jelas lokasi dan jenis kelainan dalam rongga saluran cerna Tindakan pengobatan dengan resikonya jauh lebih ringan daripada tindakan operasi. 2.

Tensimeter digital sendiri lebih canggih dan praktis dipergunakan. yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam.Tensimeter adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Tensimeter biasa digunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi. 2. namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional. 6. 5. Termometer adalah alat kedokteran yang sering digunakan untuk mengukur suhu (temperatur). anemia. Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. dan lain sebagainya. CT-Scan . Termometer Alat kedokteran yang satu ini paling sering kita jumpai mungkin tiap rumah sudah pada punya alat yang satu ini dialah termometer. ataupun perubahan suhu. Ada dua jenis Tensimeter yaitu : 1.

trauma tulang belakang dan trauma lainnya pada kecelakaan. dan gelombang radio. bahkan di luar negeri sudah digunakan sebagai alat skrining menggantikan foto rontgen dan ultrasonografi. CT scan sebaiknya digunakan untuk :    Menilai kondisi pembuluh darah misalnya pada penyakit jantung koroner.singkatan dari Computed Temography sedangkan Scan adalah foto. dibanding semua bentuk radiasi tersebut. . Biasanya harus dilakukan bila timbul penurunan kesadaran. Menilai tumor atau kanker misalnya metastase (penyebaran kanker).atau timbulnya gejala gangguan saraf lainnya. Dengan demikian CT scan hampir dapat digunakan untuk menilai semua organ dalam tubuh. Alat bantu pemeriksaan bila hasil yang dicapai dengan pemeriksaan radiologi lainnya kurang memuaskan atau ada kondisi yang tidak memungkinkan anda melakukan pemeriksaan selain CT scan. misalnya pada stroke. dan jenis kanker.CT . X-Ray X-Ray adalah sebentuk radiasi elektromagnetik. emboli paru. Kasus trauma/cidera misalnya trauma kepala. aneurisma (pembesaran pembuluh darah) aorta dan berbagai kelainan pembuluh darah lainnya. sinar-X memiliki lebih banyak energi. Sebuah photon sinar-X bisa ratusan atau bahkan ribuan kali lebih berenergi dibanding photo cahaya lampu biasa. pingsan . Yang penting pada pemeriksaan CT scan adalah pasien yang akan melakukan pemeriksaan bersikap kooperatif artinya tenang dan tidak bergerak saat proses perekaman. Tujuan penggunaan CT Scan Menemukan patologi otak dan medulla spinalis dengan teknik scanning/pemeriksaan tanpa radioisotope. Menilai organ dalam. Tapi. microwave. serupa dengan cahaya yang kita lihat. letak kanker. muntah. Disini CT scan berperan sebagai “mata” dokter untuk melihat lokasi yang tepat untuk melakukan tindakan. CT Scan adalah suatu prosedur yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari berbagai sudut kecil dari tulang tengkorak dan otak. radiasi inframerah. gangguan organ pencernaan dll.    7. Membantu proses biopsy jaringan atau proses drainase/pengeluaran cairan yang menumpuk di tubuh.

juga dapat digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah. Selain itu.Orang mungkin lebih mengenal alat kedokteran ini dengan sebutan Rontgen. dan lain sebagainya. Selain untuk mengecek kadar gula darah. Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol. laparoscopy juga dipergunakan untuk melakukan inseminasi. Alat Cek Darah Alat cek darah tentunya alat yang dipergunakan untuk mengecek keadaan darah kita dan alat cek darah biasanya memiliki tiga fungsi dalam satu alat. Laparoscopy Laparoscopy berfungsi untuk pembersihan darah. asam urat. diabetes. atau istilah lain Laparoscopy merupakan tindakan pembedahan pada sekitar saluran pencernaan dan daerah perut secara minimal invasif. . 9. Alat ini dipergunakan untuk mengetahui bagian dalam khususnya paru-paru. 8.

Tindakan pemeriksaan elektrokardiogram disebut elektrokardiografi. Elektrokardiogram (EKG) Elektrokardiogram (EKG) adalah representasi dari suatu sinyal yang dihasilkan oleh aktifitas listrik otot jantung. tidak menimbulkan rasa sakit (non traumatic). Rekaman EKG ini digunakan oleh dokter ahli untuk menentukan kodisi jantung dari pasien. . tidak menimbulkan efek samping (non invasif). EKG ini merupakan rekaman informasi kondisi jantung yang diambil dengan memasang electroda pada badan. Sinyal EKG direkam menggunakan perangkat elektrokardiograf. pemeriksaannya relatif cepat.10. tapi yang dimamfaatkan dalam teknik ultrasonography (kedokteran) hanya gelombang suara dengan frekuensi 1-10 MHz 11. Gelombang suara ultrasound memiliki frekuensi lebih dari 20.000Hz. Ultrasonography (USG) Ultrasonography (USG) adalah pemeriksaan dalam bidang penunjang diagnostik yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tinggi dalam menghasilkan imajing. relatif murah. tanpa menggunakan radiasi.dan persiapan pasien serta peralatannya relatif mudah.

Related Interests