Biaya Transportasi

BIAYA TRANSPORTASI

TRANSPORT COST

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi BIAYA TRANSPORTASI

Biaya adalah faktor yang menentukan dalam transportasi untuk penetapan tarif, alat kontrol agar dalam pengoperasian mencapai tingkat efektivitas dan efesien. Pelayanan adalah setiap tindakan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak lain dan pada dasarnya tidak terwujud, serta tidak menghasilkan kepemilikan suatu produksinya mungkin dan tidak mungkin juga tidak terkait dengan suatu produk fisik. Karena pelayanan yang baik akan membuat para pengguna jasa transportasi tersebut akan merasa terpenuhi antara tarif yang disepakati dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Pelayanan yang baik akan dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap pihak jasa transportasi, sehingga pelanggan akan kembali menggunakan produk jasa perusahaan tersebut. Di sisi lain pengenaan tarif atau harga yang ditawarkan jangan terlalu mahal atau tinggi bahkan disesuaikan dengan kondisi perekonomian calon penumpang tersebut. Dengan melihat kondisi seperti ini, akan menarik minat calon penumpang untuk membeli atau menggunakan produk jasa transportasi tersebut. Dengan ini akan terjadi kesepakatan atau kerjasama antara perusahaan jasa transportasi dengan pelanggan pengguna jasa. Tarif merupakan penetapan harga oleh pihak perusahaan dalam mengadakan penjualan jasa dengan melihat aspek aspek yang dimiliki oleh konsumen meliputi kesesuaian tarif dengan pelayanan pemberian fasilitas atau service yang sesuai dengan faktor keadaan perekonomian, penawaran dan permintaan, para pesaing, biaya, elastisitas permintaan, tujuan perusahaan dan kebutuhan pelanggan sehingga pelanggan akan merasa terpuaskan kebuhannya dan akan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Pelayanan merupakan suatu hal penting pada saat sekarang dan masa mendatang. !al ini karena perkembangan yang terjadi dalam masyarakat, tetapi juga membutuhkan pelayanan yang baik. Dengan pelayanan yang baik pelanggan akan merasa dihargai dan dihargai keberadaannya. !al ini akan membuat mereka puas dan dengan kepuasan tersebut mereka akan datang kembali bila memerlukan jasa tersebut.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi Besaran tarif ditetapkan sebagai jumlah pembayaran per satuan unit pelayanan" jasa yang merupakan jumlah unsur unsur tarif yang meliputi# a. $nsur biaya per satuan penyediaan jasa% b. $nsur keuntungan yang dikehendaki per satuan jasa% &truktur tarif digolongkan berdasarkan # a. 'enis pelayanan kendaraan umum% b. &ifat perjalanan kendaraan umum% c. (rekuensi pemakaian fasilitas% d. 'angka waktu pemakaian fasilitas% e. Besaran pemakaian dan lokasi fasilitas% f. 'enis fasilitas yang dipergunakan.

).

Biaya adalah &ebagai Dasar Penentuan Tarif 'asa *ngkutan"Transportasi. Penentuan tarif jasa angkutan"transportasi dapat ditentukan dengan tingkat pelayanan yang diberikan penyelenggara jasa kepada pengguna jasa. &ebagai timbal balik penggunaan jasa tersebut, maka ditetapkanlah tarif sebagai imbalan atas penggunaan jasa tersebut. Tingkat tarif transportasi didasarkan pada biaya pelayanan yang terdiri dari # a. b. Biaya langsung, Biaya tidak langsung.

+. Biaya ,odal dan Biaya -perasional

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi a. Biaya modal .capital cost/ adalah biaya, yang digunakan sebagai modal awal untuk menjalankan usaha transportasi atau untuk investasi inisial .initial investment/serta peralatan lainnya termasuk didalamnya bunga uang .interest rate). b. Biaya -perasional .Operational Cost/ adalah biaya yang dikeluarkan untuk pengelolaan transportasi.

T0 1 00 2 -0 Dimana #

.3p"km/

T0 1 Total Transportasi 00 1 0apital 0ost -0 1 -perational 0ost Termasuk dalam kelompok biaya -perasional ialah # ). Biaya pemeliharaan jalan raya, bantalan kereta api, alur pelayanan, pelabuhan, dermaga, penahan gelombang, dam, menara, rambu dan jalan, udara dan laut. +. Biaya pemeliharaan kendaraan, bis, truck, lokomotif, gerbong, pesawat udara, kapal kapal penyeberangan .ferry boat/, dan kapal kapal barang"kapal kapal penumpang. 4. Biaya transportasi yaitu biaya bahan bakar, oli,tenaga penggerak .5enset/ upah"gaji, kerja crew"awak kapal dan pesawat serta biaya terminal .stasiun Pelabuhan $dara, Pelabuhan 6aut, dan Terminal Bis/. 7. Biaya biaya traffic terdiri dari biaya advertensi, promosi, penerbit buku tarif, administrasi dan sebagainya.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi 8. Biaya $mum dan lain lainnya. Termasuk biaya umum antara lain# biaya kantor, gaji"biaya 3T, biaya !umas, biaya akuntansi lainnya.

Biaya -perasional . -perational 0ost / terdiri dari dua versi # a. T336 9aitu Traffic 3ode 3esearch 6aboratory. T336 ini berasal dari :nggris. b. P0: 9aitu Pasifik 0onsultan :nternational. P0: ini berasal dari :ndonesia.

4. Biaya tetap dan Biaya ;ariabel Biaya Tetap ialah biaya yang dikeluarkan tetap setiap bulannya, sedangkan biaya ;ariabel ialah biaya yang besarnya berubah tergantung pada pengoperasian alat alat pengangkutan.

7. Biaya Kendaraan :alah jumlah biaya yang diperlukan untuk pengadaan bahan bakar, oli kendaraan, ban kendaraan, suku cadang antar perbaikan .reperasi"servis/. Biaya ini disebut automobile cost.

8. Biaya 5abungan .'oint 0ost/ Dalam pengoperasian alat alat transportasi kita temui 'oint 0ost. 0ontoh biaya angkutan barang dan biaya penumpang yang menghasilhan biaya gabungan.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi

<. Direct 0ost"Biaya 6angsung dan Biaya Tidak 6angsung .:nderect 0ost/ a. Biaya langsung ialah jumlah biaya yang diperhitungkan dalam produksi jasa jasa angkutan. ,isal untuk penerbangan biaya langsung terdiri dari bahan bakar, gaji awak pesawat, biaya pendaratan. b. Biaya tidak langsuna bagi penerbangan terdiri dari biaya harga, peralatan reparasi, workshop, akuntansi dan biaya umum"kantor.

=. Biaya $nit dan Biaya 3ata 3ata a. Biaya $nit .Unit Cost/ *dalah jumlah total biaya dibagi unit jasa produk yang dihasilkan. b. Biaya rata rata .Average Cost/ *dalah biaya total dibagi dengan jumlah produk"jasa yang dihasilkan.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi

Prinsip Biaya 3ata 3ata . *verage 0ost Principle / Prinsip biaya rata rata merupakan cara perhitungan tarif yang mudah diikuti. Biaya rata rata satuan dihitung dengan membagi jumlah biaya operasi dengan seluruh jasa angkutan yang dihasilkan. Tarif ditetapkan dengan menambahkan bagian keuntungan perusahaan. )>. Biaya Pelayanan .Cost of Service) + *dalah biaya yang digunakan untuk penentuan tarif. )?. Biaya Transportasi + *dalah faktor yang menentukan dalam transportasi untuk penetapan tarif dan alat kontrol agar dalam pengoperasian dapat dicapai secara efektif dan efisien Dua dasar dalam perhitungan biaya transportasi # ). Biaya diam . fi@ed cost/ +. Biaya gerak . running cost/ Biaya diam adalah semua biaya yang keluar walaupun kendaraan tersebut tidak melakukan perjalanan. Biaya gerak adalah biaya yang harus keluar dalam suatu pergerakan " operasi transportasi. Tiga unsur dalam keseimbangan tranportasi angkutan umum # ). Pemakai"pengguna jasa angkutan +. Pengusaha angkutan 4. Pemerintah

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi ). Pemakai 'asa *ngkutan Dalam unsur ini,para pemakai jasa angkutan menginginkan tarif yang murah tetapi pelayanannya memuaskan"bagus.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi

+. Pengusaha *ngkutan Dalam unsur ini,para pengusaha angkutan menginginkan tarif yang mahal,tetapi pelayanannya rendah. !arapan dari unsur ini bertolak belakang dengan harapan para pemakai jasa angkutan tersebut.

4. Pemerintah Dalam unsur keseimbangan transportasi angkutan umum,pemerintah berfungsi sebagai penengah antara pemakai jasa angkutan dan pengusaha angkutan untuk menjaga kestabilan agar tidak terjadi demo atau permusuhan akibat tarif jasa angkutan.

Afisiensi transportasi adalah suatu ukuran besarnya biaya .dalam rupiah, waktu, energi atau tambahan lainnya/ untuk menggerakkan sesuatu dalam hal ini bisa .penumpang ataupun barang/ dari satu tempat ke tempat lain. Afisiensi transportasi ini tergantung kepada karakteristik mode angkutan yang digunakan, sebagai contoh suatu kapal akan semakin efisien kalau ukuran kapalnya semakin besar untuk perjalanan jarak jauh dan permintaannya besar. &truktur biaya suatu perusahaan jasa angkutan tergantung dari kapasitas angkutan dan kecepatan alat angkutan yang digunakan, serta penyesuian terhadap besar arus angkutan yang berlaku,termasuk manajemen perusahaan untuk mengatur jalannya penggunaan kapasitas angkutan. 'umlah biaya jasa angkutan tergantung dari # ). 'arak dalam ton kilometer +. Tingkat penggunaan kapasitas angkutan dalam ukuran waktu 4. &ifat khusus dari muatan

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi Kategori Tarif Angkutan Tarif *ngkutan adalah suatu daftar yang memuat harga harga untuk para pemakai jasa angkutan yang disusun secara teratur. Tarif angkutan dapat dikategorikan sebagai berikut # )). Tarif menurut kelas (class rate),berlaku khusus untuk muatan dan penumpang. ++. Tarif pengecualian, merupakan tarif yang lebih rendah dari class rate. 44. Tarif perjanjian"kontrak, berlaku untuk anglutan jalan raya dan angkutan laut, dan juga berlaku untuk moda angkutan lainnya .angkutan udara untuk pipa/. &edangkan untuk jenis jenis tarif angkutan dapat dijelaskan sebagai berikut# ). Tarif menurut trayek :ni berdasarkan atas pemanfaatan operasional dari moda transportasi yang diopersikan dengan memperhitungkan jarak yang dijalani oleh moda transport tersebut .km"miles/. +. Tarif 6okal *dalah tarif yang berlaku dalam satu daerah tertentu, misalnya Bus Kota di 9ogyakarta. 4. Tarif Diferensial *dalah tarif angkutan dimana terdapat perbedaan tinmggi tarif menurut jarak,berat muatn,kecepatan atau sifat khusus dari muatan yang diangkut. 7. Tarif Peti Kemas .container/ *dalah tarif yang diberlakukan untuk membawa kotak atau boks di atas truk berdasar ukuran yang diangkut dari asal pengirimanke tempat tujuan barang. !arga jasa angkutan ditentukan oleh sistem pentarifan melalui sewa. Dengan sistem tarif, maka harga berlaku umum dan tidak ada ketentuan lain yang mengikat kecuali yang sudah diatur dalam buku tarif. $ntuk angkutan barang berlaku tarif barang dan untuk angkutan orang berlaku tarif penumpang. Tingkat dan jenis tarif barang dan

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi tarif penumpang berbeda untuk tiap jenis alat angkutan Tingkat tarif angkutan dipengaruhi oleh perubahan biaya operasi alat angkutan,permintaan dan penawaran di pasara jasa angkutan.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

Biaya Transportasi

!arga sewa (charter) merupakan hasil negosiasi antara pemakai dan penyedia jasa angkutan, walaupun harga tersebut dipengaruhi oleh tingkat tarif yang berlaku. Perjanjian sewa dapat mengikuti # )). Baktu pemakaian alat angkutan (time charter). ++. Perjalanan yang dilakukan (voyage charter). Time charter lebih luas dari pada voyage charter, karena di dalam time charter tercakup voyage charter. Harga voyage Charter adalah berlaku untuk jangka pendek, dan time charter merupakan charter untuk jangka waktu lebih lama harga time charter menggambarkan arah perkembangan harga voyage charter di masa depan. ) 'ika permintaan jasa angkutan lebih besar dari kapasitas angkutan, pemakian jasa mengarah kepada time charter, sebaliknya jika kapasitas angkutan lebih besar dari permintaan kecendrugan mengarah kepada voyage charter. :ni berarti keadaan ekonomi yang membaik,time charter lebih banyak dipilih. &ebaliknya keadaan ekonomi yang menurun, voyage charter lebih banyak digunakan.

Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi

D*(T*3 P$&T*K*

&alim, *bbas.+CC+.,anajemen Transportasi.PT 3aja5rafindo Persada.'akarta