BAB III ANALISA KASUS

1. Dari hasil anamnesis didapatkan :
Sejak 2 hari SMRS kulit kedua tungkai terdapat memar. Keluhan memar semakin lama semakin bertambah, memar pada tungkai timbul secara tiba-tiba.. Orang tua pasien mengatakan keluhan disertai rasa nyeri terutama saat dipegang. Dari keluhan utama

pasien yaitu memar ber arna biru keunguan yang men!nj!l disertai nyeri pada angg!ta gerak ba ah, pasien juga sebelumnya pernah mengalami perdarahan gusi. Kemungkinan yang terjadi pada pasien, sebagai berikut " 1. #rauma tumpul - #rauma tumpul adalah trauma yang disebabkan !leh benda yang memiliki permukaan yang tumpul. $uka yang terjadi dapat berupa memar, luka lecet, luka terbuka. 2. %angguan pembekuan darah " a. &em!'ilia - &em!'ilia adalah penyakit atau gangguan perdarahan yang bersi'at herediter akibat kekurangan 'akt!r pembekuan ())) atau )*. &em!'ilia ada tiga macam, yaitu hem!'ilia + ,sering dijumpai pada kasus-, hem!'ilia ., dan hem!'ilia / ,jarang ditemukan-. - %ejala hem!'ilia " - #erjadi perdarahan yang sukar berhenti setelah suatu tindakan atau timbulnya kebiruan atau hemat!ma setelah trauma ringan. 0erdarahan yang sering terjadi pada sendi ,hemarthr!sis-, !t!t, mulut1gusi, hidung. - +danya ri ayat keluarga. - Masa pembekuan memanjang, masa pr!tr!mbin n!rmal, masa tr!mbl!plastin parsial memanjang, masa pembekuan tr!mb!plastin ,thromboplastin generation test- abn!rmal.
36

de'isiensi 2itamin K-. diantaranya adanya kecenderungan terjadi perdarahan yang sukar berhenti setelah suatu tindakan atau trauma ringan dan adanya ri ayat keluarga. Sebelumnya. kadar 2itamin K rendah pada +S).hidung. kulit. 37 . dan menyingkirkan diagn!sis yang lain seperti penyakit 2!n 3illebrand. perdarahan yang memanjang pada luka kecil. pasien pernah mengalami hal yang serupa. 0asien juga mendapatkan peng!batan berupa kri!presipitat. pasien pernah diba a ke d!kter dan didiagn!sis sebagai hem!'ilia. . dimana 2itamin K dibutuhkan dalam pr!ses pembekuan darah. 0asien pernah mengalami memar-memar sebelumnya.De'isiensi 2itamin K ini disebabkan karena intake 2itamin K yang inadekuat.%ejalanya terjadi perdarahan dari ringan sampai berat berupa kebiruan di kulit epistaksis. %)#-. . Menunjang diagn!sa adanya gangguan pembekuan darah . Memperkuat diagn!sis hem!'ilia. . &al ini sesuai dengan kriteria diagn!stik untuk hem!'ilia. de'isiensi 2itamin K. 0erdarahan pada gusi ber arna merah. 0enyakit 2!n 3illebrand . de'isiensi 2itamin K-. mulut1gusi. men!ragia. c. 4akt!r 2!n 3illebrand ini dik!de !leh gen kr!m!s!m 12.hem!'ilia. De'isiensi 2itamin K. penyakit 2!n 3illebrand.b.%ejala biasanya terjadi perdarahan .Kelainan dari penyakit ini adalah pr!duksi yang abn!rmal dari 'akt!r 2!n 3illebrand. dan gangguan pembekuan darah . dan perdarahan yang berlebihan setelah trauma atau !perasi. Menunjang diagn!sa trauma tumpul. pasien sudah pernah mengalami keluhan yang sama yaitu memar 5 memar yang nyeri pada angg!ta gerak dan persendian. dan trauma tumpul. . dan lain sebagainya. #erdapat memar ber arna biru keunguan yang men!nj!l disertai nyeri pada angg!ta gerak.hem!'ilia.Kecenderungan terjadinya perdarahan akibat gangguan pr!ses k!agulasi yang disebabkan !leh kekurangan 2itamin K. penyakit 2!n 3illebrand.

dilakukan pemeriksaan akru perdarahan. thrombin time . RR 29 . de'isiensi 2itamin K. dan dapat menegakkan diagn!sis pasti.erikut diagram pedigree hem!'ilia pada kasus ini. Sebelumnya. " 0enderita aktu pr!tr!mbin. 0emeriksaan ini bertujuan untuk mengidenti'ikasi sebagian de'ek hem!stasis. dan menyingkirkan diagn!sis yang lain seperti penyakit 2!n 3illebrand. &R 19: .6. 38 .##-.activated partial thromboplastin time [APTT]-.= g1d$-.2=>-.uyut Kakek +yah pasien )bu pasien 0asien ?enek .Dari pemeriksaan 'isik didapatkan keadaan umum tampak sakit sedang. dan eritr!sit . c!mp!s mentis. dan trauma tumpul pada dagu. pasien pernah mengalami hal yang serupa saat umur : bulan.ibi pasien Keterangan " " ?!rmal " Carrier akru perdarahan. 0asien pernah mengalami perdarahan sebelumnya.1menit. diantaranya adanya kecenderungan terjadi perdarahan yang sukar berhenti setelah suatu tindakan atau trauma ringan dan adanya ri ayat keluarga. Sebaiknya.<. pasien pernah diba a ke d!kter dan didiagn!sis sebagai hem!'ilia.1menit. Memperkuat diagn!sis hem!'ilia. &al ini sesuai dengan kriteria diagn!stik untuk hem!'ilia.activated partial thromboplastin time [APTT]-. dilakukan pemeriksaan aktu tr!mb!plastin parsial yang diakti'kan . suhu 67. 0emeriksaan ini bertujuan untuk mengidenti'ikasi sebagian de'ek hem!stasis. kadar 'akt!r ())) dan 'akt!r )*. hemat!krit . aktu pr!tr!mbin.##-. 0asien juga mendapatkan peng!batan berupa kri!presipitat.89 /. aktu tr!mb!plastin parsial yang diakti'kan . Sebaiknya. . dan dapat menegakkan diagn!sis pasti. thrombin time . .9 juta1u$-. Dari hasil pemeriksaan lab!rat!rium didapatkan penurunan pada hem!gl!bin . kadar 'akt!r ())) dan 'akt!r )*.

199 cc. 2= <= 1 unit @ ± =9 ml112 jam 19 . Kri!presipitat ini diberikan karena mengandung 'akt!r ())) atau anti hemophylic globulin yang ber'ungsi untuk menghentikan perdarahan. 2= <= 6. yaitu diberikan kri!presipitat 8 unit selama 6 hari berturut-turut tiap 12 jam dan trans'usi 0R/ 2=9 cc .. sebagai berikut " 1. +dapun rumus perhitungan d!sis kri!presipitat dan trans'usi 0R/ .diberikan 12 jam kemudian. 1=9 cc.#erapi yang diberikan pada pasien ini sudah sesuai dengan penderita hem!'ilia. sedangkan trans'usi 0R/ ber'ungsi untuk mengganti darah yang keluar akibat perdarahan tersebut. . Kri!presipitat Rumus " .6 unit 8 unit 39 .