6

PROTEKSI RADIASI

Proteksi

radiasi

adalah

topik

pada

rencana

perundang-undangan

untuk

meminimalkan resiko radiasi terhadap pekerja dan pasien. International Commmission on Radiological Protection (ICRP) menetapkan data dan merekomendasikan untuk mengikuti prinsip dasar, sebagai berikut: • • Tidak ada tindakan radiasi yang dilakukan kecuali jika itu menguntungkan (justification). Setiap paparan radiasi harus memenuhi prinsip as low as reasonably practicable (A A!P), dan mempertimbangkan "aktor sosial dan ekonomi pasien (optimization). • #osis ekui$alen tiap indi$idu tidak boleh melebihi batas yang direkomendasikan oleh %&!P (limitation). !ekomendasi %&!P digunakan sebagai garis pedoman dan undang-undang nasional, meskipun detail tiap negara berbeda-beda. 'erdasarkan ilustrasi tersebut, bab ini membahas tentang syarat terbaru garis legalitas yang berlaku, bersama proteksi radiasi bagi para pekerja radiasi dan dental staff. Garis besar dan perundang-undangan radiasi (berlaku di Inggris) (ndang-undang Terdapat dua aturan yang diberlakukan di %nggris tentang penggunaan radiasi ionisasi. )eduanya merupakan bagian dari The Health and afety at !or" act *+,- serta memenuhi ketentuan dari the #uropian Council $irecti%e &'()&(#uratom dan &*(+,(#uratom: • Peraturan !adiasi %onisasi *+++ (S% *+++ .o. /0/0) (%!! ++) yang menggantikan Peraturan !adiasi %onisasi *+12 (S% *+12 .o. *///).

1

Peraturan

!adiasi

%onisasi

(!adiasi

)edokteran)

0333

(S%

0333

.o.

*32+)

(%!(45)!0333) yang menggantikan Peraturan !adiasi %onisasi (Proteksi pasien yang menjalani pemeriksaan atau pera6atan) *+11 (S% *+11 .o. ,,1). 7aris 'esar Terdapat tiga aturan, yaitu: • 7aris besar standar radiologi pada pera6atan gigi yang ditetapkan tahun *++- oleh -ational Radiological Protection .oard (.!P') dan Royal Collage of Radiologists/ 7aris besar tesebut dan rekomendasi mereka meliputi semua aspek radiologi kedokteran gigi dan mengemukakan prinsip praktik yang baik. • )riteria untuk radiogra"i kedokteran gigi ditetapkan pada tahun *++1 oleh 0aculty of 1eneral $ental Practitioners of the Royal Collage of berbeda dan "rekuensi untuk melakakan radiogra"i. • &atatan panduan untuk praktisi kedokteran gigi tentang keamanan penggunaan alat sinar-8 yang ditetapkan tahun 033* oleh departeman kesehatan yang memba6a serta syarat dari %!!++ dan %!(45)!0333 yang berhubungan terhadap dokter gigi dan termasuk prinsip praktik yang baik, yang dibentuk tahun *++-. %nti dari garis besar tahun 033* di reproduksi dengan i9in dari .!P'. &atatan: Poin-poin tersebut tidak akan meliputi semua aspek garis besar dan undangundang. 'erbagai macam publikasi yang ditunjukkan di atas, terutama garis besar tahun 033* dan kriteria terpilih tahun *++1, harus dihormati dan diketahui oleh semua pro"esi kedokteran gigi, baik praktisi umum, dokter gigi rumah sakit atau klinik umum. urgeons di %nggris. 'uku ini meninjau dan menyediakan panduan radiogra"i yang tepat untuk kondisi klinis yang

Ringkasan dari undang-undang dan inti dari garis-garis besar bagi praktisi kedokteran gigi pada penggunaan alat penghasil sinar-x yang aman Peraturan !adiasi %onisasi tahun *+++ (%!!++) Secara umum: • Peraturan tersebut secara prinsip tidak hanya prihatin dengan keamanan pekerja dan masyarakat umum tapi juga memusatkan perhatiannya pada peralatan proteksi pasien dari radiasi. 2

-. <S5 harus memperhatikan penggunaan rutin peralatan kedokteran gigi penghasil sinar-8 dan semua perubahan bahan termasuk perubahan kepemilikan atau tempat. 4engidenti"ikasi resiko (contohnya kecelakaan dan paparan rutin sinar-8). ima langkah yang direkomendasikan oleh <S5: *. 4emutuskan siapa yang terkena resiko dan bagaimana e"eknya. • Pera6atan dan pemeriksaan kontrol mesin. Penggunaan alat penghasil sinar-8 yang aman untuk tujuan penelitian harus sesuai dengan otoritas umum yang diperbolehkan Health and afety #2ecuti%e (<S5). Terutama penggunaan tanda keamanan dan peringatan pada peralatan penghasil sinar-8. 3 . • Perkiraan resiko utama. /. • Penasehat proteksi radiasi (!PA). Seluruh pega6ai di6ajibkan untuk mencatatkan penemuan pada perkiraan resiko. %nstalasi baru atau modi"ikasi peralatan sinal-8. Peraturan ini menggantikan Peraturan !adiasi %onisasi tahun *+12. tetapi juga merupakan syarat bagi pemilik yang memiliki lima pega6ai atau lebih. 4enge$aluasi resiko dan memutuskan perlindungan yang diperlukan. <al ini harus disusun berdasarkan perkiraan resiko dan disediakan dalam peraturan lokal. <al ini harus dilakukan sebelum memulai pekerjaan dan menjadi pembahasan pada peninjauan. Seorang !PA harus merupakan ahli dalam bidang proteksi radiologi dan bersedia menasehati berdasarkan peraturan dan segala aspek proteksi radiasi. • Pembatasan paparan.• • Peraturan tersebut mulai berlaku sejak * :anuari 0333. termasuk didalamnya menasehati pada: − − Pengendalian dan rencana letak peralatan radiasi. Syarat resmi yang utama: • . Terdapat kebijakan untuk membatasi dosis radiasi terhadap sta" dan orang lain sesuai prinsip as low as reasonably practicable (A A!P). • !encana terhadap kemungkinan. 0. 4eninjau perkiraan resiko dan meninjau kembali jika diperlukan.toritas. • Pemberitahuan.

Seharusnya.0. untuk semua orang yang berhubungan dengan radiologi kedokteran gigi. • !encana area.2 m dari tabung dan pasien. tanda aman dan peringatan. area kontrol akan ditentukan dalam pancaran sinar8 sampai didapatkan penipisan oleh jarak atau dengan adanya pembatas dan dalam *.− − − − − − − • Pemeriksaan berkala dan tes kontrol mesin. dari pasien dan kepala tabung.*. Tulisan >$3 -3T #-T#R? menyala ketika penyinaran radiasi dilakukan 4 . 7br =. hingga terjadi penipisan paparan radiasi oleh dinding Pb.* (kuran ruangan area kontrol *. %n"ormasi.0 &ontoh tanda peringatan pada are kontrol. seperti terlihat pada gambar =. 7br =. hanya pasien yang diperbolehkan berada dalam area ini. <arus disediakan secara tepat. instruksi dan pelatihan. seperti terlihat pada gambar =. Selama pemaparan. <al ini juga di"asilitasi dengan penggunaan tanda. Sistem kerja Perkiraan resiko !encana kemungkinan Pelatihan karya6an Perkiraan dan pencatatan dosis yang didapat pasien Program penjaminan kualitas.2 m jarak segala arah.

ama orang yang resmi bertanggung ja6ab terhadap peraturan. mengetahui perkembangan radiogra"i dan memiliki otoritas untuk mengimplementasikan tanggung ja6ab dengan tepat. Seorang !PS. umumnya dokter gigi atau sta" senior. !PS harus terlatih. #alam praktik. 'agian instalasi bertanggung ja6ab terhadap pemeriksaan penting dan laporan peralatan sinar-8 baru dan modi"ikasi. )etetapan dosimetri per indi$idu. 4emperingatkan pega6ai atas tanggung ja6abnya di ba6ah %!!++. )etetapan bagi sta" yang sedang mengandung. %n"ormasi ini meliputi: − − − . • Peraturan lokal.ama dari !PS %denti"ikasi dan deskripsi dari area pengaturan !ingkasan instruksi kerja termasuk nama sta" yang memenuhi syarat untuk menggunakan peralatan dan pelatihan mereka sebaik instruksi atas penggunaan alat. Semua praktisi memiliki peraturan tertulis yang berhubungan dengan pengukuran proteksi radiasi dalam praktik dan aplikasinya terhadap seluruh karya6an. yang harus meliputi: 5 . (&atatan: dosis tidak melebihi * mS$ per tahun adalah yang disarankan untuk sta" radiogra"i) − − − − . − − . !incian dan hasil tingkat in$estigasi dosis. harus yakin memenuhi aturan dan peraturan lokal. Tanggung ja6ab manu"aktur. • • )lasi"ikasi perorangan.• Penga6as proteksi radiasi (!PS). − !encana atas kemungkinan jika terjadi mal"ungsi atau kecelakaan pemaparan radiasi. sta" terbanyak adalah non4clasified wor"ers.ama dan rincian kontak dari !PA.

(contohnya ukuran penyinaran dan sudut. − Tinjauan dan pencetakan "ilm. 5$aluasi terhadap lokasi dalam hubungannya dengan posisi operator dan tanda peringatan pada ruangan dan sinyal. kombinasi "ilmAlayar.− − :elas dan tidak bersi"at ambigu. − Perkiraan dosis radiasi untuk pasien tertentu dibandingkan dengan national $iagnostic Reference 5e%els. 5$aluasi pada kontrol paparan. &atatan tetap harus dibuat dari hasil dan ringkasan dari semua tes dan ditopang sebagai bagian dari program BA dan segala kekurangan harus dibetulkan. "ilter penyinaran dan pengatur • Peralatan sinar-8. harus meliputi: − Pengukuran untuk menentukan apakah peralatan dioperasikan dalam parameter yang berlaku (contohnya potensial operasi (k@). yaitu: ♣ Radiografi Intraoral 6 . dan rincian proses dan e$aluasi proses yang tepat. keluaran sinar-8 (mA) dan akurasi 6aktu (s)). )on"irmasi tanda pengamanan peralatan pada tempatnya dan penggunaan yang tepat 6aktu). Seluruh peralatan (penghasil sinar-8 dan penerima gambar) harus memenuhi persyaratan peraturan. − − − 5$aluasi tanda peringatan pada peralatan. Tes ini bertujuan untuk menyusun pemeriksaan penting. Seluruh peralatan harus diperiksa dan telah teruji .

♣ Radiografi Panoramik − Peralatan harus telah memiliki jarak pengaturan tabung potensial antara =3-+3 k@. − Peralatan baru harus menyediakan "asilitas untuk tehnik pembatasan lapang.3 k@ dan harus ditandai pada pelindung tabung. ♣ Radiografi Cephalometri 7 . Peralatan baru harus dioperasikan sekitar =3-.2 mm pengoperasian diba6ah .2 mm dipasangkan untuk pengoperasian di atas . Tinggi pancaran mencapai celah pemegang kaset.3 k@. tidak melebihi "ilm yang digunakan (biasanya *02 mm atau *23 mm). − )olimasi harus disediakan pada peralatan baru dan terpasang pada alat tersedia pada a6al dan ukuran penyinaran tidak melebihi -3-23 mm. − Peralatan harus diletakkan dengan tepat terhadap posisi pasien bersama dengan penanda penyinaran. − Seluruh peralatan harus beroperasi dalam *3C pengaturan k@ yang tercantum atau dipilih.− @oltase tabung tidak boleh kurang dari 23 k@. − )ontrol kecepatan "ilm dan pengaturan 6aktu paparan harus telah disesuaikan. − :arak focal spot dan kulit (DS#) paling tidak *33 mm untuk pengoperasian di ba6ah =3 k@ dan 033 mm di atas =3 k@.3 k@ dan alumunium setebal 0. − Total "ilter penyinaran (yang melekat dan ditambahkan) harus berbahan alumunium setebal *. ebar penyinaran tidak melebihi 2 mm. − Posisi focal spot harus ditandai di luar tempat kepala tabung. − #iameter penyinaran tidak boleh melebihi =3 mm dari jarak pasien dan konus atau tabung penunjuk. Dilm dengan kecepatan tinggi (kecepatan 5 atau D) harus dipakai karena memberikan hasil diagnosa yang memuaskan.

melakukan perlindungan yang layak saat bekerja pada setiap aspek dental radiologi. 4eskipun banyak macam tanggung ja6ab yang ditempatkan pada legal person. <arus memiliki lampu yang memberi tanda yang jelas dan terlihat oleh operator jika pemaparan radiasi sedang dilakukan. lebih baik daripada satu kaset. irisan "ilter alumunium harus disediakan pada kepala tabung sinar-8.melapor dengan segera kepada legal person ketika terjadi kerusakan pada alat sinar 8 yang membuat seseorang telah mendapat paparan berlebih. − (ntuk mem"asilitasi gambaran jaringan lunak. − Pengatur 6aktu pemaparan hanya dapat ber"ungsi ketika tombol ditekan dan terputus ketika tombol dilepaskan.tidak dengan sengaja memapar diri sendiri atau orang lain dengan sinar 8 yang melebihi batas 6ajar yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.− Peralatan harus dapat diletakkan dengan benar untuk mendapatkan sudut penyinaran yang tepat terhadap kaset dan pasien. • )e6ajiban petugas. − Pengatur paparan harus diletakkan sehingga operator berada di luar area kontrol dan paling tidak berjarak 0 m dari tabung sinar-8 dan pasien. serta tanda yang terdengar oleh operator tentang in"ormasi serupa. . − Penyinaran harus dikolimasi supaya hanya meliputi daerah yang berhubungan untuk diagnosa. Regulasi Radiasi Ionisasi (Paparan Medis) tahun !!! (IR(M")R !!!) Poin umum • • • regulasi ini memperhatikan masalah keamanan pasien muncul pada tanggal */ mei 0333 menggantikan regulasi tahun *+11 8 . . ♣ − − Seluruh peralatan <arus memiliki lampu pada panel kontrol untuk menendakan keadaan menyala. %!!++ menempatkan tanggung ja6ab utama pada petugas yang meliputi : . − Pengatur 6aktu harus terpasang secara otomatis.

. Petugas (legal person) adalah orang atau badan dengan tanggung ja6ab yang sah untuk instalasi radiologi.menggunakan le$el re"erensi diagnostic (#! s) E dinamakan sebagai dosis le$el pada praktek radiodiagnostik medis untuk pemeriksaan tipikal pada grup standar pasien atau standar khayal untuk tipe luas.justi"ikasi paparan medis .otorisasi dan justi"ikasi semua paparan klinis untuk menjamin proses justi"ikasi . mereka tidak boleh dilampaui secara normal tanpa alasan yang baik. Selain itu.pedoman kriteria penyerahan untuk pemeriksaan radiogra"ik . #ia bertanggung ja6ab untuk menyediakan keamanan menyeluruh pada saat praktek dan menjamin pega6ai dan prosedurnya sesuai dengan regulasi.mengikuti prosedur jika pasien diduga telah menerima paparan berlebih sebagai akibat dari kerusakan alat #isarankan agar prosedur tertulis dan aturan lokal ini (lihat sebelumnya) disimpan bersamaan sebagai catatan proteksi radiasi dan semua sta" sadar akan hal ini. Sebagaimana. 9 .penaksiran dosis pasien .identi"ikasi pasien hamil .• dirumuskan posisi baru yang dinamakan : petugas pengirim konsul praktisi operator Syarat resmi utama# • 6ewajiban petugas. dan operator .menjamin berkurangnya kemungkinan kesalahan dosis pada praktek yang 6ajar .identi"ikasi pengirim konsul. . praktisi. Pada tahun *+++.pemenuhan program BA secara detail .mencatat e$aluasi klinis pada setiap kali pemaparan .prosedur identi"ikasi pasien dengan benar sebelum radiogra"i .protokol tertulis (pedoman tata cara pemaparan) untuk setiap proyeksi standar untuk setiap perlengkapan .m7y untuk radiogra"i periapikal gigi molar rahang ba6ah de6asa dan =2 m7y mm untuk radiogra"i panoramik de6asa. legal person harus menyediakan prosedur tertulis untuk paparan medis yang harus mencakup in"ormasi : .ketentuan untuk mengeluarkan pemeriksaan klinis .!P' merekomendasikan #! s sebesar .

Aspek praktis meliputi : F identi"ikasi pasien F posisi "ilm. Pengirim konsul bertanggung ja6ab menyediakan in"ormasi yang cukup kepada praktisi untuk melakukan pemaparan yang tepat. pasien atau tabung sinar 8 F menyesuaikan parameter paparan F menekan tombol paparan untuk memulai pemaparan F memproses "ilm F e$aluasi klinis radiogra"i F memapar tes obyek sebagai bagian dari program BA.• )e6ajiban dari Praktisi.perator harus cukup terlatih untuk peranan dia pada saat pemaparan (lihat selanjutnya). total potensi diagnostik yang menguntungkan pasien. dokter gigi. obyek spesi"ik dari paparan dalam hubungannya dengan sejarah dan pemeriksaan pasien. dan resiko dari teknik alternati" pada obyek yang sama tapi tidakAsedikit melibatkan radiasi ionisasi. Praktisi : dokter. dokter gigi.perator. atau pro"esi kesehatan lain yang bertanggung ja6ab pada pemaparan medis. . dan Pengirim )onsul/ Pengirim $onsul : dokter. keuntungan. Praktisi harus cukup terlatih untuk mengambil keputusan dan bertanggung ja6ab akan ketepatan setiap paparan. harus dijusti"ikasi (untuk menjamin perubahan penanganan pasien dan prognosisnya) oleh praktisi %!45! dan disahkan dalam arti membuktikan bah6a ini telah dibenarkan. Catatan : kriteria dental radiogra"i tahun *++1 (lihat selanjutnya) menyatakan bah6a tidak ada justi"ikasi yang mungkin untuk radiogra"i rutin dari pasien baru sebelum pemeriksaan 10 . atau pro"esi kesehatan lain yang mengarahkan pasien kepada praktisi untuk mendapatkan paparan medis. resiko radiasi dihubungkan dengan pemeriksaan radiogra"i e"ekti"itas. Setiap paparan harus dijusti"ikasi sesuai dengan : adanya danAatau ditemukannya radiogra"i sebelumnya. . • &ustifikasi paparan medis indi'idu( Sebelum dilakukan pemaparan. %perator : orang yang melakukan semua aspek praktis pada paparan medis.

%ni meliputi kebutuhan untuk menggunakan prosedur BA untuk optimisasi dosis pasien (lihat bab *=). )etentuan yang mesti dibuat untuk catatan klinis. Pelatihan ini ditetapkan pada catatan pedoman : Pelatihan untuk praktisi# )ebutuhan untuk kurikulum tingkat sarjana di bidang dental radiologi dan radiogra"i seperti yang ditetapkan oleh 1eneral $ental Council mencakup kurikulum inti di bidang dental radiologi dan radiogra"i seperti yang tercatat pada . dukungan dari medical physics pada praktek kedokteran gigi dibatasi.!P'A!&! *++.ptimisasi. permintaan kelayakan radiogra"i dan e$aluasi klinis dari radiogra"i. Pelatihan memadai bagi operator meliputi pemilihan tata *ara pemaparan dan+atau posisi pasien. Topik yang tepat dapat meliputi berbagai aspek dari program BA. Sejarah dan pemeriksaan klinis adalah satu-satunya cara yang dapat diterima untuk menentukan gambaran radiogra"i yang dibutuhkan. • Perlengkapan. Pera6atan dan pemeliharaan setiap alat sangat dibutuhkan. • &atatan klinis. Seluruh dosis harus dijaga serendah-rendahnya sesuai kelayakan praktis (A A!P) sesuai dengan tujuan yang diharapkan. • .klinis.perator dan praktisi harus mendapat pelatihan yang cukup dan harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan berkelanjutan setelah kuali"ikasi. Akan tetapi. • Saran ahli. dan harus meliputi : nama pabrik nomor model nomor seri dan identitas unik lain tahun pembuatan tahun pemasangan • Pelatihan dan pendidikan berkelan)utan . film atau tabung sinar x # F dokter gigi E pelatihan praktis 11 .pedoman standar radiologi pada pera6atan gigi (dilakukan di %nggris). dan pada banyak kasus !PA dapat bertindak sebagai 4P5. !egulasi menetapkan kebutuhan dan keterlibatan 7edical Physics #2pert (4P5) yang dapat memberikan saran pada pengukuran dan optimisasi dosis pasien.

Pendidikan dan Pelatihan -an)utan bagi praktisi # Pendidikan dan pelatihan lanjutan di segala aspek dental radiologi harus jadi bagian pembelajaran seumur hidup bagi paraktisi dan operator.apron tiroid. perlengkapan dan teknik radiogra"i dan bukan karena proteksi timbal. Pada akhirnya.!P'A!&! tahun *++-. hanya dapat melakukan hal tersebut dikemudian hari dan dalam penga6asan operator.F pera6at gigi E harus memiliki serti"ikat dental radiogra"i dari kursus yang menyesuaikan kepada silabus yang ditetapkan oleh perguruan tinggi dari radiographer (meskipun ukuran sementara memperbolehkan beberapa "le8ibilitas pada syarat ini sampai 0332) F dental higienis dan terapis E harus sudah mendapat le$el pelatihan yang setara dengan pera6at gigi. . Pandangan ini telah disahkan pada catatan pedoman tahun 033* yang menyatakan : . proteksi tiroid ditunjukkan pada bab *3). #isimpulkan bah6a proteksi pasien dicapai baik oleh karena implementasi dari pengurangan dosis praktis. harus digunakan pada beberapa kasus dimana tiroid merupakan pusat penyinaran (menurut pendapat penulis. ini meliputi radiogra"i oklusal rahang atas. 12 ./. disarankan agar praktisi menghadiri kursus resmi (setara 2 jam dari pendidikan berkelanjutan) tiap 2 tahun mencakup semua aspek dari proteksi radiasi yang meliputi : F prinsip radiasi "isik F resiko radiasi ionisasi F dosis radiasi pada dental radiogra"i F "aktor yang mempengaruhi dosis pada dental radiogra"i F prinsip proteksi radiasi F keperluan hukum F jaminan kualitas • Proteksi timbal. )ontro$ersi dan kekeliruan yang ditimbulkan akibat penggunaan proteksi timbal adalah "aktor pendesak utama pada pedoman .tidak ada justi"ikasi dari pemakaian rutin apron timbal pada pasien pada dental radiogra"i. pengukuran dalam hubungannya dengan pertimbangan klinis. yang hanya menekan tombol pemapar setelah pasien dipersiapkan oleh operator lain yang lebih ahli. seperti yang terlihat pada gambar =. Pelatihan memadai bagi operator lainnya # Pera6at gigi dan operator lain harus memiliki serti"ikat kepera6atan. Pera6at gigi (atau sta" lain).

4eskipun demikian. pemakaian apron timbal hanya dapat digunakan untuk pasien 6anita yang sedang atau mungkin hamil.apron protekti". ' Pelindung leher dengan pegangan (setara 3. memiliki kesetaraan tidak kurang dari 3. Gbr( . A )erah timbal (setara 3. %ni berbeda dengan dental radiogra"i.ketika apron timbal tersedia. #alam kasus ini. maka poin spesi"ik berikut mesti dipertimbangkan : 13 . disarankan untuk alasan psikologis. dan hanya menyediakan derajat proteksi praktis pada kasus proyeksi $erte8 oklusal. .(/ &ontoh proteksi timbale tiroid. harus tersimpan dengan baik (pada gantungan yang baik) dan tidak dilipat. )ondisi ini harus rutin di cek meliputi inspeksi $isual dengan inter$al tahunan. .apron timbal tidak melindungi radiasi yang tersebar ke seluruh tubuh. harus disediakan untuk orang de6asa yang mendampingi pasien ketika radiogra"i. $ebutuhan spesifik untuk 0anita usia produktif( Perkembangan janin yang paling rentan dan berbahaya untuk radiasi ionisasi ialah ketika periode organogenesis (0-+ minggu) E sering sebelum 6anita tahu bah6a ia sedang hamil.2 mm Pb).2 mm Pb). :ika ya. %!(45)! 0333 melarang paparan medis pada 6anita usia produkti" tanpa menyelidiki apakah ia hamil atau tidak jika daerah penyinaran akan meradiasi area pel$is. bah6a operator harus menyelidiki setiap 6anita usia produkti" apakah mereka hamil atau tidak.02 mm..

hasil yang diharapkan . Pasien perlu diyakinkan bah6a dosis minimal yang diterima dan pasien diberi pilihan untuk menunda radiogra"i. dokter. booklet kriteria pemilihan pada dental radiogra"i telah dipublikasikan pada tahun *++1 oleh "akultas kedokteran gigi !oyal College surgeons of #ngland dan seperti dinyatakan sebelumnya. 1atasan dosis dan batas dosis tahunan (ntuk batasan dosis.pemikiran indikasi yang tepat . dan "rekuensi permintaan radiogra"i (kriteria pemilihan) adalah tanggung ja6ab klinisi. harus dijadikan bacaan untuk semua dokter gigi. atau tujuan asuransi pemeriksaan untuk penelitian kesehatan pasien pekerja radiasi (klasi"ikasi dan non klasi"ikasi) 4asyarakat umum.- justi"ikasi mesti ditinjau untuk memastikan bah6a hanya radiogra"i yang benar-benar dibutuhkan yang dilakukan. Pemeriksaan langsung dihubungkan dengan penyakit • • tidak ada batasan dosis keputusan yang diambil pada in$estigasi harus didasarkan pada : . tipe. Pada beberapa tempat.hasil yang dapat mempengaruhi diagnosis dan pera6atan . sangat bijaksana untuk menggunakan apron timbal ketika mengambil proyeksi $erte8 oklusal. #i %nggris.sub grup : • • • • pemeriksaan langsung dihubungkan dengan penyakit pemeriksaan sistemik (pemeriksaan kesehatan rutin) pemeriksaan untuk pekerjaan. - seperti yang dijelaskan sebelumnya. dimana kekurangan 14 . Para ahli bertanggung ja6ab untuk menunjukkan bukti penelitian. %&!P telah membagi populasi menjadi tiga grup : • • • Pasien %n$estigasi radiogra"i yang melibatkan pasien terbagi menjadi . Saran kriteria pemilihan telah dipublikasikan di banyak negara pada tahuntahun terakhir untuk membuat pedoman proteksi radiasi.klinisi memiliki pengetahuan memadai dari si"at "isik dan e"ek biologis dari radiasi ionisasi (cukup terlatih). • jumlah.

rekomendasi didasarkan pada opini para ahli. Peker)a di bidang radiasi Pekerja di bidang radiasi adalah orang yang terpapar radiasi selama 6aktu kerjanya. Semua naracoba harus sepenuhnya mengerti akan kemungkinan resiko dan memberikan persetujuannya. 4an"aat utamanya bagi pihak ke-/.%&!P membagi pekerja ini dalam 0 kelompok berdasarkan tingkat paparan selama bekerja: • • Classified workers / operator radiograf Non-classified workers / non operator radiograf Tabel =. #isarankan juga bah6a jenis pemeriksaan ini harus dilakukan oleh praktisi medisAdental dan telah mendapatkan persetujuan pasien yang bersangkutan. Pemeriksaan untuk penelitian medis • • • Tidak ada batas dosis yang tetap. Semua rancangan penelitian harus disetujui oleh kelompok ahli yang terpercaya atau komisi etik dan memenuhi peraturan dan regulasi lokal. Paparan ini memberikan resiko tanpa adanya man"aat.bukti penelitian.* Pemeriksaan sistematis (pemeriksaan kesehatan berkala) • • • • • • • Tidak ada batas dosis yang tetap. 7aris besar tahun 033* (the )889 1uidance -otes) menekankan bah6a keperluan dan man"aat pemeriksaan harus diteliti secara kritis untuk menilai apakah dapat dibenarkan. <arus ada kemungkinan untuk mendapatkan in"ormasi yang berguna.* 7ambaran rekomendasi dari the 9&&: election 6riteria in $ental Radiography. Sang pasien setidaknya harus mendapat man"aat secara tidak langsung.lihat Tabel =. %n"ormasi yang didapatkan haruslah penting bagi kesehatan pasien. persyaratan kesehatan atau keperluan asuransi Tidak ada batas dosis yang tetap. Tampilan rekomendasi dapat dilihat pada Tabel =. Pemeriksaan untuk peker)aan. Tidak ada radiogra" yang boleh dilakukan tanpa pemeriksaan ri6ayat dan klinis )ategori Pasien %ndi$idu bergigi %ndi$idu tak bergigi 15 .*.

Pasien baru A. radiogra"i panoramik mungkin sesuai dalam beberapa hal Pemeriksaan Salah satu pemeriksaan radiogra"ik periapikal atau panoramik tertentu yang untuk menilai perkembangan diindikasikan molar ke-/ jika simptomatik setelah penilaian pemeriksaan klinis Pemeriksaan bite6ing posterior dengan inter$al = bulan atau sampai tidak ada lagi lesi karies baru atau berkembang ditemukan F'ite6ing posterior tidak boleh dilakukan lebih sering dan penting sekali untuk menilai resiko karies untuk penyesuaian inter$al Pemeriksaan bite6ing posterior dengan inter$al * tahun 'iasanya tidak diindikasika n Tidak digunakan Tidak digunakan .A)-A.0 'atas dosis tahunan sebelumnya dan yang baru Peraturan !adiasi %onisasi tahun *+++ (%!!++) 'atas dosis 16 'atas dosis baru !esiko )aries Sedang !esiko )aries !endah Pemeriksaan radiogra"ik tertentu yang terdiri dari bite6ing posterior dan periapikal.A) S5 5)S% 7%7% S( (.digunakan l atau spesi"ik gingi$itis) dapat ditunjukkan secara klinis ri6ayat penyakit periodonta l Tabel =.7 !54A:A #5GASA !adiogra"i periapikal pada area simptomat ik atau dicurigai secara klinis Pasien Pertumbuha 'iasanya lama n dan tidak perkembang diindikasikan an !esiko )aries Tinggi Pemeriksaan Pemeriksaan bite6ing posterior dengan inter$al Tidak bite6ing 0 tahun. Semua 'ite6ing Pemeriksaan pasien baru posterior yang radiogra"ik yang dinilai diindikasikan tertentu yang memiliki setelah diindikasikan kelainan gigi pemeriksaan setelah dan klinis penilaian pertumbuha pemeriksaan n dan klinis perkembang an )!%T5!%A A. Pemeriksaan radiogra"ik intraoral yang ekstensi" mungkin sesuai ketika pasien menunjukkan petunjuk klinis adanya kelainan dental yang menyeluruh atau ri6ayat pera6atan dental yang ekstensi". Sebagai alternati".A) 7%7% &A4P(!A.A)-A. Perpanjangan inter$al radiogra"ik digunakan posterior recall boleh dilakukan jika ada bukti jelas dengan inter$al kelanjutan resiko karies rendah *0-*1 bulan Penyakit Pemeriksaan radiogra"ik tertentu dengan periapikal dan atau Tidak periodonta bite6ing pada area dimana penyakit periodontal (selain non.

harus dipastikan bah6a dosis terhadap janin sta" yang sedang hamil tidak melebihi * mS$ selama masa kehamilan. meskipun itu disarankan jika beban resiko menunjukkan bah6a dosis indi$idual dapat melebihi * mS$ per tahun. The )889 1uidance -otes menyatakan bah6a dalam prakteknya ini harus dipertimbangkan 17 3. Hang menggambarkan tingkat tertinggi dosis indi$idual yang tidak boleh dile6ati dalam praktek yang dilaksanakan dengan baik dan untuk dental radiogra"i dibuat rekomendasi sebagai berikut: * mS$ untuk pekerja yang terlibat langsung dalam radiogra"i (operator) masyarakat umum Sebagai tambahan dari batas dosis di atas. tapi non-radioakti". semua sta" kedokteran gigi harus menerima dosis tahunan kurang dari = mS$. 'erdasarkan peraturan lokal. hal ini kemungkinan besar tidak terjadi dalam praktek kedokteran gigi). )arena itu.. regulasi mengusulkan setting dari > $ose Constraints.Classified wor"ers -on4classified wor"ers 4asyarakat umum lama 23 mS$ *2 mS$ 2 mS$ (%!!++) 03 mS$ = mS$ * mS$ %&!P menetapkan batas dosis maksimal untuk tiap kelompok berdasarkan pada prinsip bah6a resiko pekerja menerima batas dosis yang penuh dapat memiliki resiko yang tidak lebih besar dari pekerja di lingkungan ha9ard lain. Gajib melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan./ mS$ untuk pekerja yang tidak langsung terlibat dalam radiogra"i dan untuk anggota . 'atas dosis tahunan adalah /A*3 dari batas dosis classified wor"ers.0. Non-classified workers/ nonoperator radiograf (kebanyakan adalah sta" kedokteran gigi): • • 4enerima paparan radiasi tingkat rendah saat bekerja (misalkan saat bedah mulut). 'atas dosis tahunan telah dire$isi dalam Peraturan !adiasi %onisasi tahun *+++ (%!!++) yang ditunjukkan pada Tabel =. Gajib melakukan personal monitoring. • Personal monitoring tidak di6ajibkan. &iri-ciri utama dari tiap kelompok pekerja di bidang radiasi diringkas sebagai berkut: Classified workers / operator radiograf# • • • 4enerima paparan radiasi tingkat tinggi saat bekerja (jika peraturan lokal dipatuhi.

#osis radiasi bagi dokter gigi dan sta"nya dapat berasal dari: • • • Sinar primer. :ika posisi ini tidak dapat dilakukan.sta" harus cukup terlatih dan mengikuti rekomendasi yang diterangkan dalam 7aris besar tahun 033*. 4onitoring Masyarakat umum 18 . lead screens(barriers yang layak harus digunakan.. jadi radiasi per unit area ' adalah seperempatnya area A. angkah proteksi utama untuk membatasi dosis yang mungkin diterima pekerja berdasarkan kombinasi akal sehat dan pengetahuan bah6a radiasi ionisasi dilemahkan oleh jarak dan mengikuti hukum k6adrat terbalik (the in%erse s<uare law) (lihat 7ambar =.bagi pekerja yang beban kerja per minggunya melebihi *33 intraoral atau 23 "ilm panoramik atau bagi rata dari kombinasi tiap pemeriksaan. Teknik radiogra"i. • • • Penggunaan peralatan yang aman sebagaimana yang diterangkan dalam 7aris besar tahun 033* (the )889 1uidance -otes).-). 7ambar =.7ambaran diagram dari hukum k6adrat terbalik ( the in%erse s<uare law). angkah utama pembatasan dosis berhubungan dengan: • :arak dari sumber radiasi. jika mereka berdiri dalam jalurnya Pencaran radiasi dari pasien )ebocoran radiasi dari tubehead.sta" harus berada di luar kontrolled area dan tidak berada pada jalur sinar primer. • Pemeriksaan kesehatan tahunan tidak di6ajibkan. 4enggandakan jarak dari sumber berarti bah6a area ' adalah empat kali lebih besar dari area A.

rancangan ruang operasi dan penempatan tanda bahaya radiasi. Ionization bleeper.)elompok ini meliputi semua orang yang tidak menerima dosis radiasi baik sebagai pasien atau pekerja di bidang radiasi. yang disarankan adalah 3. 4asyarakat umum memiliki resiko terkena sinar primer. T # badge.0 meskipun >$ose Constraint. di ruang lain dalam gedung yang sama atau sedang le6at. 'atas dosis tahunan untuk kelompok ini diturunkan menjadi * mS$ yang ditunjukkan pada Tabel =. jadi pertimbangan khusus harus dilakukan pada: • • • Posisi peralatan 8-ray untuk menjamin bah6a sinar primer tidak mengarah langsung ke ruangan yang terisi atau koridor )etebalanAmaterial dinding pemisah Saran !PA (lihat regulasi tahun *+++) tentang penempatan semua peralatan 8-ray.T5$ e2tremity monitor 2ilm badge &iri-ciri utama "ilm badge adalah: • Terdiri dari "rame plastik ber6arna biru yang mengandung beberapa macam "ilter metal yang berbeda dan sebuah "ilm radiogra"i kecil yang bereaksi terhadap radiasi 19 . &. Metode utama untuk memonitor dan mengukur dosis radiasi Terdapat tiga alat utama untuk memonitor dan mengukur dosis radiasi: • • 2ilm badge 3hermolumines*ent dosemeters (3-4)# • 'adge 58tremity monitor Ionization chambers 7ambar =.2 4onitoring de$ices A. misalnya seseorang yang berada di ruang tunggu kamar operasi. #. Dilm badge. '. tapi mungkin terpapar secara tidak sengaja./ mS$.

selama *-/ bulan sebelum akhirnya diolah 'entuk paling umum alat personal monitoring yang saat ini digunakan.• • • • • • #ikenakan di luar pakaian. biasanya setinggi organ reproduksi. maupun pemeriksaan khusus untuk dosis pada kulit 4engandung material seperti lithium "luoride ( iD) yang mengabsorbsi radiasi dan kemudian melepaskan energi dalam bentuk cahaya ketika dipanaskan %ntensitas cahaya yang dipancarkan sebanding dengan energi radiasi yang diabsorbsi Personal monitor terdiri dari tempat plastik ber6arna kuning atau jingga. )ekurangan: • • • Tidak menunjukkan in"ormasi paparan yang baru. )euntungan: 4emberikan catatan permanen dari dosis yang diterima 'isa diperiksa dan dinilai dikemudian hari 'isa menilai tipe dan energi radiasi yang dialami Sederhana. dikenakan seperti "ilm badge selama *-/ bulan.semua adalah in"ormasi paparan yang lama 4emerlukan pengolahan yang dapat menimbulkan kesalahan 'adge mudah kehilangan "ilternya. 3hermolumines*ent dosemeters &iri-ciri utama T # adalah: • • • • Penggunaannya untuk personal monitoring seluruh tubuh dan atau ekstrimitas. hasilnya tidak dapat diperiksa dan dinilai ulang <anya menunjukkan in"ormasi yang terbatas mengenai tipe dan energi radiasi 20 . tidak memberikan catatan permanen. kuat dan tahan lama. )ekurangan: Pembacaannya bersi"at destrukti". )euntungan: • • • • • ithium "luoride dapat digunakan ulang Pembacaan pengukuran mudah dilakukan dan cepat Sesuai untuk penggunaan luas berbagai macam pengukuran dosis.

)ekurangan: Tidak memberikan catatan permanen mengenai paparan. 4udah pecah dan rusak. 21 . yang hasilnya dapat diukur dan dapat langsung dibaca Tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. 4onitor ionisasi personal tidak terlalu sensiti" terhadap energi radiasi yang rendah. )euntungan: • • • • • • 4etode pengukuran dosis radiasi yang paling akurat. Ioni5ation *hambers &iri-ciri utama %oni9ation chambers adalah: • • • #igunakan untuk personal monitoring (thimble chamber) dan oleh ahli "isika (free4air chamber) untuk mengukur paparan radiasi !adiasi menghasilkan ionisasi pada molekul udara di dalam chamber yang tertutup. Pembacaan langsung memberikan in"ormasi yang cepat.• • 7radient dosis tidak terdeteksi !elati" mahal. Tidak menunjukkan tipe atau energi radiasi.

Related Interests