Terjadinya Jagat Raya

Budaya Kejawen menamakan jagat ini adalah Jagad Paramudita, seperti yang sering diucapkan para dalang wayang kulit.Artinya jagat yang dihuni oleh para mudita, oleh manusia wanita dan pria, mahluk paling penting didunia ini. Jagat Raya seisinya termasuk manusia yang mendiami bumi ini, tercipta atas kuasa Tuhan, Sang Pencipta Alam. Keberadaan manusia dibumi, setelah iklim dan kondisinya kondusif, siap untuk dijadikan rumah tinggal yang nyaman, lengkap dengan segala faktor pendukungnya. Pada era mudita, orang mulai memberikan nama-nama pada semua benda dan hal, lahirlah bahasa tutur didunia. Oleh karena itu mudita dihormati oleh anak keturunannya.

Asalnya ramai dari sepi Kehidupan bumi yang dihuni para mudita berkembang secara pasti. Tentu pada saat itu, para mudita memilih menghuni tempat-tempat yang aman dan tanahnya subur. Jumlah mudita dengan beragam warna kulit, budaya dan bahasa, semakin bertambah, sehingga bumi menjadi lebih ramai. Timbullah ungkapan : Witing rame saka sepi, witing gumelar saka sonya, artinya : Asal ramai dari sepi,jagat tergelar asalnya dari kosong. Kita akan mengungkap kelahiran dan perkembangan jagat ini dimulai dari Alam Sonya Ruri, sebelum jagat ini tergelar.Pengungkapan dari sudut pandang Kebatinan Jawa, dari sudut pengetahuan spiritual- spiritual knowledge, yang istilah lokalnya adalah elmu atau ngelmu Para pakar dunia, menjelaskan proses terjadinya alam raya dari sudut science – ilmu pengetahuan, secara ilmiah. Perlu digaris bawahi bahwa Kejawen tidak anti kepada ilmu dan perkembangannya yang berguna bagi umat manusia; tetapi untuk kehidupan yang lebih baik, komplit dan benar, lahir batin, diperlukan ilmu dan ngelmu. Kita luangkan sedikit waktu untuk memahami difinisi tentang Ilmu dan Ngelmu dalam kotak dibawah ini.

Ilmu dan Ngelmu Ilmu - Science adalah hasil pikiran manusia, yang semakin lama semakin maju, produknya semakin canggih sebagai hasil pemikiran/penemuan para ahli pikir bidang ilmu pengetahuan. Ngelmu- Satu pengetahuan yang berhubungan dengan purbawasesa – Kuasa dari Tuhan, yang oleh kebanyakan orang disebut gaib.Ngelmu itu dari dulu sudah ada secara utuh dan sepenuhnya dalam kuasa Gusti. Dibukanya sedikit demi sedikit, sesuai dengan kemajuan kesadaran dan kebutuhan manusia pada suatu saat. Penjelasan dan penyebaran – babaran lan wedaran, atas kehendak Gusti, melalui orangorang yang ditunjuk Nya, karena sudah mumpuni pengetahuan dan kesadaran spiritualnya.

Sehingga, semakin lama, ngelmu semakin terbuka – saya binuko lan ngeblak.

Catatan : Mengenai cara pengajaran dan penyebaran kebatinan Kejawen, pada saat ini sudah jauh lebih terbuka, lebih praktis. Zaman dulu, ngelmu Kejawen benar-benar sinengker, dianggap rahasia, terkesan tertutup. Hanya kepada yang benar-benar percaya dan belajar sungguh-sungguh dan menghayati, seorang Guru akan memberi tuntunan. Polisi kolonial Belanda waktu itu mengawasi dengan ketat kelompok-kelompok Kejawen, karena dikhawatirkan menyebarkan ramalan Jayabaya, yang a.l. menyatakan bahwa kolonialis Belanda akan dikalahkan oleh “jago wiring kuning” dari utara, bangsa berkulit kuning dari utara ( ternyata Jepang), yang akan menduduki Nusantara selama “seumur jagung”, dalam kurun waktu pendek ( ternyata 3,5 tahun). Dan bangsa Indonesia akan hidup makmur sejahtera bila diperintah oleh bangsa sendiri, artinya Indonesia merdeka.. Kolonialis Belanda juga melarang orang bertapa karena takut kalau orang tersebut mencari wahyu kemerdekaan. Banyak terminologi atau kata-kata yang diperlakukan sakral, tidak boleh diucapkan, tabu atau ora ilok, kini telah boleh diucapkan. Misalnya, pada waktu belajar kebatinan tidak boleh mengucapkan kata jantung. Kalau mau menyebut jantung, harus bilang : kembang gedhang atau sekar pisang, bunga pisang. Sekarang sudah boleh mengucapkan jantung. Kata samadi juga tidak boleh diucapkan. Kalau mau bilang samadi harus diganti dengan ungkapan : Anggoleki tapake kuntul nglayang - mencari telapak kaki bangau terbang. Mana dapat. Anggoleki galihing kangkung - mencari hati kangkung. Apa ada? Nutupi babahan hawa sanga - menutup sembilan lobang hawa ditubuh.Tentu sulit. Kalimat-kalimat yang berbunga-bunga yang mungkin sesuai pada waktu itu, sekarang termasuk “njlimet”-berputar-putar dan sulit dipahami, tidak dipakai lagi. Penjelasan tentang samadi, termasuk cara, metode dan tujuannya, sudah jauh lebih terbuka. Cara mengajarkan ngelmu Kejawen juga sudah berubah sesuai perkembangan zaman. Dulu ,Kejawen diajarkan sangat tertutup, dengan peserta sangat terbatas dan hanya diajarkan pada malam hari, dihari tertentu, misalnya pada Kamis malam Jum’at. Tempatnya juga harus diluar rumah, dibawah atap langit, dipinggir laut, sungai, sawah, kebun atau pelataran rumah. Sekarang sudah diajarkan didalam rumah, boleh siang hari. Literatur Kejawen banyak yang ditulis, dicetak sebagai buku, dimuat dikoran dan majalah, bahkan ada di internet.

Dimasa kuno, pembelajaran hanya secara lisan, mantra-mantra tak boleh ditulis, semua harus hafal diluar kepala. Sekarang sudah terbuka, meski masih ada yang sinengker- dirahasiakan. Para pakar kebatinan Jawa mengatakan bahwa semua ngelmu kebatinan Jawa boleh diketahui oleh peminatnya sesuai dengan tingkat kesadaran spiritual masing-masing individu, kecuali yang masih menjadi sengkeraning bawono – rahasia jagat. Penulis yang akrab dengan budaya Jawa dan senang mempelajari budaya-budaya yang lain, mengikuti paugeran- ketentuan ini. Apa yang penulis paparkan adalah ajaran luhur dan sudah dapat palilah, restu dari pinisepuh Kejawen, maupun dari Pribadi Sejati- Higher Self, baik secara nyata maupun melalui wisik sejati- pemberitahuan yang sebenarnya, ditataran ngelmu sejat, dijalan yang diberkahi Gusti.

Alam Sonya Ruri Sekian juta tahun yang lalu, ketika alam belum ada, bumi belum ada, tidak ada apa-apa sama sekali, suasana gelap gulita, suara tidak ada, disebut Alam Sonya Ruri, artinya tempat tanpa batas, tanpa tepi dan sonya artinya kosong, sepi ( bahasa Jawa : suwung) dan ruri artinya gelap gulita ( bahasa Jawa : peteng ndhedhet). Alam Sonya Ruri adalah tempat tanpa batas, yang keadaannya kosong tanpa suara dan gelap gulita. Gambarannya : alam merupakan wadah; isinya : kosong dan gelap gulita. Kemudian, tidak disebut kapan mulainya, alam sonya ruri mulai bergerak, berputar dan berputar terus dengan cepat. Perputaran itu menimbulkan daya panas, mulai muncul lingkaran ( bahasa Jawa : kalangan), yang semakin lama semakin besar. Sesudah berputar terus menerus dan cukup lama ( bahasa Jawa : mubeng seser), terjadilah ledakan ( bahasa Jawa : mbledhos), sehingga alam semesta menjadi terang dan mulai terbentuk dan terlihat wujud benda-benda dialam raya : langit dan planet-planet seperti matahari dan bintang-bintang. Teori ilmiah menyatakan bahwa Jagat Raya ada sejak 15.000. juta tahun yang lalu, dimulai dengan Big Bang, ledakan awan lemparan gas panas dan debu diangkasa, lalu ada gravitasi yang menyebabkan terbentuknya planet-planet. Sampai kini ilmu dan ngelmu sependapat bahwa jagat raya terus mengalami proses perkembangan yang tak pernah berhenti. Mengenai teori ilmiah mengenai terbentuknya jagat raya, Ilmu Pengetahuan yang terlahir dari kejeniusan pikiran manusia, tidak bisa meng-claim sebagai kebenaran, paling-paling mendekati kebenaran. Jagat Raya dicipta oleh Gusti, Tuhan Yang Maha Kuasa, supaya manusia selalu belajar dan tidak pernah berhenti belajar dan supaya berkiprah positif konstruktif demi kelestarian jagat

Baru sesudah udara dan keadaannya kondusif. air. Rembulan dan semua bintang dilangit . api dan tanah. Proses pembentukan bumi secara pemahaman ilmiah dimulai 4000 juta tahun yang lalu. atas kehendak Tuhan menerangi jagat termasuk bumi dan punya kewajiban untuk memberi kehidupan kepada semua mahluk. manusia dan mahluk-mahluk . bumi mulai terbentuk setelah melalui proses alami dan penyempurnaan bentuk. api. artinya dasarnya samudra. Terbentuk dulu laut. samudra yang disebut Sagara. debu dan air. yang disebut Pratala. gerakan dan benturan-benturan melahirkan planet-planet. begitu banyak tak terhitung jumlahnya. geni lan lebu menurut Kejawen. yang dengan saling interaksi. mengingatkan dari mana asalnya suksma yang berupa cahaya. Cahaya datang dari benda-benda dilangit yang jumlahnya sakirno dalam istilah Jawa. artinya sejuta juta juta. melalui proses jutaan tahun sehingga terwujud bentuk yang seperti saat ini.pada waktu malam hari menyinarkan cahaya yang lembut. rembulan. bumi belum ada. Konstelasi matahari. bintangbintang dan planet bumi yang kelak didiami manusia. Pada mulanya. banyu . Bumi yang terdiri dari lempengan-lempengan dan samudra-samudra besar. karena terus menerus diisi air dari hasil gerakan terus menerus benda-benda dialam raya. Elemen-elemen bumi Sejak awal terbentuknya jagat. Baru sesudahnya. Terbentuknya Bumi Ketika planet-planet dan bintang-bintang angkasa sudah ada. keadaan dibumi belum mendukung adanya kehidupan karena udara yang belum cocok. Sedangkan unsur cahaya. Matahari.Seperti diketahui elemen-elemen manusia juga terdiri dari : angin. yaitu angin. terbentuklah sebuah bintang berukuran menengah menjadi pusat alam. Sesudah terbentuk sagara. melibatkan unsur-unsur angin. Cahaya terang benderang dialam raya timbul karena perputaran benda-benda dilangit dan bintang-bintang. cahaya. sehingga disebut Bantala atau Bumi.beserta seluruh isinya termasuk umat manusia Sang Penguasa Alam menitahkan terang Dalam istilah Kejawennya adalah : Kang Murbeng Alam nitahake pepadhang. planet-planet dan bintang-bintang terhadap bumi.yang berguna untuk setiap mahluk. ketika saling benturan dan saling pengaruh planet-planet dan bintang-bintang berjalan cukup lama diangkasa raya. sejuk . mempengaruhi iklim dan kehidupan manusia dibumi. dilukiskan dengan letusan-letusan gunung berapi yang memuntahkan lava merah menyala. sesuai dengan kekuasaan alam.

karena disana ada sari makanan. timah dsb. perak. berbagai bahan tambang didarmakan oleh bumi kepada manusia. sehingga datang saatnya manusia dan mahluk-mahluk lain serta berbagai tetumbuhan mendapatkan tempat yang nyaman dibumi untuk dihuni. ruby. Hanya sedikit orang yang mengingat kepada jasa fosil-fosil binatang laut dan pohon-pohon raksasa yang sejak 300 juta tahun lalu “ mengorbankan diri’ untuk dijadikan sumber enerji berupa minyak bumi. mineral. gas dan batubara. diburu. dimana manusia tinggal menggali atau menambangnya untuk memfasilitasi kebutuhan hidupnya.lain bisa hidup dibumi. Jagat Raya adalah bersatunya unsur-unsur Pratala/Sagara. Padahal produk-produk ini. yang terus berproses dan saling mempengaruhi dengan benda-benda dialam semesta. aluminium. besi. benda-benda yang terpendam didalam bumi ( termasuk yang dibawah laut). Betapa baiknya Ibu Bumi. perunggu. Sejak mula terbentuknya bumi. 80% komponen badan fisiknya adalah air. quartz. air dimasa mula itu dinamakan Kamandanu. citrin. pasir. Masih ada lagi berbagai logam seperti . yaitu dilapisan atmosfir yang berada ditanah sampai dengan ketinggian 17 km. Oleh karena itu sel-sel kehidupan yang teramat sederhana dimulai dilaut. amber. Selain tanaman pangan. Selain itu didalam bumi antara lain masih terdapat berbagai batu. jade.tiger’s eye. seperti : berlian. herbal untuk obat dan tanaman industri. Kalau mau jujur. Selain itu ada rumpun batu mulia dengan berbagai macam faedah dari harga yang sangat mahal sampai yang murah. Salah satu elemen manusia adalah air. emerald. Kandungan bumi Ini yang disebut kekayaan alam. disebut Padmasari. emas. Mother Earth kepada manusia. obsidian. diperebutkan dan dimanfaatkan untuk mengabdi kepada manusia modern. artinya sari makanan. ametis. Padmasari/sari makanan dan Bantala/bumi. safir. agate/ bermacam-macam batu akik dalam . air mengucur kebumi. turqoise. manusia modern seharusnya merasa berhutang budi kepada mahluk-mahluk dan tetumbuhan dimasa purba. berhutang budi kepada alam dan tentunya kepada Tuhan. Terbukti seorang manusia yang sehat pada usia produktif. 1/10 ( sepersepuluh) permukaan bumi ditutup sungai es. tembaga. sesudah jatuh kebumi dan kebanyakan berkumpul dilaut. turmalin. Adanya makanan Manusia dan mahluk-mahluk yang lain butuh makanan untuk hidup dibumi. kapur dan lain-lain yang menunjang kesejahteraan manusia. 2/3 ( dua pertiga) dari permukaan bumi ditutup oleh lautan.

alami. juga digemari oleh orang-orang yang mengerti dengan memanfaatkan daya alami batu-batu mulia tersebut. Negoro Percintaan Dewi Sukesi dengan Wisrawa Cerita cinta sepertinya tak pernah padam sepanjang sejarah manusia. kesejahteraan dll. tidak “diisi” dengan menempatkan mahluk halus/qodam ( meskipun bisa). kobaran asmara antara Asmarabangun yang gagah perkasa dengan Galuh Candra Kirana yang cantik jelita. Dalam kancah wayang tua. topaz. itu bisa melahirkan karya sastra agung yang mendunia. berbagai batu mulia selain dibuat perhiasan yang cantik seperti gelang. Suryo S. sebelum episode Ramayana. tetapi hanya dibangkitkan daya alaminya. yang akrab dengan esensi batubatu mulia dan itu akan terjadi dengan berkah Tuhan . merah muda. bisa membantu dalam bidang keselamatan. biru. serasa masih menjilat sepasang insan yang memadu kasih ditanah ini. enerji yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pemakainya. Berbagai logam dipakai untuk membuat keris. kuning. ungu.sekedar menampilkan keindahan. Batu mulia memiliki daya alami. subang dll. hijau. supaya tidak tidur. merah. Jadi perhiasan dengan batu mulia itu hanyalah “ sleeping beauty”. kesehatan. safir.istilahnya “diprogram” sesuai dengan fungsi alaminya. karena bisa dicipta menjadi perhiasan dan asesories yang menawan. bekerja dengan membantu atau melindungi pemilik/pemakainya. tetapi melalui coretan tangan pujangga. Khusus mengenai logam dan batu mulia/gemstones/precious stones ada banyak peminatnya. coklat dan hitam. Supaya enerji batu mulia berfungsi. emerald. Untuk itu diperlukan bantuan “programmer” yang mumpuni. JagadKejawen. cincin. hanya bersifat perhiasan/asesories yang indah tetapi tidak memfungsikan daya alaminya untuk membantu pemakai. karier. selama daya alami/enerjinya tidak dibangkitkan. untuk membantu peminat. Di Jawa kuno. batu mulia tersebut harus dibangkitkan enerjinya . kalung. jingga. Sepasang wanita dan pria terlibat dalam hubungan asmara. dimasa itu masih ada kerajaan- . Enerji yang dipunyai batu mulia. diabad ke 11 dimasa kerajaan Kediri. Perhiasan dari gemstones termasuk berlian. Website Jagad Kejawen akan membicarakan lebih jauh mengenai batu mulia. satu hal yang wajar-wajar saja. Batu-batu itu. Dunia Barat punya roman klasik Romeo dan Juliet.berbagai warna yang indah dan menarik seperti putih. jade dan lain-lain.

Prabu Sumali berpikiran maju. yang wanita menjadi manusia cantik. budi pekerti dan bahkan pengetahuan spiritual untuk manembah kepada Gusti. yaitu : Pertama : Menjadi berkelakuan baik. menawarkan perhiasan-perhiasan emas permata yang amat mahal. dia tidak mau memaksa putrinya. Beberapa raksasa setelah berguru mengalami perubahan. yang tadinya raksasi. telah berubah menjadi seorang putri ayu yang luar biasa cantiknya.Padahal semua peminang berjanji untuk membahagiakannya. Kini mereka telah menjadi manusia yang tidak lagi buta. sudah bisa membedakan perbuatan buruk dan baik. berguru kepada resi manusia yang bijak. demikian pula sifat dan tindakannya. Beberapa raksasa yang sadar. Sang Pencipta Alam. sopan dan merdu tutur katanya. Kedua : Raga fisiknya juga menjadi lebih baik. Keanggunannya kondang melewati batas negerinya. berubah menjadi manusia yang bagus atau ayu rupanya. Sastra Jendra Syarat utama supaya pinangannya diterima bukanlah pemberian harta berlimpah dan mas picis rajabrana. Prabu Sumali yang tadinya raksasa/buto telah menjadi seorang manusia dan memerintah negerinya dengan bijak. Prabu Sumali dan Dewi Sukesi Contoh nyata dari perubahan seperti itu dialami oleh Prabu Sumali. Postur tubuhnya tinggi besar. Dalam hal cinta. Ia disenangi dan dihormati rakyatnya dan raja-raja negeri tetangga. Ketiga : Yang terpenting. Meski zaman kuno. yang laki-laki menjadi pria berparas bagus. Yang bakalan menjadi suaminya adalah seorang pria yang telah menguasai Sastra Jendra. Dengan bimbingan guru bijak. . dia percaya bahwa putrinya cukup arif untuk menentukan sendiri jodoh pilihannya. Dewi Sukesi. Banyak satria dan raja yang meminangnya. buto yang jelek rupa dan perbuatannya. jelek rupanya.uang mas dan perhiasan-perhiasan berlian indah dan mahal. untuk belajar sopan santun. tetapi dengan halus semua ditolak. karena mereka sudah lagi bukan raksasa atau buto artinya buta. bukan pula kedudukan serta kekuasaan. hidupnya akan bergelimang harta. raja dari kerajaan Alengkadiraja dan Dewi Sukesi. eksistensi mereka sebagai raksasa telah berhenti . bahkan sampai bisa mendapatkan pencerahan jiwa. putrinya. hatinya lembut. demikian pula watak dan kelakuannya.kerajaan yang raja dan penghuninya adalah raksasa ( buto dalam bahasa Jawa). Bukan pula pemberian tanah atau negeri yang luas. Putrinya.

Lalu apa itu Sastra Jendra? Tentu banyak orang yang tidak tahu Sastra Jendra, mungkin mendengar saja belum pernah! Karena Sastra Jendra adalah ngelmu sejati, pengetahuan spiritual yang hanya diperuntukkan para dewa. Pengetahuan ini tinggi sekali nilai spiritualnya, hanya untuk para dewa, bangsanya malaikat ( angels). Dengan demikian ,kalau ada manusia yang bisa menguasai Sastra Jendra, tentulah dia orang yang terpilih. Dia dapat perkenan langsung dari Sang Pencipta Hidup, Tuhan. Para satria dan raja-raja muda yang datang melamar banyak yang bagus rupanya, santun, pandai, berbusana apik, rapi. Mereka juga mempunyai pengetahuan yang memadai dalam seni beladiri dan perang. Ada juga yang tataran ilmu kanuragannya cukup tinggi, sakti, kulitnya tak mempan ditembus senjata tajam . Tubuhnya kuat menahan berbagai serangan yang menggunakan aji-aji yang dahsyat Umumnya memiliki pusaka-pusaka andalan yang ampuh berupa keris, panah, gada, tombak dsb. Tetapi tataran spiritual mereka masih belum tinggi, karena mereka masih lebih memperhatikan kehidupan materi dan duniawi. Tidak satupun dari mereka yang menguasai Sastra Jendra, bahkan belum pernah mengetahui dan mendengar , apa itu Sastra Jendra! Sebenarnya mereka sangat kecewa dengan penolakan terhadap lamaran mereka. Tetapi, Prabu Sumali yang sudah menguasai Sastra Jendra, tampak begitu berwibawa didepan mereka. Selain itu, dia juga amat sopan dalam menemui dan bertutur kata dengan tamu-tamunya, bersikap santun dalam memberi penjelasan sehingga tidak ada yang sakit hati. Paling-paling pada waktu pamitan, mereka bilang bahwa mereka akan mencari Sastra Jendra dan bila sudah dapat, sementara Dewi Sukesi belum ada yang menyunting, mereka akan datang kembali untuk melamar.

Begawan Wisrawa Sementara itu di kerajaan Lokapala, baru saja menobatkan putra mahkota menjadi raja baru. Raja yang baru diwisuda adalah Raja Danaraja, menggantikan ayahandanya yang seleh keprabon – dengan sukarela turun tahta. Yang baru saja turun tahta adalah Wisrawa, sewaktu memerintah dia termasuk raja yang brilian, pandai, bijak, adil, sehingga seluruh negeri dan kawula merasa hidup berkecukupan, tentram dan sejahtera.Selain itu, dia adalah raja yang mampu melindungi rakyat dan negerinya. Segala perintahnya selalu diturut oleh punggawa dan kawula negeri. Sudah cukup lama dia memerintah, keadaan negeri makmur dan stabil. Dia juga sudah mempersiapkan penggantinya, yang tak lain adalah putra kandungnya sendiri, yang juga menguasai ilmu pemerintahan dengan baik dan selalu bersikap korekt dalam bekerja dan dalam pergaulan. Sebenarnya, Wisrawa belum begitu tua, dia masih termasuk paruh baya. Tetapi dia sudah merasa cukup mengenyam kehidupan duniawi yang sukses. Sebagai raja dia banyak terlibat

dalam urusan negara sehari-harinya dan meskipun penguasa diapun mesti mengikuti aturan protokoler kerajaan, sehingga dia merasa tidak bebas. Dia ingin hidup yang lebih merdeka, dia ingin menjadi kawula biasa, supaya bisa pergi dengan bebas kemanapun. Dia bukannya mau jadi tukang kluyuran, tetapi dia telah berketetapan hati untuk mendalami kehidupan spiritual, istilah yang dipakai waktu itu adalah mau jumeneng pandhito – menjadi seorang pendeta.Dihari tuanya, dia ingin membersihkan jalan kehidupannya dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Tuhan dan mengamalkan pengetahuan spiritualnya kepada sesama mahluk Tuhan yang terpanggil.Sebenarnya kawruh sejati-pengetahuan spiritual Wisrawa sudah tinggi, dia adalah salah satu manusia yang sudah tergembleng jiwanya, sudah mengetahui hidup sejati, sudah menguasai Sastra Jendra. Oleh karena itu dia sangat bijak dalam memerintah. Sebelum memasuki hidup sebagai pendeta, dia harus masih menyelesaikan tugas terakhir kerajaan. Danaraja, putranya yang telah menjadi raja belum punya pendamping, belum punya permaisuri, meskipun umurnya sudah mendekati seperempat abad.Memang Danaraja pada waktu mudanya termasuk pemuda yang alim, banyak belajar, banyak bekerja. Wisrawa berbicara serius dengan Danaraja dan memberi saran supaya Danaraja segera menikah dan punya permaisuri. Selain tidak baik bagi seorang raja hidup sendirian, juga demi suksesi masa depan. Danaraja ternyata tidak punya rencana apapun untuk menikah, dia belum punya calon. Wisrawa yang waskita mengusulkan supaya putranya melamar putri raja Alengkadiraja, Dewi Sukesi yang kondang cantik jelita dan baik hatinya.Untuk itu Danaraja menurut kepada nasihat ayahandanya yang sangat dihormatinya dan dia percaya pilihan ayahnya tentu tidak keliru. Sesuai dengan ketentuan saat itu, lamaran raja haruslah diwakili oleh seorang delegasi yang ditunjuk oleh raja.Raja tak pelak lagi mempercayai ayahnya untuk melaksanakan lamaran, selain itu Wisrawa juga kenal baik dengan Prabu Sumali, ayah Sukesi. Diharapkan segalanya berjalan lancar dan lamaran diterima, lalu terjadi perkawinan agung antara Raja Danaraja dengan Dewi Sukesi.

Lamaran Dengan sopan, Wisrawa sebagai utusan Raja Lokapala, Danaraja menghadap Prabu Sumali, ayah Dewi Sukesi.Maksudnya hanya satu, yaitu melamar Dewi Sukesi supaya mau menjadi istri dan permaisuri dari Danaraja. Prabu Sumali sebagai orang yang waskita , mengerti bahwa Wisrawa adalah juga orang waskita. Oleh karena itu, dia menjawab Wisrawa dengan bahasa yang sopan dan langsung menyangkut intinya.Dengan ringkas dikatakannya bahwa Dewi Sukesi akan menerima pelamar yang sudah menguasai Sastra Jendra, kalau belum ,lebih baik jangan melamar.

Dengan rendah hati Wisrawa mengatakan kalau dia sudah menguasai Sastra Jendra dan hal ini sebenarnya juga sudah diketahui oleh Prabu Sumali. Sebagai syarat formal dan ini ketentuan dari Dewi Sukesi, pelamar yang mengaku sudah menguasai Sastra Jendra harus membuktikannya langsung kepada Dewi Sukesi dengan cara memberi wedaran- uraian dari pengetahuan itu. Karena ini menyangkut pengetahuan piningit- termasuk rahasia dewa, maka wejangannya tidak boleh didengar oleh siapapun. Wisrawa menurut apa yang ditentukan, supaya pinangan anaknya bisa diterima. Lebih cepat lebih baik.

Wejangan Wisrawa kepada Dewi Sukesi Wejangan dilakukan disuatu tempat.khusus diistana, yang tidak bisa didengar dan dilihat orang. Yang ada hanya Wisrawa dengan Sukesi, dua-duanya duduk bersila berhadapan dilantai yang digelari permadani. Pada mulanya, wejangan berjalan sangat serius, dengan menggunakan lantunan kalimat yang enak dengan suara lirih. Wisrawa berkata dengan hati-hati supaya tidak salah, Sukesi mendengarkan dengan cermat. Uraian terus berlanjut, kadang-kadang Sukesi menyela dengan bertanya. Wisrawa tahu dari caranya dan pertanyaan yang diajukan oleh Sukesi sebenarnya Sukesi sudah tahu Sastra Jendra. Lama-lama, kekakuan dalam komunikasi lenyap, lalu menjadi lebih luwes, terkadang diselingi senyuman dan saling curi pandang. Sukesi mulai mengagumi pria yang berbicara dengan sopan, manis dan bermutu, yang duduk dihadapannya.Logat bicaranya amat menarik, gerakan tubuh dan tangannya lebih mempertegas uraian yang diberikan dengan jelas.Dari pandangan-pandangan sekilas yang diarahkan kewajahnya, tak pelak lagi pria ini ganteng sekali.Belum pernah sebelumnya Sukesi bertemu dengan pria yang pintar dan sekaligus tampan seperti ini. Wisrawa dalam hati memuji Sukesi. “Waduh-waduh, putri raja yang dihadapkanku ini cantik luar biasa dan lagi luas wawasannya dan pandai sekali” Mula-mula dia masih berpikir bahwa Sukesi sangat cocok untuk menjadi permaisuri Raja Danaraja, yang anaknya. Oleh karena itu, hatinya senang dan dia banyak tersenyum supaya lamaran bagi anaknya disetujui oleh Sukesi.Meskipun, kadang-kadang pikirannya mulai melenceng : “Ah, belum pernah aku ketemu perawan secantik ini, wajahnya bercahaya lembut, tubuhnya indah, tutur kata indah dan menarik bagai magnit.Oh alangkah bahagianya bila aku bisa membelainya”..Tapi dalam sekejap ,Wisrawa mampu menepis goda pikir itu dan kembali rasional kepada misi yang diembannya. Penguraian Sastra Jendra baru pada tahapan pembuka, keduanya mulai lebih banyak berkomunikasi, lebih bebas bicaranya.. Entah bagaimana mulanya, kedua pihak saling tertarik. Rasa saling tertarik merasuk dalam kedalam hati pria dan wanita yang hanya berdua ditempat sepi. Keduanya dirasuki kobaran nafsu asmara yang menggelora. Tidak ada lagi basa basi, ewuh

bersikap sok suci. selama itu pula masih bisa terjerat oleh goda yang kelihatannya manis dan enak. Baru pada waktu”pembuatan” anak yang keempat. wataknya jahat sekali. satria jujur.Satria yang berwajah bagus. mereka sadar kembali dan melakukan hubungan kasih yang dilandasi kepada norma-norma Asmaragama yang mulia dengan memohon berkah kepada Gusti. Sukesi dan Wisrawa belum juga sadar bahwa hubungan mereka itu berdasar nafsu rendah belaka.Nantinya Gunawan Wibisana akan membantu Rama dalam usahanya membebaskan Sinta. Wisrawa dan Dewi Sukesi cepat larut dalam pelayaran memadu kasih yang meledak-ledak. hidup sederhana dan menjalani kehidupan spiritual. istrinya yang disekap oleh Dasamuka di Alengkadiraja. kenikmatan nafsu yang tak terkendali. anak ketiga. raksasa besar yang mengerikan. Melambangkan nafsu kepada harta duniawi.Mereka belum eling. masih juga bisa terkikis sifatnya yang bijak. Selama masih sebagai manusia yang berbadan fisik dan halus. atas nama asmara . Hubungan cinta ragawi Wisrawa dan Sukesi yang hanya dilandasi nafsu semata. putra keempat berupa manusia.Itulah kenapa para pinisepuh didalam setiap kesempatan selalu mengingatkan kepada kita semua supaya tetap eling lan waspada – ingat dan sadarlah selalu! Jangan takabur. Kumbakarna.Lahirlah anak pertama yang melambangkan nafsu amarah yang menyala-nyala yaitu : Dasamuka.hubungan cinta antara seorang calon mertua dengan seorang calon menantu. suka iri. menghasilkan buah yang sepadan. belum tersadarkan kembali. Kerajaan Alengka yang hancur karena perbuatan jahat Dasamuka. berwarna merah bagai api. putranya yang kedua. telah berhasil mengalahkan pikiran jernih. Padahal Dewi Sukesi dan Wisrawa adalah manusia-manusia yang sudah punya kesadaran spiritual tinggi. yang dilambangkan raksasa-raksasa jelek . belum ingat. Lahirlah Gunawan Wibisana. yang ketiganya berupa raksasa. raksasa besar. Sampai dengan kelahiran anak mereka yang ketiga. baik hati dan selalu memihak kepada kebenaran. Nafsu yang lepas kendali. perempuan raksasi. putih pucat. . Sarpakenaka. mukanya sepuluh. Mereka secepat kilat terlibat dalam Love Affairs. tetapi mengakibatkan keterpurukan. akan dibangun dan ditata kembali dibawah kepempiminan yang adil dan bijak dari Gunawan Wibisana.Sampai tiga kali mereka menarik benih kehidupan yang tidak baik. Ini perlambang senang kepada laku tirakat. melambangkan nafsu makan dan doyan tidur yang berlebihan. kulitnya hitam. Wataknya juga jahat. hanya mengedapankan nafsu.segalanya bisa dilakukan. Mukanya jelek berwarna kuning dan suka bersolek berlebihan.pakewuh-rintangan sopan santun dan tata susila. Hubungan cinta Hanya sejenak bertemu dan berkenalan. Gunawan Wibisana.

bahkan keterpurukan dalam kehidupan. Sastra Jendra berasal dari kata Sastra Harjendra.tentram sekali. Jadi Satra Harjendra yang disingkat menjadi Sastra Jendra adalah pengetahuan para dewa untuk mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan.Ngelmu Sejati Dari sudut pandang spiritualitas. Makan secukupnya.hidup sederhana. santai-heneng. berbudi pekerti luhur dan selalu manembah kepada Tuhan Yang Maha Welas Asih. dari pujangga Yasadipura dan Sindusastra. Maka ada orang tua yang mengatakan bahwa tidur itu saudaranya mati. Bagi yang sudah dewasa. Cobalah direnungkan. dalam hal keduniawian dan spiritualitas.. heneng. Kalau itu semua sudah mampu dilalui. Tidur seperlunya saja. jangan terlalu sering dan dilakukan hanya dengan pasangan resminya. jangan terlalu banyak. barulah punya kemampuan untuk mempelajari Sastra Jendra. salah satu jalan sederhana yang bisa dilaksanakan adalah menjalani urip sakmadyo. tirakatan. Kalau kita sudah bisa mengendalikan berbagai macam nafsu termasuk menentramkan pikiran dan mengarahkannya kepada hal-hal yang positif. yang positif sifatnya. melakukan sanggama juga supaya pakai ukuran.ngurang-ngurangi.Tidur sebentar tetapi berkwalitas. Dari segi pengamatan sastra-sastra/ kepustakaan agung Jawa. Untuk mencapai meneb. Didalam karya tulis .Oleh karena itu. barulah rasa hati bisa meneb – diajak tentram. raga tenang. yang penting sehat. dengan jalan antara lain menjalani berbagai macam laku puasa. itu mudah dikatakannya. seperti apa adanya. itu yang penting. Paling tidak seorang manusia yang ingin kehidupan baik lahir batin. semampunya. suka menolong sesama. sudah tidak sadar. Sastra Jendra adalah ilmu puncak yang hanya boleh diketahui dan dipakai para dewata. Selama hidup supaya bekerja dengan baik. mengurangi tidur dan sebagainya. harjendra dari raharja artinya selamat sejahtera dan endra artinya dewa. tidak perlu mewah. Pada zaman dahulu kala. tidurlah pada waktu sudah mengantuk sekali. Kebanyakan tidur tidak baik untuk mereka yang ingin meningkatkan kesadaran spiritualnya. orang-orang tua zaman dulu banyak yang “nglakoni”.orang lupa segalanya. Sastra artinya pengetahuan. hening.Sebenarnya.. harus mempunyai kehidupan yang imbang – The Balance of Life. Karena dalam tidur . ada sebuah karya klasik yang berjudul Arjuna Sasrabahu. kemudian rasa menjadi hening. Akibatnya bisa membuat kesusahan. tidak boleh diketahui dan digunakan oleh manusia. cerita cinta Wisrawa dengan Sukesi adalah untuk mengingatkan kepada pencari pencerahan jiwa untuk jangan terjebak kedalam berbagai nafsu yang negatif. pengetahuan spiritual yang tinggi tatarannya. banyak sayur dan buah. tetapi perlu latihan santai tetapi tekun untuk bisa mencapainya.

( diyu). Yang bermakna : Ilmunya para dewa untuk mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan dengan cara membebaskan diri ( pangruwat) dari kebutaan sehingga mampu membedakan yang baik dengan yang buruk.Self. Negoro Saudara halus dan Pengawal halus Dizaman modern ini. Anak muda sekarang menyebutnya antara lain dengan istilah soulmates. Jelas sekarang maksudnya bahwa orang yang sudah menguasai Sastra Jendra adalah manusia yang telah mengetahui jati dirinya. Sehingga hanya orang yang sungguh-sungguh serius belajar yang bisa menemukan. JagadKejawen. Seorang spiritualis yang telah ketemu dengan Pribadi Sejatinya atau yang telah berhasil berkumpul kembali dengan pribadi Sejatinya.selain ada banyak orang yang bertanya : ” Siapa Aku ini?” – “Who am I?”. Soulmates yang utama adalah jiwa yang amat dekat ikatannya seperti yang menjadi suami atau istri.yang telah Mengetahui Kasunyataaning Urip. Kalimat Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu. saudara kandung pria dan wanita. inti artinya adalah : Manusia yang samadinya diterima Gusti! Sungguh sederhana maksudnya. bunyinya : Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu. Higher Self-nya sehingga mengetahui rahasia kehidupan. tidak lagi ditutup. Kehidupan Sejati. menolong sesama dan aktif memelihara planet bumi. telah ketemu dengan Pribadi Sejatinya/Higher. Realitas Kehidupan lahir batin. anak atau orang tua ataupun .“ Where do I come from?”. teman atau saudara jiwa.Dengan kesadaran spiritualnya yang sejati dia akan selalu berbuat positif konstruktif..tutupi atau dirahasiakan. Kebatinan atau spiritualitas tempo dulu memang sarat dengan kalimat-kalimat yang samar atau memang sengaja dibuat samar. Ada juga yang bertanya apakah sebenarnya atau adakah” saudara-saudara halus” dari seorang manusia.itu ada kalimat yang menarik dan bernilai penting. “ Mengapa Aku disini?’ – “ Why am I here?” “ Dari mana Aku datang?’. pada saat ini. tentu tidak akan menyia-nyiakan hidupnya didunia ini . karena sekarang adalah masanya Sastra Ceta – pengetahuan yang jelas terbuka. Suryo S. istilah Kejawennya: Memayu Hayuning Sesama lan Buwono.

Mereka tentu tidak kelihatan oleh mata biasa . Jadi banyak bibit kehidupan yang tidak mendapatkan kesempatan untuk terlahir sebagai bayi manusia. yang menyebutnya dengan “ Kembaran Saya”. wajib mensyukuri hidup ini dan mengisi kehidupan didunia ini dengan benar. Bila raga rusak. rupa dan bentuknya persis seperti dirinya). mereka berdalih pada waktu ketemu dengan Pribadi Sejati. didalamnya berupa suksma. Tuhan. kita juga tidak mungkin berhubungan dekat ataupun bahkan mengenal dari dekat dengan semua orang. yang rusak adalah raga. pulang keharibaan Gusti. Para guides atau pengawal juga berasal dari dunia suksma. Orang Jawa kuno bilang : Kembali kemula-mula. setiap manusia selalu didampingi oleh saudara-saudara halusnya. selalu didampingi oleh saudarasaudara halusnya kapanpun dan dimanapun dia berada. Manusia dalam kiprahnya menjalani kehidupan dibumi . pengetahuan spiritual Jawa yang merupakan satu kebenaran dan kenyataan. Gusti. Di dunia yang banyak ditinggali manusia. spiritualitas Jawa mengakui bahwa setiap orang mempunyai saudara-saudara halus yang mendampinginya. karena didunia ini. Dalam pemahaman spiritualitas universal dinyatakan bahwa setiap manusia selalu didampingi oleh spirit guide atau pengawal suksma.Sedangkan yang telah menjadi bayi . ada sementara spiritualis muda kita. Oleh karena itu. baik dan berguna bagi sesama dan jagat ini. yang dalam spiritualitas sering dipanggil pribadi sejati atau Higher Self dan pada penampilan luarnya berujud manusia yang beraga. terlahir sebagai bayi. Ini sesuatu yang lumrah saja.( Mengenai Pribadi Sejati atau Higher Self. Bisa juga dua atau lima . Menurut kawruh Kejawen. maka suksma/jiwa kembali kealam asal atau dalam bahasa sehari-hari disebut meninggal dunia. Saudara-saudara halus Sejak kuno. Soulmates yang menjadi teman-teman baik didalam kehidupan duniawi. didalam pergaulan ini selain ada soul/jiwa yang sudah dikenal sebelumnya dialam kelanggengan atau immortal life.sahabat dekat. Seperti kita telah fahami bahwa manusia sejati adalah suksma yang memakai pakaian badan halus dan badan fisik yang sesuai. kalau terjadi bayi kembar. tumbuh menjadi manusia untuk menjalani kehidupan didunia ini.karena mereka tidak berbadan fisik. Tuhan untuk membantu dan menjaga saudaranya . banyak pula yang tidak dikenal. Suksma atau jiwa hidup langgeng atau immortal.raga eteris dan fisik. kita yang menjadi manusia . Mereka itu ada dan berbadan halus yang berujud sinar. ada juga kelompok soulmates yang adalah para individu yang sering saling berhubungan karena ada sebabnya/ kepentingannya. Dari begitu banyak bibit kehidupan berupa sperma sehat calon Bapak yang masuk dalam gua garba ibu. hanya satu yang menjadi janin dan ketika sudah 9/sembilan bulan dikandungan ibu. bisa satu pengawal bisa lebih. Misalnya antara murid dengan pengajarnya. Manusia hidup yang berujud bleger. Para saudara halus ini mendapatkan tugas dari Sang Pencipta Kehidupan.

Mereka tidak ikut dilahirkan melalui gua garba ibu. Puser : Pusar. mari kita coba mengenali mereka : Mar dan Marti. yaitu : Kakang Kawah : Kakak Kawah. Pancer : Pancer adalah bleger . tempatnya di Utara. Mar yang paling tua merefleksikan perjuangan ibu sewaktu melahirkan bayi. Secara mistis warnanya berupa cahaya putih bersih dan kuning muda jernih. Perjuangannya berhasil. Karena derajat Mar Marti adalah bagai Raja dan Ratu. sebelum sibayi. Siapa saja saudara halus itu? Saudara halus – sedulur alus yang tidak berbadan fisik itu menurut kepercayaan tradisional Jawa selalu membantu saudaranya yang manusia dengan jalan menyertai. sesudah si bayi. kekuatan yang kuat. Saudara halus itu jumlahnya banyak.yang pada saat ini menjadi manusia dibumi. Dia adalah daya. tempatnya di Selatan. Barat. Utara dan Tengah. maka manusia yang meminta bantuan mereka adalah yang punya perbuatan. Menurut istilah Kejawen adalah manusia yang telah melakukan tapabrata terlebih dahulu.( Mengenai kiblat: Timur. yang keluar dari rahim ibu. Mereka adalah saudara manusia yang lebih tua. hebat untuk hidup dan melindungi hidup. Oleh karena itu Mar Marti tinggi pangkatnya. Getih : Darah yang keluar dari rahim ibu sewaktu melahirkan.wujud badan jasmani yang ada ditengah keempat saudara yang lain yang tidak punya raga fisik. yang sudah melakukan laku spiritual yang sungguh-sungguh. dalam keadaan yang benar-benar diperlukan. Sedulur papat kalimo pancer Saudara empat yang kelima pancer. Warnanya hitam. tempatnya di Barat. lega rasanya. yang dipotong sesudah kelahiran bayi. Warnanya merah. Warnanya putih. Mar Marti membantu manusia yang dikawalnya . Sedulur papat kalimo pancer juga disebut Keblat papat. membantu supaya saudaranya yang manusia menjalani kehidupannya dengan selamat.hanya untuk hal-hal yang penting. yang kelima ditengah. Selatan. yang keluar dari rahim ibu. tempatnya di Timur. Warnanya kuning. ini . sebagai Raja dan Ratu. sejahtera selama hidup dibumi ini. sehat. Adi Ari-ari : Adik ari-ari. Tugas sedulur alus tersebut sesuai dengan paugeran – ketentuan dari Gusti. kalimo tengah . Marti merefleksikan perjuangan ibu setelah melahirkan. biasa dipanggil Mar Marti. pikiran dan rasa yang jernih. melindungi.artinya : Kiblat empat.

puser. Selanjutnya ada saudara-saudara halus yang dipanggil sebagai : Kabeh kadang ingsun kang metu saka margo ino lan kang ora metu saka marga ino. yang akan diuraikan dilain kesempatan). kabeh kadang ingsun kang lahir bareng sadino sawengine karo aku). terlebih kalau kita memperhatikan mereka. Tuhan. Kalau mereka merasa dianggap dan diperhatikan tentu mereka akan lebih rajin dan giat membantu. Contoh mengajak saudara halus kita. disadari atau tidak.mengandung pemahaman tersendiri dalam spiritualitas Kejawen. belajar. Perlu diketahui bahwa para saudara halus tersebut merasa senang kalau kita mengetahui kehadiran dan keberadaan mereka. Semua saudaraku. ewang-ewangono. mereka juga sering disebut sedulur sinarawedi. Mereka senang bila setiap saat diajak berpartisipasi dalam setiap kegiatan kita. Tentunya . Artinya supaya dibantu supaya tidak ada halangan maupun kecelakaan. adi ari-ari. Artinya supaya kita dibantu bisa makan dengan selamat dan makanan itu juga baik untuk kita. karena mereka dapat tugas dari Gusti. mandi dsb. Kabeh kadang ingsun kang ora katon miwah kang ora karawatan. seperti : makan. Kabeh kadang ingsun kang lahir bareng sadino sawengine karo aku. menyopir. Mereka itu selalu mengawal dan membantu kita.si manusia juga harus berbuat dan berkemauan yang baik. kabeh kadang ingsun kang ora katon miwah kang ora karawatan. memang benar saudara halus manusia itu ada banyak. katakan dalam batin : “ Semua saudara halusku ( secara lengkap adalah : Kakang kawah. saya mau makan. getih. kadang ingsun papat kalimo pancer. minum. ada yang menyebut mereka makdum sarpin. Perlu dikenal Para pinisepuh Kejawen mengajarkan supaya kita semua mengenal dan syukur kalau mau ngerteni – memahami saudara halus kita. . Semua saudaraku yang lahir siang malam bersamaku. bantulah saya menyopir mobil ini atau naik motor ini supaya selamat dan lancar sampai ke kampus atau ke kantor”. Jadi. bekerja. Para saudara halus ini mempunyai tugas untuk membantu manusia didalam menjalani kehidupan sehari-hari.saudara terdekat. “ Semua saudara halusku. kabeh kadang ingsun kang metu saka margo ino lan kang ora metu saka margo ino. Semua saudaraku yang tidak kelihatan dan tidak terawat. yang ada melalui rahim ibu dan yang tidak melalui rahim ibu. Dari sudut kebatinan. bantulah saya – Aku arep mangan.

Seandainya anda. Hendaknya diketahui bahwa para saudara halus itu berada didunia dengan tanpa raga fisik. selain ada masalah karma. letakkan telapak tangan kanan diatas dada . Sambil merebahkan badan ditempat tidur. Dengan menyebut mereka dan minta bantuan itu artinya anda mengakui keberadaan mereka dan bahwa mereka adalah saudara-saudara anda yang anda sayangi dan perlukan. itu tidak merendahkan mereka maupun anda. tentulah hubungannya menjadi lebih terbiasa dan bahkan menjadi akrab. kalau sering terjadi komunikasi. Seperti juga dalam pergaulan antar manusia. bisa terjadi hubungan yang saling membantu. satu per satu. bantulah saya dalam bekerja. Jalinan komunikasi pertama adalah : Anda sering menyebut nama mereka secara lengkap. itu harapan lebih besar dan lebih cepat untuk muncul dibumi sebagai manusia. Ini adalah tindakan terhormat karena anda dan saudara-saudara anda adalah dari satu sumber yang sama yaitu atas karsa Gusti. Katakan dalam batin : “ Kabeh sedulur alusku. tidak pernah menyapa mereka. . aku arep turu. itu adalah juga latihan bagi mereka. sebelum menutup mata. kita tidak bilang supaya dibantu tidur.“ Semua saudara halusku. Jadi menyebut mereka dan minta kerjasama mereka. biasanya tidur nyenyak. menyentuh jantung. bila nanti satu ketika . Akrab dengan saudara halus Hubungan akrab dengan semua saudara halus bisa dilakukan dengan biasa melakukan komunikasi. sesuai Kejawen. Nanti mereka semua tidur dan tidur itu bukan kebutuhan mereka. sial. nasib jelek dan sebagainya. meskipun itu tugas alami mereka atas kehendak Gusti. cerah. kamu atasi atau kamu bangunkan aku”. melindungi dan membantu anda. Kalau ada yang mengganggu atau membahayakan. Maka jangan heran kalau kita lihat banyak teman. Kalau sudah akrab. Tuhan. kenalan kita yang hidupnya kesandhung-sandhung – banyak menghadapi kendala.mereka diperbolehkan menjalani kehidupan sebagai manusia oleh Gusti. sehingga pekerjaan saya lancar dan benar”. Perlindungan pada waktu tidur Pada waktu tidur. Berdasarkan pengalaman. saya mau tidur. selamat. katakan dalam batin : “Saya juga hidup “–“ Aku iyo urip”. bangun tidur sehat. Mereka akan tidak antusias mendampingi. Artinya : “ Semua saudara halusku. maka sebagai sesama makhluk mereka juga merasa bahwa keberadaan mereka tidak anda perhatikan dan perlukan. Ini anda lakukan karena anda perlu minta dibantu atau dilindungi. Mungkin saja mereka tidak dibantu secara optimal oleh saudara-saudara halusnya sendiri. Bila mereka bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. itulah kenyataan yang digariskan Gusti. reksanen aku sajerone turu. lindungilah saya. yen ana kang ngganggu utawa mbebayani tandangono utawa gugahen aku”.

Disana kami menanti anugerah Gusti untuk diciptakan sebagai manusia dan boleh hidup dibumi sesuai ketentuan”. sedangkan Adi Ari-ari selalu mendukung dan menyenangkan. Getih membantu menggerakkan gairah dan semangat. Kakang Kawah dan Adi Ari-ari adalah yang banyak membantu dalam memenuhi kehendak yang baik. Sedangkan bagi saudara-saudara spiritualis yang sudah serasi hubungannya dengan Pribadi Sejati atau Higher Self. mereka juga punya rasa bosan. JagadKejawen. Sebaliknya . akan kita bicarakan kemudian. semadi kita. Lebih baik dia cepat dipanggil kembali kealam asal yaitu alam suksma dan kamipun juga bebas tugas dan juga kembali kealam suksma. hanya membantu dalam hal yang sungguh perlu dalam kehidupan seseorang. Pendekatan yang lain ketika kita mengajak saudara halus kita membantu kita supaya kita berhasil mencapai cita-cita dan keinginan yang baik.Pada tataran ini seorang manusia sejati sebenarnya telah memasuki tataran kesadaran spiritual yang jarang digapai oleh orang biasa.tetapi untuk sumarah – berpasrah total kepada Gusti. Pendekatan kita yang kedua adalah ketika kita melakukan laku spiritual untuk memperteguh iman kita untuk percaya.apalagi yang bersifat keduniawian. Menurut pengalaman para pinisepuh dan yang sudah akrab dengan saudara-saudara halus. Suryo S. Kakang Kawah selalu membantu sebaik-baiknya terjadinya satu cita-cita/ keinginan.Mereka juga senang kalau manusia yang dikawal sukses. disebut namanya satu persatu untuk membantu dan melindungi kita dan penyembahan kita. sebenarnya mereka itu masing-masing punya kekhususan a.: Mar Marti.bila yang dikawal tidak baik. Ajaklah saudara halus untuk membantu dan melindungi.consiousness yang berupa bawah sadar. Lalu timbul perasaannya :” Buat apa mendampingi lama-lama manusia seperti ini. Negoro Asal Usul Manusia . tidak memahami mereka. maju dan baik kehidupannya.l . kesadaran normal dan kesadaran tinggi. Pendekatan ketiga supaya akrab dengan saudara halus adalah supaya mereka membantu kita dalam menjalankan tugas kehidupan yang baik dan benar supaya berhasil dan tidak terkena halangan atau goda yang negatif. Pribadi Sejati bukan untuk permintaan apapun . meditasi kita diperkenankan oleh Gusti. berbakti dan mendekatkan diri kepada Gusti. Puser memperhatikan kemauan dan kebutuhan duniawi. Komunikasi dan ajakan kepada saudara halus yang utama adalah ketika kita manembah kepada Gusti. Mengenai kesadaran. Kita ajak mereka.

Memang. Sesudah itu kata-kata yang . Perkembangan nama manusia Pada zaman dahulu kala . nama-nama makanan seperti juwawut. Dengan melalui rasa dan pikiran dan saling melihat saja. Menurut Kejawen. nenek. nama-nama buah-buahan. dikisahkan melalui paduan kasih seorang wanita dan pria terkasihnya. air.Kehidupan telah menunjukkan bahwa mahluk manusia dan mahlukmahluk lain yang berbadan fisik seperti bermacam hewan. manusia berkomunikasi antar sesama melalui perasaan dan pikiran . sejak masa primitif sampai era modern ini. Perjalanan waktu dan sejarah telah menunjukkan perkembangan manusia. Lalu dikenal nama-nama benda alam seperti : tanah. bumi. seperti : aku. padi. Kemanapun kita berada. adik. pergi dan berurusan. tentu berhubungan dengan bangsa kita sendiri. kakek. Sebagai orang yang punya perasaan instinktif dan pikirannya selalu jalan. dengan bunga-bunga kalimat sastra. dari Gusti. didaerah tropis maupun dipinggir kutub. tajam sekali. kita sendiri juga mahluk manusia yang tinggal disebuah tempat dari belahan bumi. dikota. ketika orang sudah bisa menyebutkan nama barangbarang yang ada didunia ini dan selanjutnya muncul kata-kata sifat. Ini juga satu anugerah dari alam. Lece Kemudian. kambing. istri dengan suami. kakak. hati kecilnya tentu bertanya : Didunia ini ada begitu banyak manusia yang menjalani kehidupan diberbagai tempat. mahluk manusia dimasa itu disebut : Lece. langit. Sejak kecil kita bergaul dengan ibu. mereka bisa saling mengerti. Kata-kata yang mulai dipakai adalah benda-benda yang ada disekitarnya. kekuatan telepati manusia tajam sekali. lalu secara bertahap. terlahirlah buah cinta yang disebut bayi. ada pemukiman manusia.istilah asingnya : through their mind. negara. bulan. sapi dsb. bintang. yaitu sama-sama bangsa manusia.Kenyataan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari didunia ini adalah : Dimana-mana ada manusia. dibeberapa benua. perasaan dan pikiran ( mind) para nenek moyang bangsa manusia sangatlah peka. dimana komunikasi masih dengan bahasa isyarat dan lengkingan-lengkingan suara yang belum teratur. nama-nama binatang seperti ikan. berkembang dan beranak pinak melalui perantaraan induk yang dibuahi pejantannya. tetangga. didesa. matahari. angin dsb. ayah. yang semuanya mahluk manusia. burung. Pada masa mula-mula manusia dibumi. Pada manusia. suara yang keluar dari mulut semakin teratur dan lama-lama bisa dikendalikan sehingga sinkron dengan kehendak yang dikendalikan otak. kamu. dizaman mula tersebut. api. mulai muncul bahasa isyarat. teman. saudara. Mudita Mudita adalah sebutan untuk orang.

menjaga .berhubungan dengan rasa seperti : panas. bahasa mulai berkembang. Seseorang yang tidak punya rasa malu dikatakan berwatak seperti hewan. Ini sebenarnya adalah sebuah pemahaman klasik! Alam raya beserta segala isinya termasuk manusia berada dalam keadaan seperti ini. Wong. kalau tidak ada mudita . Wahong Menurut pemahaman Kejawen. wong Sunda. yaitu mahluk yang punya malu. Ada orang-orang tua bijak yang tajam dan bening rasa hatinya. mudita disebut manusia. mudita telah diberi kuasa oleh Sang Pencipta. Jadi. adalah suksma.Untuk itu. manusia punya malu. Manu artinya malu dan swa artinya hewan. manusia menerima pembelajaran kembali tentang esensi kehidupan. tidak seperti hewan. kata wahong berubah menjadi wong. Manusia dari manuswa. terang.Dewa -dewi adalah juga mahluk ciptaan Tuhan yang berujud spirit. Tuhan. Jadi sejak ada Mudita. Rupanya peradaban mulai meningkat. Keberadaan alam beserta isinya termasuk umat manusia karena dikehendaki dan dicipta oleh Sang Pencipta Alam. gelap. untuk memberi nama semua hal yang ada dialam ini. artinya anak keturunan atau berasal dari dewa. Menurut pemahaman Kejawen.Dalam perkembangan bahasa. hidup dan eksistensi manusia terancam. sakit. tidak bisa dipisahkan keberadaannya dari alam. karena tanpa alam tidak ada eksistensi manusia dibumi ini. Tuhan Yang Maha Kuasa dan Welas Asih ( dan tentu nama-nama Tuhan dalam berbagai agama dan bahasa). wong Asia. karena merupakan bagian alam. enak.Lalu kita sering mendengar ungkapan : wong Jawa. pahit. Rupanya. Melalui mereka. sama dengan esensi suksma. wong Amerika dsb. manis. dingin. . wong Indonesia. yang dalam perkembangannya dipuja dengan asma: Gusti. sejak dulu manusia sadar untuk harus melestarikan. artinya orang. benda dibumi. ketika orang sudah disebut manusia. pinisepuh Kejawen menyebut orang : Wahong. spirit yang berada dialam asal muasal dibawah kuasa langsung Gusti. Manusia Pada perkembangan lebih lanjut. manusia adalah suksma. semua mahluk. setelah melalui proses yang teramat panjang. tetumbuhan. merawat alam ini sebaik-baiknya. manusia sebelum terlahir didunia ini dengan perantaraan ibu dan bapak. Manusia. budaya dan peradaban berkembang lebih cepat. Orang-orang tua kita berkata. yang esensinya adalah cahaya. spirit yang memakai pakaian raga fisik dan raga halus untuk menjalani kehidupan didunia ini. Oleh karena itu. Pangeran. kecut. asin dsb. Kalau bumi dan alam rusak. tak ada kata-kata dan bahasa: Kabeh ora kocap – Segala hal tak terucapkan.

Ini disebabkan si . tidak sinkron. Itulah sebabnya kenapa para spiritualis. Sedangkan suksma tetap hidup dan kembali pulang ketempat asal muasal dialam kelanggengan. Sang Suksma ketika sudah sampai dibumi dan berujud manusia. Dalam kehidupan ini. Ti Hyang Dalam bahasa Jawa krama inggil. bahasa halus. selalu akan sadar akan misi hidupnya dari Gusti. adalah suksma yang berada diraga manusia. menemui banyak hambatan dan goda dalam menjalankan misinya. manusia dengan egonya. Pribadi Sejati.dikarenakan pengaruh kuat dari keperluan materi dan duniawi dalam kehidupan ini. Higher Self. Sang Suksma Agung. maka orang itu mati. yang sejak dulu tidak henti-hentinya dilontarkan. Beliau adalah Sang Pencipta. yang adalah diri sejatinya. Tuhan juga tak berwujud fisik. telah akrab dengan Sang Suksma. Kalau suksma/roh kembali ke asal muasal karena berbagai alasan. istilah asingnya Higher Self. Tuhan. Suksma mendapat kesempatan dari Tuhan untuk berkiprah didunia dan menjalankan suatu misi. kekuasaan dan berbagai macam akal-akalan yang tidak baik). pribadi sejatinya . banyak orang yang lupa kehidupan sejati. yang adalah suksma. istilah asingnya “ Know thyself”. Kenapa suksma berada didunia? Ini pertanyaan yang menggelitik. Hidupnya didunia pasti membawa misi yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia dan jagat ini. suatu tugas yang mesti dilaksanakan sebaik-baiknya sampai tuntas. seorang manusia seharusnya mengenali diri sejatinya. ada yang memberi istilah : kembali ke haribaan Tuhan. Sang Pribadi. Hubungan sang suksma dengan kendaraan yang dipakainya. tidak tahu asal muasalnya dan esensi hidupnya. orang-orang bijak sering berkata : “ Kenalilah dirimu sendiri”. Oleh karena itu. wong adalah tiyang dari kata Ti Hyang. Ungkapan yang lebih lugas menyatakan : Suksma harus sekolah didunia. berasal dari dewa. Sang Suksma Agung. Sang Suksma Agung. Itulah yang dikatakan orang yang telah mendapatkan pencerahan secara spiritual. sesudah dia bisa akrab dengan suksma-nya. Padahal ini adalah pemahaman kunci bagi Kejawen dan spiritualitas universal. Yang bisa berkomunikasi dengan cara terhalus dengan Gusti. spirit. Kenalilah dirimu yang sejati Pada umumnya . Yang hidup adalah suksma/roh yang berada dibadan orang. sangat sedikit orang yang menyadari bahwa dia itu sebenarnya adalah suksma/roh yang berpakaian badan kasar dan badan halus. Sayangnya.Tiyang. Orang akan memahami dan mengalami kehidupan didunia dengan tentram bahagia ( dan tidak larut arus kehidupan yang tidak baik dengan berebut harta.

lain kali mengalami masa jaya. hati yang bening. siapa dirimu sebenarnya dan apa tugas sejatimu didunia. akan kita kupas kemudian. itu merupakan perjalanan yang benar. kita akan membicarakan tentang terjadinya jagat raya dan bumi ini. pinisepuh Kejawen tidak bosan-bosannya mengingatkan : Eling lan waspada. Mengenai hal ini.selalu berputar. Laku batin tersebut dilandasi perbuatan dan perilaku yang baik. Suryo S. hidup sejati. istilah hidup bagai roda. Tuhan. istilah kebatinannya : Cakra manggilingan.satu ketika bisa susah. cakra manggilingan diartikan : Jalan hidup seseorang .manusia terlalu didominasi oleh elemen-elemen duniawi . Beberapa pengalaman akan dialami oleh pelaku kebatinan. Dia nyasar pulangnya. orang Timur senang dengan kebatinan. untuk mengetahui urip sejati. hati bersih suci. Negoro Kebatinan Orang Jawa. budi luhur. Jadi. usaha dengan melalui rasa. Kebatinan adalah laku. satu saat suksma turun menetap sementara didunia. JagadKejawen.Sadar dan waspadalah. karena telah membuat kesalahan fatal ketika berada didunia. Perjalanan suksma. . Menyiasati hal ini. sesudah orangnya meninggal. Dia telah berbuat/membiarkan terjadinya perbuatan yang tidak baik dan melakukan dosa. Ajaran Timur termasuk Kejawen mempercayai bahwa kehidupan seseorang itu seperti roda yang berputar. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas dan jelas. ada yang dirasa berat. tidak mulus kembali kealam mulamula. meninggalkan esensi spiritualnya. spiritualitas Timur percaya kepada adanya inkarnasi dan reinkarnasi. kemudian dapat tugas dari Tuhan untuk tinggal dibumi. dengan selalu mendekatkan diri dan manembah kepada Gusti. lalu dapat tugas lagi dibumi dan seterusnya . Hidup bagai roda berputar. Dalam kehidupan sehari-hari. tempat mahluk manusia bertempat tinggal. pada saat lain dia berada dialam suksma. Karena ada banyak suksma. maunya hanya memenuhi keinginan materi dan duniawi yang penuh nafsu. berasal dari mula-mula. lalu kembali lagi ke alam mula-mula alamnya suksma. makmur. ada yang enak. orang Indonesia. semua itu adalah bumbu-bumbu kehidupan dalam menapaki jalan Ilahi. Artinya.

Selain yang lahir. bukan takhayul! Tetapi kemampuan fungsi mata batin. yaitu batin. sejak anak kecil telah dikalahkan oleh logika. Jelas. tidak hanya terdiri dari benda-benda dan zat-zat yang lahir saja. Setiap tindakan yang dilakukan.Manunggalnya kawulo Gusti Pamore kawulo Gusti -Bersatunya kawulo Gusti Yang intinya berarti : Seorang anak manusia telah berada dikehidupan sejati dalam lindungan keagungan Tuhan. yang diakui oleh siapapun. Istilah populernya adalah : Jumbuhing kawulo Gusti . kepekaan otak . otak batin. Alasannya : Tidak sesuai dengan logika. itu tidak hilang. seperti : pikiran. pikiran. tentu sebelumnya di-batin dulu. Kedua : Ada orang yang tajam mata batinnya. rasa dan indra yang lain . Batin itu luas dan dalam Dengan pengertian dasar seperti diatas. Selain ada yang konkrit . hanya sengaja ditutup atau dihalangi atau tidak dikembangkan.ada batin. rasa batin . sehingga mampu melihat yang oleh kebanyakan orang disebut gaib. Itu anugerah Tuhan.dari “ sononya” juga dilengkapi. maka yang termasuk lahir adalah apa saja yang kelihatan oleh mata. yang kasat mata. mata biasa. memiliki mata batin. muncul dialam lahir. Pandangan yang ditangkap mata juga ada dua. Tuhan. muncul. gagasan. selain lahir . Oleh karena perangkat-perangkat batin secara alami dan sah dimiliki setiap manusia. Pertama : Yang bisa dilihat oleh mata lahir. sedangkan yang tidak kelihatan termasuk ranah batin. Sebelum sesuatu termanifestasi. Tidak hanya mata batin yang ditutup. sesuatu itu berada dulu didalam angan-angan. batin dsb. juga ditutup. Sekali lagi.Hubungan serasi kawulo Gusti Manunggaling kawulo Gusti . eksis. yang terjadi hanyalah fungsinya tidak . menemukan fakta bahwa hidup dan alam ini . ada yang abstrak. Perlu diketahui bahwa setiap orang secara alami. lahir. yang ditanamkan oleh orang tua dan pergaulan umum. Jadi yang terjadi sesungguhnya. tetapi sebenarnya ada.kepekaan mata batin. ada juga halhal yang tidak terlihat oleh mata. Timbulnya kebatinan Timbulnya kebatinan sebenarnya adalah hal logis. setelah manusia dalam pengalaman menjalani kehidupan ini.Pengalaman puncak pelaku kebatinan/ spiritualis adalah kenyataan bahwa dirinya sebagai kawulo berada dalam hubungan serasi dengan Gusti. maka hal tersebut tak bisa dihilangkan.

orang-orang seperti itu secara salah kaprah dipandang mempunyai kemampuan diatas normal. mampu melihat dan mengetahui bahwa kenyataan itu terdiri dari dua hal. tidak akal-akalan. tenangkan perasaan anda. yaitu : Yang nyata bagi setiap orang ditambah “ yang tidak kelihatan” Ini sebenarnya hal yang normal saja. karena perangkat-perangkat itu sudah lama sekali tidak difungsikan. Tentu untuk itu anda harus sabar. Membuka kembali perangkat-perangkat batin. Kalau terbukanya terlalu cepat atau tiba-tiba. masih manusiawi) untuk mendapatkan rejeki dari situ. dibiarkan tertutup. Latihan mengolah batin. saudara-saudara kita yang perangkat-perangkatnya berfungsi lahir batin. bahkan supernormal dlsb. mereka memberikan petunjuk dan pendapat yang benar. wajib bersyukur kepada Tuhan. orang-orang yang disebut paranormal itu senang dengan julukan itu dan memanfaatkan kesempatan ( katanya ini lumrah . Ini tidak perlu diperdebatkan. Pelaksanaan dan latihan tersebut hanya melibatkan dan berhubungan dengan diri anda sendiri dan diberkati oleh Tuhan. nanti anda kaget dan bisa mengalami goncangan jiwa. Itu bagus. Seorang manusia yang terbuka mata lahir dan batinnya. Supaya anda tidak perlu ke “paranormal” kalau lagi bingung atau punya masalah. Sehingga yang disebut dunia nyata itu relatif. harus dibayar. katakanlah bahwa orang tersebut memanfaatkan sepenuhnya karunia yang diberikan oleh Tuhan. Mudah-mudahan. mulailah berlatih santai membuka kembali fungsi-fungsi perangkat “gaib” yang anda miliki. Kalau yang minta tolong orang yang tidak punya dan lagi susah. dia bisa melihat dan memahami yang kelihatan dan “ yang tidak kelihatan”. Lalu memberikan konsultasi. Kesimpulannya sebagai berikut : Bagi saudara-saudara kita yang fungsi perangkat-perangkat batinnya tidak diaktifkan. Sementara itu. nurani dan tingkat kesadaran spiritualnya. selain perlu lebih banyak berdoa kepada Tuhan. kendalikan emosi. otak dan panca indra normal yang berfungsi bagus. tidak lagi berdasarkan suka rela sebagai sesama manusia mahluk Tuhan. melatih diri. karena mempunyai mata. tetap berfungsi otak dan rasa batinnya. tetapi ada tarifnya.dihidupkan. ada yang menyebut mereka paranormal. bisa dilakukan sendiri atas dasar kemantapan hati yang pasrah total kepada Gusti atau dengan petunjuk atau bimbingan seseorang yang lebih senior dalam olah . Untuk membuat keadaan lebih ramai. yang dilihat adalah yang nyata secara konkrit. Karena yang mempunyai kemampuan melihat termasuk hal-hal yang disebut gaib jumlahnya sedikit. bahkan dibantu uang transportnya untuk pulang naik bis! Ini semua tentu terpulang kepada watak. mudah-mudahan digratiskan.

sehingga hubungannya dengan Tuhan. tak pernah berpisah. Ada yang menyebut Unio Mystica – Persatuan mistis kawulo Gusti . bahasa Jawa. Silahkan. dengan menggambarkan perjalanan spiritual Bima yang berliku-liku. Dalam pemahaman spiritualitas universal dikatakan : Aku ketemu Higher-Self. sampai akhirnya. ketemu dengan Suksma Sejati yang sebenarnya berada didalam diri Bima sendiri. anda bebas menentukan pilihan. Bima berhasil ketemu dengan Dewa Suksma Ruci atau biasanya disebut Dewa Ruci. yang benar. serasi. Sampai kini. selain dinikmati sebagai tontonan klasik yang menarik. mahluk-mahluk halus yang mendiami tempat-tempat angker. melatih olah kebatinan atau spiritualitas menurut istilah universal. sudah terbuka batinnya yang tinggi. hidup sejati. juga memberi tuntunan sikap dan pandangan hidup yang mengedepankan nilai-nilai kebenaran. metode untuk menghayati kebenaran sejati. JagadKejawen. yang menjadi hak anda dan itu adalah jalan Ilahi. santet dan hal-hal semacam itu. dimana si anak manusia tentram bahagia dalam pengayoman cahaya keagungan Tuhan. hamba dengan Tuhan. itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan takhayul. pagelaran wayang kulit tetap diminati oleh banyak penonton. diri yang lebih tinggi/ Pribadi atau bahkan bisa ketemu dengan Highest –Self – Pribadi Sejati. Suryo S. Bimbingan Guru Laku tersebut untuk menghindari dari beraneka gangguan dan hal-hal yang negatif. Disinilah Bima mendapatkan pencerahan rohani. Inilah initi kebatinan yang sesungguhnya. Manunggalnya Kawulo Gusti. yang biasanya disebut Guru. penuh hambatan dan tantangan. Menjalani.kebatinan. Negoro Bima ketemu Dewa Ruci Cerita wayang Dewa Ruci cukup populer dikalangan penggemar wayang di Indonesia. sudah mendapat Pencerahan – Enlightment – Pepadhang. mempelajari. mengenali diri sejati. orang Jawa tradisional sangat menghargai dan tetap melestarikan wayang sebagai seni adiluhung warisan leluhur. Ini merupakan cerita wayang versi Jawa. Ada yang menyebut keadaan seperti itu : Wis tinarbuko. sehingga tidak keliru tujuan sejatinya. Kebatinan adalah jalan yang mulia. Wayang sangat merasuk dihati.Adalah fakta gamblang. Yang penting anda yakin selalu berada dijalan yang hakiki. Pertemuan Bima dengan Dewa Suksma Ruci adalah perlambang dari Manunggaling Kawulo Gusti. .

sina adalah tempat yang tinggi. supaya hidupnya benar-benar tentram bahagia. Ini juga pralambang. Menurut pengamatannya . Laku spiritual Bima perlu dicermati.. Bahaya yang dihadapi besar sekali. Bersikap santai. suci. Laku spiritual Dalam usaha untuk menemukan Air Suci Prawitasari. Tur artinya gunung. Bima dengan pasti telah menggegam erat kehidupan sejati yang bagi kebanyakan orang masih saja merupakan teka-teki dan misteri. maksudnya harus mampu menjaga fokus pandangan mata. Bima sampai saat ini telah berhasil menyelesaikan banyak tugas dalam bidang keduniawian. Fokuskan pandangan mata kepuncak gunung. Pengalaman menjelajah hutan Tikbrasara dan mendaki gunung Reksamuka adalah merupakan pelajaran sikap dalam melakukan meditasi atau samadi. Dia berani menghadapi resiko apapun. Gunung Reksamuka Bima harus mendaki kepuncak gunung yang tinggi. Air Suci Prawitasari Semua bermula ketika Bima disuruh oleh Guru Durna untuk menemukan Air Suci Prawitasari. yaitu kepucuk hidung. Sebenarnya Tikbrasa merupakan pralambang. Prawita dari pawita artinya bersih. sari adalah inti. Bima menyeruak hutan lebat Tikbrasara yang seram dan banyak binatang buasnya. Dalam istilah kebatinan Kejawen dikatakan : bagai mendaki Tursina. maut selalu menanti. dalam kisah wayang Dewa Ruci. sara artinya tajam. Siapkan diri baik-baik sebelumnya dengan membersihkan raga dan jiwa ( istilahnya :sesuci). batinnya naik ketempat yang tinggi. Guru Durna menilai bahwa sudah saatnya Bima mendapatkan tataran ngelmu yang lebih tinggi. dia mampu karena pandai dan prigel dan dia punya budi luhur dan sikap mental yang baik. sebagai salah satu usaha batin yang efektif. Dibawah ini rintangan –rintangan yang harus disingkarkan : Hutan Tikbrasara Atas petunjuk gurunya.Yang samadi. Jadi. untuk mendapatkan pencerahan. pasrah. Air Suci Prawitasari adalah inti dari Ngelmu Suci – The essence of divine spiritual knowledge.Mulai saat tersebut. . melewati jalan terjal berkelok-kelok. Ini merupakan pelajaran untuk mencapai cipta yang tajam dan benar. dalam istilah spiritual umum adalah visualisasi yang tajam sehingga tujuan tercapai. Bima harus berjuang mati-matian seorang diri. Tikbra artinya prihatin.

Maksudnya . tidak membalas. Bima meneruskan perjalanan dan tanpa ragu masuk ke samudra. ( Eling). Sesudah ular. Kalau terlalu banyak makan lemak dan daging. kedua halangan besar itu harus disingkirkan. Bima berhasil menaklukkan dua raksasa yang berwajah bengis menakutkan. Ini juga pralambang.Mengalahkan Rukmuka dan Rukmakala Dihutan. Samudra dan Ular Ternyata Air Suci Prawitasari tidak ada dihutan dan digunung. Rukmakala adalah rukma( emas) yang kala ( membahayakan). juga tidak baik untuk spiritualitas. Tidak pernah bosan berbuat yang benar. selain tidak baik untuk kesehatan. jadilah orang yang pemaaf. Walau dijahati orang. Bima harus mengalahkan Rukmuka dan Rukmakala. Bagaimana bisa pasrah sumarah dalam samadi kalau pikiran ke Rukmuka artinya mau melahap makanan-makanan enak mewah yang sebenarnya ruk ( merusak) kesehatan tubuh dan pikiran. pikiran jangan maunya kekayaan materi yang melimpah melulu. Samudra mengingatkan kepada kata “samudra pangaksama” artinya punyailah hati yang lapang. Menjalani kehidupan dengan rasa syukur dan dengan sadar. Ingat kepada yang sejati. Belum lama berada diair. yaitu sifat-sifat jahat berhasil disingkirkan. Selau bersikap baik dan benar ( Legawa). antara lain :       Tidak iri kepada orang lain yang maju dan berhasil. Tahu dengan sadar yang salah dan yang benar. lalu sifat-sifat yang baik perlu dipertahankan dan dilakukan. . Bima bukan orang penakut. ( Nrima). Ular disini melambangkan sifat-sifat jahat yang harus dilawan. Bima sudah mau diterkam seekor Ular Laut Raksasa.( Santosa). Tidak susah yang berlebihan sewaktu kekayaannya berkurang ( bahasa Jawa : Rila). sabar. Rendah hati.Bima yakin apa yang dicari ada didalam samudra. Orang-orang tua suka memberi nasihat : Boleh makan secukupnya saja dan makanan yang sehat. Supaya meditasinya berhasil. Itulah kenapa. yaitu Rukmuka dan Rukmakala. diutamakan sayur dan buah. antara lain untuk melakukan samadi. Itu halangan untuk laku spiritualitas dan samadi. tidak dendam ( Anoraga). ular laut itu dihadapinya.

Tidur pada waktu sudah mengantuk. Bercinta dalam batas takaran dan sebaiknya dengan pasangannya yang sah. bersatunya Kawulo Gusti. telah bertemu dengan “Bima Sejati” yang berupa cahaya. tidak perlu dikasur yang empuk dan mewah. melupakan kesalahan masa lalu dan kerugian-kerugian yang pernah dialami diwaktu silam. Dan apa yang terjadi? Bima sudah berada didalam dan disitu Bima bisa melihat seluruh jagat dan juga dewa mungil tersebut. misalnya makan pada waktu sudah lapar. Negoro . Minum pada waktu haus dan tidak usah memilih minuman yang enak-enak. Didalam pandangan dalamnya . Suryo S. Bima telah menerima pelajaran terpenting dalam hidupnya. segalanya telah terbuka untuknya ( Tinarbuko). mendadak tanpa persiapan apapun . namanya Dewa Suksma Ruci.” Aku Bima”.Kalau sakit dihusada/diobati. Menjaga kesehatan badan. makannya tidak perlu banyak. teratur dan disetiap saat terpanggil.     Tentram hatinya. JagadKejawen. Melakukan samadi rutin. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari supaya bersikap ngurang-ngurangi. Meskipun ragu. Itulah Pamore Kawulo Gusti atau Manunggaling Kawulo Gusti. Kedatangan Dewa Suksma Ruci adalah pertanda suci. Bima bisa melihat segalanya.Selalu bersikap positif dalam menjalani hidup ini. Pelajaran spiritual dari bertemunya Bima dengan Dewa Suksma Ruci adalah : Bima bersamadi dengan benar dan kesampaian samadinya. Ketemu Dewa Suksma Ruci Sesudah Bima berhasil menyingkirkan semua hambatan. dia ketemu dengan Dewa mungil yang bercahaya terang tetapi tidak menyilaukan .Bima diperintahkan masuk kedalam raga Dewa Suksma Ruci melalui telinga kiri dewa tersebut. Selalu berniat dan berbuat baik untuk kepentingan semua pihak ( Rahayu). Dia telah menemukan sejati pribadinya yang berada didalam dirinya. dipergunakan untuk berkiprah positif .( Wilujeng). Bima patuh dan melakukan seperti yang diperintahkan. bagaimana mungkin dia yang bertubuh besar bisa masuk ketelinga dewa kecil tersebut. secukupnya saja. diterimanya samadi Bima.rupanya mirip benar dengan dirinya. raga dirawat supaya tetap sehat. ( Gembira). yang sederhana saja asalkan bersih dan sehat. Selalu belajar dan mempelajari ilmu dan ngelmu yang benar ( Marsudi kawruh).Jangan suka ngomong dibelakang dan menjelek-jelekkan orang lain.

orang Jawa tradisional lebih menghayati nuansa spiritualnya. Yang Esa. mereka melakukan “lek-lekan” artinya semalaman tidak tidur. Umat manusia dari lubuk hati terdalam manembah. dengan berbuat yang terbaik. Tuhan yang Maha Esa. Perayaan 1 Suro bisa dilakukan dibanyak tempat dan dengan berbagai cara. melakukan introspeksi. menghormati kepada Yang Satu itu. Beberapa tempat untuk memperingati 1 Suro Banyak orang yang melakukan ziarah ketempat-tempat yang dipercaya mempunyai daya supranatural yang kuat. kebanyakan orang mengharapkan “ ngalap berkah” mendapatkan berkah pada hari besar yang suci ini. Itu tergantung dari kemantapan batin yang menjalani dan bisa juga sesuai dengan tradisi masyarakat setempat. dimasa kuno makuno. hidup dan berkiprah didunia ini. yang mula-mula menciptakan seluruh alam raya ini dengan semua isinya. yaitu Gusti. orang membersihkan diri lahir batin. Yang Tunggal.Perayaan 1 Suro Orang orang tradisional Jawa yang tinggal di Jawa maupun bagian lain Indonesia banyak yang merayakan 1 Suro yang dipandang sebagai hari sakral. Oleh karena itu peringatan 1 Suro selalu berjalan dengan khusuk. Berbeda dengan perayaan Tahun Baru kalender Masehi yang setiap tanggal 1 Januari dirayakan dengan nuansa pesta . Pemahamannya adalah : Tanggal satu pada tahun baru Jawa diperingati sebagai saat dimulainya adanya kehidupan baru. Secara tradisi turun temurun. didunia ini tidak ada kehidupan. Pemahaman ini telah sejak jaman kabuyutan di Jawa .Yang Membuat Hidup dan Menghidupi. Gunung Dieng juga dipenuhi banyak pengunjung untuk melakukan Suran. . yang telah memberi kesempatan kepada kita semua untuk lahir. mengucap syukur kepada Gusti. Tidak salah jagad harus dilestarikan. Menyadari atas kesempatan teramat mulia yang diberikan oleh Sang Pencipta. termasuk manusia.Pada malam 1 Suro. biasanya orang melakukan laku prihatin untuk tidak tidur semalam suntuk atau selama 24 jam. tidak hanya untuk dirinya sendiri dan keluarga terdekatnya. istilah kejawennya adalah Memayu Hayuning Bawono. Banyak peziarah yang mendaki puncak Gunung Lawu disebelah timur Solo. karena kalau jagad rusak. maka sudah selayaknya manusia selaku titah menjalankan kehidupan didunia yang waktunya terbatas ini. Ribuan orang berada di pantai Parangtritis dan Parangkusumo di Yogyakarta. 1 Suro adalah Tahun Baru menurut kalender Jawa. telah dengan sadar disadari sepenuhnya oleh para pinisepuh kita. tetapi untuk sesama mahluk Tuhan dengan antara lain melestarikan jagad ini.

pertapa yang terkenal. Tempat-tempat terkenal yang dipakai untuk tirakatan 1 Suro Desa Pantaran. Tempuran sungai dipercaya mempunyai daya gaib/ enerji yang lebih kuat. tidak menyurutkan minat para peziarah untuk mandi disungai tersebut. Tempat favorit adalah tempuran sungai. Sesuai kebiasaan di Pantaran. mereka baru naik sesudah lilin itu habis. Selain mandi.Bila didesanya atau didesa tetangga tidak ada pagelaran wayang kulit. Sesudah mandi atau berendam. mereka meneruskan tirakatan dipinggir kali sampai pagi. 16 km sebelah utara Boyolali. Dinginnya udara malam dan dinginnya air sungai Sipendok yang bagaikan es. dilereng timur Gunung Merbabu. Sesudah itu . hanya kepalanya yang kelihatan dipermukaan air. banyak yang berendam berlama-lama disungai. Banyak tempat dikota-kota dan berbagai desa mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk untuk mangayu bagyo 1 Suro. meningkatkan moral dan mendalami ajaran spiritual . biasanya penduduk desa berkumpul disatu tempat yang lapang atau dibalai desa untuk mendengarkan siaran wayang kulit dari radio. Makam-makam dan petilasan orang-orang tua bijak. dimana hadirin akan menerima petunjuk-petunjuk yang berguna untuk kehidupan. para peziarah mandi berendam disungai dengan memegangi sebuah lilin yang dinyalakan. tempat bertemunya dua sungai menjadi satu . banyak didatangi peziarah untuk melakukan doa kepada Tuhan dan selanjutnya melakukan semedi. mengadakan tirakatan dipinggiran sungai sampai pagi hari. raja. . meditasi atau berzikir seperti yang dilakukan peziarah di petilasan Dlepih. sendang dan sungai dipadati pengunjung untuk mandi sesuci ditengah malam. wali.Beberapa mata air. memperingati 1 Suro dengan menonton pertunjukan wayang kulit semalam suntuk .

Gunung Merbabu Pada malam 1 Suro. setiap malam 1 Suro mengadakan ritual sesaji sedekah gunung untuk memperingati 1 Suro.Pantaran adalah pertapaan yang terkenal. Gunung Merapi Penduduk desa Selo yang terletak dilereng utara Gunung Merapi. Warga setempat yang tinggal dilereng-lereng gunung Sumbing dan Sindoro pada malam 1 Suro mendaki kepuncak-puncak gunung tersebut yang tingginya lebih dari 3000 m diatas laut. Mereka . Sesajinya antara lain berupa kepala kerbau yang ditanam dipuncak Gunung Merapi. penduduk yang tinggal dilereng utara Gunung Merbabu melakukan sedekah tradisional didekat Kawah gunung. Jaka Tingkir dinobatkan menjadi Raja Kerajaan Pajang dengan gelar Sultan Hadiwijaya. cukup ditanam disuatu tempat yang disebut Pasar Bubrah. tetapi bila cuaca buruk dan gunung sedang gawat. yang dulu sering dipakai bertapa keluarga Kerajaan Pengging termasuk Jaka Tingkir pada masa mudanya. Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro Gunung-gunung ini terletak di Temanggung dan Wonosobo di Jawa Tengah.

Di Surakarta banyak peziarah mandi di sungai Ranji. Syekh Bela. Di Surakarta banyak orang berkunjung ke Pengging. Ini sudah menjadi tradisi turun temurun sejak ratusan tahun yang lalu. Giring. Laweyan. Bayat. Petilasan Karaton Pajang. Makam nDoro Purbo. selamat dan terhindar dari masalah kehidupan yang tidak baik. seperti : Pertemuan sungai Oya dan Opak. pertemuan sungai Kontheng dan Winongo. Lawang Tunggal. mereka selalu sehat.Belu. pertemuan sungai Gajah Wong dan Opak dan lain-lain didaerah Jogjakarta. Kota Gede. banyak peziarah yang datang kedesa Guyangan. Sleman. Sleman untuk mandi dan minum air sumur buatan Ki Demang Cokrodikromo tahun 1877. Barat Ketiga. Nogotirto. Panembahan Bodho dan lain-lain tempat di Jogjakarta. Wotgaleh. Suralaya. Syekh Maulana Magribi. Tempat-tempat yang tidak pernah sepi Banyak tempat yang tidak pernah sepi pengunjung pada malam 1 Suro. Nogotirto. Gunung Lanang. Mata air yang menarik untuk dipakai mandi suci antara lain : . Imogiri. Jogjakarta Untuk merayakan 1 Suro sambil ngalap berkah. Sungai dikota Semarang juga banyak dikunjungi peziarah. Makam-makam dan petilasan-petilasan yang ramai dikunjungi a. Mereka percaya dengan ritual ini. Selo Ening.l : Kembang Lampir. Kyai Balak dll. Desa Guyangan.berada dipuncak sampai matahari terbit. Langenharjo.

Krendhowahono dll. Hari Sakral di bulan Suro Selain tanggal 1 Suro yang sakral. Danau Ngebel dekat Ponorogo. Juga banyak orang melewatkan malam 1 Suro di Baron. Upacara ritual juga diadakan di Ngobaran dan Kukup. Kalau pada bulan Suro tidak ada hari Selasa Kliwon. Gunung Kawi. bukit di Randudongkal. . Surabaya dll.l. : Pantai Cilacap. Tempat-tempat lain di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi peziarah a. Parangtritis. Parangendog. Cermin. hari Selasa Kliwon juga dinyatakan sakral. Petilasan Prabu Jayabaya di Mamenang . sebagai gantinya adalah hari Jum’at Legi atau Kliwon. Demak .banyak warganya yang merayakan 1 Suro secara tradisi yaitu misalnya dengan kumpul-kumpul sambil “lek-lekan”. Samas dan Krakal. Jumprit dan lain-lain. Di pantai selatan.tidak tidur semalaman atau dengan menyaksikan atau mendengarkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Madiun. Malang. Kediri. Gunung Srandil. Sedangkan beberapa tempat di Jawa Timur yang ramai pada 1 Suro adalah : Alas Ketonggo. Bribin. Pandansimo. Kemuning. Dipesisir pantai utara laut Jawa juga banyak diadakan upacara-upacara ritual seperti di pantai Jepara. Brajan. Rancang dll. ribuan orang memadati tempat-tempat favorit di Parangkusumo. Di Ngrenehan diadakan sesaji laut atau Pisungsung Jaladri. Pengging. Di Jakarta. Ibukota Indonesia . Pada malam Selasa Kliwon dibulan Suro banyak peziarah berada ditempat-tempat yang dianggap sakral dan punya daya gaib yang kuat. Seliran. Kadilangu. Petilasan Kraton Majapahit di Trowulan. Pada bulan Suro banyak orang yang mengadakan upacara ruwatan untuk keselamatan dan buang sial seperti Ruwatan Murwakala.Kasihan. Tingkir. Beberapa gua yang diminati pengunjung adalah : Gua Langse.

pusaka- . tidak melakukan upacara perkawinan. oleh karena itu hari dan tanggal baru dimulai pukul 6. senang menolong sesama. Puro Mangkunagaran Kirab dimulai pada jam 7. Rute kirab adalah berjalan kaki mengelilingi tembok Puro sebelah luar.membatasi akan hal-hal yang bersifat kebutuhan atau kesenangan duniawi. Biasanya juga dibarengi dengan mengurangi tidur dengan jalan : tidur hanya sekali sehari yaitu sesudah jam 12.pencucian pusaka seperti keris. Melakukan pekerjaan atau mencari nafkah yang rajin dan dengan jalan yang baik. beberapa pusaka andalan milik Puro Mangkunagaran dibawa kirab oleh para abdidalem. Selama bulan Suro. supaya mendapatkan ketenangan hidup dan pencerahan spiritual. orang tradisional Jawa senang kepada kebatinan.Sang Pencipta. membuat rumah baru dsb. Kanjeng Kyai Poh Jenggi dan pusaka-pusaka lain yang langsung ditunjuk oleh Sri Mangkoenagoro IX. tombak. menjaga kebersihan diri. senang melakukan tirakat seperti “ngurang-ngurangi”. anggota trah dan diikuti banyak pengikut. gamelan dsb. (Seperti diketahui kalender Jawa mengikuti sistim rembulan. Bulan Suro juga waktu yang baik untuk mengadakan jamasan. Pusaka-pusaka yang dikirab antara lain Kanjeng Kyai Tambur.00 – tujuh malam pada setiap 1 Suro.Minum air putih. rumah. Konsumsi makanannya secukupnya saja dengan lebih banyak sayur dan buah. pada bulan Suro orang Jawa tradisional tidak melakukan pertemuan atau pesta yang bersifat keduniawian. Bulan Suro dipandang bulan yang baik untuk menobatkan Ratu atau Raja. waktu yang sangat baik untuk membersihkan diri lahir batin dan mendekatkan diri kepada Gusti . Setelah selesai kirab. Oleh karena itu.00 malam dan bangun sebelum matahari terbit.Lebih banyak Tirakatan Pada dasarnya. Di beberapa desa . laku tirakat akan lebih kencang artinya lebih banyak melakukan tirakat. dikawal oleh beberapa petinggi Puro . menghindari perkataan dan perbuatan kotor. upacara Bersih Desa atau Ruwat Bumi diadakan pada bulan Suro. Dalam kehidupan sehari-hari selalu menjaga keseimbangan keperluan duniawi dan spiritual. Sebelum bersembahyang akan membersihkan raga dan jiwa dengan jalan mandi suci dan berpuasa sekuatnya dan selama itu berusaha supaya berpikiran baik. sedikit nasi. Ini bulan suci. Pada pelaksanaan kirab. daging dihindari atau sedikit saja. Kirab Pusaka Karaton Surakarta dan Puro Mangkunagaran melakukan Kirab Pusaka pada malam 1 Suro.00 sore ). lingkungan dan turut melestarikan alam.

pemandian pusaka. Kanjeng Kyai Karawelang ditempatkan didalam sebuah monumen yang bentuknya seperti candi yang tingginya 7 ( tujuh) meter. terpelihara dan daya supranatural pusaka tetap kuat. untuk membukanya harus dilakukan oleh 8 ( delapan) orang penduduk asli Selogiri. Selama satu jam listrik dikomplek Puro dipadamkan selama ritual Suran dan samadi yang dipusatkan di nDalem Ageng. Wonogiri. Seluruh batu yang digunakan untuk monumen itu berasal dari Gunung Lawu. Sesudah selamatan pusaka-pusaka tersebut dikutugi – diasapi dengan asap kemenyan. Setiap tahun pusaka-pusaka tersebut dimandikan di pendapa Selogiri. Didepan kamar itu terdapat dua buah patung kayu Loro Blonyo yang merupakan symbol kemakmuran. Selain nDalem Ageng. lalu dikembalikan lagi ditempatnya di monumen. Pusaka Mangkunagaran di Wonogiri Puro Mangkunagaran mempunyai beberapa pusaka yang ditaruh di desa Nglaroh. Kanjeng Kyai Baladewa.pusaka tersebut ditempatkan kembali dengan khidmad ditempatnya semula. Mereka semua duduk bersila dengan hening dan khusuk melakukan samadi. Pusaka-pusaka tersebut Kanjeng Kyai Togog. yang di ikuti oleh para petinggi Puro.tempat terpenting rumah tradisional Jawa. Pada tengah malam. Dipuncak bangunan tersebut ada sebuah pintu. banyak pusaka milik warga setempat yang ikut pula dijamasi supaya pusaka-pusaka secara fisik bersih. keluarga/trah dan para abdidalem. Karaton Surakarta . Puro Mangkoenagaran mengadakan ritual samadi di nDalem Ageng didepan Krobongan. Ini memenuhi janji dari Sri Mangkoenagoro VII untuk mengingat jasa-jasa rakyat desa Nglaroh dalam membantu perjuangan Pangeran Sambernyowo yang kemudian menjadi Sri Mangkoenagoro I. Pada saat jamasan. Pringgitan dan Pendapa juga dipakai untuk upacara ritual.

Kirab Pusaka Karaton Surakarta dimulai tepat tengah malam 1 Suro. hal itu tidak menghalangi kawula untuk menyaksikan kirab pusaka.l. beberapa abdidalem melakukan meditasi di Paningrat dan sebagian yang lain berdoa di Masjid Pudyasana. Kanjeng Kyai Kertaraharja. Acara doa dan semadi berakhir kira-kira jam 3. Nonongan. warga menyaksikan dua kirab pusaka yaitu dari Mangkunagaran dan Kasunanan. Pasar Kliwon.30 pagi saat rombongan kirab telah masuk kembali di Karaton. damai.barisan terdepan yang unik. . Beberapa orang dengan khusuk menghormat pusaka yang lewat didepan mereka dengan sembah. Kanjeng Kyai Brekat. Rute kirab dimulai dari Karaton menuju Alun-alun Utara. Pesan dari Sri Pakoeboewono XII Sehubungan dengan kirab 1 Suro. Seandainya malam itu hujan. Alun-alun Utara dan masuk kembali ke Karaton. Sri Susuhunan Pakoeboewono XII almarhum pernah bersabda bahwa Kirab Pusaka 1 Suro di Surakarta diadakan dengan harapan untuk membantu rakyat supaya hidup selamat. . Pada malam itu suasana ramai sekali . Kanjeng Kyai Batok. Itu sudah merupakan tradisi yang berjalan sejak lama. pada malam 1 Suro. : Kanjeng Kyai Baru. Selama kirab berlangsung. Jadi dikota Solo. Kanjeng Kyai Jompong dan pusaka-pusaka lain yang ditunjuk langsung oleh Sri Pakubuwono XII. Kanjeng Kyai Kebo Mas. yaitu rombongan Kebo Bule – kerbau putih Kyai Slamet yang dipercaya sebagai symbol keselamatan. Sepanjang jalan yang dilalui kirab penuh dijejali oleh ribuan pengunjung untuk ngalap berkah. Pusaka=pusaka yang dikirabkan a. Gading. makmur atas perkenan Tuhan Yang Maha Kuasa. lalu ke Gladag. Iringan kirab didahului oleh cucuk lampah.

Selama kirab. Ditengah ada lukisan pedang putih dan lingkaran-lingkaran merah dan huruf Arab. Kamar pusaka diurusi oleh beberapa abdidalem wanita yang ditunjuk. Sinuwun memutuskan beberapa orang bangsawan dan abdidalem untuk mengikuti kirab sesuai rute yang telah ditentukan. makan. kebakaran dll marabahaya. beberapa pusaka dibawa kesebuah tempat yang namanya Parasdya. K.l. Kanjeng Kyai . Kirab Pusaka bukanlah pameran senjata. Ada beberapa abdidalem yang bertugas untuk mengawal pusaka-pusaka sambil terus menerus membakar kemenyan. Setiap pusaka yang dikirab dilindungi kain beludru dan diangkat dua orang. Pusaka Karaton dikirabkan diluar karaton pada saat yang diperlukan dan atas permintaan masyarakat.Selanjutnya beliau menyatakan : Di Karaton Surakarta. semua keluarga Karaton yang terkait dengan upacara tersebut wajib untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya Negara beserta segala isinya berada dalam keadaan selamat. banjir. Tunggul Wulung berupa bendera hitam yang bergaris kuning dipinggirnya. Selama kirab yang merupakan upacara sakral. ini adalah manifestasi budaya tradisional yang dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan. Perawatan Pusaka Pusaka-pusaka karaton disimpan di-nDalem Ageng Prabasuyasa. Di Jogjakarta Karaton Jogjakarta tidak mempunyai tradisi melakukan kirab pusaka di bulan Suro. minum dan selama waktu itu harus berlaku patut dan sopan. Pusaka-pusaka tersebut dipercaya memiliki daya supranatural yang akan menyebarkan daya magisnya. misalnya untuk melawan wabah penyakit. Kanjeng Kyai Tunggul Wulung untuk melawan wabah penyakit yang waktu itu melanda Jogja. Kirab Pusaka adalah tradisi untuk memperingati tahun baru 1 Suro. maka semua petugas yang mengikuti kirab yang lamanya kurang lebih 4(empat) jam itu dilarang berbicara.K. merokok. Pusaka-pusaka karaton yang pernah dikirabkan a. Untuk persiapan kirab.

Sampai kini. Adalah hal yang biasa bila dimalam 1 Suro. Arti lain dari Suro adalah berani. boleh dilakukan siapapun. Selama berjalan keliling benteng tidak bicara. maka diadakan pada hari Jum’at Kliwon atau Jum’at Legi. Sultan Hamangkubuwono IX maupun Sri Pakualam IX masing-masing mempunyai acara. Ini merupakan salah satu laku spiritual supaya mendapatkan ketentraman hidup. Karaton Jogjakarta.Biasanya kirab keliling benteng berakhir jam 4 ( empat) pagi. Upacara 1 Suro oleh Karaton pernah dilakukan di Ngobaran. Puro Mangkunagaran mengadakan upacara siraman pusaka pada pagi hari 1 Suro. Pusaka-pusaka Karaton dan Puro adalah pusaka-pusaka sakti yang dulu dipakai sebagai senjata dalam perang. pantai selatan sedangkan Puro melakukan di Gunung Lanang . Menurut para spiritualis Kejawen. Kalau dibulan Suro tidak ada hari Selasa Kliwon. Kegiatan abdidalem Karaton Jogjakarta dan Puro Pakualaman pada setiap malam 1 Suro juga mempunyai upacara ritual yang dilakukan oleh beberapa abdidalem yang ditugasi. Tetapi apabila ada orang yang kebetulan tahu dan mendatangi tempat upacara. kedua tempat tersebut mempunyai daya linuwih . setiap malam 1 Suro . Meski kirab ini tidak ada yang mengorganisir. Siraman Pusaka Karaton Surakarta. tetapi warga yang berpartisipasi melakukan dengan tertib.Pare Anom sebuah bendera berwarna hijau dengan tulisan huruf Arab. Para peserta jalan keliling bukan hanya bangsawan Jogja.enerji yang bagus dan kuat. mereka tidak akan diusir oleh abdidalem yang bertanggung jawab. istilah lokalnya mbisu. . tetapi bebas. berjalan kaki mengelilingi Benteng Karaton disebelah luar. pusaka-pusaka tersebut akan tetap mempunyai sifat berani dan tetap memancarkan enerji yang baik . Kegiatan ini kemudian menjadi tradisi. Puro Pakualaman mengadakan siraman pusakapemandian pusaka pada hari Selasa Kliwon setiap bulan Suro. Kedua pusaka itu dipercaya mempunyai daya magi putih yang kuat. Dengan men-jamasi-nya /menyucikannya di bulan Suro. paguyuban bangsawan Jogjakarta yang bernama Hari Dewado memperingati 1 Suro dengan cara melakukan kirab. Tetapi kegiatan itu hanya untuk keperluan Karaton dan Puro dan tidak dipublikasikan. masyarakat secara spontan berjalan keliling Benteng Karaton sebagai upacara ritual. Kirab Keliling Benteng Karaton Dimulai sejak tahun 1950.

Pelaksanaan Siraman Pusaka Dipagi hari Selasa Kliwon. pakaian raja. didampingi seorang Pangeran keluar dari Bangsal Prabayeksa berjalan menuju Bangsal Manis. Selama proses siraman berlangsung. : beberapa bubur berwarna-warni.mengolesi dengan warangan 3. Pada jam 10. hanya di ikuti raja . Setiap bulan Sura. Bila tidak bisa melakukannya sendiri. seperangkat sesaji disiapkan terlebih dulu. (Pusaka-pusaka karaton diberi pangkat kebangsawanan seperti Kanjeng Kyai Ageng . Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan mengenakan pakaian keprabon. Pusaka karaton paling sakral yaitu Kanjeng Kyai Ageng Plered dikawal oleh tiga buah pusaka berujud tombak yaitu Kanjeng Kyai Ageng ( KKA) Gadatapan. sekitar jam 10. Tatacara siraman pusaka di Karaton Jogjakarta Upacara tradisional ini hanya untuk internal karaton. yang terdiri dari a. Anjamasi . Sesaji Sebelum pelaksanaan siraman pusaka. buah-buahan. daging untuk beberapa pusaka. ayam jago.Tradisi memandikan/menyucikan puasa pada bulan Suro telah menjadi tradisi bagi para pemilik pusaka diluar karaton.00 siraman dimulai. beberapa bangsawan dan abdidalem yang ditunjuk. Kemudian pusaka –pusaka dimandikan dengan proses sebagai berikut : 1. bisa minta bantuan pihak yang ahli dalam siraman pusaka. Marangi . Karaton Surakarta pusaka andalannya Kanjeng Kyai Baru . pusaka-pusaka dikembalikan ke Bangsal Prabayeksa.mengoleskan minyak cendana Sesudah siraman selesai.membersihkan 2. Pusaka-pusaka tersebut diambil sendiri oleh raja atau oleh seorang Bupati wanita yang ditunjuk dari Bangsal Prabayeksa. Selanjutnya pusaka-pusaka diatur di Bangsal Manis. Raja akan melakukan sendiri siraman beberapa pusaka karaton yang terpenting. KKA Gadawedana dan KKA Megatruh melewati Bangsal Kencana dibawa ke Bangsal Manis. Mutihi . . mereka akan memandikan pusakanya. Karaton Jogjakarta adalah Kanjeng Kyai Plered.00 pagi. Setiap Karaton dan Puro mempunyai abdidalem yang khusus mengurusi pusaka. ada abdidalem yang membakar kemenyan.l.

KKA Jaka Piturun. Puro Pakualaman . KKA Mahesa Nular. Itu berarti kereta-kereta milik kerajaan supaya segera dimandikan.K. menyuburkan tanah. para abdidalem terkait melaksanakan selamatan lengkap dengan sesajinya.A. memberitahu bahwa KKA Plered telah di sirami.Kanjeng Kyai dsb) Pusaka KKA Plered yang berupa Tombak diletakkan ditempat khusus lalu dibuka sarungnya. Sri Sultan Hamengku Buwono X sendiri membawa KKA Plered ke suatu tempat yang disebut Gilang di halaman Bangsal Manis dan memandikan sendiri pusaka tersebut. sebelah barat karaton. seorang abdidalem diperintahkan untuk pergi ke Musium Kereta milik karaton di Rotowijayan. Pusaka tombak lain yang terkenal adalah KKA Baru dan KKA Macan.Mereka pulang dengan membawa beberapa botol air . Malam hari sebelum pelaksanaan siraman. sehingga padi dan tembakau dan tanaman-tanaman yang lain terhindar dari serangan hama. demikian juga pusaka-pusaka yang lain. Pusaka-pusaka yang lain pelaksanaan siramannya dilakukan oleh para abdidalem yang ditunjuk. Sesudah KKA Plered dimandikan. pada waktu siraman kereta pusaka banyak orang yang menyaksikan antara para petani yang tidak saja dari Jogja . Kopek. disusul kereta-kereta yang lain yang jumlahnya 18 ( delapan belas) buah. Oleh karena itu.tetapi datang dari sekitar Jogja seperti dari Wonosobo. Kereta yang pertama dimandikan adalah Kereta Kanjeng Nyai Jimat yang adalah warisan dari Sultan Hamengku Buwono I. Temanggung. melindungi sawah dan tanaman . Beliau juga memandikan secara langsung beberapa keris pusaka seperti : K. Siraman Kereta Siraman kereta karaton Jogjakarta dilaksanakan dihalaman Musium Kereta di Rotowijayan. KKA Simbar Inten. KKA Sengkelat. Dieng dll. Air siraman kereta pusaka dipercaya mempunyai daya magis yang kuat untuk menyembuhkan orang sakit.

makam raja-raja di Imogiri yaitu KK Jathakilat dan KK Pacar dimandikan pada hari yang sama seperti di Karaton.Siraman pusaka di Puro Pakualaman dipimpin langsung oleh KGPAA Paku Alam IX dibantu oleh beberapa kerabat dan abdidalem. Waktunya bersamaan dengan pelaksanaan pusaka di Karaton Jogjakarta.l.30 pagi para abdidalem Makam Imogiri mulai melakukan upacara ritual untuk membersihkan 4 ( empat) buah tempat air besar yang terletak di halaman Sapiturang . Kanjeng Kyai Gambir Anom. Para abdidalem gamelan ( pengrawit) sibuk memandikan gamelan Puro a. para abdidalem dari kedua karaton terlebih dahulu mengadakan selamatan dan sesaji. sebelum keempat enceh dikuras dan dibersihkan. Upacara ritual di Imogiri Beberapa keris pusaka milik Karaton Jogjkarta warisan dari Sultan Hamengku Buwono VIII yang disimpan di Saptarengga. biasanya pada hari Jum’at Kliwon jam 9. . Nama-nama tempat air ( enceh) tersebut adalah : Nyai Siyem dan Nyai Mendhung yang diurus oleh abdidalem Karaton Surakarta dan Kyai Danumoyo dan Kyai Danumurti yang di urus oleh abdidalem Karaton Jogjakarta. Abdidalem Karaton Surakarta mengenakan pakaian tradisional berupa beskap putih. Raja Besar wangsa Mataram. Pembersihan tempat air Dibulan Suro. sedangkan abdidalem Karaton Jogjakarta berpakaian baju pranakan warna biru. tepat di halaman pintu masuk makam Sultan Agung. Sesuai dengan tradisi.

Solo dan sekitarnya. Rujak Degan – minuman segar kelapa muda dengan gula Jawa. Kebiasaan seperti ini telah berjalan lama. apa gunanya membuat sakit hati orang lain? . batangnya. jangan kita membuat sakit hati orang lain. Maksud dari menyantap bersama Bubur Suran itu adalah : 1. kita semua wajib menjaga. untuk itu supaya selama hidup dibumi selalu dapat makan. lidinya maupun daunnya. memberi kepada sesama. Petunjuk baku dalam manusia menjalani hidup adalah supaya umat manusia yang sebenarnya serumpun dan bersaudara. selalu berbudi pekerti dan memegang prinsip-prinsip tata krama dan tata susila dalam pergaulan. 3. Cobalah kita renungkan. Kedelai Hitam digoreng. Bubur Putih melambangkan kesucian jalan hidup yang kita lakukan. Mereka yakin bahwa dengan menaburkan air Imogiri. supaya adil dalam menikmati produk-produk yang diberikan oleh alam ini. Selain itu semua bagian dari pohon kelapa amat berguna baik buahnya. Telur Ayam Kampung digoreng dadar di-iris-iris.menyebar dimana-mana. Itu semua adalah berkah Gusti. yaitu Bubur Suran. memelihara bumi tempat kita tinggal. semua senang bahagia . demikian juga manusia. Bubur Suran baku yang disajikan terdiri dari : Bubur Putih.Upacara pengurasan air Imogiri juga dihadiri banyak pengunjung terutama para petani dari Jogja. Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Janur Kuning sehelai dipasang diatas pintu masuk rumah. Pada malam 1 Suro. Makan bersama menunjukkan kerukunan berkeluarga. karena berasal dari Asal Muasal yang satu dan sama. tanaman mereka akan tumbuh subur. 5. Pohon kelapa tumbuh dimana-mana dengan mudah dan subur dan mampu menyesuaikan dengan keadaan setempat.l. terbebas dari gangguan hama dan hasil panennya bagus. Serundeng Kelapa merupakan petunjuk jelas supaya kita semua mengikuti filosofi kelapa . Kita bisa memberikan hal-hal yang baik. Merupakan simbol dari hidup yang berkesinambungan dan sumrambah. Serundeng Kalapa. mampu menolong. karena seperti dikatakan oleh para pinisepuh bijak : Menyakiti orang lain artinya juga menyakiti diri sendiri. santap malam keluarga adalah menu special tetapi sederhana. Ini menunjukkan sikap hidup dan watak yang mituhuselalu setia untuk berbuat baik dan benar dengan cara mematuhi ajaran pinisepuh supaya anak cucu selalu manembah dan berada dijalan yang diberkahi dan diperkenankan Tuhan. untuk menyembuhkan orang sakit. bersyukur bisa kumpul menikmati hidangan enak meskipun sederhana. melindungi sawah dan ladang dari ancaman hama dan untuk menyuburkan tanah. Bubur Suran Ada tradisi menarik yang dilakukan keluarga Jawa untuk menyambut bulan Suro. Hendaknya segala perbuatan kita juga bermanfaat bagi sesama. 2. Setelah upacara selesai mereka membawa pulang air dari enceh Imogiri untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya a. serabutnya. Semua hidangan adalah pemberian Ibu Pertiwi. Ini contoh yang positif bagi manusia. Telur Ayam Kampung digoreng dadar dan di-iris-iris. Kita mampu berkarya. 4. Kedelai Hitam yang digoreng .

Tuhan. selalu dalam koridor yang ditetapkan oleh Nya. Gusti bukanlah badan kasar dan halus manusia melainkan Pribadi Sejati. Itulah sedikit penjelasan mengenai apa yang tersirat dalam filosofi Bubur Suran . istilah universalnya Higher Self. Tulisan ini untuk menyambut 1 Suro Tahun Dal 1943 yang jatuh pada hari Jum’at Kliwon tanggal 18 Desember 2009. Itu artinya kita berterimakasih kepada Tuhan.giat. benar dan bijak dan semua itu sesuai dengan sikap kedewasaan kita masing-masing. Memang nenek moyang orang Jawa itu sukanya memberikan sanepo. itulah yang membuat manusia hidup didunia ini. Janur Kuning dipasang diatas pintu rumah. kuning muda .6. bahwa hidupnya didunia diberkahi oleh Nya. Istilah universalnya adalah Spirit. Ini simbolik dari hidup yang cerah karena telah sadar dan menghayati hidup yang sejati. dilindungi Beliau siang dan malam. yang memberi hidup dan menghidupi. Yang berhubungan dengan Sang Suksma Agung. artinya kepasrahannya kepada Tuhan telah diberi anugerah. pada puncak keheningan dalam kesadaran penuh. dia melihat baik dengan mata terbuka maupun tertutup dan merasakan hatinya begitu tentram. Si Hidup sejati atau suksma atau spirit ini selalu hidup dan keberadaannya bersama atau manunggalnya dengan raga fisik dan eteris ( kasar dan halus) manusia. Kuning. sepanjang waktu. kita mesti menjalani dan menikmati hidup didunia ini untuk kebersamaan dengan cara yang baik. Mari kita hidup rukun dalam suasana regeng – semarak. Rujak Degan merupakan simbul manusia wajib menjalani hidup dengan antusias. bekerja dengan baik . dia berada ditengah-tengah cahaya kuning bersih lembut. Seorang spiritualis pada waktu melakukan meditasi. harus dipahami dengan sadar sesadar-sadarnya. Cahaya yang sejati itulah hidup yang sebenarnya yang berada bersama dalam badan fisik dan eteris kita. untuk kepentingannya sendiri. Dan itu terjadi atas perkenan Sang Suksma Agung. maunya menang dan enak sendiri atau paling-paling buat keluarga terdekatnya dan konco-konconya. 7. nafasnya lembut. warnanya adalah kuning bersih. Ada yang menyebut sebagai Suksma Sejati atau Pribadi Sejati.Di-ayomi. Ini perlambang hidup kita yang sejati yang selalu dekat dengan Gusti.benar . Hidup ini bukanlah hidup sendiri. Tuhan.Kita ajak semua saudara kita untuk tidak loyo menjalani kehidupan ini. .Sikap seperti ini dipunyai oleh saudara-saudara kita yang telah mendapatkan pencerahan jiwa.semacam petunjuk atau nasihat yang harus dibuka apa arti sebenarnya. Hidup sejati.Manusia yang dewasa kesadarannya berusaha untuk mampu ketemu dengan Pribadi Sejati/Higher Self untuk mengetahui kehidupan sejati. Harus selalu berbuat baik. Oleh karena itu kita mesti menjalani hidup ini dengan mantap. menyenangkan.Untuk itu. Gusti. Hidup ini untuk seluruh manusia bahkan seluruh mahluk dijagad raya ini. benar dan adil. Janur adalah Sejatinya Nur atau istilah kebatinan umum adalah Nur Sejati artinya Cahaya yang sejati.

Persiapan pelaksanaan ruwatan Sebelum pelaksanaan upacara ruwat. raksasa besar yang kejam dan menakutkan. . yang suka memangsa para sukerto. Pergantian hari mengikuti sistim rembulan pada jam 6 sore. Secara politis tindakan ini juga bertujuan untuk memperkuat persatuan bangsa melawan ancaman penjajah. yang hakikatnya menyatukan Rajawedha dengan upacara kaum petani Gramawedha yang waktunya bersamaan dengan 1 Muharam.Negoro (Di-edit dari buku: “Upacara Tradisional dan Ritual Jawa” terbitan tahun 2001 oleh penulis yang sama). 1 Suro dimaksudkan untuk lebih mempersatukan raja dan kawula. Suryo S. tahun baru Umat Islam. dengan upaya menyatukan umat Islam Mataram dengan Banten. Pada saat itu negeri mulai terancam. Ruwatan yang paling terkenal yang sejak zaman kuno diselenggarakan oleh nenek moyang adalah Ruwatan Murwakala. Sultan Agung tidak mengadakan upacara ritual kerajaan Rajawedha. ketika Sultan Agung Hanyokrokusumo membuat kalender Jawa yang baru. dimana orang-orang yang termasuk kategori sukerto diruwat/disucikan supaya terbebas dari ancaman Betara Kala. nasib jelek dan supaya selanjutnya bisa hidup selamat sejahtera dan bahagia. Ruwatan Ruwatan adalah satu upacara tradisional supaya orang terbebas dari segala macam kesialan hidup. sebagai gantinya diadakan Upacara 1 Suro. beberapa hal berikut sudah ada ditempat upacara. Dalam ruwatan ini dipergelarkan wayang kulit dengan cerita Murwakala. JagadKejawen.Catatan : Peringatan 1 Suro dimulai sejak tahun 1633 Masehi.

Para sukerto diantar oleh para orang tuanya diterima oleh Ki Dalang yang akan meruwat.1. Suasana sakral terasa. dekat dengan putra-putrinya. Seorang dalang sepuh yang mumpuni untuk melakukan upacara ruwatan sukerto. Serah terima sukerto berjalan dengan khusuk. Ki Dalang duduk ditempatnya didepan kelir dan mulai mendalang wayang dengan cerita Murwakala. Orang tua dari para sukerto berpakaian adat dengan apik. 5. dibarengi aroma ratus dupa yang lembut harum. 4. 2. Cerita Muwakala . lengkap dengan seperangkat panggung wayang kulit dengan gamelan dan para penabuh dan pesindennya. Tempat untuk pelaksanaan ruwatan yang cukup luas untuk panggung wayang kulit. Para sukerto duduk bersila dibelakang kelir wayang dan selama pagelaran bersikap santun dan memperhatikan cerita wayang dan nasihat. Pelaksanaan Ruwatan 1. Sesaji yang diperlukan yang cukup banyak macamnya. 3.Salah seorang orang tua sukerto atau seseorang yang ditunjuk menyerahkan para sukerto kepada Ki Dalang untuk diruwat. Para orang tua sukerto duduk ditempat yang telah disediakan. 3. tempat duduk para sukerto dan orang tuanya dan tempat-tempat air untuk memandikan sukerto. Para sukerto yang berpakaian serba putih bersih. kidung dan doa-doa/mantra yang diucapkan oleh Ki Dalang. 2. Warna putih adalah lambang dari suci.

Guru bersama istrinya. memerintahkan supaya Kala dipanggil. Dia melanggar peraturan yang telah ditetapkan dewa. Betara Guru melihat wajah istrinya berseri-seri. Dengan nafsu berkobar Guru menggauli istrinya. karena Kala punya watak sulit dan punya kesaktian tinggi. Guru bertanya : “ Siapa yang dimangsa oleh Kala?” Narada menjawab : “ Sekarang ini. Sesudah para dewa menghaturkan sembah kepada Betara Guru. Hanya Guru dan Durga yang tahu siapa Kala sebenarnya. Sang Patih dan para dewa yang lain. Kala memangsa siapapun yang ketemu dia. Narada melaporkan keadaan didunia .lelaki. Durga mengingatkan bahwa ini bukanlah waktu dan tempat yang tepat untuk bercinta. sangat indah menawan. diawang-awang biru muda nan cerah. istrinya. Pemandangan begitu indah. Durga. yang hanya mementingkan diri sendiri. Siapa sebenarnya Betara Kala? Para dewa tidak tahu siapa sebenarnya Kala.dimana kawula sangat risau. dihadap oleh Betara Narada. Begini kisah kelahiran Kala : Disatu hari yang cerah. Kala adalah anak yang terjadi dari kama salah. . raksasa seram. dengan menaiki lembu Andini. sehingga menjadi mahluk yang berwatak jahat. tinggi besar.Pagelaran wayang kulit dimulai dengan adegan jejer di Jonggring Salaka. Tiba-tiba Guru kepingin bermain cinta dengan istrinya. wanita . Kala itu sangat rakus. banyak anak-anak. hasratnya tak bisa dicegah. Sidang para dewa juga memutuskan bahwa Betara Guru sendiri yang akan turun tangan mengendalikan Kala. Itu sebenarnya sudah lebih dari cukup. Seperti orang-orang bumi mereka tahunya Kala adalah raksasa seram tinggi besar yang suka makan daging manusia. Betara Guru menyela :” Apa ketentuan dewa itu?” Narada menjawab : “ Yang boleh dimangsa Kala adalah manusia yang masuk kategori sukerto. Kala harus segera dikendalikan. tetapi tak kuasa.karena dia adalah anak Guru dan Durga.karena jenis sukerto itu banyak sekali. Istrinya berusaha menolak .langit bersih tiada awan. orang tua. Dengan emosional Narada memohon supaya perbuatan raksasa Kala dihentikan segera. dari atas bumi kelihatan begitu jelas. Dia bertindak ngawur dan serakah. Betara Guru setelah mendengarkan pendapat para dewa. kasihan penduduk bumi”. ratunya para dewa. didampingi oleh Betari Durga. sangat cantik dengan tubuhnya yang sexy.dia tangkap dan makan. Jadi banyak orang yang ketakutan dikejar-kejar oleh Kala. karena banyak orang yang menjadi mangsa Kala. Guru tak peduli. bercengkerama mengelilingi dunia. Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarutlarut. Betara Guru.

baru aku akui bahwa dia adalah bapakku”. Agak kaget Kala menjawab : “ Kalau Guru memang bapakku.Ketika nafsu Guru memuncak dan mencapai orgasme. kalau dia lebih pintar dari aku. Kala datang di Suralaya dan langsung menghadap Betara Guru yang didampingi oleh Durga dan beberapa petinggi dewa.Dia berdiri didepan Guru dan langsung berteriak-teriak : “ Aku mau makan yang didepanku ini. Dengan nada welas asih . Sambil menguap keras. bahwa Kala adalah anak Guru dan Durga. kama salah. Sebelum Kala datang di Jonggring Salaka. Durga mendorong dan melepaskan diri dari cengkeraman suaminya. Oleh karena itu anakku.lalu benih itu tumbuh menjadi raksasa jahat yang bernama Kala. karena bagaimanapun Durga adalah ibu dari Kala. jangan ngawur kamu. dia berjanji menurut apapun perintahnya. “ Kini Kala. sambil menunjuk-nunjuk Guru”. Kala menghadap Betara Guru Dijemput para dewa. kamu sudah tahu siapa kamu. tetap mau aku makan karena aku lapar”. sehingga dia mau mengakui Guru sebagai bapaknya. tetapi Kala sendiri sampai saat ini tidak tahu. Buah cinta Guru jatuh kebumi dan masuk kelaut . yang adalah putra dewa-dewi menjadi raksasa jahat yang maunya memakan daging manusia. Sejelek-jeleknya anak tentu akan mendengarkan nasihat ayahanda dan ibundanya. tidak punya tata krama. Guru meminta supaya usahanya untuk menjinakkan Kala dibantu oleh Durga. kamu wajib bersikap santun dan memegang tata karma”. Guru juga memberitahu Narada. tetapi kamu itu putranyanya Betara Guru yang rajanya para dewa dan aku adalah ibumu. Durga tak tahan melihat kebringasan Kala dan malu hati atas kelakuan putranya yang sama sekali tak menghormati ayahnya.siapa dia sebenarnya”. Durga maju mendekati Kala dan berkata dengan iba : “ Wahai Kala. Kala. Meskipun bentukmu raksasa. Jadi Kala adalah produk yang salah. Guru bisa menjawab semua pertanyaan Kala. Akhirnya Kala mengaku kalah dalam perdebatan. yang dilahirkan dalam keadaan dan waktu yang tidak tepat. Narada bicara dengan nada tinggi : “ E.Sikapnya tidak sopan. Sambil duduk bersila. bicaranya kasar dan seenaknya sendiri. hormatilah ayahmu. Kala berkata : “ Tidak peduli bapakku sendiri. hormatilah orang tuamu”. patihnya. tentulah dia pandai . . Aku akan berdialog dengannya.Durga memberi tahu Kala . beliau itu rajanya para dewa dan bapakmu sendiri”. Dalam dialog panjang lebar antara Guru dan Kala.

Kala mengangguk. Sukerto karena dalam hidupnya terkena banyak musibah. Kategori Sukerto Pada garis besarnya ada 3(tiga) macam kelompok sukerto. Ini adalah ketentuan dewa dan tidak boleh dilanggar. 7. Menurut Pakem Pangruwatan Murwakala ada 60 macam sukerto. sial. Uger-uger lawang : Dua anak laki-laki dalam keluarga. jadi Kala tak akan kelaparan. Mengenai berapa macam sukerto . dua wanita. sedangkan menurut Buku Murwokolo ada 147 macam sukerto. Pendhawa pancala putri : Lima anak perempuan dalam keluarga. Sarasilah Wayang Purwa ada 22 sukerto. 13. Sukerto yang berhubungan dengan kelahiran antara lain : 1. dalam batin berkata : “ Aduh. 3. misalnya anak yang dilahirkan tengah hari atau saat matahari terbenam dll. Sukerto karena kelahiran seperti anak tunggal.Terlebih para orang tua tersebut mengetahui bahwa anak-anak tersebut termasuk dalam daftar sukerto. yang tengah wanita. kau ku izinkan kembali kebumi dan disana kau boleh memangsa manusia yang termasuk kategori sukerto. Unting-unting : Anak tunggal wanita. 5. maksudnya mau minta tolong. Pustaka Raja Purwa ada 136 sukerto. Serimpi : Empat anak wanita semua. Sendang kapit pancuran: Anak tiga. 11. tetapi dia tidak berani. penyakit dan sering diancam bahaya. dia mendekat ke anaknya dan mengatakan bahwa manusia yang termasuk kategori sukerto itu banyak sekali. yaitu : 1. 8. Kembar : Dua anak laki-laki atau wanita lahir bersamaan. kembar. Pendhawa : Lima anak laki-laki dalam keluarga. Dia mau tanya apa sukerto itu. Kembar sepasang : Dua anak wanita dalam keluarga. berdasarkan waktu kelahiran. kalau kau melanggar kau akan menerima hukuman berat yang tidak akan bisa kau hindari”. Mendengar penjelasan ibunya Kala tersenyum dan mohon pamit untuk kembali kebumi. 14. Pancuran kapit sendang : Anak tiga. dua laki-laki. menjatuhkan dandang ( tempat untuk menanak nasi) waktu sedang masak nasi. karena dia sudah lapar sekali.termenung. 6. tentu aku akan hidup kelaparan karena aku hanya boleh makan sukerto”. 4. Sarambah : Empat anak laki-laki semua.Sukerto kelompok ini adalah anak-anak yang sangat dicintai oleh orang tua mereka. 2. 10. 12. 2. Ontang-anting : Anak tunggal laki-laki. Durga yang ibunya tanggap. Dalam keputus asaan dia melihat ibunya. alat pembuat jamu. yang tengah laki-laki. 3.Dengan penuh wibawa Guru bersabda : “ Wahai Kala. Gedhana-gedhini : Satu anak laki-laki dan satu anak wanita dalam keluarga. 9. jatah makanannya sangat berlimpah. Sukerto karena berbuat kesalahan meski tidak sengaja seperti : seperti memecahkan gandhik. . Cukil dulit : Tiga anak laki-laki semua. itu ada beberapa versi. keselamatan dan kebahagiaan mereka selalu dipikirkan oleh orang tua mereka. Tetapi kau tidak boleh memangsa orang yang didadanya ada tulisan mantra Kalacakra dan dikepalanya ada tulisan mantra Sastra Balik. Gotong Mayit : Tiga anak wanita semua.

Orang normal tentu berharap perjalanan waktu hendaknya dan selalu diusahakan untuk berpihak kepada kita. Penanggung jawab keamanan. Julung sungsang : Anak lahir ditengah hari. Orang yang menjatuhkan dhandhang sewaktu menanak nasi. . Sukerto yang dalam hidupnya mengalami banyak musibah. terbebas dari gangguan dan bencana yang merupakan ancaman Kala. Jagabaya melaporkan bahwa gangguan maling bisa diatasi. 20. Wungle : Anak lahir bule. 21. Ini disebabkan. bencana dan sering sekali diancam bahaya.Dalam melakukan pekerjaan banyak salah. karena ada gangguan yang sangat menggelisahkan. selalu mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. tidak tepat. alat dari batu untuk membuat jamu. warga desa kehilangan rasa tentramnya pada akhir-akhir ini. Margana : Anak lahir sewaktu ibunya dalam perjalanan. Sukerto karena perbuatan salah atau tidak patut( Ora ilok) : 1. sukses dalam menjalani hidup ini. Wahana : Anak lahir sewaktu ibunya sedang pesta.15. 23. 16. maju pekerjaan dan usaha. Rapat warga sebuah desa Disebuah desa diadakan rapat warga yang diadakan di Balai Desa. orang-orang yang termasuk tiga kelompok sukerto itu perlu diruwat secara tradisional. Kita mengerti bahwa Kala artinya waktu dan waktu yang mengancam dan menimbulkan bencana adalah waktu yang tidak baik. itu tidak patut/ ora ilok. dalam usaha mengalami kegagalan. 2. Orang yang bersiul saat tengah hari. sehat. berkecukupan dalam bidang materi. Ada yang bilang bahwa waktu dan kondisi selalu tidak berpihak kepadanya. kriminalitas sifatnya ringan-ringan saja dan tidak banyak. Orang yang memecahkan gandhik. Seluruh aparat desa dan kepala keluarga hadir dipertemuan yang penting tersebut. Julung kembang : Anak lahir saat fajar. Sehingga hidup kita selamat. Ada sesuatu yang salah. Ada orang yang dalam menjalani hidup ini selalu tertimpa sial. Julung sarab : Anak lahir waktu matahari terbenam. Dalam pemahaman kuno. terkena macam-macam penyakit. Mereka diruwat supaya tidak menjadi mangsa Kala. Julung caplok : Anak lahir disenja hari. 19. 3. boleh dikata hidupnya tidak menyenangkan dlsb. 17. sehingga orang tersebut perlu diruwat. Rapat dipimpin langsung oleh kepala desa yang dipanggil Ki Ageng oleh rakyatnya. 22. Wuyungan : Anak lahir diwaktu perang atau lagi ada bencana. 18. Sumala : Anak cacat sejak lahir. tentram jiwa kita . Terlibat banyak urusan yang tidak enak.

raksasa itu adalah Kala. kakak Betara Guru. Semua hadirin setuju. Dalang tersebut adalah Ki Dalang Kandabuwono yang kita percaya mampu menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Selain seorang dalang sepuh.Tentu penduduk bumi akan ribut. Semar dan beberapa pengawal. Betara Guru sependapat bahwa makanan yang boleh dimangsa Kala. Ki Ageng menyela :” Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan?” Romo menjelaskan secara detail dan gamblang apa yang terbaik untuk dilakukan. yaitu :” Saudara-saudara sekalian. Ki Ageng yakin bahwa Ki Dalang adalah orang . Ki Ageng mengumumkan keputusan musyawarah warga desa. Ini terjadi mulanya terjadi didesa-desa tetangga. yang diculik oleh raksasa besar yang menakutkan. yang turun hidup di mayapada/dunia untuk mengawal para satria yang berjuang demi kebaikan . Menurut pengamatan batin saya. Ki Ageng bertanya :” Romo. Narada dan beberapa pengawal. Kita akan mengundang seorang dalang yang berbobot dan mumpuni untuk mengadakan pagelaran wayang kulit dengan cerita Murwakala. keadaan desa sangat serius. siapa sebenarnya raksasa buas itu dan sebenarnya apa yang terjadi?” Romo menjawab dengan serius : “ Begini KI Ageng. langsung merasakan daya dan wibawanya yang kuat. Untuk itu Guru memutuskan untuk sementara turun kebumi untuk mengendalikan Kala. terlalu banyak.Dia bukan sembarang raksasa. Seluruh warga desa harus siap siang dan malam dalam keadaan siaga. lalu ditunjuk delegasi untuk menghubungi Ki Dalang. mereka menyamar sebagai manusia.Ki Ageng sebagai kepala desa yang bijak dan berpengalaman.oleh karena itu harus dihadapi dengan cermat.Petugas Jagabaya dan anggota-anggota keamanan tidak mampu menangkap raksasa ganas tersebut. Siapa Ki Dalang Kandabuwono? Setelah berunding dengan Narada. kita akan nanggap wayang.kemakmuran dan keadilan dunia berdasarkan kebenaran. patihnya yang terpercaya. Dia didampingi oleh Durga. Warga mohon kepada Ki Ageng untuk menemukan solusi segera. Guru dan semua dewa sangat hormat kepada Semar. Mengundang Ki Dalang Kandabuwono Ki Ageng bertanya kepada seorang pinisepuh desa yang dihormati dan tinggi ngelmu spiritualnya yang oleh orang-orang disebut Romo. tetapi kini mulai terjadi juga didesa ini. Begitu sampai bumi. Syarat pagelaran wayang Terjadi pertemuan antara Ki Ageng yang didampingi pinisepuh dan pengurus desa dengan Ki Dalang Kandabuwono yang didampingi istrinya. dia itu sangat sakti. beliau juga tinggi ngelmu spiritualnya.Hal pertama yang dilakukan rombongan dalang adalah menemui KI Lurah Semar yang sebenarnya adalah seorang dewa sepuh.Yang ditakutkan para orang tua adalah hilangnya beberapa anak dan remaja. Guru menjadi seorang yang berprofesi sebagai dalang wayang kulit yang bernama Ki Dalang Kandabuwono. begitu ketemu Ki Dalang.

Sesaji yang bermacam-macam itu bermaksud baik. anak saya. Berisi petuah-petuah bijak untuk menjalani hidup ini dengan baik dan benar. Semua menjawab setuju!!! Selain itu para pinisepuh desa agar menyiapkan uborampe. bila diurai berarti :      Panembah dan ungkapan terimakasih kepada Gusti. tanya Ki Dalang. sopan. “ Apa Ki Ageng dan para sukerto dan para orang tua sukerto setuju?. Esensi Sesaji Pada masa kini banyak orang terutama generasi muda yang tidak mengerti esensi sesaji.Ki Dalang menyatakan bahwa semua sukerto yang diruwat akan dibersihkan segala kotoran fisik dan jiwanya. mereka bukan lagi sukerto karena sukerto-nya telah sirna”. . semua orang yang saya ruwat menjadi anak KI Dalang. sehingga Kala tidak lagi berani mengganggu mereka karena mereka adalah anak Dalang Kandabuwono. untuk Kala sudah bukan lagi merupakan sukerto. Mendapatkan restu para pinisepuh. Supaya tidak ada gangguan berupa apapun dari mahluk yang kelihatan dan”tidak kelihatan”. akan dihapus segala sial dan malapetaka sehingga tidak lagi diancam Kala dan sang waktu jahat yang mengganggu kehidupan manusia. Dengan ramah. Ki Dalang sanggup melakukan tugas mulia ini. Permohonan kepada Tuhan supaya upacara dan tujuannya yang mulia mendapat berkah dan perlindungan Tuhan. tegas Ki Dalang menerima permintaan Ki Ageng dan warga desa untuk mendalang dengan cerita Murwakala yang dimaksudkan untuk meruwat para sukerto supaya tidak lagi diganggu Kala. Tuhan Sang Pencipta.” Selanjutnya KI Dalang berujar dengan jelas : “ Anak-anak yang telah saya ruwat. Dengan santun tetapi tegas KI Dalang berkata : “ Semua anak. Ini juga disebut ruwat sengkolo.berkemampuan tinggi dan tentu akan sanggup mengatasi kekacauan yang tengah terjadi. Ki Ageng agak kaget karena Ki Dalang punya syarat dan dia bertanya dengan sopan :” Lalu apa syaratnya –syaratnya?”.hal-hal yang diperlukan untuk ruwatan seperti sesaji. tetapi ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Pengaron baru.Itulah daya atau enerji yang diharapkan dari serangkaian sesaji yang komplit. yang sudah sejak zaman kuno makuno merupakan tradisi. panjang 3 meter dibagi dua. Selain itu harus disediakan air suci dari tujuh sumber mata air yang berbeda. potongan lainnya diduduki sukerto. cermat dan benar. Jadi inti dari sesaji adalah sebuah harapan. Sebelum upacara para sukerto mohon restu dari orang tuanya. Disediakan nasi kuning dicampur uang logam. Blencong. Pakaian para sukerto pada waktu upacara. Ki Dalang . lampu untuk menerangi pagelaran wayang. tempat air terbuat dari tanah liat yang diisi air dari tujuh sumber dicampur dengan kembang setaman dari mawar. Semua pihak yang terlibat memohon berkah Tuhan. yang sebelah diduduki dalang. daging kelapanya tidak dibuang. Gayung yang dipakai untuk memandikan sukerto terbuat dari buah kelapa dibagi dua. Supaya tujuan ruwatan berjalan sebagaimana mestinya. Memakai bahan minyak kelapa bukan dari penerangan listrik. gambir. yang dirangkai dari berbagai hasil bumi. Selain Ki Dalang yang telah menyiapkan diri lahir batin. melati. sesudah selesai upacara diberikan kepada Ki Dalang. melati. Uborampe/ peralatan yang dipergunakan dalang dan sukerto       Sepotong kain putih yang disebut mori. upacara harus dilaksanakan secara runut. nantinya disebar oleh dalang. karena hanya dengan palilah Beliau segalanya berjalan lancar dan baik. .para sukerto dan orang tuanya berpakaian tradisional. digantungkan diatas dalang. sebuah doa terbaik. Sesaji Ruwatan  Dua ranting kayu dadap srep lengkap dengan daunnya. kenanga dan dua buah telor ayam. para sukerto dan orang tuanya diwajibkan menghayati ruwatan yang berjalan. Diatas mori ditaburi bunga mawar.

nasi kebuli dengan lauk ikan. syukuran anak kecil. Misal sukerto yang wetonnya Minggu Legi. uler-uler – jadah dan wajik.daun gadungsari dan dadap srep dibungkus dengan daun kelapa. arit. Dua tandan buah pisang. yang Sabtu Paing jumlah oreannya 18.potongan daging segar dengan santan dan air gula. Beberapa buah ketupat. cermin dan kendil. begitu seterusnya.nasi goreng sangan dengan air gula. Sekul gebuli. Empat tumpeng nasi. Rasulan. satu sukerto satu ayam. irisan kelapa dicampur air kelapa ditambah gula kelapa. Sebuah sapu lidi yang diikat dengan gelang perak. Alat pertanian : cangkul. palang. kacang dsb.diatas bubur merah ada palang putih. Klepon – serabi merah putih. Sepasang kelapa muda. hitam dan kuning.caping dll.garis-garis merah putih dengan sedikit merah ditengah.seperti ketela. bebek. poleng semen.irisan berbagai buah dengan cabai dan air gula. Ayam jago muda untuk sukerto lelaki remaja. bulus angrem – dalam bentuk bulus sedang mengeram. centong dll. golong oreannya 10 biji. Sepasang golong lulut. Sekul liwet. sindur. warnanya : merah. suruh ayu yang belum jadi.Ayam jago untuk sukerto lelaki dewasa. sisir. Tikar dan bantal baru.nasi dengan sayuran dan telur. gethok.2500. .potongan kunyit dari papah lompong/batang talas dengan air gula. Sebuah pecut baru. ulek –degan. Sekul among. 7 macam rujak dan 7 macam bubur. nasi dengan lauk daging kambing dan sayuran. angsa dll. nasi tumpeng yang diatasnya ditaruh cabe merah dicampur sayur gudangan dan telur rebus mengitari tumpeng. Kendil baru diisi beras dan sebuah telor. dua sisir pisang raja. Tuak dan badek/ legen. Jajan pasar. Golong orean untuk setiap sukerto ( bulatan nasi dengan ayam panggang).250 atau Rp. Disedikan sejumlah ayam. uang dengan nilai Rp.minuman segar dari pohon aren. Sepasang kembar mayang yang dipayungi. arang-arang kembang. ayam betina muda untuk sukerto putri remaja. Klepat-klepet. ayam betina untuk sukerto wanita . truntum. Dua ikat padi. pliringan.tepung beras dicampur kembang. Kala kependem. sungsum – bubur tepung beras diberi air gula Jawa. Untuk setiap sukerto jumlahnya sesuai dengan wetonnya.kembang boreh. beberapa kue yang biasa dijual dipasar. Jangan menir yang dibuat dari daun kelor. 7/ tujuh lembar batik dengan motif : bangun tulak. putih. gading melati.25 atau Rp. biasanya untuk bancakan. Alat dapur seperti penggorengan. minyak wangi. Tumpeng robyong.                                Dua batang tebu dengan daunnya.dua bulatan nasi ketan dengan telur goreng. Dua tandan buah kelapa. Sepasang merpati. edan.nasi dengan lauk sambal gepeng. Berbagai bubur jenang : merah putih. bedak. sulur ringin dan tuwuh watu. salah satunya diisi ikan lele atau wader goreng.

Pagelaran wayang Murwakala Diiringi alunan gending lembut. Kala sedang mengejar-ngejar sepasang kedhono-kedhini( kakak beradik laki-laki dan wanita) dan ontang-anting (anak tunggal laki-laki). Semar. Tuhan Yang Maha Agung menyinari Jagat Raya. tetapi dengan mudah bisa ditangkap oleh petugas keamanan. Sinar lampu blencong yang merupakan representasi sinar kehidupan dari Gusti. Ada maling yang mencoba memanfaatkan saat sepi untuk membobol rumah. Sedangkan Romo yang “orang pintar”/ paranormal. Sementara itu diluar. membantu dengan pengamanan gaib dengan cara melafalkan mantra saktinya. Romo. para pejabat desa. . Ki Dalang duduk bersila didepan kelir. Secara pelan dan hati-hati diangkatnya wayang gunungan dan digetarkan pelan-pelan. Itu adalah perlambang mulai bergulirnya kehidupan didunia yang berjalan pasti sesuai dengan hukum alam. yang menjaga secara fisik adalah Jagabaya dengan beberapa anggota keamanan. para sukerto beserta orang tuanya dan hampir semua penduduk desa. Suasana desa jadi sepi. Pagelaran berjalan lancar dengan dihadiri KI Ageng.

keduanya mengaku lebih tua. Kala akan mengajukan teka-teki ( cangkriman dalam bahasa Jawa) dan pertanyaan. Kala yang garang jadi menyusut nyalinya. Dengan nada marah dan tidak sabar Kala menjawab bahwa dia sedang mengejar 3 sukerto yang sembunyi diantara penonton. Ki Dalang bertanya : “ Bagaimana. Romo membangunkan Kala. Sukerto itu jatah makanannya dan siapapun tak boleh menghalangi. terjadinya jagat raya dan manusia. Sebagai jalan keluar mereka sepakat. apalagi disitu ada Semar. Sewaktu menunggu Kala jatuh tertidur. Dia menduga KI Dalang tentulah orang yang sangat hebat. karena pertanyaan yang sulitpun bisa dijawab oleh Ki Dalang. apakah kamu masih ada pertanyaan?’ Kala menjawab tidak. Semakin lama dengkurannya semakin keras dan terus menerus. Dengan disaksikan para pinisepuh dan segenap hadirin terjadilah tanya jawab mengenai berbagai hal yang meliputi seni budaya. juga mengenai hidup sejati. siapa sebenarnya KI Dalang ini?’ Dijawab: “ Aku KI Dalang Kandabuwono. Beberapa orang terkejut menemukan ada raksasa besar sedang tidur dibalik semak-semak. lalu ketigo sukerto mau dia tangkap. siapa yang mendengkur begitu keras sehingga mengganggu pagelaran. Dia tidak kuat menerobos pagar gaib yang memagari tempat pagelaran.Untuk menghindari Kala. Kalau tidak kamu akan celaka. Ki Dalang dengan sabar meminta Kala tenang dan menjelaskan maksudnya. lalu mendengkur. Mereka mencari tahu. artinya dia juga lebih tua dari Ki Dalang. Bila Ki Dalang bisa menjawab. . Dia pikir tak ada satu orangpun yang mampu mengalahkannya. sebaliknya kalau Ki Dalang tak mampu menjawab. Suasananya mencekam. Ki Dalang bilang bahwa Kala harus mendengarkan kata-kata dari orang yang lebih tua dari dia. ada buto ( raksasa)!” Romo tahu bahwa raksasa itu Kala. maka Kala lebih tua. Romo. Karena penasaran Kala bertanya :” Kalau boleh aku tahu. Kala yang beringas . Terjadi perdebatan yang ramai. ketiga sukerto tersebut masuk ketempat pagelaran wayang dan bersembunyi. dia meremehkan semua orang disitu.Kala bilang bahwa dia lebih tua dari semua manusia. Kata-kata Ki Dalang sangatlah berwibawa. Kala merasa kalah wibawa dan menurut saja diajak menghadap Ki Dalang Kandabuwono.begitu mendekat tempat pagelaran sepertinya jadi lemas dan kehilangan nyali. Dialog Ki Dalang dengan Kala Kala ditanya oleh Ki Dalang kenapa dia ribut dan mengganggu pagelaran wayang. kalau menghalangi mau dia makan juga. Para penonton yang dibaris belakang mulai terganggu. sehingga Ki Dalang yang harus menurut. Dia memilih untuk menunggu diluar sampai selesainya pertunjukan. Semua pertanyaan Kala dijawab dengan lugas dan benar oleh Ki Dalang.Kala yang sudah lapar sekali semakin menunjukkan watak sombongnya. Kala terpaksa mengakui bahwa dia kalah dalam perdebatan dengan Ki Dalang dan oleh karena itu dia bersedia mendengarkan nasihat Ki Dalang. Bersama Semar. Kala akan mengakui kalah tua. Kala heran dengan kemampuan Ki Dalang yang begitu luas pengetahuannya termasuk kebatinan. Orang-orang itu berteriak: “ Ada buto.yang memerintah kamu dan semua perintah itu harus kamu turuti.

Dengan sangat hormat Kala berkata kepada Ki Dal. Perbawa mantram itu sangat kuat membuat Kala gemetar dan miris. harus berbuat welas asih. tidak akan saya ganggu”. Yamidosa-Sadomiya. pasti sirna kekuatannya. bahkan tidak boleh kamu ganggu. aku akan menuliskan sebuah mantram sakti didadamu. kamu akan mendapat hukuman berat dari Sang Hyang Jagadnata. harus membangun kemakmuran. mulai sekarang harus memberi banyak makanan. hilang kekuatannya. Kini ketika adegan dalang mau memberi nasihat dan perintah kepada Kala artinya ini saat penting bagi Kala dan sukerto. artinya supaya mudheng. Siapa yang berkhianat dan kejam. hilang dayanya. Yadayuda-Dayudaya. Yasihama. Mantram Sakti Dengan penuh wibawa Ki Dalang Kandabuwono bersabda kepada Kala:” Wahai Kala. Tuhan”. ikat kepala yang dipakai adalah udheng.ang : “ Saya amat miris mendengar mantram ini.Kala bersedia memenuhi semua perintah Ki Dalang. Siapa yang membikin kemelaratan .Mahasiya. maka dalang mengganti blangkonnya dengan memakai udheng. kalau sedang samadi atau nayuh. tidak boleh kamu jadikan korbanmu. . siapapun yang bisa membaca dan mengucapkan mantram Rajah Kalacakra. Siapa yang mengobarkan perang. Siapa yang berbuat dosa . Seorang Jawa tradisional pada masa dulu. Tuhan. (Sampai saat adegan dialog diatas. Mengerti?” “ Kalau kamu nekad melanggar. Siapa yang datang untuk membuat celaka. Siapa yang suka merongrong. wajib menghentikan nafsu jahatnya. Siapa yang membuat kelaparan. menjadi parasit. Yasiyaca. Kala menunduk dan berkata lirih bahwa dia menurut perintah Ki Dalang. Nama mantram itu adalah Rajah Kalacakra sebagai berikut : Yamaraja-Jaramaya. Gusti. Yamarani-Niramaya. Yasilapa-Palasiya. Artinya : Siapapun yang menimbulkan keributan.mengerti dengan benar kehendak Tuhan). harus merobah sikap dengan menghormat dan kasih kepada sesama. memohon jawaban dari Gusti. Siapapun yang bisa membaca mantram dan siapa saja yang bisa mengucapkan mantram ini.Cayasiya. Ki Dalang yang mendalang masih memakai ikat kepala/topi yang berupa blangkon.

ternak seperti sapi. para sukerto dengan sadar dan penuh perhatian mendengarkan dan menghayatinya. Sukerto yang diruwat Pada waktu Ki Dalang melafalkan kedua mantram sakti. hasil bumi. karacanaha. Mendengar mantram itu lunglai tubuh Kala tidak punya daya. Siapapun yang mengucapkan mantram ini tidak akan diganggu Kala. Ki Dalang memanggil Bima supaya mengusir semua anak buah Kala yang berupa berbagai jenis mahluk halus jahat dan bekasaan untuk juga pergi kehutan. Ki Dalang memberitahu Kala bahwa setiap sukerto yang telah diruwat oleh Ki Dalang telah menjadi anak Ki Dalang. itik dll. Prosesi ruwat tahap akhir Sesudah Kala dan semua anak buahnya pergi. anak perempuan tunggal. ontang-anting. alat dapur.. Ki Dalang setuju. kerbau. unting-unting. tikar. Kamu tidak boleh mengganggu mereka”. Kala juga meminta sesaji untuk bekal hidupnya.Masih ada satu mantram lagi yang diucapkan Ki Dalang. orang mahasakti. Nama mantram : Hanacaraka Kebalik. mereka tidak boleh diganggu dan dimangsa oleh Kala. Ki Dalang mulai menyebut nama sukerto satu per satu dengan jelas. Kini Kala benar-benar tunduk kepada Ki Dalang Kandabuwono. setuju. Setalah semua sukerto yang diruwat disebut namanya. Meraka adalah anak-anakku. lawasatada. bantal dan selimut. Bima mengusir mereka semua dengan menggunakan pecut dan sapu lidi yang diikat dengan tali perak. Sebelum berangkat kesana. kambing. . Kala setuju. Sehingga secara alami daya mantram bekerja dan dengan berkah Gusti. nyayajadhapa. Ki Dalang berkata kepada Kala : “ Itu tadi yang saya sebut nama-namanya adalah sukerto yang telah saya ruwat. Kala mohon diberkati dengan Santi Puja Mantra supaya hidupnya selamat. Kala mohon diberkati Ki Dalang Kandabuwono menetapkan Kala menjadi penghuni hutan Krendowahono. anak laki-laki tunggal. lalu Kala dimandikan dengan berbagai air bunga. Kala menurut. kain panjang. dimanapun dan kapanpun. berupa : alat-alat pertanian. mahabijak. bunyinya : Ngathabagama. Ki Dalang melanjutkan prosesi ruwat. Pramananing jabang bayi Basuki. beberapa jenis makanan. ayam. Tuhan akan mengusir siapa saja yang mau menjahati sukerto yang diruwat. sebagai berikut : Pramananing jabang bayi ( hidup sejati dari si bayi) ( lalu sebut namanya) misalnya Utami.

sukses lahir batin. akulah yang berwenang mengurusi kalian. Artinya : Ya akulah dalang sejati. sudah menjadi air. Tuhan. Sukerto kalian hilang. Semoga. sehat. yo aku sing menang miseso ing siro. rombongan dewa kembali lagi naik ke Swargaloka. ya aku dalang ( sebut namanya sendiri) misalnya Ki Timbul Hadiprayitno. Upacara ritual ruwatan paripurna. Yang ada hanyalah keselamatan kalian. sejahtera. Sesudah itu semua yang sudah diruwat sowan kepada Ki Dalang untuk mohon pangestu/berkah. Ki Ageng. demikian juga pengiring yang lain. . semoga selalu selamat. Ki Dalang Kandabuwono setelah menyelesaikan tugas. Romo dan semua warga desa . berubah wujud lagi jadi Betara Guru. sukerto wis lebur ilang dadi banyu. Ki Dalang mencopot udheng dan memakai blangkon lagi. Lalu Ki Dalang akan membuka jatidirinya sendiri dengan mengatakan : Ya aku dalang Kandabuwono. mereka sudah lagi bukan sukerto. berubah jadi Durga dan dewa-dewa. Anak-anak yang diruwat rambutnya sedikit digunting oleh Ki Dalang. Setelah berpamitan kepada Ki Lurah Semar. Dengan berkah Gusti.Dengan mantap dan penuh perbawa Ki Dalang berkata : Yo aku dalang sejati. Mereka yang diruwat dimandi sucikan satu per satu oleh Ki Dalang. Mung gari rahayune. Semua yang diruwat mendapatkan jalan kehidupan yang baik.Beberapa wayang kulit yang berperan sebagai sukerto diruwat juga dengan cara kakinya dimasukkan kedalam pengaron/tempat air dan dicuci dengan air kembang. terang.

seperti diangkat menjadi direktur. teman-teman sejawat. nasi tumpeng. Seluruh hadirin melakukan doa bersama dengan berdiri mengelilingi meja. gubernur. bekerjasama dengan kolegakoleganya dengan sinergis. Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama. kepala kantor. yang telah memberikan anugerah kepada seorang titahnya. Setelah doa. Suryo S. teman-teman dekat. Semoga dijauhkan dari segala goda dan halangan yang bisa menjadikan petaka bagi diri. Kalau mejanya kecil. Pada saat ini. dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng. Cerma Manggala) Upacara selamatan/syukuran untuk diri pribadi Seseorang yang merasa mendapatkan anugerah atau karunia dari Tuhan. ungkapan rasa syukur dilakukan dengan mengadakan upacara kecil berupa syukuran atau slametan. Pada umumnya inti doa adalah sebagai berikut : Setelah mengucap syukur atas anugerah yang dilimpahkan Tuhan.JagadKejawen. Tuhan dan semoga dengan berkah Nya. tentu akan bersyukur. maksud tujuannya seperti doa. kesejahteraan dan kemajuan bagi instansi.I. Catatan mengenai sesaji : Sesaji yang diadakan untuk mengiringi upacara syukuran. yang telah menaikkan derajatnya dan sekaligus tanggungjawabnya. dengan duduk bersila diatas tikar. selalu mendapatkan bimbingan Nya. lurah. Upacara syukuran dilakukan bersama dengan keluarga . Intinya adalah bersyukur kepada Gusti. Secara tradisi. maupun instansinya. sesaji( kalau ada) ditempatkan dimeja lain. baik dan benar.Negoro ( Foto-foto yang dimuat adalah Ruwatan Sukerto yang diadakan oleh Anjungan D. Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. melingkari nasi tumpeng dengan lauk pauk dan sesaji. dengan dalang sepuh Ki Timbul Hadiprayitno/ KMT. santap bersama dan ramah tamah. Yang terpenting adalah doa. di TMII pada 1 Suro 1942 Je. maka segala usaha dan upayanya akan membawa berkah kebaikan. keluarga. ucapan syukur yang ditujukan kepada Gusti. tetangga dll. segala tugas .Y. untuk praktisnya. semoga titah yang mendapatkan karunia dan kepercayaan dari Tuhan berupa kedudukan yang lebih tinggi. Dengan selalu memohon berkah Tuhan dengan penuh kesadaran untuk mengaplikasikan segenap pengetahuan dan kemampuannya secara maksimal. mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Misalnya : mendapatkan kenaikan pangkat. bupati. lauk pauk dan sesaji ( kalau ada) ditaruh diatas sebuah meja. untuk selalu mampu melaksanakan tugasnya dengan selamat. jawatan atau daerah yang dipimpinnya.

suksma yang berasal dari mulamula.yang kelima pancer . Tempatnya di Timur. Setelah melalui proses 9/ sembilan bulan dalam kandungan. sebelum si bayi. terlahir sebagai bayi. Tuhan. .akan dilaksanakan dengan selamat. selalu ingat kepada asal muasal Sudah seharusnya . sehat dan sejahtera. Para saudara halus yang tidak berbadan fisik ini . suksma yang sudah berpakaian badan komplit kasar dan halus.mengawal si manusia yang ber-raga fisik. Saudara-saudara halus Orang Jawa tradisional percaya bahwa setiap orang mempunyai beberapa saudara halus – sedulur alus.benar dan membawa kesejahteraan dan kemajuan yang lebih baik. supaya si manusia menjalani kehidupannya dengan selamat. melalui karsa dan jalinan kasih Ibu dan Bapak. baik. yang keluar dari rahim ibu.setiap manusia menyukuri keberadaannya untuk hidup didunia ini. Mereka selalu menyertai. melindungi. Nasi tumpeng komplit sebenarnya mempunyai makna sebagai doa dan sesaji. yang terdiri dari :  Kakang Kawah Kakak kawah. orang juga melakukan syukuran setelah terbebas dari halangan berat. Semoga selanjutnya. supaya jalan kehidupannya selalu selamat. selalu mendapat perlindungan dan berkah dari Gusti. Bersyukur kepada Gusti. yang selalu menyertainyanya dimanapun si manusia berada. bahagia lahir batin.Dengan izin Gusti. Tugas tersebut adalah sesuai ketentuan dari Gusti. melangkah turun untuk hidup dibumi. sehat. Syukuran karena terbebas dari halangan Selain adanya syukuran yang dikarenakan dapat promosi jabatan atau dapat rejeki. Orang Jawa menyebut mereka : Sedulur papat kalima pancer – Saudara empat . manusia baru yang akan menjalani hidup sementara didunia ini. warnanya putih. Misalnya setelah sembuh dari sakit yang gawat atau terbebas dari penderitaan yang amat berat. sejahtera selama hidup dibumi ini. membantu.

yang keluar dari rahim ibu sewaktu melahirkan. masih ada lagi . Kabeh kadang ingsun kang ora katon miwah kang ora karawatan. Secara mistis warna cahayanya putih dan kuning muda jernih Mar Marti akan membantu manusia yang dikawalnya. Manusia bisa meminta bantuan Mar Marti. dalam keadaan yang benar-benar diperlukan. Lebih lanjut ada saudara-saudara halus yang dipanggil : Kabeh kadang ingsun kang metu saka margo ino lan kang metu ora saka margo ino. ini yang suka disebut sedulur sinarawedi. Pancer Keempat saudara diatas tidak punya raga fisik. Oleh karena itu. Mereka adalah saudara-saudara manusia yang lebih tua. Mereka itu tidak ikut dilahirkan melalui rahim ibu. Saudara-saudara halus yang lain. warnanya kuning. merefleksikan keberhasilan ibu sesudah melalui perjuangan. Tempatnya di Barat. Perjuangan berhasil. itu dinilai tinggi derajatnya.yaitu : Mar Marti. Tempatnya di Utara. yang berada ditengah. merefleksikan perjuangan ibu saat melahirkan si bayi. kalimo tengah Selain Sedulur papat kalimo pancer. bisa dimintai bantuan setiap saat. Oleh karena itu selain disebut Sedulur papat kalimo pancer. bagaikan raja dan ratu. kekuatan yang hebat untuk hidup dan menghidupi. Semua saudara halus itu dengan setia melakukan tugas yang telah digariskan Gusti. Semua saudaraku yang ada. sedangkan pancer adalah badan jasmani. warnanya merah. untuk keperluan kehidupan sehari-hari. . Puser Pusar. yang dipotong sesudah kelahiran bayi. hawa. Marti. yaitu suksma yang memakai raga kasar/fisik dan raga halus/eterik. yang keluar dari rahim ibu. saudara halus setiap manusia itu banyak sekali. sesudah dia punya pikiran dan rasa yang jernih. Semua saudaraku yang tidak kelihatan dan tidak terawat. Getih Darah. Mar. hanya dalam hal yang penting. sesudah si bayi. rasanya lega. untuk melindungi dan membantu satu-satunya saudara yang berujud/ bleger-bahasa Jawa/ sebagai sosok manusia. dengan melalui rahim ibu dan yang ada tanpa melalui rahim ibu. sesudah melalui tapa brata ( laku spiritual yang sungguh-sungguh).    Adi Ari-ari Adik ari-ari. Jadi. juga dipanggil Keblat papat. Mar dan Marti. warnanya hitam. Keluar daya. Tempatnya di Selatan.

terlebih kalau kita juga memperhatikan mereka. Tugas-tugas saudara-saudara halus Mar Marti : Membantu untuk hal-hal yang sangat penting. Pada waktu mau tidur katakan dalam batin :Semua saudara halusku. getih. makan. Perlu diketahui bahwa semua saudara halus selalu bersama dengan figur manusia yang dikawalnya.kita tidak minta dibantu oleh saudara-saudara halus. Semua saudara halusku. katakan dalam batin :    Semua saudara halusku ( secara lengkap adalah : Kakang kawah. maka suksma akan kembali keasal muasal.Kabeh kadang ingsun kang ora katon lan ora karawatan). bantulah saya-Aku arep mangan. Kalau ada yang mengganggu atau membahayakan. karena tidur bukan alam mereka. bantulah saya untuk menyopir mobil ini dengan selamat sampai kekantor. Semua saudara halusku bantulah saya dalam bekerja. puser. komponennya tidak berfungsi. Mereka senang bila setiap saat diajak berpartisipasi dalam setiap kegiatan kita. Artinya kita dibantu bisa makan dengan selamat dan makanan itu juga baik untuk kita. Perlindungan waktu tidur Pada waktu mau tidur. kita sadari atau tidak. sehingga pekerjaan saya lancar dan benar. saya mau makan. ewangewangana.Secara umum. selama raga dan seluruh komponen si manusia. adi ari-ari. tidak ada halangan ataupun kecelakaan. Kabeh kadang ingsun kang metu saka margo ino lan kang metu ora saka margo ino.pada dasarnya adalah untuk hal-hal yang baik-baik. masih baik. . Contoh mengajak saudara-saudara halus. Artinya selama menyopir selamat dan sampai ke kantor lancar. Kalau mereka dianggap dan diperhatikan. juga merasa senang kalau kita menyadari kehadiran mereka. menyopir. kadang ingsun papat kalimo pancer. sesuatu yang mereka tidak perlukan. kepada haribaan Gusti. artinya selalu bersama dengan masing-masing kita. Sedulur papat kalimo pancer dan yang lain-lain : Melindungi dan membantu untuk kelancaran hidup sehari-hari. Tentu bantuan yang diberikan . nanti mereka ikut tidur. belajar. Tuhan. karena rusak/penyakit atau sudah aus/tua dan tidak bisa diperbaiki lagi/ disehatkan lagi. lindungilah saya. mandi dlsb. bekerja.Mereka selalu melindungi dan membantu. Banyak yang tidak mengerti bahwa para pengawal yang berupa saudara halus tersebut. maka “ kesementaraan” keberadaan manusia didunia ini masih berlanjut. ke mula-mula hidup. seperti : minum.saya mau tidur. Kalau raganya. mereka akan membantu lebih baik lagi. kamu tanggulangi atau bangunkan saya.

Jadi yang lahir hari Senin. Kliwon. Karena inti sarinya mengenali dan menghargai semua saudara halus dan ingat kepada ibu dan bapak. menghormati kakek nenek yang telah menurunkan kita dan yang paling penting untuk memuja dan berterima kasih kepada Sang Pencipta Hidup. bisa Senin Legi. Senin Kliwon . Wage. . selamat. jadi mulainya sore hari. Sambil merebahkan badan ditempat tidur. bangun tidur segar cerah. Pemberian bubur merah putih dan air putih dan ucapan tersebut. Paing. reksanen aku sajerone turu. Pada saat seperti itu. aku arep turu. kedua orang tua kita. aku selalu ingat kalian.nasi dengan lauk sayur atau bubur merah putih dan segelas air putih matang. letakkan tangan kanan didada menyentuh jantung. Senin Paing. maka itu jagalah dan bantulah aku. Senin sampai dengan Sabtu dan Hari Lima Jawa: Legi . orang melakukan peringatan weton dengan cara mengundang beberapa kerabat atau kenalan baiknya. bisa diketahui weton seseorang. orang yang punya weton malam itu akan mengingat saudara-saudara halusnya. sesudah jam enam sore. sebelum menutup mata. itu merupakan sesaji yang paling sederhana . misalnya Jum’at Kliwon atau Sabtu Legi. Pada waktu-waktu tertentu. katakan dalam batin : Aku iyo urip – Saya juga hidup. dengan diletakkan diatas meja dan berkata dalam batin : Ini untuk semua saudara halusku. Weton Weton atau wetonan adalah peringatan hari lahir setiap 35-tiga puluh lima hari sekali. Gusti. biasanya sesaji lebih komplit. Pon. Hari kelahiran menurut kalender Jawa atau weton terjadi setiap selapan hari artinya setiap 35tiga puluh lima hari. Secawan bubur merah putih dan segelas air putih itu diujubke/ diberikan kepada semua saudara halus. bulan dan tahun kelahiran menurut kalender Masehi. Pada setiap saat weton dari seseorang. karena hari Jawa mengikuti kalender sistim rembulan. Untuk orang Jawa tradisonal sangat penting untuk mengetahui wetonnya. Demikian pula yang lahir dihari-hari lain Selasa dan seterusnya. tandangana utawa gugahen aku. tetapi mendasar. yen ana kang ngganggu utawa mbebayani. sesuai dengan kalender Jawa. Tuhan Yang Maha Kuasa. Senin Wage. Ini adalah saat yang tepat untuk mengingat kepada saudara-saudara halus kita semua. Biasanya tidur jadi enak. Dengan mengetahui tanggal. Senin Pon.-Kabeh sedulur alusku.Pada saat wetonnya. Ada yang membuat sego gudangan.Biasanya orang membuat bancakan – sesaji kecil. Ini merupakan gabungan antara Hari Tujuh. Ini nasihat dan berdasarkan pengalaman para pinisepuh.

Caranya.. sejahtera.dan sebagainya menurut kebutuhan. Suryo S. sedangkan Adi Ariari selalu mendukung dan menyenangkan.Sebelum hubungannya terasa serasi. bantulah aku untuk ..termasuk nasi tumpeng dan lauk pauknya dsb. Kakang Kawah selalu berusaha dengan sebaik-baiknya membantu terjadinya semua keinginan dan usaha. satu per satu. pada saat yang penting atau untuk urusan penting . bahagia lahir batin. dilanjutkan dengan menyantap hidangan. peranan Kakang Kawah dan Adi Ari-ari dalam membantu sangatlah penting. Hubungan serasi Bagi orang Jawa tradisional. adalah bijak untuk memanggil nama mereka secara lengkap.. Menurut pengalaman para pinisepuh. umpamanya untuk menemani sewaktu berdoa. bisa dipanggil dengan : Semua saudara halusku. Kalau sudah akrab. Ada kalanya atau ada orang yang setiap wetonnya. setiap saat selalu panggilah mereka lengkap. supaya mampu melaksanakan kehidupan didunia ini dengan baik.. Negoro . setiap bertindak ajaklah mereka. Sesuai dengan sifat alamnya. berpasrah diri kepada Gusti. JagadKejawen. tidak tidur sama sekali selama 24 jam atau tidur hanya sedikit sesudah tengah malam. sangat penting untuk mempunyai hubungan yang serasi ( jumbuh) dengan saudara-saudara halus. satu per satu. benar. Ini untuk mengingatkan akan posisi dan tugas seorang titah. Bahwa hidup ini tidak untuk hanya makan sepuasnya dan mengutamakan tidur yang lama dan memenuhi kehendak keduniawiannya yang mengabdi kepada materi dan egonya Tetapi manusia supaya ingat. akan posisinya dan tugasnya yang mulia untuk memayu hayuning sesama lan buwana-untuk membangun kehidupan antar sesama yang baik dan melestarikan buana. akrab dengan mereka.. selama 24 Jam. jagalah aku selama . untuk minta dibantu atau dijaga.. Sesudah diadakan doa bersama. meditasi atau semadi. seperti berpuasa sehari semalam... Namun. sehari semalam melakukan laku prihatin..