halaman 1 LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI PADA PPPTK / VEDC MALANG

Disusun oleh : Nama NIS Kelas : ........................................... : ........................................... : ..........................................

Program Studi : ..............................................

LEMBAGA PENDIDIKAN MA'ARIF NU KELOMPOK TEKNOLOGI INFORMASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH NU 04 PATEBON Jalan Pidodo Raya Pidodowetan Patebon KendalKode Pos. 51351 Telp (0294) 383512, Email : smknu04kdl@yahoo.co.id

 Hiduplah selalu di jalan Allah. .  Jadikan hari esok lebih baik dari hari ini.  Dimana ada kemauan disitu ada jalan.Halaman 2 MOTTO  Optimis dan jadilah dirimu sendiri  Orang sabar adalah orang yang adapat menghargai dan memahami perasaan orang laen.

5. Ayah dan Bunda tercinta yang selama ini tidak bosan-bosannya memberikan bantuan moril dan material kepada saya. selaku kepala sekolah 2. 4. Kepada teman dan semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini. . Ibu Naily Ni'mah. A. SE.Md selaku guru pembimbing yang telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing saya selama menyusun laporan. 6.Pd selaku ketua program kejuruan Multimedia. Ibu Dwi Novi Ariyanti.HALAMAN PERSEMBAHAN Seiring dengan terselesainya laporan kunjungan industri ini saya mengucapkan terima kasih kepada : 1. S. 3. Bapak Mahfud. Seluruh dewan guru SMK Islam Sudirman Ampel.

.... S. SE NIP. ....Halaman 3 HALAMAN PENGESAHAN Laporan kunjungan industri (KI) pada SMK NU 04 Patebon Kendal pada tanggal 10 Januari 2012 ini telah disetujui dan disyahkan pada : Hari/tanggal Oleh Tempat : : Guru pembimbing pelaksanaan kunjungan industri : SMK NU 04 Patebon Kendal Ketua Program Keahlian Akuntansi Guru Pembimbing Kunjungan Industri Dwi Novi Ariyanti.... ....... Kepala Sekolah SMK NU 04 Patebon Kendal Mahfud.Md Mengetahui.Pd Naily Ni'mah. A......

Dalam pembuatan laporan ini penulis telah banyak menerima bantuan dari berbagai pihak. Serta kepada para sahabatnya dan kepada seluruh umatnya. Kendal.halaman 5 KATA PENGANTAR Puji syukur selalu penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmad dan hidayahnya sehingga laporan kunjungan industri ini dapat diselesaikan. untuk itu saran dan kritik dari semua pihak yang sangat saya harapkan agar menjadi bekal pengetahuan untuk membuat laporan kunjungan industri yang lebih baik dimasa yang akan dating. Penulis menyadari bahwa laporan kunjungan industri ini belum sempurna. Januari 2012 Penulis . Solawat serta salam semoga tercurahykan kepada Nabi Muhammad SAW. oleh karena itu penulis menghaturkan banyak terima kasih kepada Bapak Ibu dewan guru serta semua pihak yang terlibat dalam pembuatan laporan kunjungan industri ini.

sehingga siswa diharapkan dapat memahami. Latar Belakang Masalah Kunjungan industri dimaksud agar para siswa mengetahui dengan cara melihat dan mengamati langsung berbagai kegiatan administrasi yang dilaksanakan di VEDC Malang. mengkaji serta membandingkan bagaimana ilmu yang diterima di sekolah dan aplikasinya di dunia kerja. Waktu dan Tempat Tempat tujuan kunjungan industri adalah di VEDC Malang dan Sunan Drajat.halaman 6 BAB I PENDAHULUAN A. Kunjungan industri ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 27 Desember 2010. C. Dengan demikian diharapkan wawasan siswa terhadap dunia kerja agar lebih mantap. B. Tujuan dan Maksud KI Tujuan dan maksud KI adalah memperkenalkan kepada siswa tentang berbagai kegiatan administrasi yang terjadi pada dunia usaha. : 24 + 131 : 10 + : 141 . Peserta KI Peserta kunjungan industri terdiri dari siswa dan pembimbing antara lain sebagai berikut : Siswa kelas X dan XI  Program Study Teknik Kendaraan Ringan : 28  Program Study Akuntansi Jumlah  Guru Pembimbing Total D. Kunjungan ini merupakan program kurikulum sekolah menengah kejuruan kelompok bisnis dan manajemen khususnya SMK NU 04 Patebon Kendal. sehingga dapat menggugah motivasi siswa dalam mempelajari berbagai bidang ilmu yang diterima dari luar sekolah.

I dibantu oleh segenap panitia sebagai berikut : Penanggung jawab Ketua Sekertaris Bendahara : Drs. H. S. M. H.E. Sugono.Pd.Pd. Sugono.Kom : Riana Sari.I : Sujak. S. M. Pembimbing dan Kepanitian Sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan kunjungan industri adalah kepada sekolah SMK Muhammadiyah 1 Metro yaitu Drs.Ag : Ngatirin.E Pelaksanaan kunjungna industri ini dibiayai oleh setiap siswa khususnya siswa kelas XII yang pembayarannya dilakukan secara ces atau secara berangsur. . S.

pada tanggal 22 Maret 2002 Sri Sultan Hamengkubuwono X berkenan meresmikan sebuah laboratorium terpadu 4 lantai seluas 3250 m2.  Tehnik Komputer (D3) Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dasar menginstalasi.BAB II KUNJUNGAN INDUSTRI PADA VEDC MALANG A. Program study ini menawarkan dua keminatan yaitu jaringan komputer dan perancangan sistem berbasis Moktikontroler. Bangunan STMIK AKAKOM Saat ini STMIK AKAKOM mempunyai gedung kampus terpadu di atas tanah seluas 17. Sejarah Berdirinya STMIK AKAKOM Yayasan pendidikan Widya Bakti berdiri dengan akta notaris nomor 43 tanggal 30 Juli 1979. Untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih baik. Program Study Jurusan (prodi) pada STMIK AKAKOM terdiri dari :  Manajemen Informatika (D3) Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan program aplikasi multiuser (jaringan) untuk sistem informasi bisnis dengan sentuhan multimedia dan grafika komputer. memelihara. . dan memperbaiki sistem komputer. melacak. Pada tahun 1985 AKAKOm berkembang menjadi AMIK AKAKOM dan akhirnya sejak tahun 1992 menjadi STMIK AKAKOM.  Komputerisasi Akuntansi (D3) Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan akuntansi dna penggunaan piranti lunak akuntansi serta mampu merancang program aplikasi akuntansi dengan pendekatan teknologi pemrograman berorientasi objek. Kini dengan seluruh sumber daya yang dimiliki STMIK AKAKOM siap berkembang dan berkompetisi untuk memberi warna bagi kemajuan Indonesia dan bagi dunia ilmu pengetahuan khususnya bidang informatika dan komputer. yayasan ini merupakan penyelenggaraan pendidikan tinggi dibidang Komputer yang pertama di Jateng dan DIY dengan nama Akademi Aplikasi Komputer yang disingkat dengan Akrinim AKAKOM. gedung ini di peruntukan untuk kegiatan praktikum komputer mulai dari perangkat keras hingga multi media sampai dengan praktek berbahasa asing (English). B. C.850 m2 di jalan Raya Janti 143 Yogyakarta.

Sarana dan Fasilitas  UPT Laboratorium  UPT Perpustakaan  Ruang Kuliah  Beasiswa  Fasilitas lain ATM. Student Center.  Sistem Informasi (S1) Menghasilkan lulusan yang mampu merekayasa sistem informasi bisnis atau akuntansi yang dapat mendukung keputusan manajemen dengan basis komputer dan implementasinya menggunakan konsep. teknik. Lembaga Kemahasiswaan  Lembaga Tinggi Mahasiswa (LTM)  Lembaga Mahasiswa Otonom (LMO)  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) F. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang bangun perangkat lunak berbasis jaringan komputer. AKAKOM Hotspot. Palangan Basket.  Teknik Informatika Menghasilkan lulusan yang mampu membuat model solusi berbasis komputer dengan tools yang sesuai sehingga mampu membuat suatu sistem cerdas. Bale Lantip. metodologi. Denah Lokasi VEDC Malang . D. alat Bantu tertentu serta dokumentasinya. Ruang Persentasi. Anjungan Nilai Mandiri. Wall Climbing.Lulusan ini diharapkan memiliki keahlian khusus dalam menginstalasi dna mengelola jarinagn komputer atau merealisasikan rancangan bangun sistem-sistem berbasis mikrokontroler atau mikrokomputer. Program study ini memberikan dua pilihan keminatan yaitu konsentrasi sistem informasi akuntansi dan konsentrasi sistem informasi bisnis. Lapangan Volly. Tunjangan Kesehatan Mahasiswa. E. Polik klinik.

B. penulis menyarankan agar yang akan datang pada pembelian tiket masuk lebih tertib dan aman.BAB III PENUTUP A. II. . Saran Kepada STMIK AKAKOM penulis sarankan agar yang akan datang dapat menghadirkan ketua STMIK AKAKOM serta pembantu ketua I. Sedangkan kepada Candi Prambanan. dan III pada pertemuan. Kesimpulan Saya selaku penulis dengan hasil kunjungan saya dan dari hasil buku petunjuk dapat menyimpulkan bahwa : Program kunjungan industri pada STMIK AKAKOM dan Candi Prambanan dapat berlangsung dengan baik berkat kerjasama yang baik antara siswa dengan guru pembimbing dan pegawai STMIK AKAKOM dan Candi Prambanan.