A. JENIS CACAT KRISTAL Terdapat beberapa jenis cacat Kristal pada susunan atom dalam Kristal.

Kita perlu ketahui bahwa kehadiran cacat Kristal yang sedikit memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menentukan sifat suatu bahan dan pengaturan cacat sangat penting dalam pemrosesan bahan. Contoh relevansi cacat Kristal dalam kehidupan pada umumnya dan dalam bahan pada khususnya yaitu, ketika kita membeli cincin berlian, sebenarnya kita membayar untuk tipe cacat pada Kristal pada cincin berlian tersebut. Pembuatan device semikonduktor tidak hanya membutuhkan Silikon murni tetapi juga meliputi cacat Kristal tertentu pada sample. enempa suatu logam akan menghasilkan cacat pada logam tersebut dan meningkatkan kekuatan dan kelenturan logam. Catatan, sifat!sifat tersebut dicapai tanpa mengubah komposisi penyusun bahan tetapi hanya manipulasi cacat Kristal. "erikut ini merupakan jenis!jenis cacat Kristal #. Cacat titik yaitu adanya atom yang hilang atau terdapat sisipan atom asing dalam kisi $kekosongan, interstitial dan subtitutional , cacat Schottky dan cacat %renkel& '. Cacat Linear yaitu sekelompok atom berada pada posisi yang menyimpang $ dislokasi tepi dan dislokasi screw& (. Cacat interfacial yaitu interface antara daerah sejenis pada bahan $permukaan eksternal, grain boundaries, dan twin boundaries& "erikut ini akan dijelaskan masing!masing cacat pada bahan padat. 1. Cacat Titik Cacat titik terdiri dari kekosongan, interstisial dan subtitutional, cacat Schottky dan cacat %renkel a. Kekosongan )i alam ini tidak terdapat Kristal yang sempurna dengan susunan atom yang teratur. Selalu terdapat cacat dalam suatu Kristal, dan yang paling sering dijumpai adalah cacat titik. *al ini terutama ketika temperature Kristal cukup tinggi dimana atom!atom bergetar dengan frekuensi tertentu dan secara acak dapat meninggalkan kisi, lokasi kisi
1

hydrogen. . Terciptanya self!interstitial menyebabkan distorsi besar disekeliling kisi dan membutuhkan energy lebih dibandingkan dengan energy yang dibutuhkan untuk membuat vacancy atau kekosongan $+i. ereka memperkenalkan distorsi kecil pada kisi dan banyak terdapat pada material nyata. maka disebut subtitusional impurity 2 . +nergi tersebut disebut energy aktivasi kekosongan. -ika atom asing mengganti atau mensubtitusi matriks atom. biasanya lebih kecil ukurannya $karbon. self!interstitial hadir dengan konsentrasi lebih rendah dari kekosongan. )alam kebanyakan kasus difusi atau transportasi massa oleh gerak atom juga dapat disebabkan oleh kekosongan.nterstitial dan Subtitutional . semakin banyak atom yang dapat meninggalkan posisi kesetimbangannya dan semakin banyak kekosongan yang dapat dijumpai pada Kristal. Pada Kristal.+v&. -ika atom!atom interstitial adalah atom asing. -ika atom interstitial adalah atom yang sejenis dengan atom!atom pada kisi maka disebut self interstitial.nterstitial yaitu Penekanan atau penumpukan antara tempat kisi teratur. Semakin tinggi suhu. dan dibawah kondisi kesetimbangan. Subtitutional yaitu Penggantian atom pada matriks Kristal.yang ditinggalkan disebut vacancy atau kekosongan. +m.atom membutuhkan energy untuk bergerak ke posisi kekosongan $misalnya energi termal& untuk lepas dari tetangga!tetangganya. +nergi termal rata!rata atom biasanya lebih kecil dari energy aktivasi +m dan fluktuasi energy yang besar dibutuhkan untuk loncat. b. oksigen& disebut interstitial impurities. nitrogen.

Cacat titik dalam Kristal ion adalah muatan itu sendiri. c. $0& $1& subtitutional impurities. Keduanya cacat %renkel dan Schottky. $'& self!interstitial. $(& . 2amun ukuran anion jauh lebih besar dari pada kation maka sangat sulit untuk membentuk anion interstitial. /aya Coulomb sangat besar dan setiap muatan yang tidak seimbang memiliki kecenderungan yang kuat untuk menyeimbangkan diri. Cacat %renkel adalah kekosongan pasangan ion dan cation interstitial. *al ini menjadi misteri yang sangat besar ketika awal tahun #677 para ilmuan memperkirakan bahwa logam mengalami deformasi plastis jika diberi gaya yang lebih kecil dari gaya yang mengikat atom!atom logam bersama. 3 . Cacat Schottky dan Cacat %renkel )alam Kristal ionic $misalnya garam dapur! 2a3Cl!&. /ambar diatas merupakan skema representasi dari $#& cacat %renkel $kekosongan dan pasangan interstitial& dan cacat schottky $kekosongan pasangan kation dan anion& dalam Kristal ionic 2. 5tau kekosongan pasangan ion dan anion interstitial.nterstitial impurity. Cacat Schottky adalah kekosongan pasangan kation dan anion./ambar diatas menunjukan skema representasi macam!macam cacat titik dalam Kristal $#& kekosongan. Cacat Linear engapa logam dapat terdeformasi plastis dan mengapa sifat deformasi plastis dapat diubah sangat besar dengan ditempa tanpa mengubah komposisi kimia adalah sebuah misteri pada ribuan tahun yang lalu. . ikatannya disebabkan oleh gaya Coulomb antara ion positif dan ion negatif. pasangan cacat titik tetap berdekatan satu sama lain karena tarikan coulomb yang kuat antara muatan yang berlawanan. beberapa cacat titik akan terbentuk. Tanda panah menunjukan tekanan local yang dihasilkan oleh cacat titik. 4ntuk membuat muatan netral.

)islokasi garis dapat dikenal dan dipikiran sebagai bidang kisi tambahan dimasukan kedalam Kristal. )islokasi juga membentuk deformasi elastic kecil kisi pada jarak yang jauh. tetapi tidak diperpanjang ke seluruh Kristal tapi berakhir di dislokasi garis.Kejelasan muncul pada tahun #6(0 ketika Taylor. Sebenarnya. 5da tipe dislokasi kedua yang disebut screw dislocation.katan interatomik secara signifkan terdistorsi hanya dalam daerah sekitar dislokasi garis yang cepat. edge dislocation screw dislocation /erak dislokasi mengikuti slip!deformasi plastis ketika ikatan interatomik patah dan terbentuk kembali. . slip selalu terjadi melalui gerak dislokasi 4 . )islokasi adalah cacat garis. Screw dislocation sejajar dengan arah Kristal yang dipindahkan atau yang digeser $vector "urger sejajar dengan dislokasi garis&. /ambar tiga dimensi penyisipan setengah bidang tambahan melalui pusat gambar. *ampir seluruh dislokasi yang ditemukan pada Kristal bahan tidak terdiri daru edge dislocation saja atau screw dislocation saja tetapi terdiri dari campuran keduanya atau disebut mi9 dislocation. 8rowan dan Polyani menemukan dislokasi. 4ntuk menggambarkan ukuran dan arah distorsi kisi utama disebabkan oleh dislokasi.

yaitu penyimpanan dalam bentuk vibrasi atom<ion disekitar posisi keseimbangannya. kita akan mengerti mengapa dislokasi mengijinkan slip pada tekanan yang kecil yang diberikan pada Kristal yang sempurna. Pada proses pergeseran ini dislokasi terbentuk dan menyebar melalui Kristal. bahkan gelombang cahaya seperti pada peristiwa fotolistrik.:ihatlah pada diagram diatas. /erak dislokasi dapat dianalogikan dengan perpindahan ulat bulu. dan penimpanan berupa energi 5 . Punggung bukit lalu menyebar terus dan memindahkan ulat bulu. )alam padatan. dan sebagainya. Tanggapan padatan terhadap padatan termanifestasikan mulai dari kenaikan temperature sampai pada emisi termal tergantung dari besarnya energy yang masuk.at yang menerima ataupun melepaskan kalor. temperature. B. medan magnet.at tersebut akan mengalami perubahan suhu. kita dapat membuat punggung bukit pada karpet dan mendorongnya menyebarangi lantai. 4lat bulu harus mengadakan gaya yang besar untuk memindahkan seluruh tubuhnya pada waktu yang sama. perubahan wujud. )aripada memindahkan seluruhnya pada waktu yang bersamaan. terdapat dua kemungkinan penyimpanan energi termal. perubahan panjang. Cara yang sama digunakan untuk memindahkan karpet yang besar. 4ntuk itu bagian belakang tubuh akan bergerak ke depan sedikit dan membentuk punggung bukit. SIFAT TERMAL DARI KRISTAL Sejumlah energy bisa ditambahkan kedalam material melalui pemanasan. maka . Penyebaran satu dislokasi melalui bidang menyebabkan setengah bidang atas tersebut bergerak terhadap bagian bawahnya tetapi kita tidak memecah semua ikatan pada tengah bidang secara simultan $dimana akan membutuhkan gaya yang sangat besar&. medan listrik. Sifat termal adalah setiap . -ika setengah bagian atas Kristal di geser dan pada saat itu hanya fraksi kecil dari ikatan yang patah dan hal ini membutuhkan gaya yang cukup kecil.

penyimpangan menurut )eybe disebabkan oleh asumsi yang diambil +instein bahwa atom ? atom bervibrasi secara bebas dengan frekuensi sama. Huku Ter !"ina ika Termodinamika merupakan ilmu yang mempelajari perubahan energi. maupun padat yang berhubungan dengan kalor. %ana$ S#e$ifik Panas spesifik merupakan kapasitas per satuan massa per derajat K. %er'itun(an De*+e. &..K. perhitungan panas spesifik dengan menerapkan teori kuantum. )ebye melakukan penyerdehanaan perhitungan dengan menganggap padatan sebagai medium merata yang bervibrasi dan mengambil 6 . f+. kapasitas panas. %er'itun(an Ein$tein. Perubahan energi pada atom dan elektron bebas menentukan sifat termal padatan. Perhitungan panas spesifik ini dibedakan menjadi = a. dan konduktivitas termal. panas spesifik padatan unsur adalah hampir sama untuk semua unsur. dan keseimbangan partikel yang membentuk gas. mendekati nilai maksimumnya” 2. Ka#a$ita$ %ana$ Kapasitas panas merupakan jumlah panas yang diperlukan untuk meningkatkan temperature padatan sebesar satu derajat K. c. "olt. . Proses perubahan energy pada termodinamika berdasarkan dua hukum. *ukum . panas spesifik. b.a menganggap padatan terdiri dari 2 atom. *ukum . termodinamika berbunyi = “total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya waktu. Sifat termal yang akan dibahas adalah hukum termodinamika. +nergi atom!atom ini diturunkan dari teori kinetik gas. 1.man menunjukkan bahwa angka yang dihasilkan )ulong!Petit dapat ditelusuri melalui pandangan bahwa energi dalam padatan tersimpan dalam atom!atomnya yang bervibrasi. %er'itun(an Dul!n( ) %etit . yaitu sekitar > cal<mol. yang masing ? masing berisolasi secara bebas pada arah tiga dimensi. termodinamika berbunyi = “energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan”. perubahan keadaan.kinetik yang dikandung oleh elektron bebas. cair. dengan frekuensi f+.

Sebaliknya.ND-KTI. benda yang memiliki konduktivitas termal kecil merupakan penghantar kalor yang buruk $konduktor termal yang buruk&. "enda yang memiliki konduktivitas termal $k& besar merupakan penghantar kalor yang baik $konduktor termal yang baik&. 7 .ITAS TERMAL Konduktivitas termal suatu benda adalah kemampuan suatu benda untuk memindahkan kalor melalui benda tersebut.pendekatan pada vibrasi atom sebagai spectrum gelombang berdiri sepanjang Kristal. metal memiliki konduktivitas termal yang baik dan konduktivitas listrik yang baik pula karena elektron!elektron bebas yang berperan dalam berlangsungnya transfer panas. K. C. Pada temperature kamar. dikarenakan adanya perbedaan suhu maka elektron! elektron dapat berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah.elektron!elektron inilah yang menentukan kemampuan suatu benda dalam memindahkan kalor. konduktivitas termal dapat terjadi karena ada perbedaan suhu yang terjadi pada benda!benda konduktor. Kondukivitas termal dalam Kristal tunggal tergantung dari arah kristalografis.

1> #.7'( ? 7.70' 7.Co 7.#> 7.s.@0 7.-enis benda -<m.s.7'0 7.Co Perak Tembaga 5luminium "aja +s Kaca $biasa& "ata Konduktivitas termal $k& Kkal<m.s.711 #7!0 9 8 .' 7.7@ ? 7.707 7.1 9 #7!0 7.' 9 #7!0 7.# 9 #7!0 7.s.# 9 #7!0 7.@0 7.7> 9 #7! 0 0'7 (@7 '77 07 ' 7.Co 5ir Tubuh Kayu /abus Aol "usa 4dara Konduktivitas termal $k& Kkal<m.0 9 #7!0 7.Co #777 9 #7!0 6'7 9 #7!0 177 9 #7!0 ##7 9 #7 1 9 #7!0 ' 9 #7!0 ' 9 #7!0 !0 -enis benda -<m.