UJIAN FINAL TEORI UROGENITAL 1. Molekul yang terbanyak di reabsorbsi di duktus desendens adalah : a. NaCl d. Protein b. H2o e.

Asam Urat c. Urea 2. Senyawa dalam urin normal karena hasil metabolisme nitrogen adalah : a. Protein d. Urea b. NaCl e. KCl c. Mgfosfat 3. Hasil metanolisme nukleotida purin d ekskresi dalam bentuk senyawa : a. Protein d. Asam urat b. Glukosa e. Kreatinin c. Urea 4. Hormon yang mengatur keseimbangan pengeluaran air di ginjal adalah : a. ADH d. LH b. GH e. Tiroksin c. Oksitosin 5. Ekskresi kalsium meningkat dapat dipengaruhi oleh kadar hormon : a. GH d. Paratiroid b. FSH e. HCG c. LH 6. Batu yang disebabkan oleh karena infeksi VU (batu struvite) terdiri dari molekul : a. Mg(OH)2 b. Mg(PO4)3 c. Al Mg (PO)4 d. NH4PO4 e. MgNH4PO4 7. Ginjal membatu regulasi asam basa didalam darah melalui reabsorpsi : a. Mg(OH)2 d. NaOH b. HCO3e. H2O c. HCl 8. Proses miksi tidak terjadi sepanjang waktu karena kontrol miksi berada di bawah kendali ; a. Korteks serebri motorik b. Sfingter uretra interna c. Aparat jukstaglomerular d. Nefron jukstamedular e. Renin-angiotensin-aldosteron 9. Sifat kolik renalis yang timbul periodik terjadi karena gerakan peristaltik pada : a. Otot polos vesica urinaria b. Otot polos dinding ureter c. Otot polos dinding intestin d. Otot sfongter ureter interna e. Otot sfingter ureter eksterna 10. Bagian dari sistem RAA yang merangsang pembuangan natrium adalah :

Paru d. Sel mesangial intraglomerular dan sel makula densa c. a. maka respo ginjal adalah . autoregulasi c. Meningkatkan reabsorpsi H+ c. 16. a. Dinding vesica urinaria e. jantung b. hepar Proses pada sistem urogenital yang juga berperan membantu sistem imun dalam mencegah ISK adalah : a.11. a. Meningkatkan sekresi K+ b. Tubulus Ginjal b. Aldosteron b. 14. Sel makula densa dan sel mesangial intraglomerular d. Sekresi . Meningkatkan sekresi H2O Pelepasan renin dilakukan oleh : a. Sel mesangial intraglomerular dan sel jukstaglomerular b. Gradien osmotik vertikal pada medula ginjal d. reabsorpsi b. 12. Sel endotel kapiler glomerulus Jika ginjal mendeteksi bahwa tekanan darah terlalu rendah. Sel makula densa c. Autoregulasi serta regulasi saraf simpatis c. Miksi d. Lamina rara eksterna e. Sfingter uretra eksterna Aquaporin-1 (AOP-1) water channel yang berfungsi melewatkan air pada proses barier filtrasi dimiliki oleh : a. Renin d. Otak e. Sel mesangial ekstraglomerular dan sel mesangial intraglomerular e. Angiotensin I e. Arteriol aferen c. Meningkatkan reabsorpsi HCO3d. Sel podosit b. Dinding otot polos pd vesia urinaria b. Filtrasi e. Aparat jukstaglomerular sebagai detektor natrium Obat obat yang bersifat sebagai diuretik bekerja pada . Angiotensin II Kemampuan ginjal dalam membentuk urin yang pekat dimungkinkan oleh adanya . Kendali korteks motorik pd sfingter uretra e. 15. Otot polos ureter d. a. Lamina basalis glomerulus d. 17. Sel juxtagalomerular dan sel mesangial ekstraglomerular Aktivitas atrial natriuretic peptide (ANP) bersifat meningkatkan laju filtrasi glomerulus yang efeknya berupa penurunan beban kerja organ: a. 13. Vasopresin c. Meningkatkan reabsorpsi Na+ e. lambung c.

Seorang laki-laki 35 thn yg bekerja sebagai konsultan perbankan. Menggunakan pil kontrasepsi d. Perlindungan khusus c. Diagnosis dini dan pengobatan tepat d. bila ujung penis ditekan keluar cairan mukopurulen. Tunika pectinis penis c. Ada pembengkakan di lipatan paha. memiliki kebiasaan minum air putih sebanyak 2 gelas (500 cc) setaip pagi dan siang hari. Menggunakan kondom d. bila ujung penis ditekan keluar cairan mukopurulen. Menggunakan kontrasepsi injeksi 20. Urethra pars vesikulosa b. Keluhan ini dirasakan untuk kedua kalinya. Tidak minum antibiotik b. Promosi kesehatan b. Seorang pria umur 23 thn bekerja sebagai pelayan di tempat hiburan malam di Makassar. Fascia superficialis penis e. Tanda vital dlm batas normal. datang ke tempat praktik dokter umum dengan keluhan keluar cairan nanah dari kemaluan. Urethra pars prostatika d. Jaringan ikat padat yang membungkus korpus kavernosa penis disebut : a. namun jumlah urin . Berhubungan seks dengan pasangan terinfeksi 22. Urethra pars spongiosa e. Pada pemeriksaan fisik didapatkan OUE merah dan bengkak. Rehabilitasi 19. Pasien merasa selalu ingin huang air kecil.18. Apakah tahap pencegahan untuk kebiasaan pd kasus di atas ? a. Apakah tindakan pencegahan paling sesuai untuk mengurangi resiko penularan ? a. Minum pil kontrasepsi e. Tunika albuginea penis d. Keluhan ini dirasakan untuk kedua kalinya. Selain itu juga memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pantang melakukan hubungan seks e. Pada pemeriksaan fisik didapatkan OUE merah dan bengkak. Urethra pars pendulosa 23. Mukosa urethra pria yang dilapisis oleh epitel bertingkat adalah : a. Minum antibiotik c. Tidak menggunakan kondom c. Pembatasan kecacatan e. Tanda vital dlm batas normal. Fascia profunda penis 21. yang dirasakan sejak 3 hari sbelumnya. Seorang perempuan 25 thn datang ke klinik dengan keluhan sering buang air kecil. Apakah perilaku yang dapat memperpanjang periode kontagius pd kasus di atas ? a. Urethra pars membranosa c. Seorang pria umur 23 thn bekerja sebagai pelayan di tempat hiburan malam di Makassar. Ada pembengkakan di lipatan paha. datang ke tempat praktik dokter umum dengan keluhan keluar cairan nanah dari kemaluan. Tunika dartos penis b. Minum banyak air b.

Nyeri tekan regio suprapubik c. ≥ 100. Staphylococcus sp b. disertai rasa panas dan perih di sekitar saluran kemih. yang keluar hanya sedikit-sedikit. Coli Tes kultur pasien T yang sangat mendukung adalah ditemukannya koloni kuman a. Kimia urin b. Darah rutin d. Dip slide metod b. Pseudomonas sp c. Pielonefritis c. Pemeriksaan molekuler e. Pemeriksaan Gram c. Pemeriksaan sitometer d. Kultur urin c. 25. Sistitis e. 10. Satu kali pengambilan urin e. 27. Ambil pada slang urin yang bermuara ke kantong urin Pemeriksaan yang dilakukan yang dapat menentukan jumlah bakteri dalam urin`disebut : a. Kultur darah Cara pengambilan sampel urin yang benar untk mendiagnosis ISK : a. Apakah diagnosa yang paling mungkin pada pasien ini ? a. Streptococcus sp d. Urin porsi awal b.24. Ambil pada kantong penampung urin d. Nyeri tekan regio iliaca Apakah pemeriksaan yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis ? a. Wadah yang bersih d. Kimia darah e. Urin porsi tegah c.000/ml urin . Nyeri ketok regio costo vertebralis b. Glomerulonefritis b. 29. Klebsiella sp e. Wadah tinggi bermulut sempit Teknik yang benar pengambilan spesimen urin pada seorang pasien dewasa yang sedang terpasang kateter urin : a. Adnekiitis Apakah pemeriksaan fisik yang mengarahakan ke diagnosis pada kasusu di atas ? a. Nyeri tekan hipokondrium d. 30. 26. Ambil langsung pada ujung kateter urin e. Ambil pada suprapubis b. Nyeri tekan regio lumbal e.000/ml urin b. Ambil langsung pada urethra c. Pemeriksaan kultur bakteri Apakah kuman yang paling sering menyebabkan ISK pada perempuan ? a. E. Ureteritis d. 28.000 – 90.

33. Pasien selama 3 hari terakhir muntah-muntah disertai diare > 10 kali sehari. 1000 – 2000/ml urin Apakah terapi antibiotik empirik yang paling tepat pada kasus di atas ? a. Pada pemeriksaan fisis ditetemukan nyeri ketok RCV kanan. mual dan muntah. Gangguan ginjal akut prerenal b. Pasien tidak merasa ingin buang air kecil. Yang lain dalam batas normal. Pielonefritis c. Apakah diagnosis yang palig mungkin ? a. Pd pemfis pasien tampak samnolen. Pasien memiliki riwayat kencing manis sejak 10 tahun yang lalu. TD 90/70. 34. Urin rutin dengan tes carik celup didaptkan lekosit : 3+. Apakah diagnosis yang paling mungkin pd pasien ini ? a. Pielonefritis akut c. tes nitrit (+). disertai mual.8 mg/dl. Pasien pernah didiagnosis menderita penyakit ginjal bocor saat berusia 5 tahun. Tes kreatinin klirens e. Gangguan ginjal akut renal c. tidak nyeri pinggang. tidak teraba massa tumor. kreatinin 5. Glomerulonefritis b. Glomerulonefritis kronis Seorang perempuan 48 thun dibawa ke UGD dgn keluhan demam tinggi menggigil sejak 2 hari sebelumnya. muntah dan nyeri pinggang kanan. Sistitis d. Tes inulin klirens d. 2000 – 5000/ml urin e. Dipstick test b. nadi 120x/menit dan lemah. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini ? a. Uretritis e. Semua benar e.000/ml urin d. Sistitis akut b. yang dialami sejak 1 bulan terakhir. Sulfametaksasol c. Glomerulonefritis akut e. 35. Hasil laboratorium ureum 190 mg/dl. 5000 – 10. Pielonefritis kronis d. Siprofloksasin d. namun merasa lemas. Gangguan ginjal akut pd penyakit ginjal kronik . Tes biakan/kultur urin c. Gangguan ginjal post renal d. 32. turgor kulit menurun. darah rutin : dalam batas normal. Adnektis Hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan. BSSD Seorang laki-laki berumur 35 thn dibawa ke unit gawat darurat dgn keluhan baung air kecil berkurang. Urin kesan ckup dan agak keruh. Tes lanjutan yang paling disarankan adalah : a. Trimetoprin b.31. c. Tes urea klirens Seorang perempuan berusia 30 tahun dibawa ke UGD RS dengan keluhan tidak buang air kecil sejak 1 hari sbelumnya.

kreatinin 17. Ureum Tes glukosa urin menggunakan reagen : a. Benedict e. Kreatinin. Gangguan ginjal akut Menentukan klirens ginjal dengan menggunakan persamaan Cockroft Gault. Tc-DPTA d. 40. 39. Pasien menderita kencing manis sejak 15 tahun yang lalu namun tidak berobat teratur. Menurunkan sekresi H+ dan menurunkan reabsorpsi HCO3d. Hasil laboratorium mnunjukkan Hb 7. Menurunkan sekresi H+ dan meningkatkan reabsorspsi HCO3Seorang perempuan 56 thun dibawa ke UGD oleh keluarganya dengan keluhan lemas yang dirasakan sejak 1 bulan terakhir. tampak pucat dan sedikit buang air kecil. iohexol. Seftriakson d.36. Sulfosalicyl 10% d. Cystatin C. 41. Meningkatkan sekresi H2O dan meningkatkan reabsorpsi HCO3b. natrium c. BaCl2 c. Menurut anda.8g/dl. Meningkatkan sekresi H+ dan menurunkan reabsorpsi HCO3e. 37. Penyakit ginjal kronik Kompensasi yang terjadi pada ginjal pada kondisi asidosis adalah : a. Amoksiclav e. e. Kreatinin b. Kreatinin c. hal ini dialami sejak 3 hari ini. Meningkatkan sekresi H+ dan menurunkan reabsorpsi HCO3c. Pasien merasa mual dan kadang-kadang muntah. Asam urat e. cystatin C b. ureum 256 g/dl. Cystatin C Marker endogen klirens ginjal adalah : a. Persamaan Schwart. Inulin e. pilihan antibiotik yang harus dihindari pada pasien ini adalah : a. Sindrom nefrotik b. Penyakit ginjal kronik e. Ureum. Asam asetat glacial Seorang anak laki-laki 12 thn mengeluh nyeri dan terasa panas bila BAK. Rothera b. Apakah diagnosis yang paling mungkin pada pasien ini ? a. 38. Inulin. Ampisilin d. Sindrom nefritik c. Cystatin C. Nitrofurantoin b. Counnahan Barrat. parameter kimia darah yang digunakan adalah : a. Iohexol. MDRD Study. Levofloksasin c. Seftitokzim . ureum. Ureum d. Trimetoprin Pada golongan antibiotik sefalosporin yang daya tahan terhadap “enzim beta lactamase” sangan rendah adalah : a. Sefadroksil e. 42. Inulin.8 g/dl. Pielonefritis d. Tc-DPTA. Sefoperazon b.

Infark testis d. 44. 47. 1) Sefepim 2) Sefiksim 3) Sefpirom 4) Sefotiam Seorang wanita hamil G1P0A0 minggu 15 dengan keluhan nyeri dan terasa panas bila BAK. Sefuroksim Sefalosporin adalah AB yg mempunyai broadspectrum. pemeriksaan fisik yang dapat dicari adalah : a. Parotitis epidemika c. Otitis media d. Pilihan AB yang dianjurkan diberikan pd pasien ini ? 1) Seftriakson 2) Sefaleksin 3) Amoksiclav 4) Ciprofloksasin Seorang laki-laki 25 tahun dtg ke UGD dengan keluhan bengkak dan sangat sakit pd testis kanan sejak 1 hari yg lalu. Hemiskrotum kanankemerahan c. Antibiotik b. Analgetik + anti inflamasi c. Gejala dan tanda yang mungkin didapatkan pd penderita ini : a. Semua benar Untuk membedakan dengan torsio testis maka. c. Benar semua Komplikasi yang mungkn terjadi pada penderita ini : a. Pembentukan abses c. 48. Phren’s sign d. 46. Curiga suatu orchitis akut. Deming’s sign c. dokter mendiagnosa sbgai complicated UTI dianjurkan masuk RS rawat inap. Rinitis vasometer Tindakan yang sebaiknya dilakukan pada penderita ini : a. Infertilitas b.43. tiap generasi sefalosporin mempunyai ciri tersendiri. 49. Bed rest + Scrotal support d. yang termasuk sefalosporin generasi ke empat . Konjungtivitis akut b. Gastritis akut e. Angell’s sign b. Demam bisa sampai 40oc b. A dan B benar e. Kultur secret uretra e. A dan B . 45. Semua benar Apakah penyakit yang dapat menyebabkan kelainan di atas ? a. A dan B benar e. Ada riwayat kencing nanah d.

kecuali : a. didapatkan hasil bayangan opaque di paravertebra lumbal 2 kiri ukuran 15 mm dan nonvisual ginjal kiri. 55. Kelanjutan dari caput epididymis d.B. Ureterolitotomy b. Sesudah dapat obat dari dokter praktek. Renal carbuncle c. Diagnosis yang mungkin adalah a. a.50. Perinephric abscess d. Hypernephroma Tindakan yang harus dilakukan segera pada kasus di atas adalah : a.B. Membentuk funiculus spermaticus b. Bermuara kedalam urethra pars prostatika e. Pyenephrosis b. 51. 53. ureum 35. A dan B e. Nephrektomy kiri sampai ke distal batu . e. 52. Penderita dengan riwayat nyeri pinggang sejak 1 tahun yang lalu dan hanya berobat ke dkter umum. Diagnosis yang palng mungkin sekarang adalah . Renal carbuncle c. Bermuara kedalam urethra pars prostatika e. Ujung terminalnya membentuk ampulla Seorang wanita 56 thun dtg ke UGD RS dengan keluhan sakit pinggang kiri disertai demam (39.5oc) sejak 4 hari yang lalu. Pyenephrosis b. Nephrektomy kiri d. Perinephric abscess d. Ujung terminalnya membentuk ampulla Pernyatan di bawah ini yang benar mengenai ductus ejaculatorius adalah : a.5. 54. Melewati canalis inguinalis c. Pyelonefritis acuta e. demam agak berkurag tapi masih sakit-sakit. Pada pemeriksaan didaptkan nyeri ketok pada RCV kiri. Pyelonefritis acuta e. Drainase perkutan (nephrotomy) + kultur dan sensitivitas tes untuk pemberian AB yang tepat c. Semua di atas benar Pemeriksaan selanjutnya didapatkan lekosit darah 16. Kelanjutan dari caput epididymis d. A. Nephrektomy sinistra d. Tindakan selanjutnya adalah: a. dan C Setelah keadaan membaik dilakukan pemeriksaan IVP. Membentuk funiculus spermaticus b. lekosit urine 40-50/ LPB dan pada USG ginjal didapat gambaran hidronefrosis dengan internal echo (+) dan parenkim ginjal yang sudah tipis. Fungsi ginjal kiri baik. A. Melewati canalis inguinalis c.000. kreatinin 1. Pemberian antibiotik broad spectra dosis tinggi b. Ureteroscopy + lithotripsy c. dan C Pernyataan dibawah ini yang benar mengenai ductus deferens adalah.

61. Antacida dan spasmolotic c. diberikan terapi sementara infus dan obat-obatan : a. Benisidin test Sifat bakteri dari golongan enterobakter yang berkaitan dengan pembentukan batu saluran kemih adalah : a. penghasil extended spectrum beta lactamase Nyeri kolik pada kasus di atas kemungkinan disebabkan oleh : a. Penghasil urease yang mampu mengubah urea menjadi amonia dan CO2 b. Antiemetic dan sedative d. Ureum dan kreatinin darah c. Fungsi liiver d. 62. Batu impacted pd ginjal atau ureter b. Analgetika dan spasmolitik e. 58. Dorongan isi saluran terhadap penyebab obstruksi b. Darah rutin b. 59. 57. e. Terapi penderita ini adalah : . Pertahankan nephrostomy Seorang laki-laki 35 thn dtg ke RS dgn keluhan nyeri pd pinggang kanan yang hilang timbul disertai dengan mual dan muntah. Kontraksi dinding saluran di proksimal sumbatan untk mendorong ke distal penyebab obstruksi d. Nyeri pada bahu c. Analgetika injeksi b. Shock e. 60. Nyeri pada testis ipsilateral b. penghasil protease e. Ganglion coeliacus mempersarafi kedua ginjal dan lambung d. Palpitasi d. Dilatasi dari dinding saluran di proksimal dari obstruksi Keluhan mual dan muntah pada batu ureter/ginjal disebabkan oleh : a. ISK menyebbkan hiperaciditas di lambung e. Nyeri alih pd system saraf otonom c. Urine sediment e. Nyeri ketok pada RCV Tindakan awal yang sebaikya dilakukan pada penderita ini sebelum melakukan pemeriksaan.56. Penghasil koagulase yang menggumpalkan protein d. BSSD Kemudian dilakukan Pielography intravena dgn hasil tampak gambaran radiopaq pd PVL2 kanan ukuran 5 mm dan kontras masih dapat lewat sampai ke kandung kemih. Antibiotik dosis tnggi Pemeriksaan pertama yg dilakukan untk mendekati diagnosis pd penderita iini adalah : a. Gesekan dari isi lumen yang menyebabkan obstruksi akibat tekanan dalam dinding saluran e. Penghasil katalase c. Yang bukan gejala dan tanda yang bsa anda daptkan pd penderita ini adalah : a. Kontraksi dinding saluran terhadap penyebab obstruksi c. Mungkin disebabkan oleh kolik karena batu ureter.

Chancroid e. Pada pemeriksaan fisik ditemukan ulkus tunggal pada . Apusan dgn pewarnaan e. Uretritis non gonore d. 65. Ureterolithotomy b. Limfogranuloma venereum Pemeriksaan penunjang apa yang dapat membantu menegakkan diagnosis penyakit ini ? a. Tes Whiff c. URS e. Penisilin prokain G 4.8 juta unit + probonesid 1 gr b.4 juta unit. PCNL Indikasi untuk tindakan operasi pada penderita ini adalah . Gonore c. Ia mengeluh terdapat luka yang nyeri pada penisnya. Crowperitis d. a. ESWL c. Benzathin penisilin 2. 64. 69. Azythromisin 1 gr. dosis tunggal d. Tetrasiklin 500 mg. a. Filtrasi b. 66. Augmentasi Laki-laki 25 tahun dtg ke poliklinik kulit dan kelamin dengan keluhan keuar cairan berwarna putih dari alat kelaminnya. Sdh ada tanda-tanda obstruktif c. 67. BSSD e. RPR d. Semua benar c. Amoksisilin 3gr + probonesid 2 gr Komplikasi penyakit ini adalah : a. Pemeriksaan mikroskop lapangan gelap b. Tes Tzanck Penatalaksanaan untuk penyakit ini adalah : a. Keadaan ini sudah berlangsung sejak 1 minggu yang lalu.63. Prostatis e. Batu yang impacted d. sejak 3 hari yang lalu. Reabsorpsi d. 4x1selama 30 hari e. Konservatif d. 68. oral. Eliminasi e. Apa diagnosis yang paling mungkin untk pasien ini ? a. dosis tunggal c. Vesikulitis Laki-laki 30 thn dtg ke klinik dokter kulit dan kelamin. a. Epididimitis b. Sekresi c. Semua benar Proses pada sistem urogenital yang paing terganggu pada penyakit pembesaran prostat jinak (BPH) adalah . Pasien ini juga mengeluh nyeri saat berkemih. Sifilis b. Nyeri yang terus menerus b.

Servisitis mukopurulen d. Sifilis b. Klebsiella pneumonia e. Fimosis d. Tetrasiklin 500 mg. BSSD Komplikasi penyakit ini adalah : a. Perdarahan post koitus/intermenstrual c. Chlamydia trachomatis c. apa penyebab penyakit ini ? a. Groove’s sign c. Ceftriakson 1 gr. Pewarnaan gram : basil gram negatif gnpembesaran fish school e. . 75. Treponema pallidum d. Haemophilus ducreyi b. 72.. 76. Ulserasi gangren fagedenik c. 71. Kerusakan jaringan genital yang semakin luas b. UNG Berdasarkan jwbn di atas. pleomorfik d. Semua benar e. Gejala klinik apa lagi yang dapat ditemukan pd pemeriksaan fisis pasien ini ? a. 2x1 b. Eritromisin 250 mg. Granuloma ingunal c. Pseudobulo e. PID b. 73. Frei skin test + c. Semua salah Gambaran histologis “denovan bodies” dapat ditemukan pd penyakit.70. Chancroid e. 4x1 selama 30 hari e. Pewarnaan gram : gram negatif. Siproflokasasin 500 mg. Semua salah Penatalaksanaan untk pasien ini adalah : a. Bebat elastis Peradangan pada daerah urogenital yg disebabkan oleh Chlamydia trachomatis dpt bermanifestasi sbagai : a.3x1 selama 5 hari d. glans penis dengan eksudat berwarna kekuningan. Ureplasma ureaticum Apa yang dapat ditemukan pd pemeriksaan penunjang kasus ini ? a. Pewarnaan gram : diplokokus gram negatif b. dosis tunggal c. Adenitis inguinal yang nyeri (bubo) d. 74. Limfogranuloma venereum d. Semua benar e. Abses perirektal Apa diagnosis yang paling tepat ? a. Pembesaran kelenjar limfe inguinal b.

Cari tanda dan gejala lainnya d. 83. Swab ulkus c. Non minimal chaneg nephrotic syndrom d. Vesikel yang nyeri berkelompok b. Post streptococcal glomerulonephritis Untuk menegakkan diagnosis maka diperlukan : a. BJ 1. pH 6 e. Vesikel berkelompok dengan dasar merah yang disertai nyeri d. BSSD Berikut ini adalah penyakit-penyakit dengan gmbaran klinis ulkus. Darah d. Tes jaffe Tes proteinuria kuantitatif menggunaka urin: . Sifilis b. Pemeriksaan urinalisa e. Biopsi ginjal c. Granuloma inguinale d.77. Pemeriksaan radiologis Bila dilakukan tes urinalisis : tes mikroskopik (sedimen urin) maka dpt ditemukan : a. Acute nephrotic syn drom e. 82. 84. Herpes simpleks c. Tes Biuret b. putul dan ulkus disertai nyeri e. Sifilis b. Limfogranuloma venereum Seorang anak laki-laki 3 thn msuk RS arena muntah dan lemah. Chancroid Spesimen yang diambil untk diagnostik kultur oleh karena treponema pallidum adalah : a. Pemeriksaan darah b. Oval fat bodies c. Vesikel dan pustul yang nyeri c. Limfogranuloma venereum c. Minimal change nephrotic syndrom c. Diagnosis kerja tersebut : a. Granuloma inguinale d. Tes gerhards c. a. Ditemukan edema generalisata. 79.010 d. Nephrotic syndrom b.kecuali : a. tes rivalta d. Urin Berikut ini adalah tanda klinis yang khas untk herpes simpleks : a. 80. Isostenuria b. volume urin 200 ml tes laboratorium untk proteinuria secara kuantitatif : a. 78. Tes esbach e. Serum e. Vesikel. Gonore e. 81. Gonore e. Faeces b. Hassil lab menunjukkan kadar albumin 2 gr/dl dan proteinuria masif.

Spektrofotometri Sindrom nefrotik resisten steroid artinya : a. C3 complement . a. Remisi setelah terapi 2 minggu d. a. Hypertensive crisis Pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis . Acute poststreptococcal glomerulonephritis d. 88. 89. 86. Remis setelah terapi 8 minggu Usia puncak insiden SN lesi minimal adalah : a. Post imunisasi d. CuSO4 e. a. 91. Pemfis ditemukan TD 160/110. Urin 6 jam e. < 2 tahun d. Sahli c. Mutasi kromosom 19 b. Tidak repson setelah terapi 4 minggu c. Meningoencephalitis e. 90.85. Alergi susu formula c. HLA-DR 7 antigen Seorang anak perempuan 7 tahun msuk RS karena tidak sdar. Urin post prandial b. 87. Diagnoss kerja : a. 8 – 12 tahun e. ASTO titer b. Talquist e. Cyanmenthomeglobin b. Idiopatic e. Acute nephritic syndrome associated with hypertensive encelopathy c. 2 – 5 tahun b. 6 – 7 tahun c. Sulfosalycil acid 10 % b. Benedict d. edema palpebra dan pretibial. Urin puasa c. metode pmeriksaan eritrosit urin : a. Keadaan ini disertai dengan sakit kepala dan urin berwarna merh 5 hari sebelumnya. Tidak respon setelah terapi 2 minggu b. Urin 24 jam Tes proteinuria menggunakan reagen . Urin sewaktu d. > 12 tahun Penyebb paling sering pada sindrom nefrotik lesi minimal adalah : a. Remisi setelah terapi 4 minggu e. Hipertensive encelopathy b. Kolorimetri d. BaCl2 Pada pemeriksaan dengan tes carik celup atau point of care test (POCT). Rothera c.

Mnurut anda. Lemak subkutan mencegah pembentukan antibodi ASTO c. indol -. Urease (+) kuat. Pasien juga demam dengan suhu 38. c. pilihan AB yg harus dihindari pada pasien ini adalah : a. Hasil kultur urin (+). Kadar ASTO terlambat diperiksa Seorang anak laki-laki 12 thn mngeluh nyeri dan terasa panas bila BAK. MDRD Study d. 94.5oc. Pemeriksaan kadar ASTO terlalu dini d. edema dan hipertensi e. trimetoprin c. Sudah diterapi sebelumnya e. Jaffe reaction Kasus GNAPS yang full blown : a. Oligouria dan hipertensi b. ASTO & C3 complement d. Pasien sudah menderita kencing manis elama 20 tahun. Warna koloni berwarna putih kekuningan pd macconkey agar. Persamaan Schwartz c. gas +. hal ini dialami selama 3 hari ini.92. motilitas +. Bakteri yg paling mngkin mnyebabkan ISK pd wanita tsb adalah: a. Ampisilin Golongan AB quinolon yg masuk golongan generasi pertama adalah : 1) Nalidixic acid 2) Cinoxacin 3) Pipemidinat 4) Ofloksasin Wanita 45 th dtg ke poi umum dgn keluhan nyeri berkemih dan meningkatnya frekuensi berkemih. 97. 96. TSI : asam/asam. Nephrotic syndrome c. Acute nephrotic syndrome b. H2S +. Minimal change nephrotic syndrom d. Levofloksasin e. Penyebabnya non streptococcus b. Coli . Counahann-barrat e. Oligouria. Persamaan Cockroft-Gault b. sulfur +. E. 93. Urine kultur e. 95. Mikroorganisme tsb dpt tmbuh pd blood agar dan MacConkey agar. dialami sejak 2 minggu yang lalu dan sekarang nyeri dirasakan menjalar ke pnggung bawah. 98. Nitrofurantoin d. Amoksiclav b. Edema. oligouria. hipertensi dan hematuria Kadar ASTO pd GNAPS akibat pyodermi bisa negatif oleh karena : a. Hematuria da hipertensi c. Non minimal chaneg nephrotic syndrom Tes kreatinin klirens yang paling cocok untk anak di atas Adalah : a. Pharingeal swab Diagnosis pasti : a. Acute poststreptococcal glomerulonephritis e. Gross hematuria dan edema d.

K.penumonia c. Indol -. tetapi tdk mnghasilkan gas serta mnghasilkan pigmen merah yang tdk larut prodiglosin. Proteus mirabilis d. gram negatif. Coli b. Bila ditemukan bakteri yg memiliki kapsulsebagai faktor virulensinya dan dapat bertukar palsmid da diamati di bwh mikroskop dan tampak bakteri dengan bentuk basil. Streptococcus faecalis 100. berkapsul. H2s -. Bakteri yg paling mngkin infeksi pd wanita tsb adalah : a. E. Klebsiella pneumonia c. a. Pseudomonas aeruginosa e. Salmonella typhi 99. berkapsul. Pseudomonas aeruginosa e. Bila dri hasil pemeriksaan bakteriologis ditemukan bakteri dgn morfologi basil. K. tdk berspora. E. Serratia mercescens b. bakter yg paling mngin mnyebabkan ISK pd wanita tsb adalah . Proteus vulgaris e. Pneumonia c. Coli d.b. mnghasilkan asam stabil. Salmonella thypi . tdk meragikan laktosa. Proteus mirabilis d. gram negatif. Brdasarkan ciri-ciri tsb.