TASK READING “VARIKOKEL” OLEH: KELOMPOK 15

NAMA KELOMPOK :

NI PUTU ARYASTARI HUSNAINI HAWARI

12.06.0008 12.06.0041

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM AL-AZHAR MATARAM 2012-2013
1

Ini semua disebabkan karena keterbataan kami sebagai manusia. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini. Mataram.KATA PENGANTAR Segala puji syukur atas kehadiratAllah SWT yang telah memberikan rahmat yang begitu besar sehingga kami dapat menyelesaikan makalah task reading kami tentang “VARIKOKEL” ini tepat pada waktunya. 10 April 2013 Penyusun 2 . Kami menyadari sepenuhnya akan segala kekurangan dan keterbatasan kami.Kami berharap semoga makalah inidapat bermanfaat bagi kami dan para pembaca. Karena itu kami berharap kritikdan saran dari pembaca yang sangat kami harapkan.

....DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ..... DAFTAR PUSTAKA ...............1 Anatomi Skrotum ... 1.......................................................................... 3...............................................................................1 Latar Belakang ........................................................................................................................ 3 ....... 2.......................................................................1 Kesimpulan .........................................................................................5 Akibat Varikokel .................................................................................................................................................................... DAFTAR ISI ................................... 2............................................................................................................................................................ BAB III PENUTUP ..................................3 Varikokel ......... BAB I PENDAHULUAN ............................ BAB II PEMBAHASAN ........................................................2 Anatomi Testis .............................. 2...................................... 2... 2...................................................................4 Gejala Varikokel .................

danberakhir di orifisium uretra eksterna. Organ urogenital dari pria terdiri dari ginjal. Berupa benda kecil. Apendiks testis adalah bagian ekstremitas superior testis dekat dengan kaput epididimis.1 Latar belakang Organ reproduksi pria tidak tidak terpisah dari saluran uretra dan sejajar dengan kelamin luar.Epididimis yaitu saluran halus yang panjangnya kira-kira 6cm dan terdiri dari kaput epididmis yang berhubungan erat dengan bagian atas testis sebagai duktus eferens. Duktus .BAB I PENDAHULUAN 1. oval yang merupakan sisa dari duktus mulerin bagian atas. 2. pars kavernosum. dan membentuk struktur sekelilingnya. Sebagian besar organ reproduksi pria terletak di luar pelvis. terletak di bagian ginjal.Uretra merupakan saluran kemih dan saluran ejakulasi pada pria. uretr. dan memproduksi sperma. Organ reproduksi berhubungan dengan traktus urinarius tetapi tidak bersambung. Melalui cincin kanalis inguinalis masuk ke fenikulus spermatikus . Sedangkan organ reproduksi pria terdiri dari: 1.Duktus diferens yaitu duktus ekskretorius dari testis. pars membranasea. testis mengatur sperma sebelum diejakulasi. dan uretra. membentuk kelenjar reproduksi berisi sel benih. vesika urinaria. . merupakan lanjutan dari kanalis epididimis. Bangunan Penyambung 4 . Uretra pada pria mempunyai bagian-bagian tersendiri yaitu uretra pars prostatika.

Di depan skrotum terdapat penis dan di belakang terdapat anus. dan serabut saraf .Fenikulus Spermatikus merupakan bangunan penyambung yang berisi duktus seminalis. Sekresi vesika seminalis merupakan komponen pokok dari air mani yang menghasilkan cairan yang disebut semen sebagai pelindung spermatozoa . .Glandula prostat yaitu kelenjar yang mengeluarkan cairan alkali yang encer seperti susu yang mengandung asam sitrat yang berguna untuk melindungi spermatozoa terhadap tekanan pada uretra. Di belakang orifisium uretra eksterna kulit ini membentuk perlipatan kecil yang disebut frenulum prepusium.Testis ada dua buah yang berfungsi menghasilkan sperma. Kelenjar . Dengan penggantung yaitu ligamentum pundiformis dan ligamentum suspensorium penis. Fungsinya mensekresi zat mukoid yang mengandung fruktosa dan zat gizi(prostaglandin dan fibrinogen) sebagai sumber energi spermatozoa.Penis terletak menggantung di depan skrotum. . pembuluh limfe.Duktus ejakulatorius berjumlah dua buah pada sisi lain dari garis tengah.Vesika seminalis. Kulit pembungkus yang berhubungan dengan pelvis. 5 . skrotum dan perinium. 3.. Masing-masing duktus akan membentuk gabungan vesika seminalis dengan duktus diferens.Skrotum merupakan sepasang kantong yang menggantung di dasar pelvis. .Kelenjar bulbouretralis . Skrotum berfungsi membungkus testis untuk menjaga dari suhu.

2 Anatomi Testis Testis merupakan dua buah organ glandula yang memproduksi semen. Skrotum kiri tergantung lebih rendah dari skrotum kanan.BAB II PEMBAHASAN 2. Lapisan skrotum yaitu: a. testis terdapat dalam kavum abdomen belakang peritoneum. Tunika dartos ini membentuk septum yang membagi skrotum menjadi dua ruangan untuk testis dan mengangkat testis menurut kemauan dan refleks ejakulasi. tipis dan mempunyai rugae. Pada janin. b. misalnya pengaruh suhu dapat membuat skrotum berubah ukuran untuk menyesuaikan suhu untuk kesuburan testis. Skrotum atau kandung buah pelir berupa kantongterdiri dari kulit tanpa lemak dan memiliki sedikit jaringan otot. Sebelum kelahiran testis tersebut akan turun melalui kanalis inguinalis menuju skrotum. pada beberapa keadaan. terdapat folikel sebasea dikelilingi oleh rambut keriting yang akarnya terlihat melalui kulit. Tunika dartos: berisi lapisan otot polos yang tipis sepanjang basis skrotum. Di depan skrotum terdapat penis dan di belakang terdapat anus. Testis 6 . Namun. didalamnya terdapat kantong yang berisi epididimis dan fenikulus spermatikus termasuk juga testis. Pembungkusnya disebut tunika vaginalis yang dibentuk dari peritoneum skrotum yang mengandung pigmen. Kulit: warna kecoklatan. 2.1 Anatomi Skrotum Skrotum merupakan sepasang kantong yang menggantung di dasar pelvis. terdapat di dalam skrotum dan digantung oleh fenikulus spermatikus.

Sel spermatozoa yang diproduksi di tubulus seminiferus testis disimpan dan mengalami pematangan/maturasi di epididimis. Testis menghasilkan hormon testosteron yang menimbulkan sifat kejantanan setelah masa pubertas. Di dalam tubulus seminiferus terdapat sel spermatogonia dan sel sertoli. Setelah maturasi(dewasa) sel spermatozoa bersama-sama dengan getah dari epididimis dan vas diferens disalurkan menuju ampula vas diferens. b. sedangkan diantara tubuli seminiferi terdapat sel leydig. Arteri pudenda eksterna pars superfisialis merupakan cabang dari arteri femoralis. Secara histopatologis testis terdiri dari kurang lebih 250 lobuli dan tiap lobulus terdiri atas tubuli seminiferi. serta cairan prostat membentuk cairan semen atau mani. Selanjutnya pembuluh vena yang meninggalkan testis berkumpul membentuk pleksus pampiniformis. vas diferens. Ilioinguinalis. Otot kremaster yang berada di sekitar testis memungkinkan testis dapat digerakkan mendekati rongga abdomen untuk mempertahankan temperatur testis agar tetap stabil. Sel sertoli berfungsi memberikan makan pada bakal sperma. terdiri dari belahan yang disebut lobulus testis. Lumboinguinalis cabang dari pleksus lumbalis. Setelah itu bercampur dengan cairan dari epididimis. dan N. Arteri perinealis superfisialis cabang dari arteri pudenda interna. Testis dibungkus oleh Jaringan tunika albuginea yang melekat pada testis dan diluar tunika albuginea terdapat tunika vaginalis yang terdiri atas lapisan viseralis dan parietalis. Persarafan testis meliputi N. c.merupakan tempat dibentuknya spermatozoa dan hormon laki-laki. serta tunika dartos. Perineal pars superfisialis. Dan pembuluh darah testis yaitu: a. sedangkan sel leydig atau disebut sel interstisial testis berfungsi dalam menghasilkan hormon testosteron. N. Sel spermatogonium pada proses spermatogenesis menjadi sel spermatozoa. Arteri kremasterika cabang dari arteri epigastrika inferior. 7 . vesikula seminalis. di samping itu juga ada hormon FSH dan LH.

8 .

muara vena spermatika kanan pada vena renalis kanan. Adapun penyebab dari varikokel yaitu: 1. varikokel ini lebih sering terjadi pada sisi kiri di bandingkan sisi kanan disebabkan karena: 1.3 Varikokel Varikokel adalah pelebaran abnormal (varises) dari vena yang ada di pleksus pampiniformis akibat gangguan vena spermatika interna yang mengalirkan darah ke setiap testis.2. Makanan Beberapa jenis makanan dengan oksidasi tinggi akan merusak pembuluh darah seperti makanan yang diolah dengan cara dibakar. 2. Vena spermatikainterna kiri jauh lebih panjang dibandingkan vena spermatika interna sisi kanan karena letak ginjal kiri lebiih tinggi dibanding sisi kanan Varikokel pada sisi kanan dapat merupakan tanda obstruksi yang patut di curigai adanya kelainan pada rongga retroperitoneal (terdapat obstruksi vena karena tumor). Kelainan ini terdapat pada 15% pria dan varikokel ini ternyata merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria dan didapatkan 21-41% pria yang mandul karena varikokel. anak-anak ini mewarisi pembuluh darah yang mudah melebar. atau adanya situs inversus. Pembuluh vena spermatika interna sisi kiri harus melalui jalan yang panjang untuk bermuara ke vena renalis dan kemudian menuju ke vena cava inferior dibandingkan pembuluh balik sisi kanan yang langsung menuju vena cava inferior. Faktor genetik Orang tua dengan varikokel memiliki kecendrungan menurunkannya pada anak. 9 . Dari bentuk anatomis pembuluh darah vena spermatika interna sisi kiri jauh lebih tegak lurus dibandingkan sisi kanan yang menyebabkan aliran darah balik membutuhkan tenaga yang kuat untuk naik. Umumnya. 2. 3. Makanan ini dapat merusak pembuluh darah seperti arteri dan vena. Sejak lahir.

Stres yang berlebihan pada penderita. 2. 10 . Gelombang elektromagnet. Ketika di palpasi akan terasa lunak dan terasa seperti kantong cacing di sekitar buah zakar pada posisi berdiri. suhu tinggi berpotensi menurunkan kualitas sperma yang pada gilirannya akan mengganggu fungsi testis dalam menghasilkan sperma. bagi orang yang bekerja di tower GSM. Berat pada sisi yang terkena variokokel. Awalnya. Ketika pada posisi berbaring massa dapat mengosongkan isinya dan tidak teraba. 2. 5. 6. Suhu Daerah testis yang terlalu panas.3. namun pada beberapa laki-laki terasa perasaan: 1. Pakaian Sering memakai celana ketat menyebabkan pembuluh vena terjepit dan sulit untuk naik menuju vena renalis atau vena cava inferior dan menyebabkan darah berkmpul di testis dan pembuluh darah melebar.4 Gejala Varikokel Biasanya tidak ada gejala yang menyertai varikokel. Tekanan tinggi di sekitar perut Pria dengan pekerjaan yang menyebabkan tekanan tinggi di daerah sekitar perut bisa memicu munculnya varikokel. Idealnya suhu testis adalah 1-2 derajat di bawah suhu tubuh dan jika suhu sekitar testis tinggi hal ini dapat memicu pelebaran pembuluh darah balik di daerah itu. berhubungan dengan reaksi nuklir dan hal yang bertegangan tinggi. 4. 7.

Secara umum. b. varikokel grade 2 belum bisa terlihat tanpa pemeriksaan dokter. Grade 1 Umumnya tanpa gejala/tanda-tanda yang bisa terlihat jelas. Ada beberapa grade dari varikokel yang menentukan berat ringannya varikokel tersebut: a. 4. Untuk itu pemeriksaan auskultasi dengan menggunakan stetoskop doppler sangat membantu karena alat tersebut dapat mendeteksi adanya peninggakatan aliran darah pada pleksus pampiniformis.3. Meski bila diraba dengan cermat. 5. varikokel grade 2 akan jadi masalah bila jumlah sperma yang bersangkutan memang kurang. Kalaupun ada penurunan jumlah sperma akibat varikokel. sementara kualitasnya pun relatif bagus. kecuali melalui pemeriksaan dokter. sebenarnya 11 . Gejala ini tergantung dari berat dan ringannya varikokel. Sebaliknya. baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Grade 2 Bisa jadi bermasalah bisa juga tidak. Kadang sulit untuk menemukan adanya bentukan varikokel secara klinis meskipun terdapat tanda-tanda lain yang menunjukan adanya varikokel. Ini mungkin saja terjadi bila kuantitas produksi sperma yang bersangkutan relatif banyak dan mencukupi. spermanya tetap bisa membuahi sel telur pasangannya. misalnya dari 150 juta menjadi 100 juta. Munculnya varikokel tentu saja akan menjadi hambatan serius untuk membuahi sel telur pasangannya. Atrophy atau penyusutan testis. Terhadap orang yang sudah berkeluarga nanti akan mengeluh belum mempunyai anak setelah beberapa tahun menikah. bila produksi sperma seseorang hanya 25 juta. Terasa ada tarikan atau sakit nyeri di dalam skrotum. Contohnya. Bahkan beberapa di antaranya tidak bermasalah dengan penantian hadirnya sang buah hati. Pria dengan varikokel grade 1 biasanya tidak merasakan keluhan apa pun. Tebalnya kantong skrotum/buah zakar juga kerap menjadi faktor penghambat.

Bila varikokel yang diderita sudah mencapai grade ini. 12 . karena salah satu dari fungsi pleksus pampiniformis adalah untuk menjaga suhu testis 1 atau 2oF lebih rendah dari suhu tubuh guna memberikan keadaan yang optimal untuk produksi sperma. Grade 4 Timbul keluhan-keluhan yang biasanya terjadi diantaranya rasa pegal. Beberapa orang mungkin mengiranya sebagai urat yang lazim terdapat pada testis. Terjadinya poeningkatan suhu.5 Akibat Varikokel Konsentrasi dan pergerakan sperma menurun secara signifikan sebanyak 65% hingga 75% pada laki-laki dengan varikokel. Grade 3 Bisa terlihat dengan mudah pada saat pria penderita berdiri. Mekanisme yang menghubungkannya dengan infertilitas karena dapat mengganggu proses spermatogenesis antara lain karena terjadi hambatan arus darah balik sehingga menyebabkan buah zakar yang berperan pada proses spermatogenesis kekurangan oksigen lalu mematikan sel-sel yang berperan pada spermatogenesis sehingga tidak terbentuk sprema. d.akan terasa vena yang menonjol dan berkelok-kelok. Dengan adanya kerusakan pada katup vena maka akan menyebabkan pembuluh darah kantung testis tidak berfungsi optimal dan darah di sekitar testis menumpuk dan suhu di sekitar testis menjadi tinggi dan hal inilah yang berpengaruh dengan kualitas sperma. biasanya dokter akan menganjurkan operasi. c. sakit/nyeri di sekitar organ reproduksinya. Varikokel ini juga dapat menyebabkan kemandulan bila varikokel ini diderita oleh orang-orang yang memang pengeluaran spermanya sedikit dan dengan adanya varikokel maka spermanya akan semakin sedikit dan fertilisasi sulit atau bahkan tidak bisa terjadi. 2. Pada kantong testisnya terlihat ada sesuatu yang bengkak yang jika diraba akan terasa seperti ada "gulungan" urat yang tidak teratur.

13 . Hal ini akan menyebabkan perubahan jumlah sperma karena pasokan darah yang menuju testis akan semakin sedikit.Penanganan yang terbaik dalam hal varikokel ini yaitu operasi namun meskipun operasi hal ini juga masih menimbulkan efek berbahaya terhadap penderita karena dalam hal operasi pembuluh vena yang mengalami varikokel akan dibuatkan sayatan kecil pada perut bagian bawah kemudian pembuluh darah yang melebar tersebut akan ditarik dan dikumpulkan di tempat yang aman kemudian dikunci disana dengan alat khusus.

dan testis. Kemudoa salurannya penyambungnya yaitu skrotum dan penis dan untuk kelenjarnya terdiri dari kelenjar bulbo uretralis. makanan yang diolah dengan cara dibakar dan juka faktor genetik. duktus. dan uretra yang juga merupakan saluran urin namun pada laki-laki juga berfungsi dalam reproduksi. vesika seminalis. 14 . kelenjar prostat. Dimana duktu duktus ini terdiri dari epididimis. Selain itu terdapat juga akibat dari varikokel ini yaitu menyebabkan produksi sperma berkurang karena perdarahan yang terganggu menyebabkan testis semakin mengecil dan bisa juga menyebabkan kemandulan terhadap orang-orang yang memang produksi spermanya sudah sedikit dari sebelum mengalami varikokel.BAB III PENUTUP 3. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan sperma yang berfungsi dalam pembuahan ovum. suhu yang tinggi sekitar testis. vas diferens. Ada beberapa gangguan dalam hal sperma ini diantaranya yaitu varikokel (varises pada testis) yang berbahaya terhadap pria dimana penyebabnya yaitu bermacam-macam seperti pemakaian celana yang terlalu ketat.1 Kesimpulan Jadi sistem reproduksi pria terbagia menjadi tiga yaitu kelenjar. dan saluran penyambung.

Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Sylvia & Lorraine.Jakarta:EGC.<http://urologi- balikpapan. Eddy.DAFTAR PUSTAKA Basuki. Akses 24 April 2013.com> Syaifuddin. Purnomo.blogspot.Dasar-dasar Urologi Edisi Ketiga.Varikokel.2012.2007.Jakarta:EGC.Anatomi Fisiologi. Sunarno. 15 .2012.2010.Jakarta:EGC.

16 .