Veruka (Kutil

)

Sering ditemukan pada anak-anak dan remaja meskipun dapat timbul pada usia berapa saja. Lesi ini disebabkan oleh virus human papiloma virus (HPV). Penularan penyakit biasannya melalui kontak langsung atara individu atau autoinokulasi. Veruka biasannya swasirna, mereda secara spontan dalam 6 bulan hingga 2 tahun. Veruka vulgaris. A. Tampak papula-papula dengan permukaan kasar mirip kerikil di tempat inokulasi. B. Secara mikroskopis, lesi dibentuk oleh zona simetris poliferasi epidermis papilar yang sering menyebar secara simetris seperti ujungujung mahkota. Pada pembesaran lebih kuat (bawah), dipastikan terdapat penjernihan

sitoplasma dan perubahan sitoplastik terkait Human Papilom Virus (HPV).

Pengobatan

Sebenarnya sebagian veruka dapat mengalami involusi ( sembuh ) spontan dalam masa 1 atau 2 tahun. Pengobatan dapat berupa tindakan bedah atau nonbedah. Tindakan bedah antara lain bedah beku. N2 cair, bedah listrik, dan bedah laser. Cara nonbedah antara lain dengan bahan keratolitik, misalnya asam salisilat bahan kausatik misalnya asam triklorasetat, dan bahan lain misalnya kantaridin.

Pencegahan

Cara terbaik mencegah Human Papiloma Virus (HPV) adalah menghindari kontak langsung dengan virus, yang ditularkan melalui kontak kulit-kekulit. Jika anda atau pasangan seksual anda memiliki kutil di daerah genital, anda sebaiknya menghindari kontak antar kulit. Dua vaksin HPV, Gerdalis dan Cervarix, sudah disetujui oleh FDA. Kedua vaksin itu sangat efisien dalam mencegah infeksi presisten oleh HPV tipe 16 dan 18, dua tipe yang menyebabkan 70% kanker serviks dan Gardasil yang efektif melawan tipe 6 dan 11, yang menyebabkan hampir semua (90%) dari kutil kelamin. Gerdasil maupun Cervarix telah terbukti mampu memberi perlindungan terhadap infeksi presisten HPV tipe lain yang juga dapat menyebabkan kanker serviks. Tetapi vaksin tersebut tidak dapat mencegah 30% kanker serviks dan 10% kutil kelamin.