Lomba Ivovasi STEM Kategori Guru

Auditorium Sylva IPB Bogor, 8 November32012

1

Penggunaan Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika
Zainal Abidin*
SMAN 3 Bandar Lamung Jalan Khairil Anwar 30 Bandar Lampung 35116 *zay.abidin@gmail.com

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru

Auditorium Sylva IPB Bogor, 8 November32012

2

Perkenalan Diri
Nama : Zainal Abidin Tempat, Tanggal Lahir : Sendangagung, 6 September 1969 Alamat Sekolah : SMAN 3 Bandar Lampung, Jalan Khairil Anwar 30 Bandar Lampung - Lampung 35116 Tel: 0721-255600, Fax: 0721-253287 URL: www.sman3bdl.sch.id Email: sman3bandarlampung@yahoo.co.id

Alamat Rumah

: Desa Kebagusan Kec. Gedong Tataan Kab. Pesawaran Prov. Lampung Kode Pos: 35371 HP: 08576889xxxx Email: zay.abidin@gmail.com FB: www.facebook.com/zainalabidin.mustofa
3

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru

Auditorium Sylva IPB Bogor, 8 November32012

Outline
• • • • • • • Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian Hasil Penelitian Pembahasan Penelitian Simpulan Daftar Pustaka
Auditorium Sylva IPB Bogor, 8 November32012 4

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru

yaitu proses observasi terhadap guru mitra dan siswa. yaitu menyusun skenario pembelajaran keterampilan. yaitu melaksanakan skenario pembelajaran yang berupa siklus dengan menggunakan pendekatan inkuiri ilmiah. (2) Perencanaan. yang disebut “siklus inkuiri” (“the inquiry cycle”) dan proses metakognitif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas X MIPA-3 SMAN 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013-2014. Prosedur penelitian ini dtempuh terdiri dari 3 (tiga) siklus. (2) Pembelajaran fisika dengan inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif efektif digunakan dalam pembelajaan fisika siswa. Masalah penelitian yang diajukan adalah: (1) Bagaimana kerangka kerja pembelajaran inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif?. (2) Menunjukkan efektifitas pembelajaran inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif.task mengalami penurunan. Simpulan dari penelitian adalah: (1) Kerangka kerja pembelajaran inkiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif berdasarkan pada pendekatan sains dan teori belajar dapat digunakan untuk proses pembelajaran fisika siswa. yaitu merinci kendala berdasarkan lembar observasi untuk perbaikan pada siklus berikutnya. (4) Evaluasi tindakan. 8 November32012 5 . siswa diperkenalkan pandangan metakognitif penelitian. (2) Bagaimana efektifitas pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif? Tujuan penelitian adalah: (1) Memberikan pengetahuan kerangka kerja pembelajaran berbasis inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif. Melalui pembelajaran fisika ini. Kata Kunci: inkuiri ilmiah. yang disebut “asesmen reflektif “ (“reflective assessment”) dimana siswa berpikir tentang inkuiri mereka. fasilitas metakognitif dan pembelajaran fisika Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. terdiri dari: (1) Analisis fakta di lapangan. (3) Tindakan. Hasil penenelitian merupakan efektifitas pembelajaran dibahas dengan menggunakan aktifitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dalam tiga siklus. (5) Refleksi. Rata-rata on-task dari siklus ke siklus mengalami kenaikan dan rata-rata off.Abstrak Untuk mengatasi keterbatasan laboratorium fisika di sekolah dan upaya memanfaatkan sumber daya sekolah dan lingkungannya sebagai laboratoium alam diajukan sebuah pembelajaran fisika dengan menggunakan inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif.

Pendahuluan • Latar Belakang – Tuntutan Kurikulum 2013 memerlukan pembelajaran dengan pendekatan sains. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. – Perlu dilakukan alternatif pembelajaran dengan pendekatan inkuiri imiah melalui fasilitas metakognitif. – Keterbatasan alat dan bahan di laboratorium sekolah baik jenis dan jumlahnya. 8 November32012 6 .

8 November32012 7 .Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

8 November32012 8 . Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.• Masalah Penelitian ⁻ Bagaimana kerangka kerja pembelajaran inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif? ⁻ Bagaimana efektifitas pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif? .

.• Tujuan Penelitian . 8 November32012 9 . Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. .Menunjukkan efektifitas pembelajaran inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif.Memberikan pengetahuan kerangka kerja pembelajaran berbasis inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif.

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. Bagi Siswa 1) Meningkatkan keaktifan belajar siswa di dalam kelas dalam pembelajaran fisika. 8 November32012 10 .Manfaat Teoritis Secara teoritis penelitian ini dapat memberikan sumbangan kepada pembelajaran fisika terutama pada peningkatan keaktifan siswa belajar fisika dengan pembelajaran inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif. . 2) Menumbuhkan semangat dan meningkatkan aktifitas siswa untuk meningkatkan prestasi belajar.• Manfaat Penelitian .Manfaat Praktis Bagi Guru Fisika 1) Sebagai referensi guru-guru mata pelajaran fisika untuk memperbaiki metodologi mengajarnya. 2) Sebagai bahan masukan khususnya bagi guru tentang alternatif pembelajaran fisika untuk meningkatkan keaktifan belajar fisika siswa dengan strategi pembelajaran inkuiri.

(3) Hampir semua siswa tidak bersemangat belajar fisika. kelas ini dipilih karena: (1) Siswa di kelas ini memiliki rata-rata kelas yang kurang baik. (2) Siswa di kelas ini pasif saat mengikuti proses pembelajaran secara klasikal. Siswa kelas X MIPA-3 berjumlah 34 orang. 8 November32012 11 .Metode Penelitian • Seting Penelitian Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas X MIPA-3 SMAN 3 Bandar Lampung tahun pembelajaran 2013-2014. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

(3) Tindakan. dengan menggunakan lembar observasi. terdiri dari: (1) Analisis fakta di lapangan yaitu mengumpulkan data awal yang berkaitan dengan keadaan siswa yang akan diajarkan. yaitu melaksanakan skenario pembelajaran yang berupa siklus dengan menggunakan pendekatan inkuiri ilmiah: mengobservasi. mengklasifikasi. mengukur. dan mengkomunikasikan. yaitu proses observasi terhadap guru mitra dan siswa dan siswa saat pelaksanaan tindakan.• Prosedur Penelitian Urutan tindakan yang akan ditempuh terdiri dari 3 (tiga) siklus. dan membuat tes hasil belajar siswa. (4) Evaluasi tindakan. apakah kegiatan yang dilakukan telah dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa? Selain itu. yaitu menyusun skenario pembelajaran keterampilan proses dalam bentuk Lembar Aktifitas Siswa (LAS). (5) Refleksi. memprediksi. Dari data hasil observasi oleh observer digunakan untuk refkesi diri. (2) Perencanaan. membuat lembar observasi siswa yang dipakai untuk melihat aktifitas siswa selama mengikuti pembelajaran. menyimpulkan. hasil analisis data ini digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki siklus berikutnya. 8 November32012 12 . Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. yaitu merinci kendala berdasarkan lembar observasi.

8 November32012 13 .Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

(2) Data aktfitas siswa diambil dengan menggunakan daftar cacatan observasi. pada saat siswa melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Lembar Aktifitas Siswa (LAS) . terlibat aktif dalam kegiatan kelompok.• Data dan Cara Pengambilannya Sumber data: seluruh siswa kelas X MIPA-3 SMAN 3 Bandar Lampung yang terdiri dari 34 orang. Cara pengambilannya adalah sebagai berikut: (1) Data refleksi. Pengambilan data diambil pada setiap siklus. On task : Mengajukan pertanyaan dan atau melakukan aktifitas. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. melakukan kegiatan lain. Off task: Berbicara di luar pelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. Data aktifitas dimunculkan dari On task (kegiatan siswa yang sesuai dengan pembelajaran) dan Off task (kegiatan siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran). 8 November32012 14 . yaitu terdiri dari refleksi guru mitra dan aktifitas siswa. membaca LAS. melakukan denan keadaan tertarik. meminta penjelasan ketika membutuhkan. dan merangkum jawaban dari teman kelompok. mengganggu teman dan melamun. diambil dengan menggunakan daftar catatan observasi pada saat melakukan pembelajaran pembelajaran fisika dengan inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif.

jika setelah dianalisis ternyata semakin sedikit jumlah siswa melakukan kegiatan yang menyimpang saat mengikuti pembelajaran (off task) dan semakin banyak jumlah siswa melakukan aktifitas sesuai dengan pembelajaran (on task). maka aktifitas siswa dikatakan meningkat. 8 November32012 15 .Teknik Analisis Data Berdasarkan data aktifitas siswa pada setiap siklus. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

8 November32012 16 .Hasil Penelitian •Kerangka Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 17 .

8 November32012 18 .Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

8 November32012 .Carl Edwin Wieman (Sumber: Science. 292) Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. p. Vol 340. 19 April 2013.

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 .

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 .

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 .

8 November32012 .Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

ca/index.Source: http://cwsei.html Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 24 .ubc.

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 25 .

Sebuah Panduan untuk Pengajaran dan Pembelajaran.Inkuiri ilmiah mengacu pada beragam cara bagi ilmuwan dalam mempelajari alam semesta dan bertujuan untuk memberikan penjelasan berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh . S. Inkuiri dan Standar-standar Pendidikan Sains Nasional. Inkuiri juga mengacu pada aktivitas siswa ketika membangun sebuah pengetahuan dan pemahaman mengenai ide-ide ilmiah.qitepscience. 2013. hal. S (Ed). Amerika Serikat.org/ . Alih Bahasa: Ismunandar [et al. (National Science Education Standards. Loucks-Horsley. Bandung: SEAMEO QITEP in Science. 23) (Sumber: Olson.]. sebagaimana usaha para ilmuwan dalam memahami alam.) Ebook ini bisa diunduh secara gratis di http://www.

8 November32012 .Dari Metode Ilmiah ke Inkuiri Ilmiah Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

Source: http://thinkertools.org/Pages/paper. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 28 .html.

Metakognitif Penelitian White Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 Frederiksen 29 .

2000.Asesmen Refektif The Criteria for Judging Research that Students Use in Reflective Assessment Process (Source: White & Frederiksen. 333-334) White Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 Frederiksen 30 .

White dan Fredericksen) Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 31 .Kerangka Kerja Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif (diadaptasi dari Wieman.

8 November32012 32 .Hasil Penelitian •Efektifitas Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

8 November32012 33 .Hasil Pengamatan Aktifitas Siswa Saat Melakukan Pembelajaran dengan Penbelajaran Inkuiri Ilmiah Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

Grafik Hasil Pengamatan Persentasi Aktifitas On Task Siswa Saat Melakukan Pembelajaran dengan Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 34 .

8 November32012 35 .Grafik Hasil Pengamatan Persentasi Aktifitas Off Task Siswa Saat Melakukan Pembelajaran dengan Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

8 November32012 36 .Pembahasan Penelitian •Kerangka Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

White dan Frederiksen) Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.Kerangka Kerja Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif (diadaptasi dari Wieman. 8 November32012 37 .

Dengan terlibat dalam evaluasi ini di mana mereka berbicara tentang dan merefleksikan karakteristik penyelidikan ilmiah dan fungsi masing-masing langkah penyelidikan siswa tumbuh untuk memahami sifat dan tujuan penyelidikan serta kebiasaan berpikir terlibat . Pengulangan siklus inkuiri ini dalam hubungannya dengan bantuan asesmen reflektif siswa untuk memperbaiki proses penyelidikan mereka . Dengan setiap pengulangan siklus. sifat argumen dan bukti ilmiah. Konteks penelitian juga memungkinkan siswa untuk belajar bagaimana untuk menggeneralisasi penyelidikan dan proses refleksi sehingga mereka dapat menerapkannya untuk belajar tentang topik masa depan atau topik selanjutnya. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. Siswa menggunakan kriteria ini untuk mengevaluasi pekerjaan mereka di setiap langkah dalam siklus inkuiri. Siswa juga menggunakan kriteria untuk mengevaluasi diri mereka sendiri dan yang lain bekerja ketika mereka menyelesaikan projek-projek penelitian dan mempresentasikan hasil kerja mereka kepada kelas. siswa terlibat dalam proses reflektif di mana mereka mengevaluasi diri mereka sendiri dan penelitian masing-masing . • Penilaian Reflektif (Reflective Assesment) Dalam hubungannya dengan penyelidikan scaffolded. Kegiatan scaffolded dan lingkungan membuat proses penyelidikan semudah dan seproduktif mungkin pada setiap tahap dalam pembelajaran . yang membantu mereka untuk melihat tujuan intelektual dan langkah-langkah dan urutan penyelidikan n mereka . 8 November32012 38 . beberapa perancah dihapus sehingga akhirnya siswa sedang melakukan penyelidikan secara bebas atas pertanyaan yang mereka pilih. dan karakteristik dari hukum ilmiah dan model . • Generalisasi Inkuiri dan Refleksi (Generalized Inquiry and Reflection) Para siswa menggunakan siklus inkuiri dan proses penilaian reflektif berulang-ulang sebagai kelas membahas serangkaian pertanyaan penelitian. Oleh karena itu dirancang cara untuk memberikan perancah untuk pertanyaan mereka sampai mereka dapat merancang eksperimen mereka sendiri dan untuk membangun hukum mereka sendiri untuk mengkarakterisasi temuan mereka. arti dan tujuan dari langkah-langkah dalam siklus inkuiri mungkin hanya sebagian dipahami oleh siswa. Kegiatan scaffolded memandu saat mereka melakukan percobaan dan membantu mereka untuk belajar tentang proses desain eksperimen dan analisis data.• Perancah Inkuiri (Scaffolded inquiry) Awalnya.

Pembahasan Penelitian •Efektifitas Pembelajaran Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. 8 November32012 39 .

8 November32012 40 .Rata-rata On-task dan Off -task Grafik Rata-rata On-task dan Off -task Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

Perincian setiap siklus dapat dijelaskan sebagai berikut. sedangkan rata-rata off-task (perilaku siswa yang tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran) sebesar 6. 8 November32012 41 . Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. diperoleh hasil rata-rata on-task (perilaku siswa yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran) sebesar 43. Siklus I Hasil analisis data siklus 1.3 %. hal ini berarti kurangnya aktifitas siswa saat pembelajaran. Siklus kedua adalah untuk memperbaiki aspek yang kurang.1 %.

Berarti dari data ini aktifitas on-task siswa mengalami kenaikan. 8 November32012 42 . sedangkan rata-rata off-task (perilaku siswa yang tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran) mengalami penurunan menjadi 3.Siklus II Hasil analisis data pada siklus ke-2 diperoleh hasil bahwa rata-rata on-task (perilaku siswa yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran) siswa meningkat menjadi 58. off-task siswa mengalami penurunan. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. .7 %.8 %.

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. .2 %. 8 November32012 43 . Adapun keunggulan yang sangat dominan dari pembelajaan ini adalah meningkatnya aktifitas siswa pada setiap mengikuti pembelajaran.3 %. Hasil yang dicapai memang belum maksimal tetapi jika pembelajaran inkuiri ilmiah ini dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara terus-menerus. sedangkan rata-rata off-task (perilaku siswa yang tidak sesuai dengan kegiatan pembelajaran) mengalami penurunan menjadi 1.Siklus III Hasil analisis data pada siklus ke-3 diperoleh hasil bahwa rata-rata on-task (perilaku siswa yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran) siswa meningkat menjadi 68. . maka kemungkinan aspek-aspek pengamatan aktifitas siswa dapat menjadi sangat baik. Berarti pembelajaran yang dilakukan sudah semakin baik.

Setiap siswa dapat merefleksi apa-apa yang mereka kerjakan dalam setiap siklus inkuiri dalam setiap pembelajaran. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. Pembelajaran dengan pembelajaran inkuri ilmiah melalui fasilitas metakognitif dapat meningkatkan aktifitas siswa. Kesibukan siswa saat melakukan pembelajaran ketrampilan ilmiah (scientific skill) siswa dapat mengurangi aktifitas siswa di luar pembelajaran.Dari siklus I. II dan III: Peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran dikarenakan pembelajaran inkuri ilmiah melalui fasilitas metakognitif mampu memotivasi siswa untuk bekerja lebih baik. 8 November32012 44 .

8 November32012 45 . kognitif dan psikomotorik.Kesimpulan Penelitian • Kerangka kerja pembelajaran inkiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif berdasarkan pada pendekatan sains dan teori belajar dapat digunakan untuk proses pembelajaran fisika siswa yang dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu meliputi aspek afektif. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. • Pembelajaran fisika dengan inkuiri ilmiah melalui fasilitas metakognitif efektif digunakan dalam pembelajaan fisika siswa yang melibatkan seluruh siswa secara aktif dalam pembelajaran fisika karena melibatkan para siswa dalam berbagai aktifitas belajar.

Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.Daftar Pustaka [Anonim].html. Action Research for Educational Change. Diakses tanggal 20 Juli 2013. http://school. 42-44. Elliot. Discovery Education. 1993. 8 November32012 46 .discovery. http://pipabdg.html. J. Diakses tanggal 19 Juli 2013. Inkuiri Ilmiah. Darliana. Diakses tanggal 15 Juli 2007.blogspot. 2012. Philadelphia: Open University Press. pp. 2011. Kurikulum Baru Berbasis Pendekatan Sains. An Inquiry Primer. 2006.com. Scientific Method. 2000. Colburn. Science Scope.com/2011/09/inkuiri-ilmiah-dalam-phd.com/sciencefaircentral/scifairstudio/ handbook/scientificmethod. A. http://kompas. March 2000.

National Research Council.org/mentoring/ project_scientific_method. 2000. Diakses tanggal 10 Agustus 2013. 1(2) Article. http://www.edu/education/tecplus/vol1/iss2/.shtml. TEACHING Exceptional Children Plus. 2007. Steps of The Scientific Method.: National Academy Press. National Science Education Standards.sciencebuddies.C. 1993. http://escholarship. Melber. D. 2004. Diakses pada tanggal 15 Juli 2013. 8 November32012 47 . Washington. L.Daftar Pustaka (lanjutan) Hopkins.bc. Inquiry for everyone: Authentic science experiences for students with special needs. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. Kenneth Lafferty Hess Family Charitable Foundation. Philadelphia: Open University Press. A Teacher Guide to Classroom Research. D.

Thinker Tools Project. J. Sebuah Panduan untuk Pengajaran dan Pembelajaran. White. 3-11. BY. J. Journal of Physics Teacher Education Online. 2005. Diakses tanggal 14 Agustus 2013. Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. 2013. Inkuiri dan Standar-standar Pendidikan Sains Nasional. Loucks-Horsley. 8 November32012 48 . 2000. Alih Bahasa: Ismunandar [et al. Why Not Try. Bandung: SEAMEO QITEP in Science. C. Diakses pada tanggal 15 Juli 213. & Frederiksen. S. Wenning.org/Pages/paper. C.html. Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor. A Scientific Approach to Science Education? Change. Metacognitive facilitation: An approach to making scientific inquiry accessible to all. 2(3). http://thinkertools. 2007. Wieman.Daftar Pustaka (lanjutan) Olson. S (Ed). September/October 2007.].

8 November32012 49 .Terima kasih Hatur nuhun Thank you Lomba Inovasi STEM Kategori Guru Auditorium Sylva IPB Bogor.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful