TAJUK RENCANA (tajuk/editorial

)

Sebuah tulisan di surat kabar/koran yang berisi pendapat/opini redaksi surat kabar/koran tersebut terhadap sebuah permasalahan aktual Pengertian .

Orang lain kagum. kita sendiri menistakan. Cagar budaya (baca: peradaban fisik sebagai hasil kebudayaan dalam arti kata benda) rusak. jangan harap kita mengalokasikan dana. .400 cagar budaya kurang terawat (Kompas.Perhatikan kutipan tajuk berikut! Kita tidak terkejut dengan data 5. 12/3). Selama mindset ini belum kita bongkar. lapuk. dan penghargaan bagi pelestarian cagar budaya. belum built-in.menyatu. Kita telanjur menempatkan masa lalu hanya residu masa kini. Kebanggaan sebagai bangsa yang memiliki warisan budaya. fisik dan nonfisik.800 dari 7. Akar masalahnya terletak pada mindset kita. atau hilang belum kita tempatkan sebagai persoalan serius. Pemerintah konon kurang dana untuk merawat. perhatian.

biasanya disajikan terlebih dahulu fakta-fakta tentang sebuah permasalahan aktual (peristiwa/kejadian/fenomena). Lalu disisipkan opini/pandangan/pendapat dari redaksi koran tersebut untuk mengomentari/mengkritisi permasalahan tersebut. kita harus hati-hati ketika diminta untuk menentukan pernyataan fakta dan opini dalam tajuk. keduanya terkadang sangat tipis perbedaannya dalam tajuk rencana. Sebab. Oleh karena itu. .Fakta dan Opini dalam Tajuk Dalam sebuah tajuk.

Pernyataan di atas termasuk …. Mengapa ??? .Perhatikan kalimat-kalimat berikut! Kita tidak terkejut dengan data 5.800 dari 7.400 cagar budaya kurang terawat.

Pernyataan di atas termasuk … Mengapa ??? .Pemerintah konon kurang dana untuk merawat.

apabila tidak. . tajuk biasanya menggunakan bahasa yang agak sulit dipahami. Karena. kita bisa menentukannya dari judul tajuk tersebut (jika disertakan dalam soal). berarti kita harus membaca intensif tajuk tersebut. Namun.Memahami Tajuk Untuk mengetahui isi/gagasan utama tajuk.

TUGAS 1. pemerintah. perusahaan. 3. Tuliskan masing-masing 3 pernyataan/kalimat fakta dan opini dalam tajuk rencana tersebut! Apakah permasalahan yang dibicarakan dalam tajuk tersebut? Berpihak kepada siapakah penulis tajuk tersebut? (korban PHK. 5. 2. 4. masyarakat umum) Apakah pesan/harapan/kritik penulis tajuk tersebut terhadap permasalahan yang dibicarakan? Berikan tanggapan pribadimu terhadap permasalahan dalam tajuk! .