You are on page 1of 4

SURAT PERJANJIAN SEWA TANAH

Yang bertanda tangan dibawah ini : Nama Pekerjaan No.KTP #$amat : Wahyu Tri Wibowo : Swasta : 357 !!!!" !"""! : %enangga$ "&'3" (T.""& '(W.""! ) *esa. %enangga$ Ke+amatan. ,ayungan Kodya . Surabaya Kode Pos. -"!3& *isebut .ihak .ertama sebagai .emi$ik tanah sawah) Nama Pekerjaan No. KTP #$amat : Teguh Triyono : Kades *ada.an : : *sn. (inginsari) (T. '(W. Kabu.aten Nganjuk *isebut .ihak kedua sebagai .enyewa tanah sawah)

) *esa. *ada.an) Ke+amatan. Ngronggot

/ahwa) kedua .ihak se.akat mengadakan .erjanjian sewa tanah sawah dengan ketentuan sebagai berikut : 0. /ahwa) .ihak 1 memi$iki sebidang tanah sawah dengan $uas tanah !-" ru yang ter$etak di *ukuh Tamansari) (T."3'(W."5. *esa. *ada.an) Ke+amatan. Ngronggot) Kabu.aten. Nganjuk) Sedang .ihak ke 11 hendak menyewa tanah mi$ik .ihak 0 tersebut. !. /ahwa) masa sewa tanah sawah tersebut terhitung mu$ai dari tangga$) 0- 2anuari !"00 dan berakhir tangga$) 0- 2anuari !"0! 3se$ama 0 tahun4) dengan sejum$ah uang (. &.""".""")5 ketentuan dibayar se+ara $unas .ada saat .erjanjian ini ditanda tangani o$eh kedua .ihak. 3. /ahwa) ha$5ha$ yang tidak diatur se+ara rin+i da$am .erjanjian ini sudah dibi+arakan se+ara $isan o$eh kedua .ihak. *emikian .erjanjian ini dibuat o$eh kedua .ihak tan.a ada tekanan) an+aman atau.un .aksaan serta ti.u mus$ihat dari .ihak mana.un. Perjanjian ini dibuat dan ditanda tangani di *ukuh Tamansari) (T."3'(W."5. *esa.*ada.an Ke+amatan. Ngronggot) Kabu.aten. Nganjuk) .ada hari %inggu tangga$) 0- 2anuari !"00. Pemilih / Pihak I; Nganjuk) 0- 2anuari !"00 Penyewa / Pihak II; %aterai -""")5 Wahyu Tri Wibowo
3Tanda Tangan 6 Nama Terang4

Teguh Triyono
3Tanda Tangan 6 Nama Terang4

Saksi saksi;

Waras Triyono
3Tanda Tangan 6 Nama Terang4

1 ".1 tersebut tanpa syarat apapun kepada Pihak Pertama dalam keadaan baik.an) Ke+amatan. #elama waktu tersebut Pihak Kedua berhak menggunakan tanah ladang yang telah disewakan sesuai dengan Pasal !.!(11 sampai dengan tanggal.an : : *sn. Pihak Pertama dalam hal ini pemilik anah. -"!3& Disebut pihak pertama sebagai pemilik tanah.SURAT PERJANJIAN SEWA TANAH Dengan ini menerangkan bahwa telah diadakan perjanjian pengikatan kedua belah pihak mengenai sewa atau kontrak tanah sawah diantara : Nama Pekerjaan No.an) Ke+amatan."3'(W. 1'-(1.ika masa kontrak berakhir. Kabu. %bjek sewa yang disewakan dari Pihak Pertama kepada Pihak Kedua ialah : Sebidang Tanah Ladang dengan data sebagai berikut &uas anah &adang : !'( ru )lamat : *ukuh Tamansari) (T.aten Nganjuk '(W.KTP #$amat : Wahyu Tri Wibowo : Swasta : 357 !!!!" !"""! : %enangga$ "&'3" (T. *esa. Pihak Kedua berkewajiban untuk menyerahkan tanah ladang sesuai dengan Pasal !. ) *esa.!(1! !. tahun terhitung dari tanggal. (inginsari) (T. Nganjuk PASAL 3 1. . 1'-(1."5. menyewa sebidang tanah sawah dari Pihak Pertama untuk di guna pakaikan dengan sebaik-baiknya. *ada. Pihak Kedua dalam hal ini penyewa. *ada. Ngronggot) Kabu. PASAL 2 : 1. Ngronggot Disebut PIHAK KEDUA atau PENYEWA Kami kedua belah pihak dengan ini telah mengadakan perjanjian dan mufakat untuk mengadakan kerjasama dalam hal Pihak Pertama menyewakan guna pakai sebidang tanah ladang kepada pihak kedua sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan – ketentuan sebagai berikut : PASAL 1 : 1. .aten. %enangga$ Ke+amatan. terpelihara dan seperti semula saat sewa awal . KTP #$amat : Teguh Triyono : Kades *ada.ayungan Kodya .""& '(W. menyewakan guna pakai sebidang tanah ladang kepada Pihak Kedua dalam kurun waktu dan jumlah nilai sewa yang telah ditentukan. !. *aktu penyewaan tanah sawah selama 1 +satu. #ewa ialah pemakaian sesuatu dalam jangka waktu tertentu dan harus membayar uang jasa$ uang yang dibayarkan atas pemakaian sesuatu milik orang lain$ yang boleh dipakai setelah dibayar terlebih dahulu.""! ) *esa. Nama Pekerjaan No. Surabaya Kode Pos. ".

untuk masa sewa tanggal 1'-(1!(11 sampai dengan tanggal. 1' -(1. Pihak Kedua tidak diperkenankan untuk mengadakan perubahan atau tambahan ukuran tanah ladang tersebut atau memindah sewakan kepada pihak lain. 4ganjuk. Pihak Kedua memberitahukan 1 bulan sebelumnya kontrakkan berakhir. '. maka Pihak Kedua dianggap tidak memperpanjang lagi masa sewa. Perjanjian ini dibuat dan ditanda tangani di Dukuh amansari. Pada hari 9inggu tanggal. Pasal 5 : 1. baik keamanan. -5*. !.uta 5upiah.kontrak tanah ini kami buat dengan sebenarnya tanpa paksaan dari siapapun !.(((.uta 5upiah. /. merupakan kewajiban Pihak Kedua. )pabila penyelesaian se7ara musyawarah tidak berhasil. 5 . ". ".Dadapan. Pen%e&a " Piha# II$ %aterai -""")5 Wah%' T(i Wib)&) + anda angan : 4ama erang. maka kedua belah pihak sepakat untuk memilih domisili hukum. . Demikianlah perjanjian sewa . )pabila kewajiban diatas yang dimaksud dalam Pasal 1.(((.anuari !(11. menjadi kewajiban Pihak Kedua untuk mengganti dengan biaya sepenuhnya tanggung jawab Pihak Kedua. !. Pe!ilih " Piha# I$ 4ganjuk. 3arga . Pihak Kedua harus memberitahukan kepada Pihak Pertama satu bulan sebelum masa berlakunya habis dan akan dibuatkan perjanjian baru sebagai pengganti perjanjian ini. 1' .(((. ke7uali atas i8in tertulis dari Pihak Pertama. PASAL : PENUTUP 1. 0ntuk pemutusan kontrak sebelum masa kontrak berakhir. ". Kabupaten. Pihak Kedua berhak menggunakan dan berkewajiban untuk mengamankan dengan sebaik-baiknya.4ilai sewa untuk periode tanggal. 1'-(1. Kerapian lingkungan serta sejenisnya. Teg'h T(i%)n) + anda angan : 4ama erang.Desa. 1' .1 maka Pihak Pertama tidak mengembalikan sisa uang kontrakan. 1.+6mpat .anuari !(11.!(11 sampai dengan tanggal. Ke7amatan. #elama masa sewa berlaku.(((. 4gronggot.+6mpat .!(1! ialah sebesar 5p /. 1' -(1. berakibat adanya sanksi atas fasilitas yang ada. )pabila pada Pasal ". maka Pihak Kedua harus menyelesaikan sampai tuntas seperti keadaan sebelum dikontrakkan paling lambat "( hari sebelum kontrak berakhir. kedua belah pihak akan menyelesaikannya se7ara musyawarah. segala kerusakan yang timbul selama perjanjian ini. PASAL 4 : 1. segala kewajiban yang harus dipenuhi terhadap sewa tanah ladang tersebut diatas. 0ntuk perpanjangan masa sewa./. Pihak Kedua telah membayarkan lunas nilai sewa kepada Pihak Pertama sebesar 5p /. dan Pihak Kedua tidak menuntut Pihak Pertama. 2. )pabila terjadi sengketa atas isi dan pelaksanaan perjanjian ini." dilalaikan oleh Pihak Kedua.!(1! 3. Dalam pemutusan kontrak sebelum habis masa berlakunya dalam Pasal. Sa#si*sa#si$ . #etelah serah tanah ladang./ diatas tidak ada konfirmasi.

Wa(as T(i%)n) + anda angan : 4ama erang. .