Injeksi Gas yang Diperkaya (enrich gas drive

)
 Injeksi gas diperkaya (enrich gas drive) merupakan suatu usaha peningkatan recovery minyak sisa dalam pori-pori batuan reservoir, dengan menginjeksikan gas alam kering (relatif diperkaya oleh lebih banyak methana) yang telah komponen intermediate (propana,

butana, dan lain-lain).  Tipe pendesakan ini disebut juga “condensing gas drive . Injeksi gas yang diperkaya dapat dipergunakan baik untuk reservoir jenuh maupun untuk reservoir belum jenuh dengan berat jenis lebih besar dari !" o #$I dan tekanan pendesakan lebih besar dari %""" psia.  &asnya harus lebih diperkaya bila tekanan injeksi lebih rendah dari %""" $sia.  Injeksi gas diperkaya ini lebih rumit mekanismenya dibandingkan dengan injeksi gas kering tekanan tinggi. $ersediaan gas harus cukup selama proses injeksi, dan sementara pengkayaan gas cukup mahal biayanya, maka proses injeksi ini tidak dapat diterapkan pada semua reservoir. • Kelebihan dan kekurangan diperkaya 'euntungan dari injeksi gas yang diperkaya adalah ( injeksi gas yang

$enjarian viskositas mempengaruhi disipasi slug • Diagram Terner . . . $ercampuran dapat dilakukan kembali jika terjadi kehilangan di reservoir. Gravity override terjadi pada formasi yang tipis !. -kuran slug yang besar memperkecil problemproblem yang akan terjadi dalam perencanaan slug. )angat baik untuk seluruh minyak sisa !. *.arga gas mahal *. 'ekurangan injeksi gas yang diperkaya adalah ( %.. +engembangkan percampuran pada tekanan yang relatif rendah.%.

contohnya /4 dan hidrokarbon lebih berat (/45). terutama methane (/%) dan mungkin 0! dan lain-lain b. 'omponen berat. yaitu semua hidrokarbon dari ethane sampai he1ane (/!-/2) dan kemungkinan /3!.  &ambar tercampur tersebut memperlihatkan dengan bah7a 8ona berkembang transfer komponen intermediate dari gas terhadap minyak.  &as injeksi untuk injeksi gas yang diperkaya adalah relatif banyak /!-/2 dan digambarkan sebagai titik & pada 6iagram Terner sedang minyak yang didesak digambarkan sebagai titik 3. 'omponen ringan. dengan kompisisi minyak 3 dan gas injeksi & saling berhadapan pada sisi garis singgung titik kritis.&ambaran visual dengan menggunakan diagram Terner dari sifat fasa dapat dilihat. $encampuran dicapai pada tekanan dan temperatur operasi. 'omponen intermediate. . .  6iagram ini kemudian ditarik garis lurus antara titik & dan titik 3 yang berarti terjadi proses injeksi. )istem ini terdiri dari tiga komponen yaitu ( a. c.!).

proses pertama adalah tipe non-miscible (minyak 3 kontak dengan gas & seperti keadaan %).• Pendesakan Gas Dalam Reservoir  9ila injeksi yang diperkaya dimulai.  . $endesakan selanjutnya dapat dilihat bah7a minyak yang telah diperkaya meninggalkan 8ona kontak (minyak dibelakang front maju lebih banyak hingga mencapai miscible) dengan gas injeksi. dan selanjutnya didorong ke depan oleh gas untuk bercampur dengan 8ona minyak di depannya.

al ini berlangsung minyak terus hingga dengan keseluruhan gas yang komposisi diinjeksikan. tercampur • Mekanisme injeksi gas yang diperkaya  &as yang dipergunakan untuk mendesak minyak hampir selalu terdiri dari campuran hidrokarbon (perkembangan akhir-akhir ini dipergunakan /3! dan gas inert lainnya).  )elama injeksi gas ke dalam reservoir minyak. dan minyak kemudian dipisahkan oleh bidang antar muka dan selanjutnya terjadi pencampuran. hidrokarbon intermediate (ethane sampai heksane) dan hidrokarbon berat (hepthane dan diatasnya atau /4) yang berbeda proporsinya. pencampuran  :asa gas perlahan-lahan tersebut hanya komponen akan menjadi lebih serupa. .  'omponen pembentukan gas dan minyak biasanya terdiri dari hidrokarbon ringan (methane). sepanjang fluida reservoir tidak maka antara berbeda dua fluida secara keseluruhan akan terjadi sehingga sebentar komposisinya. .