PROPESIONAL


 

SEORANG DAPAT DIKATAKAN PROFESIONAL JIKA MEMENUHI 5 (LIMA) KRITERIA SEBAGAI BEERIKUT PENGETAHUAN KETERAMPILAN SIKAP MENTAL (ATTITUDE) WAWASAN YANG LUAS MENSENYAWAKAN VISI, TATA NILAI, DAN KEBERANIAN.

SUPAYA SUKA DAN MAU BEKERJA SEHINGGA TUJUAN DAN KEINGINAN PEMIMPIN ITU DAPAT TERLAKSANA .PENGERTIAN KEPEMIMPINAN  SENI DAN KETERAMPILAN DARI SEORANG (PIMPINAN) UNTUK MEMPENGARUHI DAN MENGGERAKKAN ORANG LAIN (STAF).

TEORI KEPEMIMPINAN 1. TEORI SOSIAL SETIAP ORANG MEMILIKI BAKAT UNTUK MEMIMPIN  SETIAP ORANG DAPAT DI DIDIK MENJADI PEMIMPIN  . TEORI KETERUNAN FAKTOR DARAH/KETURUNAN  DALAM ALAM DEMOKRATIS TIDAK DAPAT DITERIMA  2.

TIPE-TIPE KEPIMIMPINAN  KEPEMIMPINAN OTORITER  KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS  KEPEMIMPINAN LEMAH .

KEPEMIMPINAN SITUSIONAL  TIPE KEPIMIMPINAN YANG DIGUNAKAN SEORANG PEMIMPIN SESUAI DENGAN SITUASI YANG DIHADAPI  SITUASI        WAKTU TUNTUNAN PEKERJAAN SUSUNAN ORGANISASI PARA PEMIMPIN TEMAN SEKERJA KEMAMPUAN BAWAHAN HARAPAN-HARAPAN .

GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL GAYA INSTRUKSI (S1) GAYA KONSULTASI (S2) GAYA PARTISIPASI (S3) GAYA DELEGASI (S4) .

TINGKAT PERKEMBANGAN BAWAHAN P4 P3 P2 P1 MAMPU MAU MAMPU TIDAK MAU TIDAK MAMPU MAU TIDAK MAMPU TIDAK MAU .

DASAR-DASAR MANAJEMEN • WAKTU ADALAH SUMBER DAYA YANG UNIK • WAKTU TIDAK MUNGKIN DIKUMPULKAN • WAKTU TIDAK DAPAT DI HENTIKAN • WAKTU TIDAK DAPAT DIGANTI • WAKTU TIDAK LEBIH DARI 24 JAM .

TUJUAN SESI SETELAH MENGIKUTI SESI INI. PESERTA:  MEMAHAMI URAIAN TUGAS KEPALA SMK  MERUMUSKAN KRITERIA YANG TEPAT UNTUK MENJADI KEPALA SMK  MENGIDENTIFIKASI INDIKATOR KEBERHASILANSEORANG KEPALA SEKOLAH SMK  MEMEHAMI WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB SEBAGAI KEPALA SMK .

TUJUAN SESI MEMAHAMI ARTI DAN TUJUAN DELEGASI MENGIDENTIFIKASI LINGKUP TUGAS YANG DAPAT DISELENGGARAKAN BERLATIH CARA PENDELEGASIAN YANG EFEKTIF .

RUANG LINGKUP  PENEGERTIAN DELEGASI. WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB  TUJUAN PENDELEGASIAN  LINGKUP TUGAS YANG DI DELEGASIKAN  CARA PENDELEGASIAN YANG EFEKTIF .

TUJUAN PENDELEGASIAN MEMBERI TUGAS. WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB KEPADA BAWAHAN SECARA PROFESIONAL  MEMBERI KESEMPATAN KEPADA BAWAHAN UNTUK MENGEMBANGKAN DIRI  MENINGKATKAN MEKANISME KERJA ORGANISASI  MENDORONG STAF UNTUK BERIORIENTASI PADA TARGET DAN KUALITAS SEKALIGUS  .

PROBLEM DALAM PENDELEGASIAN       KURANG PERCAYA DIRI TIDAK SIAP UNTUK DIKRITIK TIDAK BERANI MENANGGUNG RESIKO DAN BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP KEPUTUSAN YANG DIBUAT TIDAK ADA MOTIVAFI INTRINSIC (DARI DALAM DIRINYA SENDIRI) TERBATASNYA DATA DAN BAHAN PENDUKUNG DELEGASI TERSEBUT JUSTRU MENAMBAH BEBAN KERJA YANG SUDAH PADAT .

PESERTA DAPAT MENJELASKAN JENIS-JENIS RAPAT MERANCANG RAPAT MENYELENGGARAKAN RAPAT YANG EFEKTIF    .TUJUAN SESI SETELAH MENGIKUTI SESI INI.

APAKAH ITU RAPAT ? MACAM-MACAM RAPAT  RAPAT MEMBERIKAN INFORMASI  RAPAT MENCARIKAN PEMECAHAN MASALAH     INDENTIFIKASI MASALAH MENCARI PEMECAHAN EVALUASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PELAKSANAAN .

PRINSIP-PRINSIP RAPAT     TUJUAN DAN TOPIK RAPAT JELAS PENYALURAN GAGASAN TEPAT PENGEMBANGAN KEYAKINAN PRIBADI KEBERSAMAAN .

PERSIAPAN RAPAT   ADMINISTRASI PIMPINAN RAPAT .