You are on page 1of 21

BAGAIMANA GAYA BELAJAR ANDA?

PUSDIKLATNAS - 2012

• Untuk mengetahui gaya belajar seseorang peserta kursus diberikan suatu tes sebagai upaya mendeteksi gaya belajar apa yang biasa dilakukan oleh seorang pelatih sebagai berikut:

• Berikan urutan pada 4 pilihan di bawah ini menurut Anda dengan memberi angka : 4 bila sangat sesuai dengan Anda 3 bila agak sesuai dengan Anda 2 bila kurang sesuai dengan Anda 1 bila tidak sesuai dengan Anda

1. Saat memecahkan masalah, saya lebih suka: a. Melakukan pendekatan tahap demi tahap. b. Melakukan tindakan sesegera mungkin. c. Mempertimbangkan pengaruh pada orang lain. d. Mencari fakta sebanyak mungkin.

2. Sebagai pembelajar, saya lebih suka untuk: a. Mendengar sesi. b. Bekerja dalam kelompok kecil. c. Membaca artikel dan studi kasus. d. Berperan dalam “metode peran”.

3. Bila trainer menanyakan hal yg saya sudah tahu jawabannya, saya akan: a. Membiarkan orang lain menjawab terlebih dahulu. b. Menawarkan respon sesegera mungkin. c. Mempertimbangkan apakah jawaban saya benar dan diterima dengan baik. d. Berpikir dengan hati-hati sebelum menjawab.

4. Dalam diskusi kelompok, saya: a. Mendorong yg lain untuk memberi opini. b. Menjawab pertanyaan orang lain dengan pertanyaan. c. Selalu siap memberi tangapan pribadi. d. Mendengarkan orang lain sebelum menawarkan jawaban.

5. Saya belajar dengan baik dari suatu aktivitas di mana saya: a. Biasa berinteraksi dengan yang lain. b. Tetap tidak terlibat. c. Biasa Mengambil peran kepemimpinan. d. Biasa memanfaatkan waktu.

6. Selama ceramah, saya mendengar pada: a. Penjelasan “Bagaimana Untuk …” b. Poin-poin logis. c. Ide utama. d. Cerita dan anekdot.

7. Saya terkesan pada trainer yang memiliki: a. Pengetahuan dan keahlian. b. Gaya dan personalitas. c. Menggunakan berbagai metode dan aktivitas. d. Organisasi materi dan control.

8. Saya lebih menyukai informasi yang dibawakan dengan cara: a. Disertai penggunaan gambar. b. Menggunakan kolom. c. Penjelasan yang terperinci. d. Diiringi dengan penjelasan.

9. Saya belajar yg lebih baik adalah saat saya: a. Melihat hubungan baik di antara usulan, peristiwa dan situasi. b. Interaksi dengan yg lainnya. c. Menyimpan tips – tips yg berguna. d. Menelaah demonstrasi pada sebuah video.

10. Sebelum mengikuti program pelatihan, saya bertanya pada diri saya sendiri, “saya akan…?” a. Mendapatkan tips yang berguna untuk membantu pekerjaan saya b. Mendapatkan banyak informasi. c. Dapat berperan serta. d. Belajar sesuatu yang baru.

11. Sesudah mengikuti pembahasan mengenai pelatihan, saya… a. Cenderung berpikir tentang apa yang saya pelajari. b. Saya ingin sekali menempatkan apa yang saya pelajari pada sebuah permasalahan. c. Menunjukkan bahwa pengalaman kita banyak. d. Memberi tahukan yang lain tentang pengalaman kita.

12. Metode pelatihan yang paling tidak saya sukai: a. Berpartisipasi pada kelompok yang kecil. b. Mendengarkan ceramah. c. Membaca dan menganalisa perkara yang di pelajari. d. Berpartisipasi dalam lingkaran permainan.

Tulis yang sesuai dengan pendapat anda di bawah ini, lalu jumlahkan hasilnya. PERASA 1C 2B 3C 4A 5A PENGAMAT 1A 2A 3A 4D 5B PEMIKIR 1D 2C 3D 4B 5D PELAKSANA 1B 2D 3B 4C 5C

6D
7B 8D 9B 10D 11D 12C TOTAL

6C
7D 8A 9D 10C 11C 12A TOTAL

6B
7A 8C 9A 10B 11A 12D TOTAL

6A
7C 8B 9C 10A 11B 12B TOTAL

Perasa Orang banyak mengorientasikan
perasaan. Mereka sangat antusias dan fokus pada perasaan dan emosi. Mereka lebih menikmati belajar yang efektif dan grafitasi terhadap pengalaman belajar, itu yang mencerminkan tingkah laku orang – orang dan emosionalnya. Seorang perasa selalu berhasil dengan keterbukaan, Belajar dari lingkungan bebas. Mereka menghargai kesempatan bekerja dalam sebuah kelompok dan menyukai aktivitas di saat mereka bisa berbagi opini dan pengalaman.

Pengamat Seorang pengamat suka memperhatikan dan mendengarkan. Mereka cenderung pendiam dan lebih tenang, dan akan mengambil kesempatan sebelum melakukan tindakan dan berpartisipasi dalam kelas. Saat mereka menolak dan berusaha memberikan opini atau jawaban sebuah pertanyaan, Mereka kebanyakan selalu tepat pada sasaran. Mereka menikmati pengalaman belajar bahwa mereka memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai macam ide dan opini dan mereka terlihat berhasil belajar melalui pengetahuan

Pemikir Seorang pemikir selalu sesuai dengan logika dan alasan. Mereka menyukai kesempatan untuk berbagi pemikiran dan konsep. Mereka mempersiapkan aktivitas yang menuntut mereka untuk menganalisa dan mengevaluasi. Mereka akan bertanya mengenai alasan pokok di balik aktivitas dan akan memberikan pernyataan apa yang mereka mengerti secara umum tanpa substansi, Pemikir lebih memilih bekerja secara bebas dan bertanya secara relevan mengenai peraturan permainan dan simulasinya.

Pelaksana Pelaksana lebih suka melakukan tindakan pada proses pembelajaran. Mereka akan merubah aktivitas group dan cenderung mendominasi pembahasan. Mereka menyukai kesempatan untuk mempraktekkan apa yang mereka pelajari, Mereka tertarik terutama dalam mengetahui bagaimana mereka akan pergi untuk menerapkan apa yang mereka pelajari pada dunia nyata. Mereka menyukai informasi yang di terangkan secara jelas dan singkat.