preskas varisela

PRESENTASI KASUS DERMATITIS ATOPIK

DISUSUN OLEH 1. M. MAKSUM ZAINURI 2. ISA RAHMATIKAWATI 0920221240 (FKUPN) 0920221247 (FKUPN)

TANGGAL PRESENTASI KAMIS, 5 MEI 2011

KEPANITERAAN KLINIK DEPARTEMEN ILMU PENYAKIT KULIT DAN KELAMIN RSPAD GATOT SOEBROTO JAKARTA PERIODE 25 APRIL – 27 MEI 2011

AN : Laki-Laki : 16 tahun : Jalan Pramuka Sari 3 Cempaka Putih : Pelajar : Islam : Jawa : Belum menikah Tanggal Pemeriksaan : 13 Mei 2011 II.STATUS PENYAKIT KULIT DAN KELAMIN I. Anamnesis Dilakukan autoanamnesis pada pasien Keluhan utama: Bentol-bentol kemerahan pada tangan dan badan Keluhan tambahan: Demam dan gatal Riwayat Penyakit Sekarang: 2 hari SMRS. punggung dan menyebar ke lengan atas dan leher serta sedikit pada muka. IDENTITAS Nama Jenis Kelamin Umur Alamat Pekerjaan Agama Suku Status Pernikahan : Tn. perut. Bentol-bentol berubah menjadi lenting . Lalu bentol-bentol tersebut juga muncul di dada. pasien mengaku awalnya timbul bentol-bentol kemerahan di sela jari ketiga.

STATUS GENERALIS Keadaan Umum Kesadaran Status Gizi Berat Badan Kepala Bentuk Rambut Mata Exopthalmus : tidak ada : Normocephali : hitam dan distribusi merata : Baik : Compos Mentis : Baik : 53 kg . Pasien hanya minum obat parasetamol dan demamnya turun. Pasien mengaku belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. 1 hari SMRS. Riwayat Penyakit Keluarga Pasien tidak mengetahui riwayat penyakit spesifik dalam keluarga. Di sekitar bentol dan lenting juga dirasakan gatal. Bentol yang berada di sela jari pecah dan berisi cairan. Riwayat Penyakit Dahulu Pada Desember 2010 pasien mengaku pernah sakit demam berdarah. Alergi : Tidak ada. Dan teman-teman pasien di sekolah dan di rumah serta anggota keluarga lain di rumah juga tidak ada yang mengalami hal seperti ini.kecil dan merah. Imunisasi : pasien tidak mengetahui secara pasti. III. pasien mengaku demam dan merasa badan lemas namun tidak ada nyeri sendi dan batuk pilek.

wheezing -/-. murmur (-). sianosis -/: basah : BJ I-II regular. gallop (-) : vesikuler +/+.Konjungtiva Ikterik Faring Tonsil Telinga Bentuk Cairan Wajah Mulut Bibir Mukosa Thoraks Jantung Paru Abdomen Ekstrimitas : anemis -/: ikterik -/: hiperemis -/: T1-1 tenang : normal : tidak ada : lipatan Dennie-Morgan tidak ada : normal. edema (-) . hepar dan lien tidak teraba membesar. nyeri tekan : akral hangat. ronki -/: datar. lemas.

tepi teratur. wajah : terdapat beberapa vesikel menyerupai tetesan embun. punggung.5 cm berbatas tegas.IV. STATUS DERMATOLOGIKUS Lokasi 1 Efloresensi : dada. . disertai dengan adanya krusta pada vesikel yang telah pecah. leher. perut. lengan. tersebar rata dengan diameter ± 0.

leher. punggung. perut. tepi teratur. 2 hari SMRS. dating dengan keluhan utama bentol-bentol kemerahan pada tangan dan badan. . pasien mengaku demam dan merasa badan lemas namun tidak ada nyeri sendi dan batuk pilek. Status dermatologikus pada dada.V. Bentol pecah dan berisi cairan. disertai dengan adanya krusta pada vesikel yang telah pecah. Pasien juga merasakan gatal.5 cm berbatas tegas. AN. lengan atas dan leher serta muka. punggung. Pasien mengaku belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. pasien mengaku awalnya timbul bentol-bentol kemerahan di sela jari ketiga. Pasien hanya minum obat parasetamol dan demamnya turun. 16 tahun. PEMERIKSAAN PENUNJANG Tidak Ada VI. wajah terdapat beberapa vesikel menyerupai tetesan embun. lengan. RESUME Tn. Status generalis dalam batas normal. tersebar rata dengan diameter ± 0. Lalu menyebar ke dada. Dan teman-teman pasien di sekolah dan di rumah serta anggota keluarga lain di rumah juga tidak ada yang mengalami hal seperti ini. 1 hari SMRS. perut.

IX. jika demam. XI. PROGNOSIS Quo Ad Vitam : Bonam Quo Ad Functionam : Bonam Quo Ad Sanationam : Bonam . selama 7 hari Parasetamol 3 x 500 mg. DIAGNOSIS KERJA Varisela VIII. PENATALAKSANAAN Non-Medikamentosa  Anjuran untuk tidak memecahkan vesikel Medikamentosa   Asiklovir 5 x 800 mg.VII. DIAGNOSIS BANDING PEMERIKSAAN ANJURAN Tes Tzanck X. selama 5 hari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful