Geotrek Indonesia

“MEMANDA NG ALAM D ENG AN P ENGER TI AN, JA UH LEBI H B ER AR TI D AN MENY UK AK AN HA TI D AR I PA DA HANYA MENYA KS I KA N KEELOK A NNYA .” (A LB ER T HEIM, 1878)

Jun

13

“Ancient Pacitanian”: Geologi & Prasejarah Pegunungan Sewu, Jawa Timur
Oleh: Awang Harun Satyana Menambahi catatan awal dari Bang Ridwan tentang rencana perjalanan Geotrek Indonesia ke Pacitan, berikut latar belakang rencana perjalanan tersebut. “Seribu gunung” gamping menyusun kompleks Pegunungan Sewu yang membentang sepanjang 85 km selebar 20-25 km dari Kali OyoYogyakarta sampai Teluk Pacitan, Jawa Timur. Pegunungan Sewu di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan naik ke utara sampai ketinggian sekitar 400 meter dpl. Pegunungan Sewu merupakan bukit-bukit kerucut batugamping yang dibentuk oleh proses karstifikasi (erosi morfologi pada batugamping) atas lapisan batugamping Wonosari berumur 15 juta tahun. Lapisan batugamping yang banyak mengandung koral ini duduk di atas jalur gunungapi purba “Old Andesite” Kebo Butak yang berumur 20 juta tahun. Old Andesite ini merupakan pegunungan volkanik bawahlaut yang lalu ditumbuhi koral dan lapisan kapur yang kemudian menjadi lapisan batugamping. Kemudian, terutama sejak 5 juta tahun yang lalu karena Jawa tertekan dari selatan oleh lempeng Samudera Hindia yang terus bergerak ke utara, naiklah seluruh pegunungan bawahlaut ini bersama lapisan batugamping di atasnya sampai tersingkap di atas permukaan. Sejak itu sampai sekarang, terjadilah pelapukan dan erosi atas lapisan batugamping ini membentuk “seribu” gunung atau bukit-bukit kerucut batugamping, gua-gua, lubang-lubang di permukaan, sungai bawah tanah, dan lain-lain. Kemudian, paling tua mulai pada sekitar 180.000 tahun yang lalu, leluhur manusia masuk ke area ini. Semula mereka tinggal di area terbuka di sekitar sungai. Di Kali Baksoka, di sebelah barat kota

000 tahun yang lalu dan neolitik sampai sekitar 2000 tahun yang lalu. Penemuan ini sangat besar dan penting. pada tahun 1935 G. neolitik dan paleometalik.R. pantai dengan tebing karst. dan memelajari artefak-artefak prasejarahnya. Kunjungan akan meliputi gua-gua dan ceruk-ceruk batugamping. Share this: Like this: Press This Twitter 1 Facebook . Penelitian-penelitian selanjutnya menemukan bahwa manusia purba ini kemudian menghuni ceruk-ceruk atau gua-gua gamping dan mengembangkan perkakas-perkakas dari batu dan tulang yang dapat dikelompokkan sebagai produk kebudayaan preneolitik (mesolitik) terutama sejak 33. juga merupakan wilayah terpenting dalam penelitian prasejarah Nusantara karena menampakkan corak budaya prasejarah yang lengkap mulai dari paleolitik. Kali Baksoka. von Koenigswald. menemukan sekitar 3000 artefak alat batu/litik di dasar dan teras sungai Kali Baksoka. perkakas dan perhiasan dari logam.H. Kekayaan situs dan kontinuitas huniannya menjadikan wilayah ini sebagai sasaran penelitian terpenting dalam pemahaman prasejarah lokal dan regional. melahirkan corak kebudayaan paleolitik tersendiri di Asia Tenggara: kebudayaan “Pacitanian”. Geotrek Indonesia akan mengunjungi sebagian wilayah Pegunungan Sewu di sebelah barat Pacitan untuk memahami gejala topografi karst dan kebudayaan prasejarah yang pernah berkembang di wilayah ini. ahli paleontologi. Sebagian manusia purba juga kembali menghuni tempat terbuka pada neolitik dan mulai membuat gerabah.Pacitan. Wilayah perbukitan Pegunungan Sewu selain wilayah yang ideal untuk gejala topografi karst. Periode terakhir adalah saat paleometalik sampai 600 tahun yang lalu dengan hasil kebudayaan berupa gerabah. preneolitik.

Like Be the first to like this. 2006) Cekungan Pembuang Dibuang Sayang: Fenomena Terbaru Mengeluarkan Meratus dan Bayat dari Jalur Subduksi Kapur Akhir (?) Geotrek Pacet. Pacitanian . Geologi. 1972. Related Terangkat dari Lautan … In "Geo-Histori" Geotrek Indonesia: “An… In "Geo-Histori" Plato Gamping Ayamar… In "Geo-Histori" Posted in Geo-Histori. Jaga Indonesia: A Mozaic of Puzzles. 2012) → Konvergensi Lempeng-Lempeng T WI TT ER My Tweets Search R EC ENT PO S TS Search The Molluca Sea Collisional Orogen Lima Puluh Tahun Eksplorasi Angkasa Luar Flora Pegunungan Jawa (van Steenis. 23-24 November 2013 Di Atas Wajah Merapi Gumuk Pasir Pantai Parangkusumo. Yogyakarta: Pahami. Indonesia Tagged Geotrek Pacitan .. Cintai. Old Andesite. A Mozaic of Terranes Terangkat dari Lautan 16-8 Juta Tahun yang Lalu Kaitan Tektonik Madura – Sidoarjo (?) Pulau Madura: Kerumitan Deformasi Geologi Ekstremitas Van der Tuuk (1824-1894) Metta: Arkeolog Sangiran Pertama Kelahiran Sangiran Right Understanding of Regional Geology will Result in Right Steps of Exploration .. ← Back to Basic # 5 – Yang Kamus Sejarah Indonesia (Cribb Terjadi pada Suatu & Kahin. Pegunungan Sewu Edit Leave a Reply Enter your comment here.

. Mergui (?) A RC HI VES Select Month T OP IC S Buku Geo-Histori Geologi Geotrek Indonesia Gunung Api Ilmu Alam Indonesia Sejarah Tokoh R EC ENT C O MMENT S wispaten on Relasi Hominid dan “Adam… wispaten on Kronologi “Manusia Perta… Oi on Sultan Agung 1628-1629 M: Meng… agus on Perbukitan Menoreh dan Nanggul… Herman Moechtar on Relasi S1 – S2 – S3 dan P… MET A Site Admin Log out Entries RSS Comments RSS WordPress. | The Reddle Theme.Meneliti Geologi. Menanga.com. Lampung: Benturan Kapur Tengah Terrane Woyla Vs.com Blog at WordPress.. Menggali Artefak dan Fosil (Sangiran. 6-8 September 2013) Kepulauan Seribu Sidik Jari Batu Dibelah-belah Sesar Sumatra Konglomerat Bancuh FM.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful