Tutorial SolidWorks

Membuat Core dan Cavity sederhana.

CAD di susun oleh :

Agus Fikri Rosjadi
agus.fikri@gmail.com http://agus-fikri.blogspot.com

MOLD disusun oleh :

Ahmad Hasnan
Di dukung oleh :

Portal edukasi Indonesia Open Knowledge and Education
http://oke.or.id

Copyright © oke.or.id Artikel ini boleh dicopy ,diubah , dikutip, di cetak dalam media kertas atau yang lain, dipublikasikan kembali dalam berbagai bentuk dengan tetap mencantumkan nama penulis dan copyright yang tertera pada setiap document tanpa ada tujuan komersial.

1 | Agus Fikri Rosjadi, Ahmad Hasnan, Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.or.id

apakah itu ? core dan cavity adalah dua bagian cetakan yang terpisah.Pendahuluan: setiap pembuatan benda plastik. Sebuah Parting Surface (bidang pemisah) akan memisahkan core dari cavity.or. Core dan Cavity adalah komponen utama dalam cetakan plastic (mold). Core akan membentuk permukaan dalam dari produk dan Cavity akan membentuk permukaan luar dari produk. yaitu bagian core dan bagian cavity. Ahmad Hasnan. 2 | Agus Fikri Rosjadi. Product Cavity Core Dalam tutorial ini akan di jelaskan cara membuat Core dan Cavity sederhana menggunakan model “mangkok” seperti diatas namun mempunyai bentuk yang sedikit lebih rumit. sebuah product yaitu mangkok plastik memerlukan dua bagian cetakan untuk membuatnya. dan ketika di temukan kembali akan membentuk sebuah benda. perhatikan gambar berikut. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.id . selalu ada yang namanya core dan cavity. terutama dengan menggunakan mesin injeksi. sebagai contohnya. prinsipnya dengan mengisi ruang kosong dari core dan cavity ketika di temukan keduanya.

Selebihnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini 1. membuat parting surfaces. Ahmad Hasnan. Arc dan Spline > buat Sketch dengan bentuk seperti di bawah ini. tutup kotak dialog . 2. 3. Membuat Assembly dari file Part Multi Bodies. 8.id . 3 | Agus Fikri Rosjadi. kecuali untuk sumbu putar nya. 4. membuat model “mangkok”. mengecek draft menggunakan Draft Analysis. Menggeser Core dari Cavity. untuk Axis of Revolution nya pilih garis vertical (tanda panah). 5. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke. membuat parting lines. Klik Exit Sketch  Klik Features > klik Revolved Boss/Base . hindari garis vertical. Memperbaiki penampakan dari Mold. 9. Membuat model berupa mangkok   Buka SolidWork > klik New Klik Sketch > pilih Part > klik OK > menggunakan > pilih Front Plane Line .or.Urutan proses dalam tutorial ini adalah: 1. Scale tool. Tooling split (memisah core dan cavity sesuai dengan parting line) 7. 6.

Menganalisa draft Draft analysis berfungsi untuk menganalisa apakah masih ada undercut pada product yang akan di buat moldnya.id . konsentrasi tegangan ini terjadi di sudut-sudut tajam benda. undercut adalah bagian yang tidak bisa di buat dengan core dan cavity begitu saja. Kenapa ujung mangkok memerlukan fillet. seperti pada gambar di bawah ini. Klik Fillet > buat Radius pada ujung-ujung mangkok.or. dalam mold sendiri suatu product plastic di usahakan mempunyai konsentrasi tegangan yang sekecil mungkin. Lihat lebih lanjut di tutorial tentang mold 4 | Agus Fikri Rosjadi. product tidak sesuai dengan yang diinginkan. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke. 2. karena itu dengan member fillet diharapkan dapat mengurngi konsentrasi tegangan bila nantinya product benar-benar dibuat moldnya. Ahmad Hasnan. sehingga bila core dan cavity dipisahkan.

sedangkan negative draft berwarna merah kita gunakan untuk membuat core. kita bisa melihat bahwa sisi atas mangkuk sudah “Positive Draft” dan sisi bawah sudah “Negative Draft”. Warna hijau adalah positive draft. dan tidak ada yang berwarna kuning (membutuhkan Draft). Pilih Direction of Pull. Klik tombol Calculate. kita akan menganalisa draft nya. 5 | Agus Fikri Rosjadi. pada menu pulldown. dengan melihat pada Color Settings. untuk membuat mangkok cukup hanya menggunakan core dan cavity. Warna kuning menunjukkan undercut. klik Tools > klik Draft Analysis . bagian positive draft kali ini kita gunakan sebagai core nantinya. tutup kotak dialog .id . Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke. yang bila muncul berarti memerlukan undercut release. Ahmad Hasnan. Setelah Fillet selesai. seperti slider dalam mold. Karena dalam product ini tidak terdapat warna kuning. Akan keluar Draft Analysis property manager.or. tentukan Draft Angle.  Klik Rotate View .

Scale property manager akan keluar. misalnya untuk produk mangkok berikut plastic material nya mempunyai penyusutan sebesar 5% setelah pendinginan maka pada scale tool angka yang di masukkan sebagai berikut = 1+ penyusutan = 1+ 5% = 1 + 5/100 = 1 + 0.or. klik Insert > klik Molds > klik scale . besarnya dinyatakan dengan persen (%). 6 | Agus Fikri Rosjadi. Ahmad Hasnan.05  Tool Scale di gunakan karena produk plastik akan menyusut setelah proses pendinginan. setiap jenis plastic mempunyai besar penyusutan yang berbeda-beda. Scale tool Scale tool adalah alat untuk membuat kompensasi penyusutan akibat pendinginan dari plastic material. expand Feature Manage design tree. pilih Centroid.05 = 1. masukkan nilai skala yang di inginkan (1+05) . Pada menu pulldown. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.id . tutup kotak dialog . pilih Fillet2.3.

Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke. untuk kolom Direction of Pull. Klik ikon Parting Line . tutup kotak dialog . pilih sisi sebelah atas dari mangkok.id . 7 | Agus Fikri Rosjadi. property manager akan keluar.  Lalu pilih sisi (Edge) untuk parting line nya (tanda panah).or. Tool Parting Line untuk membuat garis pemisah antara Core dan Cavity. klik tombol Draft Analysis. Ahmad Hasnan.

Ahmad Hasnan. digunakan untuk memisahkan Core dari Cavity.or. Kita memilih Plane di Parting Surface. klik kiri di Parting Surface. tooling split memerlukan Sketch untuk membentuk block Core & Cavity.id .  Langkah selanjutnya adalah Tooling Split. tutup kotak dialog . klik ikon Parting Surface . Parting Surface adalah perpanjangan dari Parting Line. pilih Standard View dengan Normal 8 | Agus Fikri Rosjadi. klik ikon Tooling Split . dan atur arah (Direction). masukkan nilai yang di kehendaki pada kolom Distance. Langkah selanjutnya adalah membuat Parting Surface. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.

sekarang memindahkan Core dari Cavity nya. ganti ukuran block atas dan block bawah dengan memasukan nilai baru pada kotak “Block Size”. tutup kotak dialog  Ganti Standard View dengan Isometric . buat kotak didalam Parting Surface dengan ikon  Lalu Exit Sketch . Ahmad Hasnan.or. pada pull down menu.To Rectangle . klik Insert > Features > Move / Copy . ganti Standard View dengan Front . akan keluar Move/Copy Body 9 | Agus Fikri Rosjadi. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.id . akan keluar Tooling Split property manager.

pilih Hide Solid Body. lalu klik kanan dan Hide Surface Body pada Cavity Surface. pilih block atas (Core).id .  Parting Line di feature manager design tree juga di Hide. masukkan nilai yg dikehendaki. tutup kotak dialog  Silakan model di putar (Rotate View) . Untuk memperbaiki visibilitas. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.property manager. pemindahan ( Translate). klik kanan Parting Line[1].  Expand Surface Bodies(3). pilih sumbu Y. Hasilnya seperti pada gambar di bawah 10 | Agus Fikri Rosjadi. expand (klik tanda +) pada Solid Bodies. Core Surface dan Parting Surface.or. Ahmad Hasnan.

buka Optical Properties. 11 | Agus Fikri Rosjadi. buka Feature Manager Design tree pilih Tooling Split1. geser kanan tombol Transparency. untuk Selected Entities. pilih warna untuk kolom Favorite. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke.or. tutup kotak dialog  Save part yang telah jadi. Ahmad Hasnan.id . Klik ikon Edit Color . Color and Optics property manager akan keluar.

 Klik Window pada pulldown menu. Selanjutnya kita akan membuat Assembly dari part multibody. 12 | Agus Fikri Rosjadi.id . klik kanan Cavity. pilih Insert into New Part. ubah nama file yang dikehendaki.  Ubah juga Body-Move/Copy Core . Ahmad Hasnan. di Solid Bodies . lalu Save. pilih file mangkok. lalu Save. Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke. ubah nama Tooling Split. akan keluar jendela Save As. klik kanan Core. ubah nama file yang dikehendaki.or. ubah nama menjadi Cavity. akan keluar jendela Save As. klik kiri lalu berhenti. ubah nama nya menjadi  Kita akan menyimpan Bagian part ke dalam file terpisah. pilih Insert into New Part.

id . Tutorial Solid Works Membuat Core dan Cavity http://oke. Hasil Akhirnya seperti pada gambar di bawah ini. klik ikon Insert Component untuk memasukkan kedua komponen (Core dan Cavity). pilih Assembly . klik New . Ahmad Hasnan. Sekarang kita akan membuat file assembly yang terdiri dari Core dan Cavity yang telah kita buat sebelumnya. 13 | Agus Fikri Rosjadi.  Selesai. klik OK .or.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful